Spot Snorkeling di Nusa Penida

Spot Snorkeling di Nusa Penida – Membicarakan mengenai destinasi wisata di Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Pasalnya, tempat wisata yang ada di Indonesia sangatlah banyak dan beragam. Contohnya saja di Bali khususnya Pulau Nusa Penida, terdapat wisata bahari yang menawan. Salah satu wisata yang sering mencuri perhatian wisatawan adalah Manta Bay. Yuk simak ulasan lebih dalam mengenai kawasan wisata ini disini!

Spot Snorkeling di Nusa Penida
@lisa_maritima

Daya Tarik Spot Snorkeling di Nusa Penida

Menghabiskan waktu libur dengan tujuan Bali sebagai tujuan destinasi merupakan sebuah pilihan yang tepat. Ketika mengunjungi Bali, rasanya akan tidak lengkap apabila tidak mampir ke pulau Nusa Penida. Sebab, pulau tersebut menyimpan sejuta keindahan yang dapat anda eksplore bersama keluarga maupun sahabat.

Pulau Nusa penida menawarkan keindahan alam yang masih asri. Sehingga, saat mengunjungi kawasan wisata ini, mata anda akan benar benar dimanjakan oleh pemandangan alam yang menawan. Hal tersebut juga menjadikan banyak wisatawan baik itu domestik hingga mancanegara ingin mengunjungi kawasan wisata yang ada di Pulau Nusa Penida.

Spot Snorkeling di Nusa Penida
@juncottage_penida

Salah satu tempat wisata di Pulau Nusa Penida yang menawarkan panorama nan memukau adalah Manta Bay. Snorkeling merupakan aktivitas yang cocok untuk dilakukan pada kawasan wisata tersebut. Keindahan alam bawah laut dan berbagai jenis biota laut dapat anda temukan di dalamnya saat melakukan aktivitas snorkeling.

Snorkeling merupakan kegiatan menyelam yang dilakukan pada permukaan air laut untuk melihat biota dalam laut. Karena aktivitas satu ini hanya dilakukan pada permukaan air laut, tabung udara sebagai alat bantu pernapasan tidak diperlukan. Pada aktivitas ini, peserta snorkeling hanya membutuhkan alat bantu pernapasan yang bernama snorkel.

Tidak hanya pemandangan di sekitar lautnya yang indah, biota yang terdapat dibawah laut juga sangat menawan. Hal tersebutlah yang menjadikan banyak wisatawan rela jauh jauh mengunjungi kawasan wisata ini untuk menghabiskan waktu liburan di Bali. Ikan hiu, terumbu karang, hingga ikan pari merupakan beberapa biota laut yang dapat anda jumpai saat snorkeling di Manta Bay.

Deretan Aktivitas Spot Snorkeling di Nusa Penida

Sederet aktivitas seru dapat anda lakukan saat mengunjungi kawasan wisata yang satu ini. Salah satu kegiatan seru tersebut yakni dapat melihat secara langsung ikan pari manta. Ikan pari manta merupakan biota laut yang paling terkenal di Pulau Nusa Penida. Namun, anda harus menunggu beberapa menit apabila ingin melakukan snorkeling bersama ikan tersebut.

Umumnya, sebelum melakukan kegiatan tersebut, anda harus menaiki perahu dan menunggu kurang lebih 10 sampai 15 menit untuk mengamati ikan pari manta. Apabila ikan tersebut telah muncul, maka anda bisa melompat turun dari perahu untuk melakukan snorkeling sambil melihat ikan pari manta dan indahnya biota laut lainnya.

Spot Snorkeling di Nusa Penida
@kaitlynzerr

Lokasi dan Akses Menuju Kawasan Wisata

Destinasi wisata Manta bay berlokasi tepat di sebelah barat Pulau Nusa Penida. Tepatnya, kawasan wisata ini berada di daerah Tanjung Pandang. Untuk menuju ke lokasi yang indah satu ini terbilang cukup jauh dan memerlukan beberapa transportasi khusus. Namun, perjalanan yang cukup jauh tersebut akan terbayarkan dengan pemandangan indah yang disajikan disana.

Karena memang dikelilingi tebing tebing yang terjal dan curam, anda harus menggunakan beberapa akses transportasi saat berkunjung ke kawasan wisata ini. Kapal feri merupakan salah satu transportasi khusus yang dapat digunakan. Umumnya, wisatawan akan berangkat dari pusat pulau Bali menuju ke Nusa Penida menggunakan kendaraan speed boat menuju pelabuhan sanur.

Sesampainya di pelabuhan sanur atau Padang Bai, pengunjung akan membeli tiket lagi untuk menaiki kapal feri menuju Pulau Nusa Penida. Waktu perjalanan yang dibutuhkan menuju lokasi tersebut yakni sekitar 60 menit. Akses menuju lokasi wisata dengan menggunakan kapal memang menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, waktu tempuh perjalanan yang diperlukan tidak terlalu lama.

Setelah menaiki kapal, wisatawan masih harus menempuh perjalanan darat menggunakan motor. Anda dapat menyewa kendaraan motor dengan tarif sebesar Rp 75 ribu per unitnya. Dengan membayar tarif segitu, anda sudah bisa melakukan perjalanan ke lokasi snorkeling dengan nyaman. Perlu diingat juga, saat melakukan perjalanan darat menggunakan motor, anda harus tetap berhati hati.

Waktu Terbaik Untuk Snorkeling di Nusa Penida

Apabila tertarik melakukan snorkeling di kawasan Manta bay Nusa penida, anda dapat melakukannya kapan saja. Jadi, bisa dikatakan bahwa sepanjang waktu di kawasan wisata ini dapat menjadi waktu terbaik untuk melakukan snorkeling. Hal tersebut dapat terjadi karena perairan di Kawasan ini sangatlah baik, sehingga volume airnya dapat mengalir besar, sehingga ikan pari dapat terus muncul.

Kegiatan snorkeling memang menjadi aktivitas seru dan favorit yang dapat dilakukan pada saat mengunjungi wisata bahari. Terlebih, apabila anda melakukan kegiatan tersebut di kawasan Nusa Penida. Sejumlah spot dan kehidupan biota laut yang menawan dapat anda jumpai saat melakukan kegiatan snorkeling di kawasan wisata satu ini.


Tags: Ikan Manta, Manta Bay, Nusa Penida, Penida, Snorkeling, Snorkeling Bali, Spot Snorkeling Di Bali, Wisata Bali
Last Modified on Oct 16, 2023