Atuh Beach Nusa Penida

Jika anda sedang liburan di Nusa Penida, anda akan dimanjakan dengan wisata bahari yang menawan. Apalagi banyak pantai pantai yang keberadaannya belum terlalu banyak diketahui. Anda bisa menjadikan Atuh Beach sebagai pilihan, karena surga tersembunyi di Nusa Penida ini begitu menawan. Dan berikut beberapa informasi tentang Pantai Atuh.

Mengenal Sejarah Pantai Atuh Beach Nusa Penida

Banyak yang memberikan julukan jika pantai Atuh merupakan pantai yang misterius tetapi keindahannya tidak akan membuat kecewa. Nama Pantai Atuh sendiri berasal dari kata “A” yang dalam bahasa setempat memiliki arti tidak. Sementara Tuh memiliki arti kering, yang bisa diartikan sebagai pantai yang tidak akan pernah kering.

Pemberian nama tersebut bukanlah tanpa sebab, karena ternyata lokasinya tidak jauh dari Pura Atuh. Pura Atuh sampai saat ini masih menjadi tempat ibadah bagi umat Hindu. Selain menjadi tempat ibadah, sisi magisnya juga masih kuat. Anda akan menemukan dua mata air yang berada di bagian barat pura, dimana penduduk memanfaatkan mata air tersebut untuk keseharian.

Atuh Beach Nusa Penida
@ibgdsd

Tentu bukanlah hal yang biasa, mengingat sangat jarang ada sumber mata air tawar yang dekat pantai. Dan mata air tersebut juga tidak pernah kering sekalipun Nusa Penida sedang musim kemarau. Inilah yang akhirnya melatarbelakangi nama dari Atuh Beach. Karena anda akan menemukan sumber mata air tawar yang tidak pernah mengalami kekeringan.

>>> Baca Juga : Paket Tour Nusa Penida.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Atuh

Begitu anda tiba di pantai menawan ini, anda akan langsung dibuat kagum dengan pesonanya. Sama dengan pantai Diamond, lokasi pantainya juga berada di bawah. Dari atas tangga anda sudah bisa menikmati lengkungan yang membentang dengan batuan yang terbentuk alami. Dikelilingi tebing terjal besar yang menambah keeksotisannya.

Anda juga akan menemukan pasir putih yang bersih juga lembut. Semakin mendekat ke arah tebingnya, anda akan dibuat semakin kagum dengan pesonanya. Lokasi pantainya terbilang tertutup dan diapit oleh dua tebing tinggi. Anda juga akan menikmati indahnya batu besar yang mirip dengan pulau pulau kecil, dan masyarakat sekitar juga memberikan nama.

@riapermata_s

Kedua batu tersebut diberikan nama Nusa Batu Abah dan juga Nusa Batu Padasan. Perpaduan bahari yang indah dengan bentang alam yang menawan, membuat Pantai Atuh Nusa Penida adalah tujuan liburan yang tidak akan membuat kecewa. Apalagi lokasinya juga masih belum banyak diketahui, membuat suasananya menjadi lebih nyaman juga tenang.

Sekalipun anda tidak disarankan berenang di Atuh Beach, tetapi keindahan alam yang disuguhkan akan membuat anda puas. Anda yang ingin bersentuhan dengan pasir pantainya harus menuruni tangga yang cukup curam. Airnya yang jernih dengan pasir putih lembut lengkap dengan hembusan angin dan suara ombak adalah perpaduan suasana yang tidak ada duanya.

Alamat dan Harga Tiket Masuk

Pantai Atuh berada di Pejukutan, tepatnya di Nusa Penida, Klungkung Bali. Anda harus menyeberang dari Bali ke Nusa Penida dahulu, bisa melalui Sanur ke Pelabuhan Banjar Nyuh. Dilanjutkan dengan perjalanan darat yang membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Akses menuju lokasi akan menantang adrenalin anda dengan perjalanan yang seru.

Atuh Beach
@el_journeys

Kualitas jalannya memang tidak sebagus di Bali, tetapi hal ini menjadi daya tarik tersendiri. Semua perjalanan anda akan dibayar lunas saat melihat keindahannya. Dan lagi menikmati keindahan Pantai Atuh tidak harus mahal. Harga tiket masuk sekitar Rp 25 ribu dan bisa mengalami kenaikan. Atuh Beach buka setiap hari selama 24 jam, tapi paling pas berkunjung di pagi hari.

Simplenya anda bisa mengunjungi Atuh Beach dengan mengikuti program paket tour Nusa Penida trip timur yang telah tersedia, dimana anda tidak perlu lagi memikirkan untuk transport fast boat nusa penida hingga transportasi menuju Pantai Atuh yang berada di daerah bagian timur Nusa Penida.

AlamatPejukutan, Kec. Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali 80771
Mapshttps://goo.gl/maps/iPHAYvrWo5jtVoTY9
Telpon

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Atuh

Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan yang pertama tentu menikmati keindahan alamnya. Jika anda ingin menguji keberanian, anda juga bisa mencoba aktivitas lompat tebing. Hanya saja pastikan keamanan menjadi yang paling utama. Panorama di bawah ataupun dari atas tebing sama sama mengundang decak kagum.

Tidak ketinggalan anda juga akan dimanjakan dengan keindahan sunrise ataupun sunsetnya yang luar biasa. Maka dari itu akan lebih baik jika anda datang pagi atau saat sore hari. Apabila ingin berburu sunrise, maka pastikan anda sudah tiba sebelum 05.30 WITA. Mengingat anda juga harus trekking terlebih dahulu sebelum sampai tujuan.

>>> Baca Juga : Panduan menuju Nusa Penida.

Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen ketika anda berada di Atuh Beach. Karena ada banyak spot foto yang siap menjadi tempat anda mengambil foto kekinian. Meskipun menjadi pantai yang tersembunyi, anda sudah bisa menemukan beberapa fasilitas umum. Jika ingin bermalam, anda bisa mendirikan tenda atau memilih homestay yang dekat dengan pantai.

@welly_leonardooo

Liburan di Nusa Penida menjadi alternatif untuk anda yang sudah cukup bosan dengan Bali. Pantai pantainya yang masih alami dengan panorama yang indah akan membuat anda jatuh hati. Pantai Atuh yang termasuk salah satunya yang siap membuat liburan anda berkesan. Pastikan menyiapkan liburan jauh jauh hari, agar sesuai dengan ekspektasi.

Objek wisata di sekitar Atuh Beach Nusa Penida

Adapun beberapa objek wisata di sekitar Pantai Diamond juga juga banyak di cari oleh para wisatawan yang berlibur ke Nusa Penida ialah :

  • Diamond Beach, adalah sebuah tujuan wisata yang menjadi favorit oleh para wisatawan yang datang ke Nusa Penida, dimana anda bisa melihat sebuah karang besar berbentuk permata atau diamond yang menjulang tinggi dengan tumbuhan yang menyertai di sisi tebingnya, dan merupakan spot foto wajib jika anda datang ke Nusa Penida.
  • Rumah Pohon, merupakan sebuah destinasi wisata yang berada di kawasan Nusa Penida di sisi selebelah timur. Dimana dikawasan ini anda bisa berfoto-foto kekinian yang untuk menghiasai kebutuhan akun sosial media anda.
  • Bukit Teletubbies, merupakan bukit-bukit yang ada di kawasan Nusa Penida yang menyerupai dengan perbukitan dalam serial anak-anak Teletubbies.

Pertanyaan lain mengenai Atuh Beach

Apakah ada penginapan di sekitar Atuh Beach ?

Untuk penginapan di sekitar Atuh Beach terdapat beberapa hotel dan glamping yang tersedia.

Apakah Pantai Atuh bisa untuk anak-anak dan orang tua ?

Akses menuju pantai ini terdapat tebing yang cukup curam, untuk anak-anak dan orang tua bisa mengunjungi tempat ini. Namun tetap dalam pengawasan orang dewasa.

Apakah terdapat rumah makan di seputaran Pantai Atuh Nusa Penida ?

Tentu. Anda bisa menemukan beberapa rumah makan/ restaurant di sekitar pantai Atuh.


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
Tags: Atuh Beach, Nusa Penida, Pantai Atuh Nusa Penida, Wisata Nusa Penida
Last Modified on Sep 10, 2022

Testimonial


Ratna Nurmaisa
Bandung

Memang keren banget pantai ini. Semuanya terbayarkan saat tiba di Pantai ini.

Tika Farah Nabila
Jakarta

Pantai pasir putih yang indah. Janji akan datang lagi kesini.

Ratna Nurmaisa
Bandung

Memang keren banget pantai ini. Semuanya terbayarkan saat tiba di Pantai ini.