BLOG : Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran ialah satu dari beberapa taman nasional yang berada di kawasan Pulau Jawa yang ada di propinsi Jawa Timur. Kawasan ini dahulu kala ialah lokasi berburu dengan kondisi alam yang sangat istimewa baik untuk keanekaragaman flora dan faunanya.

Kawasan wisata ini dibangun kisaran tahun 1980 dan mendapat julukan Africa van Java. Hal itu didapatkan karena memang keindahan alam taman nasional ini mirip sekali dengan kondisi alam di Afrika.

Wilayah utama dari Taman Nasional Baluran adalah hamparan padang rumput yang amat luas. Luas savana baluran ini mencapai sepertiga dari luas keseluruhan taman nasional, yaitu 10.000 hektar. Savana baluran ini adalah savana terluas yang dimiliki Pulau Jawa.

Taman Nasional Baluran

Sejarah Taman Nasional Baluran

Sejarah dari Taman Nasional ini sendiri dahulu kala dimulai ketika A. H. Loedebour yang merupakan seorang pemburu berkebangsaan Belanda pada tahun 1928 mengajukan permohonan agar kawasan Baluran serta kekayaan alamnya dilestarikan. Dan pada tahun 1930, direktur Kebun Raya Bogor pun meminta agar kawasan Baluran dijadikan kawasan Hutan Lindung.

Perjuangannya pun cukup panjang baik oleh Gubernur Hinda Belanda pada jaman sebelum keberdekaan hingga setelah kemerdekaan, Mentri Pertanian Republik Indonesia mengeluarkan keputusan pada tahun 1962 menjadi Suaka Margasatwa. Dan pada tanggal 6 Maret 1980 melalui surat mentri Pertanian, status Suaka Margasatwa Baluran berubah menjadi Taman Nasional Baluran.

Baca juga : “Paket Tirta Yatra Blambangan Banyuwangi“.

Daya Tarik Taman Nasional Baluran

Taman Baluran merupakan taman dengan luas kurang lebih 25.000 hektar dengan 40 persennya di dominasi oleh vegetasi sabana. kurang lebih Taman Nasional ini setengah dari luasnya Taman Nasional Alas Purwo. Dimana taman ini memiliki 444 jenis tumbuhan asli yang khas dan terdapat 26 kenis mamalia dan 155 jenis unggas yang ada disini.

Kawasan ini juga dikenal dengan nama lain Africa Van Java, karena keindahan alamnya seperti savana dan hutan di Afrika.

Dilokasi ini pun terdapat beberapa daya tarik wisata yang bisa di kunjungi oleh wisatawan, baik itu alam, pantai hingga binatang yang sering melintas di padang savana ini.

Lokasi Taman Nasional Baluran

Taman Nasional ini berlokasi di wilayan Kabupaten Situbondo, namun posisinya berada di perbatasan dengan kabupaten Banyuwangi.

AlamatArea Hutan/Kebun, Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur
Mapshttps://goo.gl/maps/U1c6UEKLR9Cgahy38
Telpon

Harga Tiket Taman Nasional Baluran

Harga tiket masuk ke Taman Nasional juga tergolong murah dan tidak terlalu mahal.

TIKETWEEKDAYWEEKEND
Lokal Dewasa16.00018.500
Mancanegara165.000240.000

Selain itu juga terdapat biaya untuk parkir kendaraan, Motor : 5.000, Mobil 10.000 Tiket Bus 50.000

Jam Buka

Untuk bisa mengunjungi areal Taman Nasional anda bisa berkunjung pada pukul 07:30 hingga pukul 16:00

Destinasi di Taman Nasional Baluran

Hutan Evergreen

Berjalan dari arah pintu masuk, sekitar kilometer ke 6 hingga 9, anda akan disuguhkan pemandangan hutan yang nampak hijau sepanjang tahun. Hutan ini lebih populer dengan sebutan Evergreen, yaitu hutan yang selalu hijau dan tak pernah kering walapun musim kemarau. Hal ini dikarenakan adanya sungai bawah tanah yang membuat area ini terus hijau karena kebutuhan air di sekitar tercukup.

Padang Rumput/ Savana Bekol

Yang menjadi primadona dari kawasan Taman Nasional ialah padang savana bekol ini. Sebuah hamparan padang savana dengan latar belakang hutan dan Gunung Baluran serta pohon besar yang tumbuh di tengah padang rumput, membuat daya tarik tersendiri di padang ini.

Savana Bekol adalah savana terluas di Pulau Jawa, dengan luas sekitar 25.000 hektar, dimana 40 persennya adalah savana. Disini terdapat kawanan monyet ekor panjang. Disana juga terdapat kawanan Banteng, Kerbau, Merak, Rusa dan satwa liarnya yang selalu menjadi daya tarik tersendiri.

Satu hal, disini teman yang kekinian untuk membuat foto instagramable.

Taman Nasional Baluran

Pantai Bama

Kurang lebih 3 kilometer setelah Padang Savana, anda akan mendapatkan sebuah pantai dengan pemandangan matahari terbit yang oke banget. Disini adalah pantai pasir putih dengan air laut biru dan merupakan salah satu pantai indah yang ada di Taman Nasional .

Sebenarnya masih ada beberapa pantai lagi seperti pantai Balanan dan Pantai Bilik, namun yang paling terkenal adalah pantai Bama, mungkin karena lokasi parkir kendaraanya ada di Pantai Bama kali yah.

Baja Juga : “Hutan De Djawatan Benculuk“.

Fasilitas Taman Nasional Baluran

Seperti objek wisata lainnya, pihak pengelola Taman Nasional juga memiliki fasilitas yang bisa anda dapatkan saat berlibur kesini antara lain :

Toilet umum, Musholah, Warung, Penginapan sederhana.

Untuk penginapan, pihak pengelola memiliki dua buah area antara lain :

  • Penginapan Bekol
    • Wisma Rusa, kamar 7 untuk 12 orang, harga 35.000 / orang
    • Wisma Merak, kamar 3, untuk 3 orang, harga 50.000 / orang
    • Wisma Banteng, kamar 2, untuk 4 orang, harga 250.000 / unit
  • Penginapan Pantai Bama
    • Wisma Kapidada, kamar 4, untuk 8 orang, harga 75.000 / orang
    • Wisma Pilang, kamar 1, untuk 6 orang plus AC, harga 300.000 / unit
  • Extrabed 25.000
Taman Nasional Baluran

Waktu terbaik ke Taman Nasional Baluran

Sebenarnya, pada tiap musim itu menawarkan panorama yang berbeda, seperti saat musim kemarau anda akan melihat padang savana yang tandus, sedangkan pada musim penghujan anda akan melihat indahnya pepohonan dan hamparan rumput menghijau disana.

Objek wisata disekitar

  • Waduk Bajulmati, waduk yang terletak di perbatasan wilayah Kabupaten Banyuwangi dengan Kabupaten Situbondo. Disini warga mengatakan raja ampatnya banyuwangi karena bentuknya sepeti di Raja Ampat.
  • Pulau Tabuhan, ialah pulau yang tidak berpenghuni terletak di Selat Bali antara Pulau Bali dan Pulau Jawa. Pulau ini memiliki luas kurang lebih 5 hektar namun memiliki kecantikan yang luar biasa
  • Bangsring Underwater, ialah tempat wisata yang berbasis konservasi terumbu karang. Disini anda bisa melakukan aktivitas snorkeling untuk melihat pemandangan alam bawah laut yang menakjubkan.

Transportasi ke Baluran

Memilih transportasi menuju daerah Taman Nasional Baluran yang nyaman tentunya menjadi syarat wajib dan mutlak. Terlebih lagi bagi anda para wisatawan yang sedang merencanakan liburan seru bersama anggota keluarga ataupun rekan perjalanan wisata anda.

Sayangnya hingga saat ini tidak ada transportasi umum berjadwal yang bisa mengantarkan anda dari Hotel di Banyuwangi menuju objek wisata Taman Nasional Baluran. Namun bagi anda para backpacker, mungkin anda bisa estafet menggunakan angkot menuju terminal Sritanjung, kemudian dilanjutkan menggunakan bus umum tujuan probolinggo dan turun di perbatasan Banyuwangi Situbondo.

Untuk itu anda disarankan anda menggunakan jasa sewa mobil di banyuwangi yang bisa mengantarkan anda untuk wisata ke taman nasional baluran maupun paket tour di banyuwangi. Terdapat pilihan kendaraan seperti Avanza/ Elf/ Hi-Ace/ Bus yang bisa anda pergunakan untuk tour.

Taman Nasional Baluran

Pertanyaan yang sering tanyakan

Berapa jauh perjalanan masuk ke dalam Taman Nasional Baluran ?

Kurang lebih total jarak dari pintu masuk sampai ke pantai Bama itu 18 kilometer. Jadi lumayan jauh, namun sepanjang jalan anda akan melihat keindahan alam savana.

Apakah Taman Nasional Baluran ada penjual makanan ?

Kami lebih menyarankan anda berbelanja logistik keperluan makan dan minum diluar arena. Karena didalam areal ini minim tempat belanja.

Bisakah kita mendirikan tenda di Taman Nasional Baluran ?

Saat ini anda tidak diijinkan, namun anda bisa menginap di penginapan yang sudah di bangun oleh para pihak pengelola.


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Parahita TourParahita TourIDRMo-SuCash500062 (361) 488-208Jl. Gunung Bromo XI No 23 Denpasar Bali
5 out of 5 stars -1 votes
Loading...
Tags: Baluran, Banyuwangi, Pantai Bama, Savana Bekol, Taman Nasional, Wisata Banyuwangi
Last Modified on Feb 3, 2021

Testimonial


Chandra Alamsyah
Semarang

Setuju. Alamnya Taman Nasional ini begitu indah.