BLOG : Pantai Sanur Bali

Pantai Sanur Bali, merupakan destinasi tempat wisata yang terkenal di Pulau Bali. Tempat ini berada di sebelah timur kota Denpasar Bali. Pantai sanur memiliki ombak yang cukup tenang dan kondisi alam yang juga masih asri. Tak heran kita masih bisa menemui pepohonan yang rindang di sepanjang pantai dan jalanan dikawasan Sanur.

Pantai Sanur juga dikenal sebagai pantai matahari terbit, karena disini anda bisa melihat matahari yang terbit di ufuk timur dengan latar belakang laut dan kepulauan nusa penida yang indah.

Hingga saat ini, penunjang pariwisata di Sanur juga sudah lengkap, kita bisa mendapatkan hotel, restaurant, kafe kecil, artshot. Bahkan hotel tertua di Bali juga ada yaitu Inna Grand Bali Beach yang berada tepat di pinggir pantai yang memiliki pasir putih ini.

Pantai sanur banyak di kunjungi oleh wisatawan Eropa, tak heran banyak gaya dan nuansa Eropa yang ada di tempat ini, salah satunya ialah restaurant italia yang sudah lama ada disanur, bahkan seniman terkenal dari Belgia juga pernah menetap di wilayah sanur ini.

Pantai Sanur Bali

Daya Tarik Pantai Sanur Bali

Sanur sebagai daya tarik pariwisata Bali yang selama ini di kenal oleh kalangan wisatawan dunia. Ternyata memiliki sejarah yang saling berhubungan. Tak heran seorang pelukis terkenal dari Belgia yang bernama Adrien-Jean Le Mayeur datang ke Pantai Sanur dan menetap. Saat itu ia bertemu seorang gadis bali yang bernama Ni Pollok. Karena kecantikan dan kepribadiannya, membuat Adrien-Jean Le Mayeur jatuh hati.

Adrien-Jean Le Mayeur menuangkan karyanya seninya dengan menggambar istrinya Ni Pollok dan membuat sebuah rumah di kawasan Sanur. Banyar karya-karyanya yang menjadi terkenal dikenal para wisatawan di dunia sehingga banyak yang wisatawan yang datang ke rumahnya.

Hinga pada tahun 1956, Mentri Pendidikan Indonesia mengunjungi rumah Adrien-Jean Le Mayeur, dan ia mengusulkan kepada pasangan tersebut untuk menjadikan rumahnya sebagai Museum. Akhirnya Adrien-Jean Le Mayeur dan istri setuju dan mulai saat itu karya-karyanya semakin banyak.

Tahun 1958 Adrien-Jean Le Mayeur menderita sakit keras, ia dan istrinya kembali ke Belgia untuk penyembuhan, namun sayang dua bulan kemudian Adrien-Jean Le Mayeur meninggal. Setelah itu Ni Pollok kembali ke Indonesia dan meneruskan merawat rumahnya yang menjadi museum, hingga kematiannya di tahun 1985.

Aktivitas di Pantai Sanur Bali

Di Pantai Sanur Bali, anda bisa menikmati indahnya alam yang sangat berbeda dari pantai yang lain di Bali. Jika Kuta terkenal dengan hinggar binggar kehidupan malamnya, kalau di sanur itu berbeda. Disini jauh lebih tenang dan relax. Oleh sebab itu di sanur bisa melakukan berbagai aktivitas seru yang mungkin bisa menjadi bahan refrensi untuk anda berlibur di Bali.

Watersport

Salah satu aktivitas watersport yang juga di cari oleh para wisatawan takala menuju Sanur ialah bermain wahana watersport. Sama seperti di daerah Tanjung Benoa Watersport, disini anda juga bisa bermain wahana tersebut yang juga oke.

Seperti sea walker, jetski, snorkeling atau yang ingin memancing juga tersedia di sini.

Jogging & Bersepeda

Pantai sanur memiliki trek untuk ber-olahraga lumayan jauh. Jika di hitung dari ujung ke ujung, panjangnya kurang lebih sekitar 10 kilometer. Lumayan nih buat nyari keringat. Di sepanjang pantai ini sudah ada trek dengan paping yang ditata rapi sepanjang jalan. Apalagi pemandangannya juga beragam, seperti lapangan, pura, dermaga boat ke nusa penida, hotel, kolam renang besar, restaurant hingga kawasan tempat mancing juga ada.

