Pantai Tembeling Nusa Penida

Pantai Tembeling Nusa Penida – Apakah anda termasuk onrang yang mencari pantai yang masih tersembunyi ? Jika iya, maka anda harus menuju Pantai Tembeling di Pulau Nusa Penida. Nama Penida sendiri masih tergolong objek wisata baru di Bali, masih banyak para wisatawan dalam negri yang belum pernah datang ke Pulau yang berada di kawasan Kabupaten Klungkung Bali. Tepatnya berada di sebelah timur Pulau Bali dan harus menggunakan fast boat dari Pelabuhan Sanur menuju Pelabuhan di Nusa Penida.

Keindahan alam dari Pulau Nusa Penida ini begitu menarik. Sehingga banyak wisatawan yang datang berbondong-bondong menikmati pulau ini. Biasanya para wisatawan yang datang lebih sering mengambil paket tour satu hari. Jadi berangkat pagi dari Sanur lalu pulang pada sore hari dari Pulau Nusa Penida.

Pantai Tembeling Nusa Penida
Pantai Tembeling Nusa Penida @waisnawa_ayu

Adapun paket tour nusa penida yang paling banyak dicari oleh wisatawan ialah paket tour trip barat. Dengan mengunjungi beberapa destinasi wisata yang sangat populer, sehingga bisa memenuhi konten feed akun sosial media anda dengan foto-foto ataupun video yang menarik untuk anda berbagi kepada rekan-rekan anda di sosial media seperti Instagram, Twitter maupun platform lainnya.

Daya Tarik Pantai Tembeling Nusa Penida

Tembeling Beach, seperti tamu wisatawan asing saat mengucapakannya. Memang sangat unik keberadaan pantai ini. Dimana hal yang paling unik ialah, di Tembeling terdapat ebuah mata air yang keluar dari dinding tebing sehingga membuat sebuah cerukan, kemudian dari cerukan kolam tersebut seolah-olah dikaitkan dengan wanita yang sedang hamil “beling“, dimana kata beling dalam bahasa bali ialah wanita yang sedang hamil.

Keunikan lain dari Tembeling nusa penida ini ialah, dimana pada biasanya pantai-pantai yang menarik di Nusa Penida selalu di kelilingi dengan tebing maupun karang-karang yang besar serta terjal, namun pada Tembeling ini sangat berbeda, dimana pantai indah ini di kelilingi oleh beberapa pepohonan hijau yang sangat teduh, sehingga anda yang datang kesana akan merasa sejuk dan tenang.

Pantai Tembeling Nusa Penida
@pika_thepoodle

Kolam Air Tembeling

Menurut warga lokal setempat, kolam air ini memiliki kedalaman tidak terlalu dalam, sehingga para wisatawan yang ingin bermain air agar tetap selalu warpada, karena kedalamannya kolam ini. Selain itu, kolam ini merupakan air tawar yang bersih dan terdapat sumber mata air yang cukup di sakralkan oleh masyarakat lokal disana. Sehingga air dari kolam ini juga bisa di minum karena airnya bersih.

Kolam air alamai ini pun ada dua buah, dimana teradpat kolam khusus untuk pria dan kolam khusus unutk wanita. Konon katanya kolam untuk wanita ini lebih dalam dari pada kolam untuk pria.

Jika anda berenang di kolam ini, anda akan merasa seperti memiliki Jacuzzi Pribadi. Bagaimana tidak, saat musim pandemi begini jarang banget ada wisatawan yang datang kesana. Paling hanya beberapa orang saja yang mau datang ketempat ini untuk menikmati indahnya Pantai Tembeling. Sehingga anda hanya berbagi tempat renang dengan beberapa orang ini saja. Cukup seru bukan berenang di alam terbuka dengan suasana yang sejuk ini.

Pantai Tembeling Nusa Penida
@heradamudan

Akses Menuju pantai Tembeling

Akses jalan menuju Tembeling juga cukup unik, dimana terdapat hutan primer yang telah berusia ratusan tahun yang belum terjamah oleh tangan manusia. Dimana sepanjang jalan menuju pantai anda akan melintasi kawasan ini. Bahkan disana juga terdapat jalan setapang dengan jurang yang agak dalam di sisi sebelah kanannya.

Pada ujung jalan, terdapat sebuah pura kecil yang bernama Pura Mujaning, dimana ini juga merupakan spot bagus untuk melihat Tembeling Nusa Penida dari sisi yang lain. Setelah itu anda akan menemukan tangga kebawah, dimana dari tangga tersebut anda akan melihat sebuah kolam alam yang cukup besar yang di kelilingi oleh Tebing indah.

Alamat

Alamat6FHW+PQG, Batumadeg, Kec. Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali 80771
Mapshttps://goo.gl/maps/yWW44rDoA5jdj1d18
Telpon

Jika anda datang dari Pelabuhan Banjar Nyuh, anda bisa mengambil jalur ke Crystal Bay kemudian belok kiri menuju Pantai Kelingking. Setelah itu anda ikuti jalan terus hingga menemukan pura kecil yang berada di tengah-tengah persimpangan. Lalu berbelok ke arah kanan dan ikuti jalan terus sampai anda menemukan tulisan Tembeling. Dimana durasi perjalanan dari pelabuhan Banjar Nyuh Toyapakeh ini kurang lebih sekitar 40 menut berkendara santai. Oh iya, anda bisa menyewa kendaraan motor di pelabuhan dengan biaya kurang lebih sekitar 60rb per-unit.

Pantai Tembeling Nusa Penida

Untuk pantainya sendiripun sudah begitu bagus, dihiasi oleh batu-batu karang disekitarnya dan juga adanya pepohonan hijau nan asri membuat pantai yang berada di sebelah selatan Nusa Penida ini begitu indah. Namun tetap, anda harus waspada jika bermain air di Pantai ini. Karena pantai ini berhubungan langsyng dengan pantai selatan sehingga ombak air nya cukup besar.

Mencapai pantai tembeling pun cukup unik, karena anda harus melintasi sebuah goa pendek. Dimana saat setelah anda melewati goa tersebut anda akan serasa menemukan sebuah surga yang tersembunyi. Dimana warga disana juga banyak membuat rock balancing yang tentu saja keberadaannya tambah membuat foto-foto anda lebih menarik lagi.

@purnamabulan_official

Oh iya, di Tembeling Beach tidak terdapat warung-warung lokal. Sehingga jika anda ingin menuju daerah ini harap mempersiapkan bekal pribadi sebelum menuju kawasan ini.

Harga tiket masuk Tembeling Beach

Untuk menuju pantai tembeling, saat ini anda tidak dikenakan biaya tiket masuk. Namun anda hanya perlu membayar donasi seikhlashnya saja di pintu masuk setempat.

Apa saja yang harus di bawa ke Tembeling Beach

Sebagai perusahan biro perjalanan tour di Bali, kami selalu menyarankan untuk para wisatawan yang akan datang menuju objek wisata Pantai Tembeling. Kami menghimbau untuk selalu membawa kantong plastik untuk sampah anda. Kemudian membawa baju ganti yang cukup karena di tembeling biasanya wiatawan akan mandi di kolam air ini. Membawa makanan ringan serta uang kecil untuk memberikan donasi di pintu masuk Tembeling.

@z3us10k

Objek wisata di sekitar Pantai Tembeling

Adapun beberapa objek wisata di sekitar Pantai Tembeling juga juga banyak di cari oleh para wisatawan yang berlibur ke Nusa Penida ialah :

  • Kelingking Beach, adalah salah satu ikon dari Nusa Penida. Dimana pemandangan tebing indah menyerupai binatang purba leher dinosaurus dengan latar belakang laut lepas Samudera Hindia dengan deburan ombak pasir putih yang besar.
  • Paluang Cliff, merupakan sebuah destinasi wisata yang sangat unik. Anda bisa berfoto-foto menarik di sebuah perahu buatan yang diletakan di atas tebing dengan menghadap Pantai Kelingking. Dan ini merupakan prospektif berbeda untuk melihat Kelingking beach dari sisi lainnya.
  • Crystal Bay, ialah tempat wisata di Nusa Penida yang banyak dicari oleh para wisatawan yang suka aktivitas bawah laut. Terdapat terumbu karang dengan ikan hias yang indah begitu banyak di bawahnya.
@escapewithelise⁠

Pertanyaan lain mengenai Pantai Tembeling Nusa Penida

Jam berapa buka Pantai Tembeling Nusa Penida ?

Pada umumnya objek wisata di Nusa Penida bukanya dari jam 7 pagi.

Apakah ada jasa transport menuju Pantai Tembeling ?

Saat ini tidak ada transportasi umum menuju Pantai Tembeling Nusa Penida, namun anda bisa menyewa kendaraan sepeda motor, atau menghubungi parahita tour untuk menyiapkan kendaraan mobil untuk mengakomodir perjalanan anda.

Berapa lama perjalanan dari Kelingking Beach menuju Pantai Tembeling ?

Kurang lebih perjalanan sekitar 25 menit berkendara.


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
Tags: Kolam Air Pantai Tembeling, Nusa Penida, Pantai Tembeling, Tembeling Beach, Wisata Nusa Penida
Last Modified on Mar 22, 2022

Testimonial


Mila Triana
Surabaya

Alam Nusa Penida memang indah banget. Apalagi kolam pemandian Tembeling beach begitu luar biasa.

Agung Lukman
Jakarta

Tempatnya keren.