Goa Jomblang, Goa Terindah di Jogja

Goa Jomblang – Dibanding pantai, gunung, atau tempat wisata alam lainnya, objek wisata gua memang terkesan kalah populer. Padahal goa bisa menjadi tempat seru untuk dikunjungi, seperti Goa Jomblang yang terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Gua ini termasuk salah satu dari 3 titik pusat objek wisata goa di Jogja selain Goa Pindul dan Goa Kalisuci.

Di antara ketiganya, menyusuri Goa Jomblang termasuk yang paling sulit. Walau demikian, semua orang tetap bisa melakukan kegiatan susur gua di sana asalkan memenuhi syarat keselamatan.

Gua dengan kedalaman 80 meter ini bisa diakses dengan Single Rope Technique (SRT). Wisatawan dijamin terkagum-kagum dengan keindahan Goa Jomblang, terutama karena fenomena alam yang disebut Rays of Light atau Cahaya Surga. Penasaran dengan gua unik ini? Simak informasi lengkap mengenai Goa Jomblang berikut.

@adhistwd

Daya Tarik Goa Jomblang

Goa ini terkenal dengan keindahan dan keunikannya yang membuatnya berbeda dari objek wisata gua lain. Jadi tunggu apa lagi? Mari kita simak pesona Goa Jomblang yang membuat banyak wisatawan berdecak kagum.

Fenomena Alam Cahaya Surga

Daya tarik utama dari objek wisata ini adalah munculnya cahaya dari mulut gua dan celah-celah gua. Cahaya matahari tersebut kemudian menyinari bebatuan dan menembus uap air tebal di dalam gua sehingga terlihat sangat indah. Saking indahnya, fenomena alam ini disebut sebagai Cahaya Surga.

Untuk menyaksikan keindahan cahaya surga yang menerobos kegelapan gua, kalian harus datang saat cuaca cerah dan waktu yang pas yaitu sekitar jam 11.00 hingga 13.00. Lewat dari waktu tersebut, dipastikan cahaya sudah menghilang.

PROMO TOUR !

Paket Tour Jogja.

Hutan Purba Di Dasar Gua

Dari luar, area sekitar gua mungkin terlihat gersang mengingat lokasi berada di kawasan pengunungan kapur. Namun siapa sangka, dasar gua justru sangat subur. Berbagai vegetasi tumbuh di sana termasuk pepohonan berusia jutaan tahun yang tidak ditemukan di permukaan. Karena Itulah, tempat di dasar gua ini dinamakan hutan purba.

Mungkin kalian bertanya-tanya bagaimana hutan purba bisa ada dasar gua. Goa Jomblang terbentuk karena fenomena sinkhole jutaan tahun lalu. Karena Itulah tanaman purba bisa ditemukan di dasar gua. Sinkhole sendiri adalah lubang yang terbentuk karena tanah ambles. Drainase dan erosi air adalah penyebab terjadinya sinkhole. Fenomena ini memang sering terjadi di daerah karst atau pegunungan kapur.

@jonashornehoj

Keberadaan hutan purba tak hanya menarik minat wisatawan namun juga peneliti dari dalam dan luar negeri. Mereka menyambangi gua ini untuk meneliti berbagai tanaman yang tumbuh di lokasi terutama pohon-pohon yang belum diketahui jenisnya.

Stalagmit yang Indah

Setelah turun ke dalam gua, terdapat lorong sepanjang 300 meter yang menghubungkan Goa Jomblang dan Grubug. Sepanjang lorong tersebut terdapat stalaktit dan stalagmit yang indah, dua di antaranya berukuran sangat besar. Selain itu terdapat sungai bawah tanah yang mengalir dengan deras.

Stalaktit dan stalagmit memang umum terjadi di daerah kapur akibat proses pelarutan air yang berlangsung terus menerus. Pada gua bertipe collapse doline seperti Goa Jomblang, air yang larut masuk ke lubang-lubang dan turun ke lantai gua, menetes dari atap ke bawah. Menyusuri gua dengan pemandangan stalagmit yang cantik ditambah gemericik air bawah tanah merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan.

@mainanmolhoon

Sensasi Mendebarkan Masuk ke Gua

Tergolong gua vertikal, dibutuhkan cara khusus untuk turun ke dasar gua yaitu dengan Single Rope Technique (SRT) atau menggunakan satu tali. Sebelum turun ke dalam gua, wisatawan wajib memakai peralatan keselamatan seperti helm, head lamp, sepatu, dan lain-lain.

Terdapat beberapa jalur untuk menuruni gua dengan ketinggian berbeda-beda mulai dari 15 meter hingga 80 meter. Wisatawan yang masih awam atau baru pertama kali melakukan kegiatan susur gua direkomendasikan menggunakan jalur VIP dengan ketinggian 15 meter.

Saat menuruni gua, kamu akan merasakan sensasi yang cukup mendebarkan. Tetapi jangan khawatir karena kegiatan wisata alam jelajah gua ini aman asal memenuhi syarat keamanan yaitu memakai peralatan lengkap sesuai instruksi pemandu.

Semua rasa tegang saat menuruni gua dan rasa lelah menyusuri lorong gua terbayar saat melihat keindahan bebatuan, pepohonan, dan cahaya surga. Rasa lelah berganti dengan rasa kagum akan mahakarya ilahi yang begitu indah. Oleh sebab itu Paket Promo 3 Hari 2 Malam sangat rekomended untuk anda.

@jan__zero

Lokasi Cukup Strategis

Goa Jomblang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Kecamatan Semanu. Dari pusat kota Jogja, objek wisata ini bisa ditempuh dengan waktu 1,5 jam saja. Rute perjalanan dari arah Kota Jogja cukup mudah karena melewati jalan utama yaitu Jalan Wonosari. Untuk lebih detailnya, kalian bisa mengikuti aplikasi Google Maps. Dijamin tidak sulit menemukan tempat ini.

Selain lokasinya yang gampang ditemukan, objek wisata ini dekat dengan destinasi wisata lain. Beberapa di antaranya adalah cave tubing Kalisuci, Telaga Jonge, Pesona Tambang Batu Watu Giring, dan masih banyak lagi. Bahkan jika kalian ingin sekalian mengunjungi pantai-pantai indah di pesisir selatan Gunung Kidul pun, jaraknya tidak jauh, hanya sekitar 40 menit dari lokasi.

Alamat dan Lokasi Goa Jomblang Jogja

Berikut ini, alamat dan lokasi Goa Jomblang terletak berada di kawasan:

AlamatJetis, Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55893
Mapshttps://goo.gl/maps/Eouj7scX271cmkSa6
Telpon

Cerita Mistis Terkait Sejarah Goa Jomblang

Tak hanya keindahan gua saja yang menjadi pesona Goa Jomblang, tetapi sejarahnya yang ternyata penuh cerita mistis menjadi daya tarik tersendiri. Pada masa pemberontakan PKI, lokasi ini merupakan tempat pembuangan ratusan tahanan politik. Bahkan menurut kesaksian warga sekitar, pada awal 1980an, pemerintah setempat membersihkan lokasi ini dan mengangkut 3 truk tulang belulang dari dalam gua.

Berbagai cerita mistis yang membuat bulu kuduk merinding pun mulai berkembang. Untungnya, tidak pernah terjadi kejadian horor di tempat ini. Pengunjung memang selalu dianjurkan untuk berdoa sebelum menjelajahi gua dan berhati-hati, termasuk menjaga sikap dan ucapan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

PROMO !

Paket Tour Sleeper Class dari Jogja ke Bali

Tips Menyusuri Goa Jomblang

Salah satu hal yang harus dipersiapkan sebelum menjelajahi gua adalah kondisi fisik yang prima. Kegiatan susur gua tidak berhenti saat wisatawan selesai menuruni lintasan tali dari mulut ke lantai gua. Setelah itu perjalanan masih berlanjut ratusan meter menyusuri lorong gua dengan medan naik turun dan berlumpur. Pastikan kalian dalam keadaan sehat jika ingin berwisata ke Goa Jomblang.

Selain itu, persiapkan keperluan pribadi seperti baju ganti, air minum, dan obat-obatan. Satu hal yang paling penting adalah selalu mendengarkan dan mengikuti instruksi pemandu. Jangan lupa juga membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen di dalam gua, terutama foto di bawah cahaya surga yang tak boleh dilewatkan.

Goa Jomblang buka dari pagi pukul 08.00 dan tutup pukul 14.00. Sebaiknya kalian sudah berada di lokasi sebelum jam 09.00 karena susur gua dimulai pada jam tersebut. Dalam satu hari hanya diadakan satu kali trip dengan jumlah wisatawan 20 – 30 orang. Jadi, pengunjung harus melakukan booking terlebih dahulu. Jika kalian tertarik dengan destinasi wisata jelajah gua ini, kalian bisa mengunjungi halaman parahita paket tour jogja untuk informasi lebih lanjut.

Update
Apr 15, 2024
Reikha Jouliani
Reikha Jouliani
Fulltime penulis cerita indah liburan bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *