Hutan Pinus Pengger Jogja

Apabila tertarik ingin mengunjungi tempat-tempat wisata lokal, maka Hutan Pinus Pengger bisa menjadi salah satu lokasi untuk dikunjungi. Berlokasi di Yogyakarta, tepatnya di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, tempat wisata satu ini sangatlah cocok untuk datangi baik perorangan maupun dengan keluarga.

Umumnya, wisatawan mengeksplor wilayah ini pada malam hari karena dapat menikmati keindahan malam kota Yogyakarta dari atas. Namun, tempat wisata ini tidak kalah ramai di siang hari. Daerahnya yang masih dipenuhi dengan pohon-pohon tinggi dan udara segar membuat tempat ini juga sering dijadikan sarana trekking bagi orang-orang. Simak lebih lanjut untuk mengetahui lebih lanjut terkait Hutan Pinus Pengger.

Hutan Pinus Pengger
@dewi_zay

Daya Tarik Yang Disuguhkan Hutan Pinus Pengger Jogja

Tentunya sebelum mengunjungi lokasi tersebut, kamu perlu tahu daya tarik apa yang ditawarkan oleh tempat wisata ini. Memang, wisatawan akan dimanjakan dengan udara segar, pemandangan indah, serta hal-hal menarik lainnya.

Karena tempat wisata ini cukup populer dan kerap didatangi oleh wisatawan, maka sangat disarankan bagi kamu untuk berkunjung sedini mungkin demi menghindari antrian yang panjang ke wahana-wahana yang mereka sediakan. Nah, berikut ini akan dibahas lebih dalam lagi daya tarik yang tersedia di Hutan Pinus Pengger.

Baca Juga !

Paket Tour Jogja ke Bali naik bus sleeper yang nyaman.

Pemandangan Indah

Karena berlokasi di wilayah alam terbuka, wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan alam, bebas dari gedung-gedung tinggi yang mencekam. Kalian harus menaiki tangga sederhana demi mencapai tempat ini. Namun, karena udaranya yang segar, maka pengalaman menanjak wilayah ini tidak akan terasa terlalu melelahkan. Bahkan, pengunjung akan merasa bugar kembali melihat keindahan pemandangan yang disuguhkan.

Pengunjung juga bisa menaiki sarang burung raksasa untuk melihat pemandangan pohon pinus dari atas pada siang hari. Di malam harinya, pengunjung dapat menikmati indahnya gemerlap lampu yang dipancarkan dari sarang burung dan tangan raksasa. Pengunjung juga bisa memandang lampu-lampu kota Yogyakarta dari lokasi ini.

@rikosetiawan_05

Tangan Raksasa

Mungkin membaca tulisan ‘tangan raksasa’ pada poin sebelumnya cukup membingungkan. Nah, tangan raksasa ini adalah ikon unik dari tempat wisata Hutan Pinus Pengger. Tujuannya memang untuk menarik wisatawan berkunjung dan melihat objek ini. Menariknya, ikon ini terbuat dari jalinan rotan, dan dibentuk sedemikian rupa sehingga menyimbolkan tangan raksasa. Di malam hari, lampu-lampu yang dipasang di sekitar tangan ini akan dinyalakan, sehingga pengunjung bisa menikmati keindahannya dari jauh.

Baca juga !

Paket Tour Jogja ke Bali.

Tempat Tidur Gantung

Bagi kalian yang berkunjung bersama teman atau keluarga, maka yang satu ini akan sangat menarik untuk dilakukan bersama-sama. Di lokasi wisata ini tersedia hammock, alias tempat tidur gantung, yang disewakan bagi pengunjung. Di sini, tempat tidur gantung ini dipasang secara bertingkat, sekitar 5 sampai 6 tingkatan. Wisatawan bisa mengisi tempat tidur gantung ini dari atas sampai bawah dan berfoto ria.

@fatkur_xy

Spot-Spot Lainnya Yang Instagramable

Selain dari sarang burung dan tangan raksasa (dikenal juga sebagai panca warna), terdapat beberapa spot foto lainnya yang cocok digunakan sebagai latar berfoto para wisatawan, seperti jempol raksasa, jembatan pohon, foto akar melingkar, dan jembatan Pinus Pengger. Jembatan kayu yang ada di lokasi ini dibuat dengan menghubungkan dua pohon pinus yang jaraknya berjauhan.

Menariknya lagi, terdapat banyak jasa fotografer yang tersedia di lokasi ini, sehingga mengambil gambar bersama teman maupun keluarga tidak akan merepotkan. Cukup sewa jasa fotografer, maka momen-momen mengagumkan dapat terekam dengan baik.

Fasilitas Yang Disediakan di Hutan Pinus Pengger Jogja

Tidak hanya daya tarik saja yang bisa didapatkan dari tempat ini. Mereka juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas memadai yang tentunya dapat mendukung aktivitas para wisatawan. Fasilitas yang disediakan antara lain:

  • Tempat Ibadah — Bagi kalian yang khawatir tidak dapat menunaikan ibadah ketika mengunjungi tempat ini, sudah tersedia tempat ibadah yang dapat digunakan secara bebas oleh pengunjung.
  • Food Court — Tidak perlu khawatir kelaparan, karena lokasi ini juga sudah menyediakan food court bagi pengunjung yang tidak membawa makanan, atau yang ingin menghabiskan waktu lebih lama lagi di sini.
  • Area Parkir Yang Luas — Tentunya sebagai wilayah wisata yang kerap dikunjungi, tempat ini perlu memiliki lahan parkir yang memadai. Untungnya, area parkir yang disediakan cukup luas, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir akan kehabisan lahan parkir.
  • Area Camping — Tertarik melakukan camping di sini? Tenang saja, penyelenggara wisata juga menyediakan area camping bagi wisatawan yang tertarik untuk menghabiskan waktu mereka sambil berleha-leha dengan keluarga dan teman.
  • Ayunan — Rasanya wisata alam yang melibatkan pohon-pohon tinggi akan kurang lengkap apabila tidak tersedia ayunan bagi para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan sambil berayun-ayun. Nah, di sini mereka juga menyediakan ayunan untuk dinikmati pengunjung.
  • Jalur Trekking — Bagi pengunjung yang ingin melakukan trekking, sudah terdapat jalur khusus yang disesuaikan untuk aktivitas trekking. Jadi, selain bisa melakukan camping, pengunjung bisa menikmati aktivitas trekking tanpa gangguan.
  • Gazebo — Tidak hanya tempat tidur gantung dan ayunan saja, tempat wisata ini juga menyediakan gazebo-gazebo bagi pengunjung yang ingin berteduh dan istirahat. Di sini kalian juga dapat berfoto-foto bersama keluarga dan teman.
  • Toilet — Terlepas dari Hutan Pinus Pengger adalah suatu tempat wisata alam, penyelenggara tetap menyediakan toilet bagi para pengunjungnya. Jadi, kalian tidak perlu khawatir dengan fakta bahwa tempat ini adalah wisata alam, karena fasilitas-fasilitas yang penting sudah disediakan oleh pihak penyelenggara.
Hutan Pinus Pengger
@penggeryani_mukhlis

Harga Tiket Masuk Wisata Hutan Pinus Pengger

Harga awal untuk masuk ke lokasi ini adalah Rp 2.500,00, tetapi dikenakan juga biaya asuransi sebesar Rp 500,00, jadi total yang harus dibayar per satu orang pengunjung adalah Rp 3.000,00. Selain itu, ada juga biaya lainnya yang perlu dibayar apabila pengunjung membawa kendaraan pribadi:

  • Biaya parkir sebesar Rp 2.000,00 untuk sepeda motor
  • Biaya parkir sebesar Rp 5.000,00 untuk mobil dan mini bus
  • Biaya parkir sebesar Rp 15.000,00 dikenakan bagi bus ukuran sedang
  • Biaya parkir sebesar Rp 20.000,00 dikenakan bagi bus ukuran besar

Kalian dapat memasuki lokasi ini kapan saja dari rentang waktu 06.00 – 24.00 WIB. Bagi pengunjung yang ingin berfoto dengan jasa fotografer, maka dapat membayar Rp4.000,00 per spot foto. Menariknya, foto dapat langsung dicetak di tempat. Untuk penyewaan area camping maka akan dikenakan biaya Rp 15.000,00 per orang, dan jika tertarik menggunakan hammock, maka akan dikenakan bayaran Rp 10.000,00 per orangnya.

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati bermain sepeda hutan dengan membayar Rp 10.000,00, menaiki wahana flying fox dengan biaya Rp 15.000,00, dan aktivitas panjat tebing dengan biaya Rp 15.000,00.

Hutan Pinus Pengger
@pengger__ninooooooomambrassar

Alamat, Lokasi, dan Rute ke Wisata Alam Hutan Pinus Pengger

Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Apabila perjalanan dilakukan dari pusat kota Yogyakarta, maka akan memakan waktu perjalanan sekitar 45 menit. Jaraknya dari pusat Yogyakarta adalah kurang lebih 21 – 25 kilometer.

Rute yang bisa digunakan ada 4, yaitu melalui Jl. Wonosari, Jl. Pleret – Pathuk, Jl. Dlingo-Patuk, dan Jl. Pleret-Patuk. Namun lebih disarankan untuk mengikuti rute via Jl. Wonosari untuk perjalanan yang lebih mulus. Disarankan juga untuk berkendara dengan hati-hati, karena kondisi jalanan yang cenderung licin dan berkelok-kelok.

AlamatJl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783
Mapshttps://goo.gl/maps/HW88v5s7t14DJBop7
Telpon

Akhir Kata

Itulah informasi mendalam terkait wisata lokal Hutan Pinus Pengger. Apabila kalian tertarik ingin menikmati keindahan alam Indonesia tanpa perlu harus mengeluarkan dana yang besar, maka cobalah kunjungi lokasi ini. Dan jika kamu membutuhkan perencanaan lebih lanjut, jangan sungkan untuk mengunjungi www.parahitatour.com.

Reikha Jouliani
Reikha Jouliani
Fulltime penulis cerita indah liburan bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *