Sembalun Lombok Timur

Diberkati dengan kekayaan alam yang mengagumkan, Pulau Lombok menjadi salah satu daerah yang mampu menawarkan beragam wisata menarik untuk dikunjungi. Contohnya di kawasan Sembalun Lombok Timur yang menyimpan banyak destinasi unik. Berkunjung ke sini tentunya akan membuat siapapun berdecak kagum karena pesona yang disuguhkan. Berikut beberapa yang tidak boleh anda lewatkan.

Sembalun Lombok Timur
@petualang3773

Objek Wisata di Sembalun Lombok Timur yang Tidak Boleh Dilewatkan

Desa Adat Beleq

Bagi anda yang mengharapkan perjalanan istimewa dan berkesan, sebaiknya sempatkan diri untuk berkunjung ke Desa Adat Beleq. Wisata budaya yang ada di Pulau Lombok bagian timur tersebut merupakan peninggalan para leluhur, yang sampai saat ini masih tetap dijaga dan dirawat dengan baik.

Lokasi desanya sendiri berada di kaki Gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut dengan diapit dua bukit, yakni Pergasingan dan Selong. Menengok ke arah kanan, anda bisa langsung melihat lahan pertanian milik warga dengan latar belakang Bukit Pergasingan.

Sementara di sebelah kiri terdapat tujuh rumah adat Desa Beleq yang akan anda temukan apabila sedikit mendaki ke atas Bukit Selong. Rumah adat di sini terbuat dari daun ilalang atau jerami dengan dinding anyaman bambu dan lantai dari tanah. Semua bangunan rumah adat ini menghadap ke arah utara dan untuk memasukinya harus menaiki tujuh tangga terlebih dahulu.

Sembalun Lombok Timur
@ditaayuningtyas

Tentu bukan tanpa alasan kenapa nenek moyang masyarakat Sembalun membuat rumah adat mereka menghadap ke arah utara. Terdapat makna di balik hal ini, yaitu supaya cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah pada pagi maupun sore hari. Cahaya matahari tersebut masuk melalui lubang angin di kedua sisi atap, membuat rumah terasa selalu hangat.

Bukit Selong – Sembalun Lombok Timur

Bukit Selong yang terletak di samping Desa Adat Beleq adalah destinasi yang sudah cukup populer di kalangan wisatawan. Sebab bukit ini mampu menawarkan keindahan alam yang begitu luar biasa. Sejauh mata memandang anda bisa melihat hamparan hijau yang menyegarkan mata dan pikiran.

Bukit tersebut mempunyai ketinggian sekitar 1.800 meter di atas permukaan laut. Akses menuju puncak tergolong cukup mudah, karena telah disediakan anak tangga yang membantu pengunjung selama trekking. Saat berada di puncaknya, anda bisa melihat dengan jelas kemegahan Gunung Rinjani dari sudut tertentu. Sehingga spot ini sangat cocok untuk mengabadikan momen.

Baca Juga !

Paket Tour Lombok 2024

Apalagi di sini sekarang sudah dibangun sebuah gardu pandang dengan bentuk menyerupai bintang yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan potret ciamik. Karena keindahan alamnya, pukul berapapun menjadi waktu yang tepat untuk mengambil gambar. Namun banyak yang tertarik untuk mendapatkan foto saat sore hari.

Itu karena panorama alam saat senja di sini memang begitu memukau. Matahari tenggelam dari kejauhan meninggalkan semburat warna oranye yang menghiasi rerumputan hijau. Kombinasinya menciptakan pemandangan bak lukisan di atas kanvas yang membuat foto tampak semakin instagramable.

Bukit Pergasingan – Sembalun Lombok Timur

Bukit Pergangingan
@fasihalatiff_

Tidak jauh dari Bukit Selong dan Desa Beleq, anda bisa menemukan Bukit Pergasingan yang tidak kalah populer di Sembalun. Sedikit lebih rendah dari Selong, Bukit Pergasingan berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Di sini pun anda bisa melihat pemandangan yang sangat indah dan mengagumkan layaknya di Bukit Selong.

Dari atas puncaknya anda bisa melihat dengan jelas petak petak sawah yang terlihat begitu menyegarkan. Menghadirkan kesan alami yang terasa sangat menenangkan bagi siapapun yang menyaksikannya. Dan karena lokasinya berdekatan dengan Bukit Selong, tentu anda juga dapat melihat gagahnya Gunung Rinjani dari sini.

Pesona elok pemandangan sunset juga tampak begitu jelas saat duduk duduk menikmati udara segar di Pergasingan. Anda juga dapat memilih untuk mendirikan tenda di puncaknya agar dapat melihat panorama sunrise yang begitu luar biasa. Apalagi pada pagi hari biasanya ada arak arakan awan dari puncak bukit ini.

Membuat anda seolah olah sedang berpijak pada negeri di atas awan. Tidak heran apabila sejumlah wisatawan pun ada yang menyebut bukit di Kecamatan Sembalun ini sebagai negeri di atas awan. Yang lebih menyenangkan adalah akses menuju bukit tidak sulit, karena sudah tersedia sekitar 70 anak tangga yang bisa digunakan untuk sampai ke spot pemberhentian pertama.

Gunung Rinjani

Jika kurang puas melihat Gunung Rinjani dari Bukit Selong atau Pergasingan, bagaimana jika anda langsung datang ke gunung tertinggi di Pulau Lombok tersebut ? Lombok Timur merupakan salah satu gerbang menuju gunung setinggi 3.726 mdpl tersebut. Melalui jalur pendakian ini anda akan melewati padang savana yang datang, jadi tidak terlalu ekstrim.

Baru kemudian dilanjutkan menuju 4 pos sebelum sampai ke puncaknya yang menawarkan pemandangan alam dengan keindahan tidak dapat dijelaskan menggunakan kata kata. Sebab keindahan Rinjani tampak selalu memukau baik pada pagi hari, siang hari, sore, maupun malam hari.

Semua waktu menawarkan keindahan tersendiri yang mampu mengundang decakan kagum bagi siapapun yang melihatnya. Bahkan di lereng gunung anda bisa menemukan banyak surga tersembunyi seperti air terjun yang begitu menyegarkan. Namun sebelum mendaki Gunung Rinjani sebaiknya anda sudah mempersiapkan diri, mengingat bahwa Rinjani adalah gunung berapi kedua tertinggi yang ada di Indonesia.

Gunung Rinjani
@pajalansurang

Air Terjun Umar Maya

Saat berjalan jalan ke kawasan Sembalun, Lombok Timur, jangan lupa sempatkan diri untuk berkunjung ke Air Terjun Umar Maya. Air terjun yang ada di Dusun Birak ini dapat ditempuh sekitar 30 sampai 45 menit perjalanan dari pusat kota. Aksesnya termasuk mudah dan dapat dilalui oleh kendaraan bermotor.

Sesampainya di lokasi anda akan disambut dengan pemandangan air terjun cantik yang jatuh dari ketinggian kurang lebih 6 meter. Alirannya langsung jatuh ke telaga luas seperti kolam yang memiliki warna biru keputihan. Air tersebut mengandung belerang, sehingga banyak masyarakat yang memanfaatkannya untuk membasuh diri dengan harapan dapat mengatasi masalah masalah kulit.

Air Terjun Umar Maya
@ading_id

Menariknya lagi, Air Terjun Umar Maya berada tidak jauh dari Air Terjun Madu. Jaraknya hanya sekitar 500 meter di sebelah utara air terjun tersebut. Jadi anda bisa menggunakan rute yang sama untuk menuju kedua air terjun ini. Dengan kata lain, anda dapat menikmati dua objek wisata sekaligus dalam sekali jalan. Sangat efektif bukan ?

Taman Wisata Pusuk

Berada di ketinggian 900 mdpl, Taman Wisata Pusuk merupakan destinasi yang banyak diminati oleh wisatawan ketika berkunjung ke kawasan Sembalun. Sebab taman ini adalah spot yang tepat untuk refreshing dan menghilangkan stres. Keindahan alamnya yang sejuk dan masih alami akan membawa anda lupa dengan berbagai masalah pekerjaan sehari hari.

Dari dari Taman Wisata Pusuk anda bisa melihat dengan jelas pemandangan Bukit Pergasingan dan Bukit Selong dari kejauhan. Bahkan anda juga dapat melihat panorama Bukit Nanggi dan Bukit Anak Dara yang berada tidak jauh dari sini, dengan pemandangan alam tidak kalah cantik dari dua bukit sebelumnya.

Pulau Lombok memang menyimpan banyak sekali objek wisata alam menarik untuk dikunjungi, termasuk di kawasan Lombok Timur seperti yang telah disebutkan di atas. Bahkan yang disebutkan ini hanya segelintir saja, lebih dari itu masih banyak destinasi memukau lainnya yang patut untuk anda kunjungi. Jadi tunggu apa lagi ? Yuk segera rencanakan liburan anda.

Reikha Jouliani
Reikha Jouliani
Fulltime penulis cerita indah liburan bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *