Air Terjun Tiu Kelep

Pulau Lombok dikenal mempunyai banyak pantai cantik yang keindahannya tidak kalah dari Bali. Namun ternyata bukan hanya pantai saja pesona alam yang dimiliki daerah dengan julukan Pulau Seribu Masjid tersebut, tapi di sana juga ada air terjun tersembunyi yang menawarkan daya tarik luar biasa. Namanya Air Terjun Tiu Kelep yang ada di wilayah Lombok Utara. Seperti apa pesonanya ? Yuk intip.

@aini49377_

Sekilas Tentang Tiu Kelep

Tiu Kelep merupakan nama air terjun yang berada di lereng Gunung Rinjanji, yaitu gunung tertinggi di Pulau Lombok dan termasuk gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia. Sehingga untuk mencapai ke objek wisata alam ini tentunya dibutuhkan sedikit usaha. Dimana anda harus trekking dengan berjalan kaki selama kurang lebih 35 sampai 45 menit dari air terjun pertama.

Air terjun pertama ? Iya, karena Tiu Kelep bukan satu satunya air terjun yang ada di kaki Gunung Rinjani. Ada pula Air Terjun Sendang Gile yang jaraknya lebih dekat dengan gerbang utama pendakian. Meski terpisah jarak beberapa meter, namun aliran air dari Sendang Gile dan Tiu Kelep ini berasal dari mata air yang sama.

Daya Tarik Air Terjun Tiu Kelep

Keindahan Air Terjun yang Luar Biasa Menakjubkan

Bukan tanpa alasan kenapa banyak wisatawan yang menyebut Air Terjun Tiu Kelep sebagai permata tersembunyi. Pasalnya keindahan yang ditawarkan oleh air terjun ini memang sangat luas biasa menakjubkan. Setibanya di lokasi air terjun yang ditandai dengan papan bertuliskan “Welcome to Tiu Kelep”, anda akan langsung disambut dengan pemandangan hijau yang menyegarkan mata di samping kiri dan kanan.

Air Terjun Tiu Kelep
@ocha_nugraha

Karena di sekitar air terjun ada banyak pohon dan rumput hijau yang tumbuh dengan subur. Membuat suasana terasa rindang dan menentramkan. Apalagi lokasi Tiu Kelep berada di lereng gunung, sehingga di sini terasa sangat sejuk. Ditemani gemericik air terjun yang jernih dan segar, nuansa alamnya berkesan tenang dan masih sangat alami.

Asal Usul Nama Air Terjun

Nama Tiu Kelep berasal dari bahasa Sasak yaitu tiu dan kelep, dimana tiu berarti air atau kolam dan kelep berarti terbang. Sehingga Tiu Kelep dapat diartikan sebagai kolam terbang atau air terbang. Itu karena curahan air terjun dengan ketinggian sekitar 45 meter tersebut terlihat muncrat jauh terbawa angin, seolah seperti air yang sedang terbang.

Aliran air Tiu Kelep memang keluar dari bibir tebing yang bentuknya setengah lingkaran. Jadi air yang keluar memang jaraknya cukup jauh, tidak jatuh secara garis lurus di bawah tebing. Karena alirannya airnya seperti itu, maka anda harus siap basah apabila mendekati Air Terjun Tiu Kelep. Bahkan duduk duduk di bebatuan yang dekat kolamnya pun sudah terkena cipratan air.

Air Terjun Tiu Kelep
@adisusanto10

Mitos Tentang Tiu Kelep

Sejumlah objek wisata alam di Indonesia umumnya menyimpan mitos yang melegenda di kalangan masyarakat sekitar, termasuk Tiu Kelep ini. Konon, orang yang berendam di dalam air terjun tersebut akan membuat tubuhnya terasa lebih segar. Dan membasuh muka menggunakan airnya akan membuat anda tampak awet muda.

Karena berasal dari sumber mata air yang sama, mitos serupa juga berlaku pada Air Terjun Sendang Gile. Warga sekitar percaya bahwa aliran kedua air terjun ini dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Percaya tidak percaya, bermain air di sini memang sangat menyenangkan sehingga anda tidak boleh terlewat mencobanya saat berkunjung.

Baca Juga : Paket Tour Lombok.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Trekking di Dalam Hutan

Untuk mencapai lokasi Tiu Kelep, pengunjung memang harus melakukan trekking terlebih dahulu. Dimana anda harus menaklukkan hutan yang termasuk ke dalam Geopark rinjani selama kurang lebih 35 menit sampai 45 menit perjalanan. Tidak perlu khawatir, karena kondisi trekking sudah dipermudah dengan menghadirkan akses jalan yang memadai di tengah tengah hutan tersebut.

Dari gerbang masuk anda bisa melewati tangga batu menurun yang rapi untuk menuju Air Terjun Sendang Gile yang jaraknya memang lebih dekat. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan jalur yang masih berbatu dan relatif datar. Baru kemudian melintasi sungai dangkal dengan air yang cukup deras sebelum lokasi air terjun. Karena jalan sungainya cukup licin, maka sebaiknya anda berhati hati.

Air Terjun Tiu Kelep
@nafa_fauzi

Bermain Air yang Jernih dan Segar di Air Terjun Tiu Kelep

Punya ketinggian sekitar 42 meter, Air Terjun Tiu Kelep menawarkan aliran air yang masih sangat jernih dan segar. Jadi sangat sayang sekali apabila anda tidak mencoba bermain air setibanya di sini. Bahkan karena keindahannya, siapapun akan dibuat terpesona dan ingin segera menceburkan diri ke dalamnya.

Namun bagi anda yang tidak bisa berenang sebaiknya jangan bermain air terlalu ke tengah, karena kolam di bawah air terjun termasuk cukup dalam. Meski begitu, di bagian samping kolam airnya masih dangkal sehingga bisa dijadikan tempat bermain air sepuasnya. Anda pun dapat memanfaatkan bebatuan besar yang ada di sekitar sebagai tempat duduk saat bermain.

Menyusuri Rute Gorong Gorong

Setelah puas bermain air, anda bisa menyusuri rute gorong gorong atau saluran irigasi sebagai jalur untuk kembali ke gerbang utama. Biasanya pengunjung yang datang bersama tour guide akan memilih menempuh jalur ini untuk mendapatkan sensasi yang berbeda. Dan anda harus berbekal senter apabila ingin menempuh jalur tersebut.

Menurut pemandu, rute gorong gorong tersebut cukup ekstrim karena belakangan ada kawat kawat di sadar saluran yang sudah menonjol. Apalagi kondisinya pun gelap, sehingga anda harus berhati hati ketika melangkah. Pastikan menggunakan sepatu yang aman dan dapat melindungi kaki.

Rute Menuju Lokasi dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Lokasinya berada di kawasan Gunung Rinjani, sehingga untuk sampai ke air terjun anda bisa menggunakan rute menuju Gunung Rinjani. Dari pusat kota anda bisa mengikuti jalur kawasan Bukit Malimbu atau Pantai Senggigi.

Perjalanan dari sana kurang lebih akan memakan waktu 2 jam perjalanan, nantinya pintu masuk pendakian ada di Desa Senaru. Anda dapat mengikuti jalan setapak sampai ke Air Terjun Sendang Gile yang berada lebih dekat. Kemudian meneruskan perjalanan dengan estimasi sekitar 45 menit untuk sampai ke Tiu Kelep.

Adapun harga tiket masuknya tergolong murah meriah, karena anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp. 15.000 yaitu Rp. 10.000 untuk tiket dan Rp. 5.000 untuk parkir. Apabila ingin didampingi oleh pemandu, maka anda perlu merogoh kocek sekitar Rp. 50.000. Dengan pemandu anda bisa mendapat pengalaman wisata yang lebih menyenangkan di Air Terjun Tiu Kelep.

Tertarik berkunjung ke Tiu Kelep ? Ketika berkunjung ke sini, anda bisa sekaligus menikmati Air Terjun Sendang Gile dan Geopark Rinjani. Sebab lokasinya berada di kawasan yang sama dan menawarkan keindahan serta keseruan yang luar biasa. Oleh karena itu, Tiu Kelep patut menjadi destinasi yang masuk ke daftar kunjungan anda berikutnya.

Reikha Jouliani
Reikha Jouliani
Fulltime penulis cerita indah liburan bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *