5 Rekomendasi Menyaksikan Tari Kecak di Bali

Tips bulan madu bali – Bali merupakan salah satu daerah di indonesia yang sudah sangat terkenal dengan destinasi wisatanya yang indah dan menarik. Pulau bali sudah menjadi tujuan wisata utama bagi wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Namun, tahukah anda jika pulau bali ini tidak hanya terkenal dengan destinasi wisata yang indah dan menariknya saja, namun juga terkenal dengan atraksi adat dan budayanya, salah satunya adalah Tari Kecak.

Tari Kecak adalah seni tari tradisional yang berasal dari Bali, Indonesia. Tarian ini biasanya dipertunjukkan oleh puluhan atau bahkan ratusan penari laki-laki yang duduk berbaris dengan pola melingkar. Para penari mengenakan kain kotak-kotak dan dengan irama tertentu menyerukan “cak, cak, cak” sambil mengangkat kedua lengan.

Tari Kecak terinspirasi dari ritual tradisional dan cerita Ramayana. Beberapa penari memerankan tokoh-tokoh seperti Rama, Shinta, Rahwana, hingga Hanoman. Tarian ini diciptakan pada tahun 1930-an oleh seniman Bali bernama Wayan Limbak dan pelukis asal Jerman bernama Walter Spies.

Pada awalnya, tari ini hanya dipentaskan di beberapa desa, seperti Desa Bona, Gianyar. Namun seiring waktu, tari ini berkembang ke seluruh daerah di Bali dan sering dihadirkan saat festival atau kegiatan lainnya.

Tari Kecak tidak hanya menampilkan cerita Ramayana, tetapi juga cerita dari epos Mahabarata, Babad, dan lainnya. Musik dalam tari ini dibuat secara akapela yang dihasilkan dari gabungan suara penari.

5 Rekomendasi Menyaksikan Tari Kecak di Bali

Nah, jika anda merasa tertarik ingin menikmati keseruan nya tari kecak bali ini, terdapat beberapa daerah yang menjadi panggung pertunjukkan tari kecak dan berikut beberapa diantaranya

1. Uluwatu

Uluwatu, yang terletak di ujung selatan pulau Bali, menawarkan pemandangan matahari terbenam yang memukau sebagai latar belakang pertunjukan Tari Kecak. Pertunjukan ini biasanya dimulai menjelang matahari terbenam, memberikan suasana magis yang tak terlupakan.

2. Pura Dalem Ubud

Ubud, yang dikenal sebagai pusat seni dan budaya Bali, juga menjadi tuan rumah untuk pertunjukan Tari Kecak. Pura Dalem Ubud, dengan arsitektur pura yang khas dan hutan sekelilingnya, memberikan suasana yang unik dan otentik.

3. Taman Budaya GWK

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), dengan patung Garuda Wisnu Kencana yang megah sebagai latar belakang, adalah tempat yang sempurna untuk menikmati Tari Kecak. Pertunjukan ini biasanya diselenggarakan pada malam hari, menambah kesan dramatis dan mempesona.

4. Tanah Lot

Tanah Lot, salah satu pura paling terkenal di Bali, juga menawarkan pertunjukan Tari Kecak. Dengan latar belakang pura yang berdiri kokoh di atas batu karang dan ombak laut yang menghantam, pertunjukan Tari Kecak di sini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Baca juga 5 Pantai Terbaik untuk Surfing di Bali

5. Batu Bulan

Batu Bulan, sebuah desa di Gianyar, dikenal sebagai pusat pertunjukan Tari Kecak. Dengan penari-penari berbakat dan musik gamelan yang merdu, pertunjukan Tari Kecak di Batu Bulan akan membawa Anda ke dalam dunia cerita Ramayana.

Demikianlah lima rekomendasi tempat untuk menikmati Tari Kecak di Bali. Setiap lokasi menawarkan suasana dan pengalaman yang berbeda, namun semuanya akan memberikan Anda kenangan yang tak terlupakan dari kekayaan budaya Bali. nah, jika anda membutuhkan jasa tour wisata kami, kami dari parahita tour ingin mengajak anda liburan dan jalan jalan keliling bali menelusuri sisi indah dan unik dari pulau bali. Kami sudah menyediakan berbagai paket wisata yang bisa anda pilih, seperti paket wisata bulan madu, paket wisata rombongan dan masih ada banyak lagi paket wisata lainnya, info lengkap silahkan cek saja langsung parahitatour.com

Tags
Update
Mar 11, 2024
Mitha Elizabeth
Mitha Elizabeth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *