Daftar Tempat Bersejarah di Bali

Paket liburan ke bali – Dibalik keindahan alam pulau bali, terdapat sejarah yang cukup seru yang menyenangkan untuk ditelusuri. Mengenali dan mendengar cerita masyarakat setempat adalah salah satu cara yang dilakukan oleh banyak orang dalam mengenal sejarah pulau bali. Nah, di pulau bali sendiri terdapat beberapa tempat  wisata bersejarah yang menarik untuk dikunjungi, dimana saja tempat tersebut? Berikut beberapa diantaranya.

Taman Wisata Tirta Gangga

Tirta Gangga, yang berarti “Air dari Sungai Gangga” dalam bahasa Sanskerta, adalah sebuah taman air yang menawan di Karangasem, Bali. Taman ini dibangun oleh Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem pada tahun 1946. Tirta Gangga berfungsi juga sebagai tempat ibadah dan pemandian. Taman ini terdiri dari tiga unsur utama, yaitu kebun, kolam air, dan patung. Air di Tirta Gangga berasal dari mata air Rejasa yang memiliki karakteristik jernih dan sangat bersih. Taman ini buka setiap hari dari jam 07.30 hingga 18.30 dengan harga tiket masuk berkisar antara Rp25.000 hingga Rp70.000.

Pura Besakih

Pura Besakih, yang juga dikenal sebagai “Pura Agung Besakih”, adalah komplek pura terbesar di Bali yang terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Komplek ini terdiri dari 1 Pura Pusat dan 18 Pura Pendamping. Pura Besakih merupakan pusat kegiatan dari seluruh Pura yang ada di Bali. Di antara semua pura-pura yang termasuk dalam kompleks Pura Besakih, Pura Penataran Agung adalah pura yang terbesar, terbanyak bangunan-bangunan pelinggihnya, terbanyak jenis upakaranya dan merupakan pusat dan semua pura yang ada di komplek Pura Besakih.

Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul adalah pura Hindu yang terletak di Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali5. Pura ini terkenal dengan air sucinya di mana orang Hindu Bali mencari penyucian5. Pura Tirta Empul dibangun di sekeliling sebuah sumber mata air yang besar pada 962 M selama wangsa Warmadewa oleh raja Sri Candrabhayasingha Warmadewa. Pura ini dibagi menjadi 3 bagian; Jaba Pura (halaman depan), Jaba Tengah (halaman tengah) dan Jeroan (halaman dalam). Jaba Tengah terdiri dari 2 kolam dengan 30 pancuran.

Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot adalah salah satu Pura (Tempat Ibadah Umat Hindu) yang sangat disucikan di Bali, Indonesia. Di sini ada dua Pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak diatas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari Pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan Pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam.

Monumen Bajra Sandhi

Monumen Bajra Sandhi, terletak di Denpasar, Bali, adalah monumen yang dibangun pada tahun 1987 dan diresmikan oleh Presiden Megawati Sukarno Putri pada tanggal 14 Juni 2003. Monumen ini melambangkan perjuangan rakyat Bali di Renon, Denpasar. Monumen ini memiliki arsitektur khas Bali dan pembangunannya sarat makna filosofi Hindu. Monumen Bajra Sandhi juga penuh makna kemerdekaan. Anak tangga di pintu utama berjumlah 17, tiang agung di dalam berjumlah 8 dengan ketinggian 45 meter. Angka-angka tersebut merupakan tanggal kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 19451.

Museum Bali

Museum Bali, terletak di Denpasar, didirikan pada tahun 19312. Museum ini menjadi museum penyimpanan peninggalan masa lampau manusia dan etnografi. Koleksi museum terdiri dari benda-benda etnografi antara lain peralatan dan perlengkapan hidup, kesenian, keagamaan, bahasa tulisan, dan lainnya yang mencerminkan kehidupan dan perkembangan kebudayaan Bali di masa lampau.

Taman Ujung Karangasem

Taman Ujung Karangasem, terletak di Jalan Raya Taman Tumbu, Desa Ujung, Karangasem, Bali, adalah taman peninggalan Kerajaan Karangasem. Taman ini dibangun pada tahun 1901 dan pernah hancur lantaran letusan Gunung Agung pada tahun 1963. Taman Ujung Water Palace ini memiliki arsitektur yang unik karena bangunan ini memiliki perpaduan Eropa dengan Bali.

Baca juga Tempat Wisata Diving dan Snorkeling di Bali

Desa Penglipuran

Desa Penglipuran, terletak di Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali, adalah desa yang terkenal sebagai salah satu destinasi wisata di Bali karena masyarakatnya yang masih menjalankan dan melestarikan budaya tradisional Bali dalam kehidupan mereka sehari-hari. Arsitektur bangunan dan pengolahan lahan masih mengikuti konsep Tri Hita Karana, filosofi masyarakat Bali mengenai keseimbangan hubungan antara Tuhan, manusia, dan lingkungannya.

Tempat  tempat bersejarah di Bali ini menawarkan pengalaman yang unik dan berkesan bagi setiap pengunjungnya. Selain menikmati keindahan alam dan budaya Bali, pengunjung juga dapat belajar tentang sejarah dan perjuangan rakyat Bali. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah ini saat Anda berada di Bali. Yuk rencanakan liburan anda yang seru dan murah bersama parahitatour.com.

Tags
Update
Mar 11, 2024
Mitha Elizabeth
Mitha Elizabeth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *