Objek Wisata Danau Tamblingan

Objek Wisata Danau Tamblingan – Pulau Bali memiliki berberapa danau yang tentunya bisa di kunjungi oleh para wisatawan yang datang untuk berlibur. Dan data-rata seluruh danau tersebut berada di lereng gunung dengan pemandangan alam yang begitu indah. Ada yang di pergunakan untuk wisata camping, ada juga yang di gunakan untuk wisata kunjungan biasa.

Keseluruh danau tersebut semuanya bisa di akses dengan saat mudah, terlebih lagi di era tahun 2022 ini, pemerintah setempat dan pemerintah provinsi dengan sangat sigap selalu memperbaharui akses perjalanan menuju objek wisata tersebut. Sehingga anda yang sedang menikmati wisata ke bali akan dengan nyaman menikmati objek wisata yang akan di tuju.

Salah satu objek wisata yang sedang dalam perhatian pemerintah ialah, kawasan objek wiata danau tamblingan yang berada di kawasan Kabupaten Singaraja ini. Sehingga hal ini membuat banyak para wisatawan yang datang ke tempat ini untuk menikmati keindahan alam yang begitu mempesona.

Objek wisata Danau Tamblingan
@pekik_kusumo

Danau Tamblingan

Danau tamblingan adalah salah satu objek wisata alam di Bali yang memiliki keindahan alam sangat menarik dan lebih menakjubkan. Objek Wisata Danau Tamblingan sendiri lokasinya berada di sekitar Desa Munduk Kec. Banjar Kabupaten Buleleng, Bali. Tempat wisata Bali ini juga sangat dekat dengan tempat tinggal penduduk lokal asli bali yang begitu ramah. Asal usul mula Danau Tamblingan memiliki arti, berasal dari dua kata, yaitu tamba dan elingang. Tamba artinya obat, sedangkan elingang artinya ingat.

Objek wisata Danau Tamblingan
@ meytawidya_

Jadi, pada jaman dahulu danau ini sering digunakan sebagai tempat menyembukan penyakit yang sedang melanda. Hal ini tak heran jika disekitar danau tamblingan banyak sekali pura-pura yang masih tersedia.

Baca Juga: Altas Bech Fest : Sejarah, Daya Tarik, Fasilitas, Jam Buka, Harga Tiket Masuk, Lokasi, Rute

Sejarah Danau Tamblingan

Asal usul mula sejarah danau tamblingan pada jaman dahulu terdapat kaldera besar antara gunung lesung dan danau buyan serta beratan. Pada saat itu juga, mengalalami letusan yang sangat dahsyat dan terjadi kelongsoran. Sehingga kaldera ini menjadi terpecah dan terbentuklah sebuah danau. Maka letak danau buyan dan danau tamblingan ini sangat berdekatan atau masyarakat setempat sering menyembutnya adalah telaga aya.

Danau tamblingan memiliki kedalaman 90 m dan luar berkisar 190 hektar dengan ketinggian sekitar 1.217 mdpl yang berada dibawah kaki Gunung Sanghyang. Disamping danau juga dikelilingi hutan yang sangat asri. Maka tak heran jika airnya sangat bersih, dingin dan segar. Nama danau tamblingan diambil atau ditentukan oleh masyarakat setempat diambil dari sejarah cerita pada jaman dahulu.

Yang mana, tamblingan terdiri dari dua kata yaitu tamba dan elingang. Tamba artinya obat, sedangkan elingang artinya ingat. Menurut beberapa sumber menyatakan bahwa danau tamblingan ini merupakan salah satu tempat tinggal masyarat yang maju. Akan tetapi, dengan terjadinya adanya wabah yang menyerang, membuat sebagian masyarakat lokal mengungsi ke daerah lain. Dan pada saat itu juga, ada seseorang yang diperintahkan untuk mengambil air dari sebuah danau dengan tujuan mengobati wabah tersebut. Sehingga air danau tersebut memiliki dampak positif yaitu bisa menyembuhkan dan menghilangkan wabah yang terjadi.

Objek Wisata Danau Tamblingan
@ landsim

Dengan kejadian tersebut, danau ini kemudian diberi nama menjadi tamblingan sampai seakrang dengan alasan asal usul sejarahnya. Bahkan, sampai sekarang masyarat setempat masih mempercayai tradisi jaman dahulu dengan air danau menjadi sebagai obat. Sampai sekarang masyarat masih melakukan upacara adat sebagai penghormatan kepada dewi danu atas keberkahaannya.

Baca Juga: Air Terjun Sekumpul : Sejarah, Daya Tarik, Fasilitas, Jam Buka, Harga Tiket Masuk, Lokasi, Rute

Daya Tarik Danau Tamblingan

Objek wisata danau tamblingan dapat memberikan daya tarik bagi parawisatawan pada saat berkunjung, diantaranya:

Panorama Alam

Daya tarik danau tamblingan yang pertama adalah terlihat panorama alam yang begitu indah dan sangat menakjubkan. Pengunjung bisa menikmati suasana alam danau sambil istirahat ditempat gazebo yang telah disediakan dan konsumsi makanan serta minuman. Selain itu, penjunjung bisa melihat banyaknya perahu kecil yang sedang berlayar serta melihat orang yang sedang mancing. Pepohonan di sekitar danau yang hijau membuat udara sangat sejuk dan serasa dapat menghilangkan stress setelah bekerja sehari-hari. Sedangkan pada malam hari, udara yang ada di wisata danau tambilingan sangat sejuk dan pastinya alami dengan embun pagi hari.

Tamblingan
@donyarcapada

Terdapat beberapa pura yang berada disekitar danau membuat pengunjung akan tertarik dengan pura tersebut. Kalian bisa menikmati suasana alam di pura sambil berfoto dan bersama keluarga maupun sahabat saat liburan.

Berkeliling Danau Sambil Naik Perahu

Pada saat kalian berkunjung ke tempat wisata danau tamblingan, jangan lupa berkeliling danau sambil naik perahu. Sehingga kalian akan merasakan keindahan suasana alam danau yang begitu sejuk, segar, dan panorama sangat indah. Selain itu, kalian juga dapat menikmati keindahan alam dengan mengelilingi danau menggunakan perahu kecil.

Mancing

Adapun daya tarik danau tamblingan yang bisa disuguhkan untuk parawisatawan adalah mancing di sisi atau ditengah danau menggunakan perahu. Tentu ini sangat berkesan bagi kalian yang suka hobi mancing supaya dapat menenangkan pikiran setelah bekerja setiap hari.

Camping

Daya tarik danau tamblingan selanjutnya adalah camping. Tentu ini sangat cocok buat kamu yang hobi berpetualang mendaki gunung. Kalian bisa mencoba camping di sekitar area danau sambil menikmati keindahan alam malam hari dan juga bisa mancing ikan. Hal ini pastinya kalian akan mendapat pengalaman pernah camping ditempat objek wisata bali tersebut bersama teman.

Fasilitas Objek Wisat Danau Tamblingan

Adapun fasilitas danau tamblingan yang telah disediakan untuk kebutuhan para wisatawan, diantaranya:

  • Tempat Parkir
  • WC Umum
  • Gazebo
  • Perahu Kecil
  • Tempat Beribadah untuk Umat Hindu
  • Dll

Ketersediaan fasilitas yang telah disiapkan, pengunjung dapat menikmati liburan di wisata danau tambling bersama keluarga.

Jam Buka Objek Wisat Danau Tamblingan

Operasional jam buka danau tamblingan full 24 jam setiap hari. Jadi, parawisatawan bisa mengunjungi objek destinasi wisata danau tamblingan kapan saja, karena dibuka setiap hari dari jam 06.00 WITA sampai malam. Akan tetapi, agar bisa menikmati keindahan alam danau tamblingan, alangkah baiknya liburan pada saat muslim kemarau.

