Gunung Rinjani Lombok

Bagi anda yang suka kegiatan mendaki, Taman Nasional Gunung Rinjani yang ada di Pulau Lombok adalah destinasi yang tepat untuk dikunjungi. Begitu smenantang, rinjani punya ketinggian sekitar 3.726 mdpl yang membuatnya menjadi gunung berapi kedua tertinggi yang ada di Indonesia. Di samping itu, taman nasional tersebut punya keindahan alam yang begitu eksotis untuk disaksikan.

Daya Tarik Gunung Rinjani Lombok

Kawasan Gunung Kaya Akan Flora dan Fauna

Selama mendaki Gunung Rinjani Lombok, selama perjalanan anda akan berjumpa dengan flora dan fauna beragam jenis yang memanjakan mata. Tidak heran apabila kawasan seluas 40.000 ha ini dijadikan sebagai taman nasional, dengan ekosistem hutan primer 40%, savana 40%, hutan tanaman dan sekunder 10%, serta daerah tandus 10%.

Gunung Rinjani Lombok
@khairurrahman012_

Di hutannya anda bisa menemukan beberapa fauna seperti celepuk rinjani, monyet, dan elang flores. Sementara flora unik yang ada di Rinjani yaitu bunga anggrek vanda limbata, yang mampu bertahan pada cuaca ekstrem. Bahkan tanaman ini mampu bertahan cukup lama pada musim kemarau sampai musim hujan berikutnya. Jadi besar kemungkinan anda akan melihatnya saat mendaki.

Dijuluki Sebagai Gunung Pantai

Ada julukan unik yang diberikan oleh para pendaki kepada Gunung Rinjani. Dimana gunung yang termasuk Seven Summit Indonesia atau puncak tertinggi Indonesia ini mendapat julukan sebagai gunung pantai. Kawasan Rinjani diberi sebutan seperti itu lantaran cuaca di sini cukup panas, membuat para pendaki seolah sedang berada di tepi pantai.

Apalagi Rinjani memiliki padang savana yang mempunyai persentase sampai 40% dari total wilayah. Tidak terlalu banyak pohon tinggi membuat udara di sekitar terasa semakin panas. Meski begitu padang sabana ini menjadi daya tarik tersendiri, khususnya Savana Propok dan Bukit Kondo Sembalun yang ngehits di kalangan wisatawan karena pemandangan yang ditawarkan begitu menakjubkan.

Dianggap Sakral oleh Masyarakat Sekitar

Selain menyandang gelar sebagai gunung tertinggi di Lombok sehingga disebut sebagai atap pulau tersebut, Rinjani disakralkan oleh masyarakat sekitar. Menurut penduduk setempat, gunung ini adalah pelindung pulau yang didiami oleh ratu jin bernama Dewi Anjani. Sehingga Dewi Anjani akan melindungi para pendaki dan masyarakat selama mereka mematuhi adat yang ada.

Legenda mengenai Dewi Anjani sendiri memiliki beberapa versi. Kisah yang populer yang menyebutkan bahwa Dewi Anjani adalah nama dari seorang putri yang jatuh hati kepada laki laki miskin. Namun karena tidak direstui, sang putri kemudian melarikan diri ke sebuah gunung dan bertapa di sana.

Gunung Rinjani Lombok
@mustaffa_khidhir

Setelah bertapa sekian lama, Dewi Anjani pun mendapatkan kesaktian luar biasa dan oleh bangsa jin kemudian diangkat sebagai ratu mereka. Sementara gunung tempat sang putri bertapa selanjutnya diberi nama Gunung Rinjani. Selain itu, asal usul Dewi Anjani dalam pewayangan disebutkan bahwa ia merupakan ibunda dari Hanuman dalam sastra Ramayana.

Mempunyai Anak Gunung Barujari

Gunung Barujari adalah anak Rinjani yang memiliki ketinggian 2.376 meter di atas permukaan laut. Dalam bahasa sasak yang merupakan bahasa penduduk setempat, Barujari sendiri mempunyai arti baru jadi. Nama ini diberikan oleh masyarakat karena gunung tersebut muncul pada letusan Rinjani yang terjadi di tahun 1944.

Gunung Rinjani Lombok Memiliki Danau Vulkanik Terbesar di Dunia

Kawan Rinjani memiliki ukuran yang besar dengan diameter sekitar 10 km. Kawah tersebut dipenuhi dengan air sehingga membentuk sebuah danau vulkanik atau disebut sebagai segara oleh warga sekitar. Berada pada ketinggian 2.003 meter di atas permukaan laut, danau ini merupakan danau vulkanik terbesar di dunia yang diberi nama Segara Anak.

