Pesona Pantai Pink Lombok Timur

Pesona Pantai Pink Lombok Timur – Kini pariwisata Indonesia tidak hanya bersandar kepada Bali, karena sederet objek wisata di daerah lain juga mulai dikenal di kancah internasional. Salah satunya yaitu di daerah Lombok Timur, dimana anda bisa menemukan pantai unik dengan pasir berwarna pink. Pantai Pink ini disebut sebut sebagai salah satu destinasi tercantik di kabupaten tersebut. Yuk telusuri seperti apa pesona yang dimiliki.

Sekilas Tentang Pink Beach di Lombok Timur

Sebelum terkenal sampai internasional, Pink Beach di Lombok Timur ini dulunya memiliki nama Pantai Tangsi. Konon, nama tersebut diambil pada masa penjajahan Jepang di Indonesia dahulu, yang artinya adalah barak atau asrama. Karena kawasan pantai memang pernah dijadikan sebagai barak tentara Jepang yang baru mendarat di tanah air.

Pesona Pantai Pink Lombok Timur
@kaloolabougeotte

Lama setelah kemerdekaan, Pantai Tangsi masih belum populer sebagai destinasi wisata. Dulu kawasan pantai hanya dijadikan sebagai transit untuk para nelayan. Barulah pada sekitar tahun 2013 namanya mulai dikenal sebagai Pink Beach. Nama ini disematkan oleh para pemuka Lombok Timur yang hobi mengeksplorasi keindahan alam sekitar.

Berlalu lalang di media sosial membuat pantai dengan pasir berwarna pink tersebut segera mendapat perhatian dari para wisatawan. Bahkan keindahan pantai mampu menarik hingga para pelancong dari luar negeri. Daya tarik utamanya tidak lain adalah pasir pantai yang berwarna pink, karena hanya segelintir saja pantai di dunia yang mempunyai warna seperti itu.

Pasir pink ini sendiri diakibatkan oleh terumbu karang dengan warna serupa. Serpihan karang bercampur dengan pasir dan terhempas ombak, jadi hamparan pasirnya pun hampir semua menjadi berwarna merah muda. Ditambah mikroorganisme bernama foraminifera yang hidup di sekitar juga disebut sebut menjadi penyebab pasirnya berwarna demikian.

Daya Tarik Pantai Pink Lombok Timur

Pasir Pantai Berwarna Pink

Seperti yang telah disebutkan, daya tarik utama dari Pantai Pink adalah pasir pantainya yang berwarna merah muda. Karena cukup jarang bisa melihat hamparan pasir pantai dengan warna cantik seperti ini. Membuat sejauh mata memandang anda seolah disajikan panorama eksotis bak lukisan di atas kanvas.

Apalagi selain warnanya unik, pasir pantai di sini ternyata sangat lembut. Meskipun warna pink tersebut konon diperoleh dari pecahan terumbu karang, tapi anda tidak perlu khawatir akan tertusuk saat berjalan bertelanjang kaki di area pantai. Karena serpihan terumbu karangnya pun sangat lembut, membuat kaki terasa nyaman ketika melangkah.

Pantai Pink Lombok Timur
@fathmah

Deburan Ombak yang Tenang

Keindahan dan daya tarik Pink Beach tidak hanya berasal dari hamparan pasir pantainya yang berwarna merah mudah. Tapi pantai ini juga punya ombak yang sangat tenang, seolah tidak ada gulungan ombak di sana. Warna air lautnya pun begitu bening, bahkan sebening kristal dengan warna kebiruan nyaris tosca.

Membuat pertemuan antara air laut dan pasir pantai tampak begitu cantik. Warna pink dan biru yang kontras seperti gradasi lukisan yang begitu memanjakan mata. Apalagi jika anda melihatnya melalui pesisir. Anda bisa melihat gradasi Pantai Pink berubah jadi kebiruan dan semakin gelap ke tengah lautan.

Bukit yang Berada di Tengah Pantai

Menariknya lagi, pantai di Lombok Timur ini seolah tidak cukup hanya dengan gradasi palet warna pink dan biru. Karena ketika memandang ke sekitar anda bisa menemukan bahwa kawasan pantai dikelilingi oleh perbukitan hijau menawan. Ketika dilihat sekilas, gugusan perbukitan tersebut mungkin akan mengingatkan anda pada Bukit Teletubbies seperti yang ada di Gunung Bromo.

Bukit ini cukup mudah didaki, jadi biasanya banyak wisatawan yang naik untuk mengambil beberapa foto atau video pantai dari atas. Karena tanahnya lumayan lapang, ada pula yang melakukan kegiatan piknik di atas bukit sampai menjadikannya sebagai spot untuk menyaksikan matahari tenggelam.

Goa Peninggalan Jepang

Tidak terpaut jauh dari gugusan perbukitan yang mengelilingi kawasan Pantai Pink, anda pun dapat menemukan goa peninggalan Jepang di sana. Goa dari zaman penjajahan tersebut masih berdiri kokoh sampai saat ini, yang mana dulunya digunakan sebagai pusat pertahanan, pengaturan strategi, dan persembunyian bagi tentara Jepang.

Menurut para peneliti, ditaksir bahwa goa difungsikan sedemikian rupa seperti itu semasa Perang Dunia II. Di bagian halaman depannya terdapat meriam untuk pertahanan. Adapun panjang goa sekitar 50 meter dengan kedalaman mencapai 1,5 meter. Apabila anda ingin masuk ke dalam, sebaiknya minta dipandu oleh warga sekitar.

Pulau Pulau Tak Berpenghuni di Sekitar Pantai

Tidak jauh dari Pantai Tangsi, anda bisa menemukan beberapa pulau tidak berpenghuni yang lingkungannya masih sangat terjaga dan alami. Karena ada banyak wisatawan yang tertarik menyeberang ke pulau, warga sekitar pun menawarkan jasa persewaan perahu. Dan pulau yang paling populer dikunjungi antara lain Gili Pasir dan Gili Petalu.

Gili Petalu menawarkan kehidupan bawah laut yang luar biasa dengan biota bervariasi. Sehingga kegiatan favorit di sini adalah snorkeling dan diving, agar dapat menyaksikan biota laut lebih dekat. Sementara Gili Pasir menawarkan pemandangan unik, dimana gundukan pasir akan muncul membentang di tengah lautan sepanjang sekian meter pada waktu waktu tertentu saja.

Pantai Pink Lombok Timur
@syauqu_rofiq

Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai

Pantai Pink secara administratif beralamatkan di Desa Sekaroh, Jerowaru, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Lokasi ini berjarak sekitar 82 kilometer dari pusat Kota Mataram, atau setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Dari Kota Mataram, anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah Kota Praya.

Kemudian teruskan ke Jalan Raya Mujur sampai Raya Sengkerang. Apabila sudah memasuki daerah Lombok Timur, silahkan bergerak melewati Jalan Raya Keruak hingga Jalan Tutuk Serumbung. Di sana sudah mulai banyak petunjuk jalan yang bisa diikuti untuk menuntun anda sampai ke Pink Beach. Jika masih bingung, anda bisa menggunakan bantuan peta digital atau bertanya pada warga sekitar.

Nanti, setibanya di pantai anda bisa membayar tiket masuk dengan harga yang cukup terjangkau. Dimana wisatawan lokal hanya dipatok tarif masuk sebesar kurang lebih Rp. 10.000. Sementara untuk wisatawan mancanegara akan dikenakan tarif Rp. 50.000, dengan retribusi parkir bertarif normal seperti pada umumnya. Anda tidak perlu khuatir jika ingin menikmati Pulau Lombok, karena anda bisa membeli paket tour ke lombok yang harganya relatif hemat.

AlamatSekaroh, Jerowaru, East Lombok Regency, West Nusa Tenggara 83672
Mapshttps://goo.gl/maps/v7HSjBeu3aqFUyAF6
Telpon

Fasilitas yang Ada di Kawasan Pantai Pink Lombok Timur

Sebagai destinasi wisata yang sudah terkenal sampai mancanegara, Pantai Pink telah dilengkapi dengan beragam fasilitas yang siap memanjakan para pengunjung. Di sini anda bisa menyewa berbagai perlengkapan olahraga air. Seperti snorkeling, diving, selancar, dan masih banyak lagi.

Bahkan anda pun bisa menyewa perahu untuk menjelajahi kawasan perairan atau menyeberang ke pulau terdekat dari pantai. Jadi semua yang anda butuhkan untuk menikmati liburan di pantai sudah tersedia lengkap di sini. Sehingga anda patut mencoba berbagai kegiatan pantai saat berkunjung ke sana.

Kapan lagi bisa menyambangi objek wisata yang begitu komplit seperti Pink Beach ? Tidak heran apabila pantai ini menjadi populer, bahkan hingga mancanegara. Selain keindahan yang ditawarkan begitu memukau, fasilitas yang dihadirkan pun berhasil memanjakan siapa saja yang datang berkunjung.


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
Tags: Pantai Pink, Pantai Pink Lombok, Pink Beach, Pink Beach Lombok
Last Modified on Aug 18, 2022

Testimonial


Dila Ramadhani
Jakarta

Tempatnya begitu indah, pokoknya Lombok gak ngecewain.

Zia Anastazia
Bandung

Bersih banget pantainya. Jadi pingin berlama-lama disana.

Luqman Shalahudin
Jakarta

Walaupun agak panas, tapi tempatnya keren bangets !