BLOG : Kawah Ijen Banyuwangi

Kawah Ijen Banyuwangi yang termasuk dalam cagar alam Gunung Ijen ini memiliki daya pesona luar biasa untuk para wisatawan yang datang ke Kabupaten Banyuwangi. Pariwisata di kawasan ini mulai dilirik oleh para wisatawan yang haus akan destinasi wisata yang ada di Indonesia. Tak heran pemerintah setempat memiliki tagline untuk pariwisatanya ialah Majestic Banyuwangi, dimana terdapat gunung ijen pada logo tersebut.

Kawah Ijen sebagai ikon pariwisata Banyuwangi selalu membuat para wisatawan menjadi selalu ingin kembali ke tempat ini. Bagaimana tidak, walaupun lelah mendaki namun semua terbayar lunas ketika anda mencapai puncak ijen. Hamparan pemandangan pegunungan yang indah dengan kawah yang membiru membuat mata ini selalu nyaman untuk memandang alam ini.

Kawasan Kawah Ijen mempunyai panorama alam yang indah. Bahkan suhu di sekitar kawah Ijen bisa mencapai kisaran 12 – 18 drajat celcius. Di sekitar lereng kawah ijen, terhampar pohon Manisrejo yang berdaun agak kemerahan, sedangkan batu-batuan di dinding kawah berwarna belerang yang kekuning-kuningan, kondisi inilah yang membuat pemandangan alam disini begitu mempesona.

Kawah Ijen Banyuwangi

Sejarah Gunung Ijen

Menurut cerita, Sejarah Gunung Ijen ternyata telah dikenap pada jaman penjajahan Belanda. Pada tahun 1770 VOC pun yang telah menduduki wilayah Banyuwangi mendirikan benteng Utrecht yang berada kisaran 48 kilometer arah tenggara kawah ijen. Lalu pada tahun 1789, ijen di kunjungi oleh Clemens de Harris, yaitu komandang benteng Utrecht. Lalu pada tahun 1820 seorang ahli botani dari Perancis melakukan observasi kawasan kawah ijen.

Kemudian ada datanglah pasangan suami istri Maurice Krafft da Katia yang merupakan ahli vulkanologi dan geologi dari prancis melakukan riset tentang kawah Ijen. Saat itu mereka melakukan penelitian yang agak extreme. Yaitu mengarungi kawah telaga Ijen. Dimana ini adalah aktivitas berbahaya. Karena tingkat keasaman-nya mendekati nol. Itu bisa melarutkan kulit dan daging manusia dalam sekejap bisa tercebur kedalamnya.

Melalui kedua orang tersebutlah kawah ijen mulai dikenal oleh masyarakat Internasional. Bahkan hasil penelitian mereka juga di publikasikan sebagai buku yang berjudul “À l’assaut des volcans, Islande, Indonésie”.

Daya Tarik Kawah Ijen Banyuwangi

Daya tarik kawasan Gunung Ijen di Kabupaten Banyuwangi begitu mendunia. Bagaimana tidak, gunung dengan ketinggian 2.443 Mdpl ini memiliki berjuta keindahan alam yang sangat sayang untuk anda lewati jika anda menuju daerah Banyuwangi di Jawa Timur. Gunung Ijen ini masih termasuk di kawasan Cagar Alam yang keberadaanya sangat di lindungi, bahkan Gunung Ijen sangat di hormati oleh warga Banyuwangi.

Daya tarik ijen untuk masyarakat wisatawan domestik indonesia pun sangat terkenal, apalagi anda yang pencinta aktivitas mendaki gunung pasti sangat ingin menuju kawasan Gunung Ijen ini.

Saat matahari mulai tinggi, anda juga bisa melihat pemandangan Gunung Raung dan juga pelabuhan Gilimanuk dan Pulau Bali yang indah.

Blue Fire Kawah Ijen

Blue Fire adalah hal yang membuat nama kawah ijen menjadi populer di langan wisatawan. Dimana blue fire hanya ada 2 di dunia ini. Pertama di kawah ijen, yang kedua berada di Islandia.

Blue fire ini hanya bisa di lihat pada malam hari, fenomena alam ini terjadi karena keluarnya gas vulkanik yang mengandung zat belerang dengan suhu panas kurang lebih 600 drajat celcius yang langung terbakar saat bersentuhan dengan udara.

Syarat untuk bisa melihat api biru ini, anda harus mendaki dari kawasan Paltuding kurang lebih jam 12 dini hari, lalu setelah tiba di puncak, anda harus menuruni bebatuan untuk menuju kawah ijen dengan waktu tempuh kisaran 30 menit perjalanan untuk bisa melihat blue fire secara dekat.

Peta Lokasi dan Alamat Kawah Ijen Banyuwangi

Untuk bisa ke Gunung Ijen, ada dua bukan jalur yang bisa anda tempuh antara lain :
Jalur Situbondo menuju daerah sempol ( Bondowoso ) melalui jalur Wonosari dan berlanjut ke Paltuding dengan jarak situbondo ke Paltuding 90Km.

Jalan kedua melalui jalur Banyuwangi menuju kecamatan Licin kemudian naik ke Paltuding dengan total perjalanan 33Km. Anda disarankan menggunakan kendaraan seperti mobil.

AlamatBanyuwangi
Mapshttps://goo.gl/maps/JXaGU4SaCg7cUoRm9
Telpon

Harga Tiket Kawah Ijen Banyuwangi

Untuk bisa masuk, anda harus membeli tiket secara online. Silahkan kunjungi halaman berikut. https://tiket.bbksdajatim.org/#/

KATEGORIHARGA
Dewasa7.500
Parkir Motor5.000
Parkir Mobil10.000

Adapun syarat dan ketentuan membeli tiket pendakian kawah ijen.

  • Booking tiket wajib secara online dan menunjukan kode booking secara manual di loket. e-Tiket akan di kirim melalui email.
  • Mengisikan nama pendaki lengkap dengan KTP atau Kartu Identitas lainnya. Wajib !
  • Setiap hari jumat minggu pertama tidak menerima kunjungan karena Ijen melakukan ritual Ijen Rijin.
  • Perhatikan tanggal pendakian saat membeli tiket.

Jalur Pendakian Kawah Ijen Banyuwangi

Untuk bisa menuju kawasan Kawah Ijen, anda akan mendaki melalui pintu Pos Paltuding. Tempat kendaraan anda parkir dengan aman disana. Setelah anda melakukan persiapan pendakian, anda harus ke loket checkin untuk menunjukan barcode atas pembelian tiket pendakian. Setelah itu anda akan bertemu dengan kawanan taxi grobak di gerbang pendakian.

Sepanjang jalur pendakian ada beberapa pos dan juga toilet umum yang tersedia, namun jujur kami akui tempatnya kurang memadai. Jadi baiknya kalau mau buang air sebaiknya dilakukan di kawasan paltuding dulu yah.

Jalur pendakian ini memiliki medan yang menurut kami sederhana. Ada yang memiliki lebar jalan kurang lebih 5 meter namun kanan kiri jurang, ada juga yang lebar 2 meter tapi di sisi sebelahnya tebing, ada yang menanjak anggak extreme sambil berbelok dll.

Waktu Pendakian Kawah Ijen Banyuwangi

Waktu terbaik untuk pendakian kawah ijen ialah pukul 00.00 malam. Namun karena masa pandemi covid-19, anda baru bisa mendaki kisaran jam 03.00. Otomatis anda tidak bisa melihat pemandangan blue fire, karena anda akan tiba di pucak ijen kurang lebih jam 05.00, dan anda hanya bisa mendapatkan sunset saja.

Mungkin jika pandemi sudah berakhir atau pendakian sudah di-ijinkan lebih awal, maka anda bisa melihat blue fire.

Hal Yang Harus di Persiapkan

Untuk pendakian di kawah ijen, ada banyak hal yang tentunya harus anda persiapkan. Mengingat pendakian ini dilakukan pada waktu gelap, dingin dan terkadang hujan datang dengan tiba-tiba membuat anda harus memiliki persiapan extra. Adapun yang harus anda bawa untuk ke daerah ini ialah :

  • Lampu penerangan, karena medannya yang gelap membutuhkan lampu penerangan untuk menyinai perjalanan anda.
  • Baju hangat, kalau perlu agak berlapis. Kadang dingin banget bro….
  • Sarung tangan dan Kupluk untuk menutupi muka.
  • Sepatu untuk mendaki.
  • Jas hujan yang bisa anda beli di warung sekitar Paltuding.
  • Air mineral dan makanan kecil.
  • Pelastik untuk tempat sampah anda. Ingat kalau mendaki tidak boleh buang sampah sembarangan.
  • Masker dan Kacamata jika anda turun ke bawah ke kawasan yang mengandung belerang.

Gerobak, Taxi Ijen

Kawah Ijen Banyuwangi

Untuk anda yang memiliki fisik kurang baik karena harus menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam pendakian, anda bisa menggunakan jasa Gerobak Taxi Ijen yang tersedia dari meeting point di daerah Paltudin.

Awalnya gerobak ini difungsikan masyarakat sekitar untuk mengangkut hasil tambang belerang di Kawah Ijen menuju tempat pengepul di bawah. Namun karena banyaknya penjunjung yang kelelahan, maka banyak gerobak yang beralih fungsi menjadi taxi untuk membawa pengunjung.

Setiap gerobak akan ditarik oleh 1 orang didepan dan 2 orang pendorong dari belakang. Jadi ada tiga orang yang membantu anda untuk naik dan turun.

Transportasi ke Ijen Banyuwangi

Untuk transportasi menuju kawasan Gunung Ijen, hingga saat ini tidak tersedia transportasi umum untuk menuju kawasan ini. Terlebih lagi biasanya pendakian dilakukan pada tengah malam, praktis tidak ada kendaraan yang menuju daerah ini. Untuk itu kami menyarankan anda untuk menggunakan jasa sewa mobil dengan supir di Banyuwangi.

Namun jika anda ingin yang lebih praktis dan efisien, tentu saja anda bisa membeli sebuah paket tour Banyuwangi yang ditawarkan pihak penyedia travel agent lokal Banyuwangi.

Selain karena tempatnya yang jauh, akses menuju daerah ini cukup gelap, licin dan juga terdapat daerah dengan tanjakan curam yang dibutuhkan keahlian khusus untuk berkendara kesana. Namun tenang saja, untuk para wisatawan dari Parahita Tour Banyuwangi, anda tetap akan dijemput.

Bagaimana jika saya naik Bus, turun dimana ?
Anda bisa turun di terminal Banyuwangi Karangente ( Brawijaya ). Biasanya kalau naik Bus, akan tiba di Banyuwangi kisaran jam 9 pagi. Mungkin anda bisa city tour sejenak, kemudian checkin hotel di banyuwangi. Lalu malam kisaran jam 12 berangkat ke Kawah Ijen.

Bagaimana jika saya naik kereta api, turun dimana ?
Anda bisa turun di stasiun Karangasem Banyuwangi. Sama seperti bis, biasanya kereta dari barat akan tiba kisaran jam 7 pagi. Ada baiknya anda menikmati kota banyuwangi dahulu. Atau sekalian bisa mampir ke kawasan Taman Nasional Baluran dan objek wisata di sekitarnya, kemudian checkin hotel dan dini hari baru menuju jawasan Paltudin untuk pendakian kawah ijen.

Kawah Ijen Banyuwangi

Objek Wisata Sekitar Gunung Ijen

  • Pantai Boom, adalah pantai di kawasan timur Kabupaten Banyuwangi yang menghadap langsung ke Pulau Bali. Disini kalau malam begitu seru karena banyak lampu-lampu untuk spot foto anda.
  • Air Terjun Kampung Anyar, merupakan air terjun yang lagi happening di kawasan Banyuwangi. Lokasinya di Kecamatan Glagah dan memiliki alam yang indah membuat air terjun ini disukai oleh masyarakat dan para wisatawan.
  • Pantai Plengkung, atau nama kerennya G-Land, merupakan pantai di kawasan Banyuwangi yang memiliki ombak yang sangat bagus untuk olah raga Surfing. Disini sering digelar even sekala internasional.
  • De Djawatan Benculuk, sebuah hutan dengan luar 5 hektar yang ditumbuhu pohon Trembesi yang sudah berumur puluhan tahun membuat daerah ini menjadi sangat indah dan keren untuk foto-foto insta kekinian saat ini.
  • Taman Sritanjung, berada di Banyuwangi yang diambil dari nama tokoh wanita dalam legenda Banyuwangi. Taman Sritanjung terletak di selatan pendopo Kabupaten Banyuwangi. Disni terdapat aneka bunga dan juga air mancul.

Pertanyaan Yang Sering ditanyakan

Apa saja yang harus di bawa saat ke Kawah Ijen ?

Kami menyarankan anda untuk membawa baju hangat dan juga jas hujan simple. Anda bisa membeli jas hujan seharga 15.000 di warung-warung kecil daerah Paltuding.

Kapan waktu pendakian terbaik ke kawah ijen ?

Selama pandemi covid-19, anda baru menaiki kawasan ini kisaran jam 3 pagi. Jadi itu adalah waktu terbaik untuk mendaki.

Bagaimana standart protokol kesehatan di Kawah Ijen ?

Pihak pengelola membatasi jumlah pendakian yang naik setiap harinya. Kisaran 50% dari jumlah harian yang naik. Jadi anda harus berjuang mendapatkan tiket untuk mendaki bersama 255 orang lainnya.


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Parahita TourParahita TourIDRMo-SuCash500062 (361) 488-208Jl. Gunung Bromo XI No 23 Denpasar Bali
5 out of 5 stars -1 votes
Loading...
Tags: Banyuwangi, Ijen, Kawah, Misteri Kawah Ijen, Sejarah Kawah Ijen, Transport Ke Kawah Ijen, Wisata Banyuwangi
Last Modified on Feb 3, 2021

Testimonial


Alvian Reagan
Malang

Kawah ijen begitu indang. Apalagi bisa melihat pemandangan bluefire yang ada disana.