Danau Tamblingan
@pudya_cahyadi

Harga Tiket Masuk Danau Tamblingan

Berikut ini, tariff harga tiket masuk danau tamblingan untuk parawisatawan saat berkunjung, yaitu:

Tiket MasukHarga
WisatawanRp. 10.000,00
Parkir MotorRp. 3.000,00
MobilRp. 5.000,00

Harga tersebut sewaktu waktu berubah tanpa sepengatahun wisatawan. Tergantung dari pihak pengelola yang memberi informasinya.

Alamat dan Lokasi Objek Wisat Danau Tamblingan

Alamat dan lokasi danau tamblingan berada di daerah Desa. Munduk Kecamatan. Banjar Kabupaten Buleleng, Bali.

Berikut ini, alamat dan lokasi Tamblingan terletak berada di kawasan:

AlamatMunduk, Banjar, Buleleng Regency, Bali
Mapshttps://goo.gl/maps/Wq3PdA9khdwT7Qa1A
Telpon

Objek wisata di sekitar Objek Wisat Danau Tamblingan

Adapun beberapa objek wisata di sekitar Pantai Diamond juga juga banyak di cari oleh para wisatawan yang berlibur ke Nusa Penida ialah :

  • Danau Buyan, di daerah Bedugul, terdapat tiga buah danau yang bisa anda kunjungi. Salah satunya ialah Danau Buyang yang sering di jadikan tempat untuk camping bersama anggota keluarga.
  • Rumah Gemuk, merupakan sebuah destinasi spot photo kekinian nan instagramable, cocok untuk anda yang ingin membuat dokumentasi foto untuk memenuhi feed anda. Tempat ini merupakan rumah makan yang memiliki konsep piknik, sehingga selain anda bisa menikmati kudapan yang lezat, anda juga bisa membuat foto-foto yang bagus.
  • Air Terjun Git-Git, ialah salah satu air terjun yang terkenal di kawasan Pulau Bali. Dimana anda bisa melihat keindahan alam dengan air terjun yang menawan dengan pemandangan sawaha dan perkebunan cengkeh milik warga setempat.
  • The Blooms Garden, berada di kawasan objek wisata Bedugul, dimana objek wisata ini memiliki pemandagan taman bunga yang begitu indah dengan berbagai bungga yang tersedia.

Pertanyaan yang sering ditanyakan

Apakah danau tamblingan cocok untuk Prewedding?

Tentu saja cocok, karena keindahan alam wisata danau tamblingan sangat bagus sebagai background untuk prewedding.

Apakah ada hotel atau vila terdekat danau tamblingan?

Untuk saat ini belum tersedia tempat penginapan hotel maupun villa yang berdekatan dengan wisata danau tamblingan.

Adakah transportasi ke wisata danau tamblingan?

Belum tersedia, untuk mengunjungi objek wisata danau tamblingan tentu kalian harus menggunakan kendaraan pribadi (Jasa Sewa Mobil di Bali)

Adakah paket murah mengujungi wisata danau tamblingan?

Tentu saja ada, untuk mendapatkan harga paket murah danau tamblingan, silahkan hubungi nomor telepon whatsapp.


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
Tags: Buleleng, Danau, Danau Tamblingan, Fasilitas, Gunung Sanghyang, Jasa Sewa Mobil Di Bali, Lokasi, Sejarah Danau Tamblingan, Sunrise, Tamblingan, Wisata Di Bali
Last Modified on Sep 12, 2022

Testimonial


Raditya Purnomo
Jakarta

Destinasi wajib kalau jalan2 ke daerah Bedugul.

Raka Lia
Jakarta

Walaupun agak jauh dikit, tetapi tebayarkan keindahan alamnya.

Wisnu Baskara
Bandung

Spot ini pernah dijadikan tempat foto-foto alm Eril anak Pak Ridwan Kamil, dan benar tempatnya keren.

Denis Dohmen
Jakarta

Mantab Banget Dah