Rekomendasi Tempat Wisata di Bali Selain Pantai

Tempat Wisata di Bali Selain Pantai – Bali memang sangat terkenal dengan tempat-tempat wisata pantai yang eksotik dan indah di mata dunia. Bagaimana tidak! Pulau Bali dianugrahui pemandangan alam pantai yang siap membuat siapa pun akan takjub.

Tapi fokus kalian jangan hanya melihat dari sektor pantai saja. Karena di Bali juga ada banyak wisata selain pantai yang tak kalah populer dan indah. Seperti destinasi wisata danau, air terjun, warisan sejarah, dan lainnya. Tentunya ini semua dapat menjadi alternatif bagi kalian agar tidak bosan menikmati Paket liburan ke Bali.

Tempat Wisata di Bali Selain Pantai

Rekomendasi Tempat Wisata di Bali Selain Pantai

Cukup banyak pilihan tempat wisata di bali selain pantai yang bisa kami rekomendasi untuk kalian dalam pembahasaan ini. Bahkan semuanya juga tidak kalah seru dan layak untuk kalian kunjungi saat beraada di Bali. Lantas apa saja wisatanya? Mari simak bersama!

Wisata Air Terjun di Bali

Untuk wisata selain pantai di Bali yang bisa kami rekomendasi adalah wisata air terjun. Rekomendasi ini bisa menjadi alternative wisata alam untuk kalian yang lebih senang kesejukan dan suasana asri.

  1. Air Terjun Leke-Leke

Rekomendasi wisata alam yang pertama di Bali yaitu Air Terjun Leke-Leke. Ini cocok sekali untuk kalian yang sedang mencari suasana tenang dan pepohonan rindang. Kesejukan udara yang bisa di rasakan sangat menyegarkan pikiran. Dijamin tidak akan membuat kalian bosan dan bisa menikmati liburan dengan nyaman.

  1. Air Terjun Kembar Banyumala

Diurutan yang kedua ada wisata Air Terjun Kembar Banyumala yang berada di Desa Wanagiri, Buleleng, Bali. Air terjun satu ini dinobatkan sebagai yang tertinggi di Bali Utara. Sesuai dengan namanya, kalian akan melihat pemandangan 2 air terjun kembar yang saling berdekatan. Pokoknya ini keren dan menyegarkan pikiran kalian.

  1. Air Terjun Kanto Lampo

Terakhir wisata air terjun lainnya di Bali yang tidak kalah indah adalah Kanto Lampo. Menurut cerita masyarakat setempat, air terjun ini memiliki lubang gua yang dipakai masa penjajahan. Untuk kalian yang senang mengeksplor tempat-tempat baru, rasanya ini cocok untuk dikunjungi. Terlebih pemandangan air terjunnya juga terlihat lebih tenang dan tidak bergemuruh keras.

Desa Wisata di Bali

Rekomendasi tempat wisata di bali selain pantai berikutnya adalah desa wisata. Setiap desa memiliki beragam seni dan budaya yang sampai hari ini masih dijaga kelestariannya. Nah untuk kalian yang ingin berkunjung kesini bisa cek daftar lokasinya dimana saja berikut ini.

  1. Desa Batubulan

Urutan pertama adalah Desa Batubulan yang memiliki nama cukup unik. Lokasinya berada di Kabupaten Gianyar masuk ke wilayah Kecamatan Sukawati, Bali. Saat kalian berkunjung ke desa ini, nikmati berbagai pertunjukan menarik seperti Tari Kecak, Tari Barongan, dan Tari Legong.

  1. Desa Ubud

Rekomendasi kedua ada Desa Ubud yang paling terkenal sebagai desa wisata di Bali. Desa ini juga masih berada di wilayah Kabupaten Gianyar yang menawarkan pemandangan alam sawah dengan konsep terasering. Kalian juga bisa mengeksplor hutan desa yang masih terjaga keasriannya.

  1. Desa Kintamani

Untuk yang terakhir adalah Desa Kintamani yang memiliki panorama alam pegunungan indah nan unik di pandang. Keindahan desa ini tampak mengagumkan sekali pada saat kalian melihat kombinasi antara gunung batur dan hamparan batu hitam yang ada di danau batur berbentuk bulan sabit.

Rekomendasi Wisata Pura di Bali

Berikutnya setelah membahas rekomendasi wisata air terjun dan desa wisata di Bali. Kali ini kami bahas rekomendasi pura yang tidak kalah menarik. Wisata ini bisa menjadi alternatif lain untuk liburan kalian saat tidak ingin berkunjung ke pantai. Cek yuk.

  1. Pura Sakenan

Pertama kalian bisa datang ke Pura Sakenan yang berada di jalan Banjar Pemalukan, Kecamatan Denpasar Utara, Bali. Pura ini berdiri persis di tepi laut selatan, tepatnya di Desa Serangan. Ini menjadi tempat pemuja Sang Hyang Sandhijaya (Ida Hyang Dewa Biswarna). Datanglah pada saat acara keagamaan untuk mendapatkan pengalaman baru.

  1. Pura Agung Jagatnatha

Selanjutnya ada Pura Agung Jagatnatha yang menjadi pura terbesar di Bali. Lokasinya berada tepat di sebelah museum Bali atau berada di sebelah timur Lapangan Puputan. Pura Agung Jagatnatha dibangun berdapan dengan Gunung Agung yang dipercaya sebagai istana dewa.

  1. Pura Taman Ayun

Diurutan nomor tiga ada Pura Taman Ayun yang lokasinya berada di Kecamatan Mengwi, Bali. Ini adalah bangunan peninggalan Kerajaan Mengwi dan dinobatkan sebagai situs warisan budaya dunia pada tahun 2012 oleh Unesco.

  1. Pura Tanah Lot

Selanjutnya ada pura Tanah Lot yang paling disucikan oleh masyarakat Bali. Kalian bisa menemukan 2 Pura berbeda yang berada di sebuah bongkahan batu dan satu lagi terdapat diatas pinggir tebing. Keindahan pura Tanah Lot selalu mencuri perhatian wisatawan, baik lokal atau mancanegara.

  1. Pura Uluwatu

Terakhir ada pura yang tidak kalah menarik dengan pura lain yang ada di Bali yaitu Pura Uluwatu. Lokasinya masuk ke Desa Pecatu yang berada di Kecamatan Kuta, Bali. Pura ini dibangun persis diatas sebuah tanjung batu karang terjal diketinggian.

Uniknya di depan area pura ada hutan kecil yang dipercaya sebagai penyangga kesucian (alas kekeran). Pura ini sangat terkenal di mata wisatawan karena dibangun persis ditebing Pantai Pecatu.

Wisata Sejarah di Bali

Jangan berpikirkan jika Bali hanya menawarkan keindahan pantai saja. Karena banyak tempat wisata di bali selain pantai yang cocok untuk dikunjugi selama liburan. Termasuk beberapa daftar tempat wisata sejarah yang tidak kalah menariknya. Apa saja rekomendasinya, cek yuk!

  1. Museum Bali

Untuk yang pertama wisata sejarah murah yang bisa dikunjungi saat di Bali adalah Museum Bali. Museum ini menyimpan banyak benda-benda peninggalan manusia purba dan etnografi. Mulai dari terdapat peralatan, kesenian, perlengkapan hidup, keagamaan, dan lainnya. Museum Bali lokasinya cukup strategis di Pusat Kota Denpasar dan tidak jauh dari Pura Jagatnatha.

  1. Bajra Sandhi Renon

Rekomendasi berikutnya wisata sejarah yang bisa kalian jadikan alternatif adalah Bajra Sandhi Renon. Ini merupakan bangunan monumen perjuangan rakyat Bali dengan konsep sejarah. Monumen ini didirikan sebagai bantuk atau simbol mengabadikan semangat dan jiwa perjuangan rakyat Bali melawan penjajahan.

  1. Kerta Gosa

Untuk yang terakhir wisata sejarah di Bali adalah Kerta Gosa. Ini merupakan sebuah kompleks bangunan atau lebih akrab dikenal sebagai balai pengadilan warisan Keraton Semarapura. Terdapat 3 bangunan warisan Keraton Semarapura. Diantaranya Bale Kembang, Bale Kerta Gosa, dan Gapura Keraton.

Itulah rekomendasi tempat wisata di bali selain pantai yang bisa kalian pilih. Tidak perlu cemas lagi saat kalian berada di Bali untuk menikmati liburan. Karena banyak alternative tempat wisata yang bisa dikunjungi. Baik dengan teman, keluarga, atau pasangan untuk menikmati bulan madu.

Update
Jun 13, 2024
Reikha Jouliani
Reikha Jouliani
Fulltime penulis cerita indah liburan bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *