BLOG : Pura Lempuyang Luhur

Pura Lempuyang Luhur ialah salah satu objek pariwisata di Bali yang juga merupakan sebuah tempat yang sangat suci untuk masyarakat Hindu, dimana pura ini terletak di wilayah pulau Bali bagian timur yang termasuk didalam kawasan Kabupaten Karangasem Bali.

Pura Lempuyang Luhur ini menjadi tujuan yang sangat menarik bagi wisatawan saat ini. Mengapa ? Karena Pura ini memiliki sebuah spot untuk foto yang benar-benar aestetik banget dengan gapura candi bentar Pura Lempuyang yang kini viral. Terlebih lagi wisatawan luar negri yang suka expre keindahan alam serta kebudayaan dari Pulau Bali.

Pura ini juga merupakan salah satu pura tertua dan di hormati oleh Hindu Bali. Dimana, penghormatan pura ini juga setara dengan Pura Besakih di kaki Gunung Agung.

Pura Lempuyang Luhur

Sejarah Pura Lempuyang

Sejarah Pura Lempuyang Luhur menurut warga setempat ada beberapa versi. Pertama, pura ini berasal dari kata “lampu” yang artinya sinar dan juga “hyang” atau sebutan lain untuk Tuhan oleh masyarakat Hindu Bai. Oleh sebab itu nama lempuyang berarti sinar suci dari tuhan yang teran benderang. Apalagi posisi pura ini berada di kawasan Timur Pulau Bali yang merupakan tempat awal permulaan matahari terbit.

Selain itu ada juga sejarah yang mengatakan kalau nama Lempuyang di ambil dari bahan bumbu masakakan.

Pura Lempuyang Luhur

Ada juga yang mengatakan nama Lempuyangan berasal dari kata “empu” yang berarti ngemong atau menjaga. Dan itu juga saling berkaitan dengan sumber yang menyebutkan Hyang Pasupati mengutus ketiga putranya untuk menjaga Bali Dwipa dari segala mara bahaya bencana alam.

Oleh sebab itu, Pura Luhur Lempuyang menjadi tempat persembahyangan umat hindu di Bali. Tak heran di waktu-waktu tertentu pura ini akan ramai dikunjungi oleh masyarakat Hindu di Bali untuk beribadah. Bahkan jika masyarakat Hindu ingin belajar ilmu pengetahuan tentang keagamaan Hindu, disarankan untuk sembahyang di pura ini dan memohon doa resti di Pura Lempuyang Luhur ini.

Baca juga : “Daftar Tempat wisata di Bali“.

Daya Tarik Pura Lempuyang

Bali memang selalu menjadi destinasi pariwisata dunia, tak heran begitu banyak wisatawan yang datang ke Pulau ini. Terlebih lagi di era perkembangan ponsel pintar dengan berbagai fitur yang tersedia, salah satunya ialah kemampuan mengolah gambar/ foto membuat makin banyaknya orang berloma-lomba membuat konten yang menarik. Sebagai salah satu pura yang memiliki pemandangan yang keren, pura lempuyang ini menjadi salah satu pilihan wisatawan untuk membuat konten yang instagramble banget.

Tak heran karena tempatnya yang indah dan otentik ini membuat pura luhur lempuyang di Bali menjadi primadona bagi kalangan pemburu konten yang kekinian banget. Hal inilah yang selalu di cari-cari oleh wisatawan, membuat foto instakekinian yang keren untuk feed sosial media mereka.

Baca juga : “Sewa mobil di Bali dengan Supir“.

Pura Lempuyang Luhur

Harga Tiket Masuk Pura Lempuyang

Untuk masuk ke objek wisata Pura Lempuyang, sebenarnya tidak ada biaya alias gratis. Namun saat ini pengelola menawarkan kendaraan shuttle menuju areal pura dengan biaya 50.000 / orang. Selain itu anda juga disarankan untuk membawa kain saroong yang di gunakan di kawasan pura lempuyang bali, namun jika anda tidak memiliki sarung, anda bisa menyewanya di stand warga sekitar.

Peta Lokasi Menuju Pura Lempuyang

Untuk para traveller yang datang sendiri ke kawasan Pura Lempuyang. Anda bisa menuju ke arah Banjar Purwa Ayu, Tribuana, Abang Kabupaten Karangasem. Letaknya kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Denpasar atau sekitar 10 kilometer.

Atau jika anda mau lebih ringkes, ialah mengikuti program paket tour ke bali dengan tiket pesawat yang sudah kami rangkai untuk anda yang mau liburan ke Bali.

Alamat Pura Luhur Lempuyang

AlamatDesa Lempuyang, Seraya Bar., Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali 80852
Mapshttps://goo.gl/maps/dkSYjWYCdVDUCwwT6
Telpon
Pura Lempuyang Luhur

Fasilitas

Pura Lempuyang Luhur sebenarnya ialah tempat beribadah bagi umat hindu di Bali. Namun pura ini juga memiliki pemandangan yang indah dan sangat sayang untuk dilewatkan. Untuk itu pihak pengelola juga menyediakan layanan fasilitas yang mendukung untuk kenyamanan para masyarakat/ pengunjung yang datang ke areal ini.

Terdapat fasilitas sepeti, tempat parkir, toilet, kendaraan shutle dari parkiran ke lokasi pura.

Selain itu, dikawasan pura lempuyang ini juga terdapat warung-warung kecil yang bisa di gunakan untuk membeli makanan dan minuman kecil jika anda ingin makan.

Jam buka objek wisata

Pura Lempuyang di buka kisaran jam 07.00 – 17.00 WITA, namun kami menyarankan anda untuk datang sekalian pagi atau sekalian sore agar bisa mendapatkan momen foto yang bagus dengan latar belakang dan pencahayaan yang indah.

Peraturan ke Pura

Sama seperti masuk ke tempat ibada lainnya. Tentu saja ada aturan atau pantangan bagi para pengunjung yang datang. Baik itu untuk masyarakat untuk beribadah di Pura Lempuyang atau yang hanya berwisata di Pura Luhur Lempuyang untuk membuat foto kekinian yang instagramable banget.

  • Yang sedang datang bulan atau ada keluarga meninggal dilarang untuk memasuki areal.
  • Tidak boleh berbicara kasar/ tidak sopan.
  • Tidak boleh membawa daging Babi.
  • Tidak boleh mengajak anak sedang menyusui atau belum tanggal gigi.

* dikutip dari beberapa sumber

Objek wisata di sekitar

Disekitar Pura Lempuyang juga terdapat berbagai objek wisata yang mungkin bisa menjadi bahan refrensi untuk anda kunjungi sekalian. Adapun objek wisata yang terdapat disekitarnya ialah :

  • Tirta Gangga, merupakan taman air milik Kerajaan Karangasem yang dibangun oleh Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung pada tahun 1946
  • Taman Soekasada Ujung Karangasem, merupakan bangunan milik kerajaan karangasem, bernama I Gusti Bagus Jelantik, dengan arsitektur dari orang Belanda Van Den Hentz serta orang Tiongkok bernama Loto Ang. Merupakan tempat peristirahatan Raja Karangasem.
  • Pantai Virgin Karangasem, sebuah pantai di kawasan Kabupaten Karangasem yang memiliki pasir halus dengan pemandangan yang indah. Cocok untuk foto-prewedding juga.
  • Pantai Amed, ingin snorkeling dengan pemandanga alam bawah laut yang indah ? Anda bisa mencoba snorkeling di pantai amed ini.
  • Savana Tianyar, ingin merasakan seperti liburan di afrika ? Mungkin tak ada salahnya anda mencoba datang ke Savana Tianyar di Karangasem ini.

Pertanyaan Yang Sering di Ajukan

Jam berapa baiknya kami berangkat ke Pura Lempuyang ?

Baiknya anda berangkat ke lokasi Pura Luhur Lempuang kisaran jam 5 pagi.
Selain agar bisa mendapatkan antrian lebih awal, perjalanan menuju kawasan ini kurang lebih sekitar 2jam-an dari daerah Pantai Kuta.

Apakah juga tersedia fasilitas umum di Pura Lempuyang ?

Tentu saja, disana tersedia fasilitas toilet, parkir dan juga kebutuhan lainnya.

Apakah ada angkutan umum menuju Pura Lempuyang Luhur ?

Saat ini belum tersedia angkutan umum berjadwal untuk tujuan ke kawasan Pura Lempuyang. Kami menyarankan anda untuk sewa mobil di Bali untuk perjalanan wisata anda.

img src : david_camarillo, tangahdestinos, balaramfashion, dewata24jam_, maharajah8, buscandoalsol, suvilskon


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Parahita TourParahita TourIDRMo-SuCash500062 (361) 488-208Jl. Gunung Bromo XI No 23 Denpasar Bali
5 out of 5 stars -1 votes
Loading...
Tags: Foto Pura Kekinian, Karangasem, Lempuyang, Pura Instagram, Pura Lempuyang, Pura Luhur Lempuyang
Last Modified on Feb 2, 2021

Testimonial


Triwik Astrina
Jakarta

Keren banget lah.