Puri Ubud Tempat Romantis di Ubud

Puri Ubud – Di pulau dewata memang banyak sekali lokasi yang dijadikan sebagai tempat untuk prewedding. Salah satu lokasi yang paling bagus untuk prewedding adalah wisata puri saren. Mungkin masyarakat bali sudah mengenal nama tempat tersebut. Akan tetapi, bagi Anda yang tinggal diluar bali mungkin belum tahu wisata satu ini. Nah, bagi Anda yang memiliki rencana untuk mempersiapkan nikah, tak salahnya bisa mencoba prewed dilokasi satu ini. Penasaran? Yuk, simak pembahasan wisata puri ubud bisa dijadikan tempat prewedding paling menarik.

Puri Saren Agung atau lebih dikenal sering disebut puri ubud adalah salah satu tempat objek wisata alam yang berada di kawasan Gianyar, Bali. Destinasi wisata satu ini memang sudah terkenal didalam maupun luar negeri dikarenakan keindahan alam yang sangat menarik. Maka tak heran, apabila puri saren kini telah menjadi tempat rekreasi yang paling dicari setelah monkey forest ubud. Banyak sekali parawisata dari mancanegara maupun lokal telah mengunjungi puri saren sebagai destinasi liburan keluarga atau bersama teman untuk menikmati panorama alam yang sangat indah dan udaranya lebih sejuk.

Puri Ubud
@samwalton3404

Sejarah Puri Ubud

Asal usul mula sejarah puri saren yaitu ketika terjadi perpindahan dari bangsawan dari jawa yang datang ke bali saat masa runtuhnya kerajaan Majapahit pada abad ke 15. Kemudian, bangsawan dari jawa itu mendirikan sebuah kerajaan di kawasan klungkung tepatnya bagian tenggara pula bali yang dikenal dengan nama kerjaan Gelgel. Pada abad ke 17, banyak sekali yang mendirikan kerajaan juga di pulau dewata, salah satunya adalah kerajaan ubud.

Baca Juga: Paket Tour Ubud.

Keberadaan kerajaan ubud inilah tercetus terjadinya nama puri yang merupakan sebuah sebutan rumah dari para bangsawan setempat. Dengan banyaknya kerajaan maka terjadilah pertempuran antara kerajaan dengan tujuan untuk menguasai atau mempeluas wilayah. Mulai dari sini juga pangeran dari kerajaan Gelgel membuat sebuah istana di desa sukawati dan dibantu oleh para seniman diseluruh pulau dewata yang turut hadir. Sehingga terjadikan sebuah bangunan istana kerajaan yang megah dan memiliki arsitektur yang sangat bagus dan menarik.

Setelah jadinya istama, para senimuman kemudian menetap menjadi masyarakat setempat dan tidak kembali ke asal. Seiring berjalannya waktu, para dari sukamati kemudian mengadakan acara lomba lukis yang dapat dijadikan sebagai destinasi wisata. Hingga sampai sekarang tempat ini menjadi tempat objek wisata yang paling banyak dikunjungi.

Daya Tarik Puri Ubud

Berikut ini, daya tarik tempat bersejarah ini yang akan disuguhkan bagi parawisatawan ketika akan mengunjunginya, yaitu:

Gapura Paduraksa

Daya tarik kawasan ini gianyar bali pertama yang bisa pariwisata temukan adalah melihat sebuah gapura paduraksa yang sangat megah dan arsitektur sangat menarik. Dimana, bahan bangunan yang terbuat dari batu bata tersusun dengan rapih serta kebetalan dindik tembok yang mencapai 1 meter, membuat pengunjung akan terpersona dengan hal tersebut. Disamping itu, tentuna anda bisa berkeliling kearah tempat lainnya sebelum menuju area ini yang selalu ditemani dengan tanaman dan pepohonan yang rindang serta terkadang sering terdengar suara serangga maupun burung yang terus bekicau.

Selain itu, terdapat pula relief maupun sejumlah ukiran yang selalu menghiasi dari semua dinding puri yang dilengkapi dengan beragam patung berdiri didepan pintu masuk yang menjadi sebuah kesan pada kebudayaan lebih kental. Dimana, setiap pintu masuk dibuat dengan ukiran tradisional yang menjadikan ciri khas pulau dewata. Kemudian, anda juga akan melihat berbagai macam gazebo yang telah tersedia untuk tempat beristirahat bagi para pegunjung.

Gapura
@pamedalbali

Keindahan Alam

Melihat pemandangan keindahan alam yang sangat menakjubkan menjadikan sebuah daya tarik puri ubud gianyar bali yang akan disuguhkan bagi para pengunjung ketika berada didalam area tersebut. Yang mana, adanya sebuah bangunan puri yang merupakan tempat bersejarah pada jaman kerajaan dahulu masih terlihat lebih elegan dan menarik. Hal ini yang membuat mata akan terpesona dengan suatu lukisan dari bangunan tersebut.

Para pengunjung bisa berkeliling melihat area tempat puri tersebut, tetapi tidak boleh buang sampah sembarangan  dan simpan pada tempatnya. Karena sebuah sejarah tentu harus dijaga dan dirawat dengan sebaik mungkin untuk menciptakan sebuah kenangan hidup dimasa lalu. Bukan itu saja, para pengunjung pun tidak boleh mengotori bangunan puri dengan membuat tulisan pakai spidol maupun lainnya. Seperti yang telah ketahui bahwa bangunan sejarah mencerminkan sebuah perjuangan bagi masyarakat bali untuk mempertahankan wilayahnya dari penjajahan.

Tempat Prewedding

Adapun, daya tarik lainnya yang bisa didapatkan oleh parawisatawan ketika berkunjung yaitu lokasinya sangat cocok dijadikan sebagai tempat prewedding. Nah, bagi kalian yang telah punya rencana untuk menikah dan sedang mencari lokasi paling bagus untuk prewedding maka tempat inilah sangat bagus. Dimana, para fotograper tentunya akan leluasa melakukan jepretan foto diberbagai tempat baik didalam maupun luar area wisata puri ini. Selain itu, pengunjung pun bisa juga demikian, berfose bersama keluarga sambil menikmati indahnya alam yang begitu sejuk, segar dan bersih pada lingkungannya.

sriwahyuni_06
@sriwahyuni_06

Bangunan ini selalu mengadakan berbagai macam acara hiburan seni tarian yang dilakukan oleh para tim dari masyarakat setempat. Kemeriahan acara tersebut akan membuat liburan pengunjung lebih menyenangkan serta tidak merasa lelah. Begitupun dengan frewedding, bangunan puri tentunya bisa dijadikan sebuah background atau latar belakang yang paling bagus. Bisa mengambil foto diberbagai tempat baik pintu masuk maupun diarea dalam puri itu sendiri. Sehingga calon pengantin pun merasa lebih senang dan bahagia.

Baca Juga: Paket Tour Banjarmasin ke Bali.

Fasilitas Puri Ubud

Setiap objek wisata alam memang selalu dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Pasalnya, fasilitas itu sangat penting untuk kebutuhan para wisatawan yang akan berkunjung. Berikut ini, fasilitas yang terdapat :

  • Area Parkir
  • Toilet
  • Gazebo
  • Outlet Souvenir
  • Dll

Harga Tiket Masuk Puri Ubud

Bagi Anda yang mau merencanakan liburan ke wisata alam bali, kalian harus mempersiapkan uangnya dari sekarang. Petugas pengelola wisata ini masih asli dari warga setempat yang selalu melayani wisatawan dengan ramah.

Tiket Masuk : Gratis

Parkir Motor Rp. 2.000,00

Parkir Mobil Rp. 5.000,00

Jam Operasional

Adapun jam operasional wisata alam di bali memang hampir sama dengan tempat wisata lainnya, yaitu :

Buka setiap hari : 24 Jam

Untuk merasakan suasana keramaian dengan seni tarian, sebaiknya kalian datang malam hari, supaya kalian tidak akan ketinggalan dengan suasana dimalam harinya.

Alamat, Lokasi

AlamatJl. Suweta No.110, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Mapshttps://maps.app.goo.gl/33n3VsVovDhGUmoN9
Telpon

Rute Menuju Lokasi

Sedangkan, rute menuju kawasan ini dari Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, silahkan kalian lihat peta dibawah ini.

Jadi, itulah pembahasan mengenai tempat bersejarah ini yang bisa dijadikan tempat prewedding paling menarik yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Baca Selanjutnya: 5 Rekomendasi Kuliner Jimbaran Seafood Paling Romantis.

Pertanyaan yang sering Diajukan?

Apa itu Puri Ubud?

Puri Ubud adalah sebuah istana tempat tinggal keluarga kerajaan ubud

Siapa Raja Puri Ubud Sekarang?

Raja sekarang adalah Tjokorda Gde Agung Sukawati

Puri Ubud berdiri tahun berapa?

Bangunan ini berdiri pada tahun 1771

Update
May 2, 2024
Reikha Jouliani
Reikha Jouliani
Fulltime penulis cerita indah liburan bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *