9 Pura yang Indah dan Populer di Pulau Bali

Bulan madu bali – Bali, sebuah pulau yang terletak di Indonesia, adalah destinasi wisata yang populer di seluruh dunia. Dikenal dengan keindahan alamnya yang mempesona, budaya yang kaya, dan keramahan penduduknya, Bali menawarkan berbagai pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawannya. Salah satu aspek yang paling menarik dari Bali adalah pura-puranya. Pura adalah tempat ibadah Hindu di Bali yang menjadi pusat kehidupan spiritual masyarakat setempat.

Pura di Bali bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga merupakan simbol budaya dan sejarah yang mendalam. Setiap pura memiliki cerita dan legenda tersendiri yang mencerminkan kepercayaan dan filosofi masyarakat Bali. Arsitektur pura yang unik dan indah, sering kali berada di lokasi yang spektakuler seperti di atas tebing, di tepi danau, atau di tengah hutan, membuatnya menjadi objek fotografi yang menarik dan destinasi wisata yang populer.

Dalam artikel ini, kita akan membahas sembilan pura terindah dan paling populer di Bali. Mulai dari Pura Lempuyang Luhur yang terkenal dengan ‘Gates of Heaven’-nya, Pura Agung Besakih yang merupakan pura terbesar di Bali, hingga Pura Tanah Lot yang eksotis dengan latar belakang matahari terbenam yang mempesona. Setiap pura memiliki keunikan dan keindahan tersendiri yang mencerminkan kekayaan budaya dan spiritual Bali. berikut 9 daftar pura yang terkenal di pulau bali

1. Pura Lempuyang Luhur 

Pura Lempuyang Luhur, juga dikenal sebagai Pura Penataran Lempuyang atau Gates of Heaven Bali, adalah pura Hindu kuno yang berada di puncak tertinggi Gunung Lempuyang di Karangasem, Bali Timur. Pura ini dikenal sebagai lokasi yang paling banyak difoto di pulau ini.

2. Pura Agung Besakih 

Pura Agung Besakih, yang terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, adalah kompleks pura yang terdiri dari 1 Pura Pusat (Pura Penataran Agung Besakih) dan 18 Pura Pendamping. Pura ini merupakan pusat kegiatan dari seluruh pura yang ada di Bali.

3. Pura Saraswati 

Pura Saraswati didirikan untuk pemujaan Dewi ilmu Pengetahuan, Dewi Saraswati. Dibangun oleh I Gusti Nyoman Lempad, seniman terkenal Ubud, pura ini berlokasi di Gianyar. Keunikan Pura Taman Saraswati adalah adanya kolam teratai.

4. Pura Uluwatu 

Pura Uluwatu berada di wilayah Desa Adat Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Pura ini berada di ujung barat daya pulau Bali di atas anjungan batu karang yang terjal dan tinggi serta menjorok ke laut.

5. Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Danu Bratan adalah pura Hindu Balinese yang terletak di dekat kota Tampaksiring, Bali, Indonesia. Pura ini didedikasikan untuk dewi danau Dewi Danu.

6. Pura Tanah Lot 

Pura Tanah Lot adalah tempat suci agama Hindu yang memiliki sunset yang natural dan menarik di pantai selatan Bali. di pura ini juga tersimpan sejarah yang menarik untuk ditelusuri hingga cerita cerita mistis yang menjadikan pura tanah lot menjadi pura yang menyimpan spiritual yang banyak.

7. Pura Tirta Empul 

Pura Tirta Empul adalah pura Hindu Bali yang terletak di dekat kota Tampaksiring, Bali, Indonesia.

8. Pura Taman Ayun 

Pura Taman Ayun adalah kompleks pura dan taman Bali dengan fitur air yang terletak di Mengwi di Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Baca juga 7 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Tanah Lot

9. Pura Goa Lawah Klungkung 

Pura Goa Lawah adalah pura Hindu Bali atau pura yang terletak di Klungkung, Bali, Indonesia. Pura ini sering dimasukkan dalam Sad Kahyangan Jagad, atau “enam tempat suci dunia”, enam tempat ibadah paling suci di Bali.

Semua pura ini memiliki keunikan dan keindahan tersendiri yang membuatnya menjadi destinasi wisata yang populer di Bali. Mereka juga memiliki nilai spiritual yang mendalam bagi umat Hindu di Bali dan merupakan bagian penting dari warisan budaya dan religius pulau ini.

Tags
Update
Mar 11, 2024
Mitha Elizabeth
Mitha Elizabeth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *