Tempat Rafting Seru di Bali

Paket Tour Bali – Salah satu aktivitas wisata yang cukup banyak digemari para wisatawan di pulau bali adalah Rafting. Sebagaimana seperti yang kita ketahui. Rafting adalah sebuah olahraga yang memacu adrenalin. Tingkat keseruan Rafting biasanya diukur dari tingkat  kesulitannya, sehingga semakin  sulit maka kesannya semakin seru. Nah, di pulau bali sendiri terdapat  cukup banyak tempat  rafting yang bisa dikunjungi, salah  satunya sebagai berikut.

1. Sungai Ayung, Ubud

Sungai Ayung di Ubud adalah pilihan tepat untuk lokasi arung jeram. Sungai ini menawarkan tantangan arung jeram dan keindahan alam yang mempesona, menjadikannya pilihan utama bagi wisatawan. Sungai Ayung di Bali tidak hanya menawarkan tantangan arung jeram, tetapi juga keindahan hutan tropis dan keanekaragaman hayati Bali yang unik.

2. Sungai Telaga Waja, Karangasem

Sungai Telaga Waja di Karangasem, Bali, terkenal memiliki trek rafting terpanjang. Sungai ini menawarkan pengalaman petualangan yang menantang dengan arus yang lebih cepat dan terjal dibandingkan dengan sungai-sungai lain di Bali. Sungai Telaga Waja menawarkan aliran air yang stabil sepanjang tahun, membuatnya menjadi pilihan yang aman dan menantang.

3. Sungai Petanu, Gianyar

Sungai Petanu yang mengalir di Kabupaten Gianyar, cocok bagi mereka yang mencari tantangan ekstrem. Meskipun arusnya tidak begitu deras, sungai ini memerlukan navigasi melalui batu-batu kecil yang memberikan sensasi tersendiri.

4. Sungai Pakerisan, Tampaksiring

Sungai Pakerisan berada di Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Medan jalur ini cukup mudah sehingga aman bagi pemula. Dengan rute yang mudah, wisatawan bisa lebih banyak menikmati keindahan alam di Sungai Pakerisan.

5. Sungai Melangit, Klungkung

Sungai Melangit di Klungkung menawarkan jalur rafting yang indah dengan bebatuan besar dan seru karena anda akan banyak mendapati turunan curam yang lebih banyak memacu adrenalin dan lebih banyak kontak dengan air.

Rafting Minimal Usia Berapa?

Umumnya, usia minimal untuk berpartisipasi dalam rafting adalah 7 tahun. Namun, usia ini bisa berbeda tergantung pada tingkat kesulitan sungai dan regulasi dari penyelenggara rafting. Selalu pastikan untuk memeriksa persyaratan usia dan tingkat kesulitan sebelum membooking perjalanan rafting.

Perlu diingat bahwa meskipun ada batas usia minimal, keamanan adalah prioritas utama dalam olahraga ini. Oleh karena itu, anak-anak yang berpartisipasi dalam rafting harus dalam kondisi fisik yang baik dan mampu berenang. Selain itu, mereka harus didampingi oleh orang dewasa yang berpengalaman dalam rafting.

Baca juga Petualangan Seru Ayung Rafting Ubud Bali

Peralatan Rafting yang Harus Dibawa

Berikut adalah beberapa peralatan penting yang harus Anda bawa saat rafting

Perahu: Ini adalah peralatan utama dalam rafting. Perahu rafting biasanya terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama seperti PVC atau Hypalon. Perahu ini dirancang untuk menghadapi arus sungai yang kuat dan dapat menampung beberapa orang sekaligus.

Dayung: Dayung digunakan untuk mengendalikan arah dan kecepatan perahu. Biasanya, setiap peserta diberikan satu dayung. Dayung ini biasanya terbuat dari bahan yang ringan namun kuat seperti aluminium atau serat karbon.

Pelampung (Life Jacket): Pelampung adalah peralatan keselamatan yang sangat penting. Pelampung membantu Anda tetap mengapung di air jika Anda jatuh dari perahu. Pelampung yang digunakan dalam rafting biasanya memiliki fitur tambahan seperti tali pengikat dan peluit darurat.

Helm: Helm digunakan untuk melindungi kepala Anda dari benturan keras. Helm adalah peralatan wajib dalam olahraga air seperti rafting. Helm rafting biasanya memiliki ventilasi yang baik dan tali pengikat untuk memastikan helm tetap di tempat.

Setiap sungai menawarkan pengalaman yang unik dan berbeda, menjadikan rafting di Bali sebagai petualangan yang harus dicoba saat berkunjung ke pulau ini. Selalu pastikan untuk mengikuti semua petunjuk keselamatan dan menikmati petualangan Anda di alam liar Bali! Nah, jika anda butuh jasa tour untuk keliling atau liburan di bali, silahkan hubungi kami di parahitatour.com.

Tags
Update
Mar 31, 2024
Mitha Elizabeth
Mitha Elizabeth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *