Bukit Merese Lombok Spot Favorit di Mandalika

Bukit Merese Lombok – Berkunjung ke Pulau Lombok bisa menjadi ide terbaik untuk menghabiskan waktu liburan. Bagaimana tidak, pulau yang menjadi bagian Provinsi Nusa Tenggara Barat ini mampu menawarkan deretan destinasi eksotis dengan keindahan panorama alamnya. Salah satunya yaitu Bukit Merese yang belakangan sedang ramai diperbincangkan.

Sekilas Tentang Bukit Merese Lombok

Nama Bukit Merese Lombok kian populer di kalangan wisatawan internasional setelah sirkuit mandalika dibangun dan menjadi tuan rumah Moto GP 2022. Menurut kabar yang beredar, Merese Hill bahkan rencananya akan dijadikan sebagai padang golf baru berkelas internasional. Bukit ini pun akan dibuat sebagai padang terbuka agar dapat dijadikan tempat menonton Moto GP berikutnya dengan nyaman.

Meski begitu, sebenarnya bukit yang terletak di kawasan Mandalika tersebut sudah cukup terkenal sebelum Moto GP 2022. Banyak wisatawan luar daerah dan wisatawan asing mulai bermunculan sejak tahun 2014 silam. Bukit ini sering dijadikan sebagai alternatif wisata, karena lokasinya strategis dan tidak dibutuhkan alat pendakian khusus untuk sampai ke puncak bukit.

Bukit Merese Lombok
@elykariyani

Daya Tarik Bukit Merese Lombok

Panorama yang Indah Mempesona

Tidak bisa dipungkiri bahwa daya tarik utama dari Bukit Merese terletak pada panorama alamnya yang begitu indah dan mempesona. Bahkan saking indahnya, destinasi andalan yang berada di KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Mandalika tersebut sering dijuluki dengan nama Bukit Cinta.

Baca juga : Paket tour ke Lombok.

Disebut demikian karena panorama alamnya menawarkan landscape yang begitu indah, membuat siapapun yang datang dan melihatnya akan langsung jatuh cinta. Sejauh mata memandang anda akan disambut dengan rerumputan hijau yang terasa segara, apabila datang pada bulan Januari sampai April.

@srylnti00

Sementara pada musim kemarau anda bisa melihat betapa eksotisnya pemandangan rerumputan yang mulai mengering di atas tanah kecoklatan. Sangat luar biasa melihat keindahannya yang tidak pernah luntur pada musim apapun. Apalagi letak puncak bukit yang cukup tinggi membuat anda bisa melihat cantiknya kawasan Mandalika dari atas ketinggian.

Baca juga : Paket tour ke Lombok dengan Pesawat.

Pohon Galau di Atas Bukit

Sebelum dikenal dengan nama Merese atau dijuluki sebagai Bukit Cinta, warga sekitar dulunya lebih sering memanggil bukit ini dengan nama ‘merisik’. Merisik sendiri berarti gundul, karena memang Merese tampil sebagai padang rumput yang tergelar bak permadani. Namun sekarang anda bisa menemukan sebuah pohon di atas bukitnya.

Pohon tersebut memiliki nama yang cukup unik. Dimana orang orang menyebutnya dengan nama Pohon Galau, karena menjadi satu satunya pohon di antara hamparan rumput dan tidak memiliki pasangan. Usut punya usut, pohon ini ternyata dulu sengaja ditanam untuk keperluan syuting film. Kini wisatawan yang datang selalu menjadikannya sebagai properti foto.

Bukit Merese Lombok
@nasrolhidayat25

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Menikmati Indahnya Sunset dan Sunrise Bukit Merese Lombok

Umumnya, wisatawan yang berkunjung ke Bukit Merese mengincar indahnya pemandangan sunset dan sunrise ketika dilihat dari atas bukit. Karena soal keindahan, anda tidak perlu meragukannya lagi. Bisa dibilang bahwa Bukit Cinta ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam maupun matahari terbit.

Karena dari puncaknya anda bisa melihat aktivitas alam itu dengan jelas, memancarkan kehangatan pada tubuh maupun perasaan siapapun yang melihatnya. Apalagi tidak perlu mengeluarkan usaha ekstra untuk naik ke atas bukit. Anda hanya membutuhkan sekitar 10 menit saja untuk mendakinya. Dan di sana sudah disediakan gazebo apabila anda tidak ingin duduk di atas rumput.

Menikmati Keindahan Pantai

Jika tidak bisa berkunjung saat momen matahari terbit atau matahari terbenam, tidak perlu kecewa. Karena anda bisa datang ke sini kapan saja dan menikmati keindahan yang luar biasa. Sebab lokasi bukit berada tidak jauh dari Pantai Tanjung Aan dan Batu Payung, yang juga merupakan destinasi wisata populer di Lombok Tengah.

Dari posisi puncak bukit, anda bisa melihat dengan cukup jelas keindahan dua pantai yang terhampar luas tersebut. Air lautnya yang berwarna biru jernih dengan deburan ombak yang tenang akan membuat perasaan terasa damai. Spot ini sangat cocok apabila anda ingin menikmati keindahan pantai tanpa harus berkotor kotor di pasir atau berbasah basah terkena air laut.

Bukit Merese Lombok
@yayaqluthfia_

Camping Seru di Atas Bukit

Kalau punya waktu lebih, cobalah mendirikan tenda di puncak Bukit Merese. Karena bukit ini terdiri atas hamparan padang rumput yang luas, maka cukup banyak tempat yang bisa digunakan sebagai spot camping. Apalagi suasana yang ditawarkan sangat menenangkan dan menyenangkan di setiap waktu, terutama pada pagi hari dan malam hari.

Berburu Foto Instagramable

Jangan lupa berburu foto instagramable saat anda berhasil naik ke puncak bukit. Keindahan alamnya yang mempesona akan menjadi latar belakang yang bagus untuk potret anda. Adapun beberapa spot yang paling populer untuk foto adalah Pohon Galau, dengan latar belakang sunset atau sunrise, dan background pantai. Anda bisa menyesuaikan angle terbaik versi anda untuk foto yang lebih ciamik.

Bukit Merese Lombok
@_dentoy

Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Bukit Merese beralamatkan di Jalan Kuta Lombok, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Letaknya berada dekat dengan Pantai Tanjung Aan, Batu Payung, dan Sirkuit Mandalika. Dimana lokasi tersebut memakan waktu sekitar 1.5 jam perjalanan jika dari arah pusat Kota Mataram.

Baca juga : Paket bulan madu ke Lombok.

Jika dari Mataram, anda bisa menggunakan rute dari Cakranegara ke Kediri. Lalu lanjutkan ke Praya sampai Desa Sade. Karena kawasan ini sudah begitu terkenal, mudah menemukan rutenya di internet. Atau anda bisa bertanya kepada penduduk sekitar apabila masih kesulitan menemukan lokasi.

Untuk harga tiket masuknya, ada kabar gembira bagi para wisatawan yang ingin datang berkunjung. Karena Merese Hill tidak memberlakukan tiket masuk alias dapat dikunjungi secara cuma cuma. Anda hanya perlu membayar tarif parkir untuk keamanan kendaraan sebesar Rp. 10.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda dua.

AlamatJl. Kuta Lombok, Kuta, Kec. Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83573
Mapshttps://goo.gl/maps/yjkLgHMR7bVJKxtp7
Telpon

Fasilitas Wisata Merese Hill Lombok

Berbicara mengenai fasilitasnya, Merese Hill tidak mungkin tidak menyediakan fasilitas seperti yang anda harapkan di objek wisata pada umumnya. Karena bukit ini memang hanya berupa hamparan padang rumput luas. Jadi anda perlu membawa perlengkapan pribadi agar merasa lebih nyaman saat menikmati pemandangan dari atas puncak bukit.

Meski begitu, Bukit Merese berada di lokasi yang strategis sehingga membuat anda tidak akan sulit menemukan berbagai hal yang dibutuhkan. Misalnya anda bisa berkunjung ke restoran atau cafe yang jaraknya tidak terlalu jauh dari bukit apabila ingin makan atau minum. Selain itu, Pantai Tanjung Aan yang berada di dekat bukit juga memiliki banyak warung yang menawarkan banyak makanan khas.

Merese Hill
@_dewirs

Tertarik mengunjungi Merese Hill di Lombok Tengah setelah melihat keindahan yang ditawarkan ? Tidak heran jika bukit di kawasan Mandalika tersebut dianggap sebagai salah satu ikon wisata di Lombok. Bahkan popularitasnya pun bukan hanya di kalangan wisatawan dalam negeri saja, melainkan sudah terdengar sampai kancah internasional. Oleh karena itu, yuk segera rencanakan liburan anda ke sini.


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
Tags: Bukit Cinta, Lombok, Mandalika, Moto GP, Pantai Tanjung Aan, Sunset Di Pantai, Wisata Lombok
Last Modified on Dec 12, 2022

Testimonial


Muh Sidih
Semarang

Tempatnya seru, banyak angin dan indanya saat sunset.

Arma Yanti
Surabaya

Kangen pingin kesini lagi.

Mukhtar Azis
Jakarta

Tempat ini seru banget buat foto-foto saat sunset.