Biasanya warga masyarakat ber-olah raga Jogging atau bersepeda disana. Untuk bersepeda, jika anda tidak membawanya. Anda bisa menyewa di sepanjang pantai sanur. Harganya cukup murah, kisaran 20 ribu. anda sudah bisa gowes dari ujung ke ujung. Ada berbagai jenis sepeda yang tersedia. Bahkan ada juga sepeda yang ada tempat duduk balitanya. Pasti seru kan untuk anda yang ingin liburan keluarga ke bali.

Kuliner

Kuliner di sepanjang pantai sanur pun tak kalah enak-enak, namun ada dua tempat kuliner yang wajib kalian singgahi saat kalian liburan ke pantai sanur.

Warung Sambal Mak Beng.
Siapa yang tak kenal warung kecil di jalan Hang Tuah dekat hotel Grand Inna Bali Beach ini ?. Bagaimana tidak, banyak artis-artis yang datang ke tempat ini untuk menikmati kuliner yang sudah legend dari jaman dahulu kala. Tak heran di dinding rumah makan ini terdapat foto-foto artis dan pejabat yang sudah datang ke tempat ini. Bahkan temboknya sudah full foto-foto mereka.

Menu makanan disini hanya satu, yaitu ikan goreng dan soup kepala ikan. Yang menjadi primadona ialah sambal-nya yang lesat. Tapi sayang dapatnya gak terlalu banyak, kalau boleh nambah banyak kayak enak #hehehe

Untuk bisa ke makan makan disini, anda harus sedikit extra bersabar. Karena tempatnya yang terbatas dan banyaknya pembeli yang makan di tempat, oleh sebab itu kalau sudah selesai langsung checkout yah, biar yang lainnya juga kebagian tempat.

Nasi Ayam Men Weti.
Ini adalah warung nasi campur khas Bali. Disini menunya hanya ada ayam saja. Dapatnya Ayam Betutu, Kulit Ayam, Telor Ayam, Urap yang semuanya mengandung rempah-rempah khas Bali.

Sama seperti Mak Beng, disini kalau mau makan harus antri. Apalagi warung ini tidak memiliki ruangan untuk makan, jadi kalian akan disediakan kursi plastik di pinggir jalan dan makannya disana.

Wisatawan domestik banyak sekali yang datang kesini, apalagi kalau sudah musim liburan. Antri dari jam 7 pagi, bisa dapat kebagian makan 10-20 menit kemudian.

Melihat Pemandangan Matahari Terbit

Salah satu alasan datang ke Pantai Sanur pada pagi hari, ialah untuk melihat fenomena alam matahari terbit. Dengan latar belakang pulau di sebrang ( nusa penida, nusa lembongan, nusa ceningan ) dan terkadang adanya awan-awan tipis saat matahari mulai naik, membuat pemandangan disini begitu indah.

Tak heran banyak fotographer yang datang ke area ini untuk membuat foto matahari terbit. Apalagi sering ada perahu-perahu sampan milik nelayan setempat yang berada di atas laut membuat semakin cantiknya foto yang di buat disini.

Biasanya waktu matahari terbit di bali kisaran pukul 5.50 WITA, jadi kami sarankan anda datang ke Pantai Sanur kisaran jam 5:30 sudah di lokasi yah. Sembari mencari tempat yang asik untuk bersantai sambil di temani kopi/ teh dari penjual disekitar yang sudah buka dari sebelum matahari terbit.

Baca juga : “Tempat Melihat Matahari Terbit di Bali“.

Pantai di sekitar Pantai Sanur

Walaupun masih satu garis pantai, namun di Pantai Sanur terdapat beberapa nama pantai yang populer di kalangan masyarakat. Mungkin agar bisa lebih gampang menuju daerah tersebut atau karena daerah tersebut memiliki sejarah tersendiri sehingga dinamakan beda-beda di tiap tempatnya.

  • Pantai Sindhu. Pantai ini dinamakan Sindhu dikarenakan mengambil nama dari sebuah hotel yang berada di pantai ini. Adalah Inna Sindhu Beach Hotel, yang menjadi latar belakang dinamai pantai ini.
  • Pantai Cemara. Pantai cemara terletak di Jalan Cemara kawasan Sanur. Disini terdapat beberapa hotel berbintang tinggi yang sangat keren-keren, seperti Prama Sanur Beach, Puri Santrian, Kamuela Villas juga ada.
  • Pantai Karang. Begitu juga dengan pantai karang, nama pantai ini di ambil dari nama jalannya yaitu Jalan Pantai Karang. Di sini terdapat beberapa karang pemecah ombak yang di bangun. Dan diatas karang tersebut juga di buat beberapa gazebo yang bisa di pakai para wisatawan yang sedang ke Pantai ini. Oh iyah, di kawasan pantai karang ini ada spot foto kekinian. Orang-orang sih bunga sakura ala bali, tapi dia adanya di waktu tertentu yah.
  • Pantai Matahari Terbit. Nah, untuk pantai ini sangat cocok untuk anda yang ingin melihat pemandangan indah matahari terbit di kawasan Sanur. Bagaimana tidak, disini pemandangannya indah sekali, anda bisa melihat matahari terbit, juga jajaran Gunung Agung, Gunung Batur yang terlihat jelas sepanjang mata memandang. #asal jangan pas berawan yah 🙂
  • Pantai Segara Ayu. Juga lumayan terkenal, disini ada tempat makan yang ngehits, namanya Nasi Ayam Bu Weti atau Men Weti. Duh kalau kesini harus extra sabar yah, antri gaes….

Hotel Murah di Pantai Sanur

Di kawasan pantai sanur juga terdapat beberapa hotel-hotel murah yang mungkin bisa jadi refrensi anda untuk liburan.

Transport ke Pantai Sanur Bali

Untuk transportasi menuju daerah Pantai Sanur Bali, anda bisa menggunakan beberapa opsi transport yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan anda dan rekan saat berlibur ke Bali.

  • Ojek online, anda bisa menggunakan aplikasi ojek online yang ada pada ponsel pintar anda. Kalau dari Pantai kuta menuju Pantai Sanur, biasanya bayar sekitar 20.000-an sekali jalan.
  • Taxi meteran, ada beberapa taxi meteran yang tersedia di Bali. Mungkin anda bisa menggunakan jenis taxi sedan seperti Bluebird yang banyak tersedia di Bali.
  • Sewa motor, untuk anda yang mau simple dan easy going, sewa motor di bali mungkin bisa jadi pilihan anda saat berlibur ke Bali. Bagaimana tidak, dengan sewa motor anda bisa jalan-jalan keliling Bali dan masuk-masuk ke daerah yang mungkin jalanannya tidak terlalu besar, jadi kalau tersesat bisa langsung balik arah dengan cepat. #hehe
  • Sewa mobil di Bali dengan supir, namun jika anda mau lebih santai dan tidak mau ribet, anda bisa menggunakan jasa sewa mobil ini. Supir-supir yang sudah berpengalaman akan bisa mengantar anda menuju tempat tujuan sesuai keinginan anda. Namun jika mau lebih simple lagi, anda bisa membeli paket tour bali murah yang sudah tersedia.
Pantai Sanur Bali

Lokasi Pantai Sanur Bali

AlamatKecamatan Denpasar Selatan, Denpasar, Bali
Mapshttps://goo.gl/maps/rEBi1Heq5i8WZg179
Telpon

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke kawasan pantai sanur, anda tidak dikenakan biaya tiket masuk per-orang. Hanya saja anda akan membayar biaya sewa lahan parkir yang ada pada kawasan pantai sanur.

Motor2.000
Mobil5.000
Bus10.000
Pantai Sanur Bali

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan

Jika kami menginap di daerah Sanur, apakah cukup oke ?

Tentu saja, pantai sanur memiliki beberapa hotel berbintang yang nyaman untuk anda menginap. Apalagi daerahnya yang tenang dan nyaman.

Berapa harga sewa kano di Pantai Sanur ?

Harganya kurang lebih sekitar 20.000 per kano yang anda sewa.

Apakah Pantai Sanur ada restaurant cepat saji ?

Ada, beberapa brand ternama seperti ayam goreng, pizza dan menu lainnya terdapat disekitar pantai sanur.

Pantai Sanur Bali

img src: ib_rama, drg_nancyaryasubawa, cnlulaby, jprojectphoto, agung_kencana77, yurri92, citra_hernadi, gusdastory, dewiayusartika_, odelliarina,


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Parahita TourParahita TourIDRMo-SuCash500062 (361) 488-208Jl. Gunung Bromo XI No 23 Denpasar Bali
5 out of 5 stars -1 votes
Loading...
Tags: Matahari Terbit Bali, Pantai, Pantai Sanur, Sanur
Last Modified on Feb 2, 2021

Testimonial


Putri Imelda
Jakarta

Seru banget liburan di Pantai Sanur. Kami sekeluarga bermain kano. Airnya tenang dan menyenangkan, banyak ikan-ikan kecil di pinggiran pantai.