Air Segara Anak tampak jernih dengan banyak ikan kecil berenang di dalamnya. Suhu airnya cenderung hangat dan diperkirakan mempunyai kedalaman lebih dari 200 meter. Jadi dari atas danau ini tampak berwarna biru gelap. Konon, terdapat mitos bahwa jika pengunjung melihat Segara Anak tampak luas dari ketinggian maka umurnya akan panjang. Sebaliknya, umur tinggal sebentar jika danau terlihat sempit.

Danau Segara Anak
@tato_outdoors

Disebut Sebagai Gunung Bintang Lima

Berbicara mengenai Gunung Rinjani, ada banyak julukan unik yang disematkan oleh para pendaki pada gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia tersebut. Salah satunya yaitu Rinjani dikatakan sebagai gunung bintang lima. Sama seperti hotel bintang lima, seistimewa itulah gunung satu ini.

Dan ada banyak faktor yang membuatnya layak menyandang bintang lima tersebut. Seperti jalur yang digunakan untuk mendaki benar benar menghibur dan menyenangkan. Anda akan diajak melewati gugusan tebing, hutan, savana luas, dan samudra awan yang membuat anda seolah berada di negeri atas awan. Apalagi Rinjani terpilih sebagai gunung dengan pengelolaan terbaik di dunia.

Tradisi Warga Setempat yang Kental

Apabila berkunjung ke Rinjani, anda bisa sekaligus melakukan wisata budaya. Karena tradisi warga di sekitar sini masih sangat kental. Dimana mereka seringkali mengadakan upacara adat seperti Ngayu Ayu sebagai upacara ajakan melestarikan alam, upacara Roah Asuhan Gunung, dan Gawe Alip. Jika beruntung, anda bisa melihat dari dekat saat upacara diselenggarakan.

Jalur Pendakian Resmi Gunung Rinjani Lombok

Summit Rinjani
@estetikaputri

Jalur Bawak Nao Desa Sembalun

Apabila anda ingin menikmati Savana Propok dan Bukit Kondo Sembalun, maka anda harus mengambil jalur pendakian lewat Bawak Nao, Desa Sembalun, Lombok Timur. Jalur resmi ini berjarak sekitar 3 sampai 4 jam perjalanan dari Praya, Lombok Tengah. Dari pintu gerbang pendakian nantinya anda akan menemukan persawahan milik warga desa yang amat menyegarkan mata.

Estimasi waktu yang dibutuhkan menuju Pos Pelawangan Rinjani yang berada di ketinggian 2.400 mdpl, adalah sekitar 6 sampai 8 jam melalui jalur Bawak Nao. Meskipun banyak track yang datar berupa savana, namun keadaan track nantinya akan semakin menanjak ketika anda sudah dekat dengan puncak Gunung Rinjani.

Jalur Senaru

Selain jalur Bawak Nao, anda bisa memilih lewat jalur Senaru yang ada di Lombok Utara. Dari Kota Praya, lokasi ini berjarak sekitar 4 jam perjalanan. Dimana track jalur Senaru dipenuhi dengan hutan yang membentang luas. Anda bisa melihat pemandangan pepohonan di sisi kiri dan kanan saat menuju setiap posnya.

Jalur Aik Berik

Jalur Aik Berik berada di Kecamatan Batu Kliang, Kabupaten Lombok Tengah. Rute pendakian ini bertepatan dengan lokasi Air Terjun Benang Stokel. Jadi apabila anda ingin sekaligus menikmati wisata air terjun, maka jalur ini sangat direkomendasikan. Rutenya pun cenderung lebih adem karena melewati air terjun dan hutan belantara.

Jalur Timbanuh Gunung Rinjani Lombok

Gunung Rinjani Lombok
@nikmiff_

Jalur Timbanuh juga berada di Kabupaten Lombok Timur, namun tepatnya di Kecamatan Pringgasela. Melalui jalur ini anda bisa menemukan Cemara Nunggal, padang savana di jalur selatan Gunung Rinjani yang berada tepat di bawah puncak tertinggi Rinjani. Biasanya para pendaki akan menyempatkan diri beristirahat dan menikmati pemandangan dari Puncak Orplas tersebut.

Taman Nasional Rinjani adalah destinasi dengan paket wisata lengkap. Bisa dibilang begitu karena gunung ini mempunyai banyak sekali daya tarik yang mampu memikat hati. Dari jalur manapun anda berusaha mendaki puncaknya, ada beragam keindahan yang dapat ditemukan. Apabila anda suka mendaki gunung, maka Rinjani adalah pilihan yang sangat tepat. Yuk segera rencanakan ke Gunung Rinjani dan jangan lupa abadikan dalam foto-foto di akun sosial media kamu.

Update
May 4, 2024
Reikha Jouliani
Reikha Jouliani
Fulltime penulis cerita indah liburan bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *