Desa Petulu, Ubud Gianyar Bali yang Punya Kisah Tersembunyi

Desa Petulu – Bali memang menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia yang tidak pernah sepi pengunjung. Bali yang dijuluki sebagai Pulau Dewata ini bahkan sudah terkenal sebagai destinasi wisata Internasional yang populer sepanjang tahun. Banyak lokasi wisata di Bali yang belum banyak dikunjungi namun menyimpan pesonanya.

Salah satunya adalah di wilayah Ubud ada sebuah desa yang dikenal karena banyak burung yang datang. Desa ini unik dan punya latar cerita menarik yang patut untuk diulik dan juga bisa menjadi destinasi wisata. Inilah sekilas ulasan tentang Desa Petulu yang ada di Ubud Gianyar Bali yang punya kisah menarik dan bisa dijadikan lokasi tujuan wisata yang seru.

@sulastudio_

7 Informasi Menarik Tentang Desa Wisata Petulu

1. Sekilas Tentang Petulu, Gianyar Bali

Salah satu daya tarik Bali adalah masyarakatnya yang punya kehidupan yang masih dekat dengan kebudayaan aslinya. Kebudayaan khas Bali hingga saat ini masih dilestarikan sejak jaman nenek moyang dahulu. Masyarakat Bali Sebagian besar beragama Hindu sehingga banyak bangunan khas adat Bali yang dibangun untuk tempat ibadah.

Kebudayaan Bali yang masih dilestarikan hingga saat ini menjadi salah satu objek yang menarik untuk turis baik lokal maupun internasional. Sehingga Bali tidak hanya menyuguhkan pesona keindahan alamnya namun juga menyuguhkan konsep masyarakat adat yang masih tradisional dan punya pandangan tentang kehidupan yang baik.

Salah satu desa adat yang bisa anda kunjungi saat berkunjung ke Bali adalah Petulu. Lokasi desa adat di Bali ini terletak di Ubud Gianyar. Disana anda akan menemukan banyak kebudayaan khas Bali yang unik dan tidak bisa anda temukan di tempat lain. Sehingga lokasi wisata ini wajib masuk list objek liburan kamu saat ke Bali.

2. Lokasi Petulu, Gianyar Bali

@worldculture_travels

Bila anda tertarik mengunjungi Desa Petulu ini, maka anda bisa menuju ke Jalan Raya Petulu, Desa Petulu, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Lokasi desa wisata ini cukup mudah ditemukan karena terletak di wilayah yang tidak jauh dengan kota. Selain itu, bila anda masih bingung, maka anda bisa mencarinya lewat aplikasi Google Maps.

Akses jalan yang sudah baik dan ditunjang dengan akomodasi yang juga baik akan membuat perjalanan anda menjadi lebih mudah. Akses jalan menuju des aini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, namun juga bisa bisa ditempuh dengan naik kendaraan umum lainnya.

3. Daya Tarik Wisata Desa Petulu

Desa wisata yang ada di Ubud ini memang menyimpan banyak daya tarik yang tidak akan bisa anda tolak. Salah satu daya tarik yang membuat banyak turin berkunjung adalah kebudayaan masyarakatnya yang masih khas Bali. Masyarakat Petulu yang ramah akan membuat anda betah berlama lama berkunjung ke desa ini.

Satu hal lagi yang menjadi alasan mengapa desa wisata di Bali ini menjadi tujuan wisata adalah karena desa ini terkenal dengan banyaknya Burung Kokokan yang tinggal disini. Burung kokokan punya bentuk semacam bangau putih yang cantik dan unik. Burung ini jarang dilihat orang sehingga akan menjadi pemandangan yang langka.

Karena banyaknya habitat burung Kokokan ini, maka Desa Petulu juga seringkali disebut dengan Desa Kokoan. Jadi bila berkunjung ke desa ini maka anda jangan heran bila akan banyak melihat burung kokokan yang tinggal di dahan pohon atau banyak yang beterbangan di angka atau bahkan di sepanjang jalanan utama desa ini.

4. Desa Dengan Banyak Burung Burung Kiriman Tuhan

Burung Kokokan Petulu
@liansukhamalani

Terdapat satu kisah menarik mengapa burung-burung kokokan ini sampai tinggal dan banyak jumlahnya di Petulu. Burung yang datang pada sekitar bulan November hingga bulan April ini memang tergolong hewan yang aktif pada siang hari. Sehingga turis yang datang di bulan tersebut akan bisa berinteraksi dengan burung cantik ini hingga mereka kembali jam 6 sore.

Menariknya, burung kokoan ini sangat dikeramatkan oleh masyarakat desa setempat. Konon di tahun 1965 saat pertama kali datang, jumlah burung Kokokan ini hanya beberapa ekor. Pada jaman itu, banyak pemburu yang datang untuk menangkan burung Kokokan ini, namun anehnya para pemburu itu Kembali lagi beberapa hari kemudian.

Para pemburu tersebut bersaksi bahwa mereka gelisah karena didatangi makhluk hitam besar setelah memburu burung Kokoan tersebut. Sehingga setelah itu, warga Desa memutuskan untuk membuat upacara permintaan maaf. Acara yang digelar di pura ini menyebabkan beberapa pendeta kerasukan.

Pada saat kerasukan, para pendeta tersebut berkata bahwa burung Kokokan yang ada di desa tersebut merupakan Ida Betara atau Dewa. Mendengar hal tersebut kemudian kegiatan berburu dihentikan. Warga Desa Petulu kemudian hidup membaur dengan burung burung Kokokan dengan damai dan saling berbagi lingkungan.

5. Fasilitas Wisata Desa Petulu yang Disediakan

Bila anda wisatawan dari luar kota atau bahkan turin dari luar negeri, maka jangan khawatir bila berkunjung ke desa ini. Petulu sudah mempunyai banyak fasilitas dan pilihan akomodasi yang nyaman untuk para pendatang. Sehingga anda tidak perlu kesulitan dan bisa berwisata dengan lebih nyaman.

Beberapa fasilitas yang ditawarkan antara lain area parker untuk kendaraan yang nyaman dan aman. Kemudian juga akan lokasi untuk beristirahat dan tempat makan yang cukup beragam. Sehingga anda bisa menikmati banyak sajian kuliner khas Bali. Lokasi kamar mandi umum juga banyak tersedia hingga penginapan yang nyaman untuk wisatawan.

Desa Petulu
@black_sea_ubud

7. Transportasi dan Akomonasi di Petulu

Bila anda ingin berkunjung ke lokasi Desa Kokoan ini, maka anda bisa menggunakan pilihan kendaraan pribadi baik motor atau mobil yang nyaman. Akses jalanan ke Desa ini sudah baik dan tidak menyulitkan anda yang membawa kendaraan pribadi. Bila kesulitan soal arah, maka anda bisa menggunakan petunjuk arah dari Google Maps.

Namun bila anda ingin pergi ke Desa Petulu ini dengan menggunakan transportasi umum, maka hal ini juga bisa dilakukan. Anda bisa turun di terminal bus Ubud. Setelah itu, anda bisa memilih menggunakan saran transportasi ojek untuk mengantar anda hingga ke desa ini. Lokasi terminal dan desa tidak terlalu jauh dan bisa lebih menyingkat perjalanan.

Alamat Desa Petulu Ubud, Gianyar Bali

AlamatUbud, Gianyar Regency, Bali
Mapshttps://maps.app.goo.gl/NJtrPMyCPhgjxxM79
Telpon

8. Saran dan Tips Bila Berkunjung ke Desa Petulu

Bila anda tertarik liburan ke Desa Petulu, maka akan disarankan untuk memastikan musim kedatangan. Bila anda ingin melihat burung Kokokan, maka anda harus datang sekitar bulan November hingga April. Saat perjalanan, anda juga bisa lho membawa bekal makanan atau minuman dan jangan lupa siapkan kamera terbaik anda disana.

Itulah beberapa ulasan menarik tentang Desa Wisata Petulu yang bisa jadi pertimbangan untuk destinasi wisata anda selanjutnya. Desa yang menarik untuk dikunjungi ini akan menyimpan banyak kisah menarik dengan pesona alam yang tidak kalah cantik. Yuk masukkan lokasi wisata satu ini ke list perjalanan anda.

Reikha Jouliani
Reikha Jouliani
Fulltime penulis cerita indah liburan bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *