BLOG : Panduan Nusa Penida

Panduan Nusa Penida yang kami rangkum pada halaman ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada anda para wisatawan yang ingin mengetahui terlebih dahulu tentang pulau Nusa Penida sebelum memutuskan untuk berangkat ke pulau yang sedang naik daun di kalangan para wisatawan domestik maupun internasional ini.

Pada halaman ini juga kami melampirkan informasi seperti daftar objek wisata yang sering di kunjungi, penginapan, transportasi selama di Nusa Penida, penginapan hingga tempat makan yang mungkin bisa jadi bahan refrensi anda untuk memutuskan liburan ke nusa penida bersama orang-orang terdekat anda.

Panduan Nusa Penida
Panduan Nusa Penida

Namun jika anda adalah tipe treveler yang menginginkan hal yang praktis, anda juga bisa langsung booking paket tour nusa penida dihalaman reservasi kami, tapi jika ingin ngetrip ke Nusa Penida secara mandiri, anda bisa membaca-baca ini dahulu yah.

Informasi Umum Nusa Penida

Secara administratip, Pulau Nusa Penida berada di bawah kendali Kabupaten Klungkung Bali, dimana kawasan ini dipisahkan oleh selat badung yang berlokasi disebelah tenggara pulau Bali. Nusa Penida tidak sendirian, masih ada dua buah pulau di sebelahnya yaitu Pulau Nusa Lembongan dan Pulau Nusa Ceningan yang mana kedua pulau tersebut di hubungkan dengan sebuah jembatan kuning yang instagramable banget.

Nusa Penida berasal dari bahasa Bali, dimana Nusa artinya ialah pulau dan Penida sendiri berasal dari dua buah kata, yaitu Ped dan Ida. Ped memiliki arti kematian serta Ida yang berarti kekuasaan. Maka kata Nusa Penida dapat di artikan pulau yang memiliki kekuasaan yang besar dan mematikan.

Menurut sensus penduduk beberapa tahun lalu, kawasan nusa ( penida, lembongan, ceningan ) memiliki penduduk sebesar 46.749 jiwa dengan luas daerah 202,84 km persegi serta 16 desa yang tersebar di pulau ini.

Objek Wisata Nusa Penida

Nusa Penida memiliki banyak sekali objek wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan, oleh sebab itu kami membuat sebuah halaman Panduan Nusa Penida yang berfungsi untuk memberikan informasi edukasi kepada para wisatawan yang akan berlibur ke Pulau ini.

Adapun objek wisata di Nusa Penida dapat di kelompokan menjadi 3 buah kelompok, yaitu Nusa Penida Timur, Nusa Penida Barat dan Nusa Penida Selatan yang masing-masing memiliki daya tarik wisata sendiri-sendiri.

Nusa Penida Timur

Raja Lima (Pulau Seribu)

Panduan Nusa Penida

Kalau di Papua ada yang namanya Raja Ampat, di Nusa Penida ada yang namanya Raja Lima. Yaitu sebuah spot wisata yang memiliki keindahan alam bebatuan karang di tengah laut yang indah. Pantai Raja Lima ini berada di paket trip timur nusa penida.

Selain itu di pantai ini juga terdapat sebuah spot yang kekinian, yaitu rumah pohon. Banyak selebgram yang suka berfotoan di spot ini. Oleh sebab itu jika kalian hendak fotoan disana harus mengantri dan rela bersabar yah. Karena memang banyak sekali yang suka berfotoan disana.

Pura Goa Giri Putri

Panduan Nusa Penida

Pura Goa Giri Putri Nusa Penida merupakan salah satu pura yang banyak di kunjungi oleh para masyarakat hindu untuk beribadah. Goa Giri Putri sendiri berasa dari kata Giri yang berarti bukit dan putri berarti wanita. Dan goa ini merupakan tempat pemujaan Dewa Siwa yang berupa manifestasi dewi yang bersifat merawat.

Pada goa ini terdapat mata air yang mengalir dari sumbernya di Pura Goa Giri Putri ini yang di percaya mengandung kekuatan alami yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Banyak masyarakat hindu yang membawa pulang air dari mata air ini.

Pantai Atuh

Atuh Beach merupakan salah satu pantai yang kerap di kunjungi oleh para wisatawan yang liburan di Nusa Penida. Pesonanya memang sangat menarik perhatian berbagai kalangan wisatawan. Oleh sebab itu banyak wisatawan yang meminta untuk datang ke pantai ini.

Pantai ini memiliki pasir yang berwana putih dan halus, air yang jernih dan ombak yang tenang. sehingga banyak yang suka bermain di pantai ini.

Jika air sedang surut, anda bisa melihat berbagai jenis terumbu karang dengan biota lautnya yang muncul.

Bukit Tanglad (Teletubbies Hill)

Panduan Nusa Penida

Kalau kalian ingat film anak-anak teletubbies, pasti ingat dengan bukit dekat tempat tinggal mereka. Yaa bukit seperti itu ada di kawasan Nusa Penida. Namalainya ialah Bukit Tanglad, karena berada di kawasan desa Tanglad Nusa Penida.

Sebelumnya nama tempat ini lebih sering di sebut Bukit Pohon Gamal, karena disana banyak ditemukan tumbuhan gamal yang biasa dipergunakan oleh masyarakat sekitar sebagai pakan ternak.

Pantai Berlian (Diamond Beach)

Diamond Beach, berada di sisi timur Pulau Nusa Penida yang mana tempat ini juga asik untuk melihat pemandangan matahari terbit di Nusa Penida. Apalagi bersama pasangan kalian yah gais.

Lokasi ke spot ini memang agak jauh tapi terbayarkan kok dengan pemandangan yang indah di Pantai Berlian ( diamond beach )

Pantai Suwehan

Panduan Nusa Penida

Pantai Suwehan memiliki ikon yang menjadi ciri khas pantai ini. Yaitu sebuah batu karang yang besar menyerupai bentuk segitiga. Oleh warga tersebut batu tersebut di beri nama Batu Jineng, ada yang juga nyebut itu batu volcom karena bentuknya mirip brand volcom.

Pantai Suwehan sendiri memiliki pasir putih dengan birunya air laut yang jernih.

Sebenarnya bisa saja renang di pantai ini, namun sering sekali airnya besar sehingga wisatawan harus selalu hati-hati yah. Namun jika kalian hendak berjemur atau menikmati pemandangan pantainya tetap bisa kok.

Nusa Penida Selatan

Kolam Tembeling

Tidak begitu banyak para wisatawan yang mengetahui keberadaan kolam tembeling yang berada di hutan tembeling ini, dikarenakan tempatnya yang agak jauh. Disini terdapat sebuah kolam alami yang memiliki air yang jenir serta sangat sejuk.

Bukit Banah

Bukit Banah berada di kawasan Desa Batumadeg Nusa Penida, dimana bukit ini letaknya berada di tengah laut lepas. Keindahan batu karang raksasa ini tak diragukan lagi, terdapat sebuah lobang besar di tengahnya sehingga bentuknya menyerupai sebuah donat. Tinggi dari bukit ini kurang lebih 200 meter dan terdapat deburan ombak dibawahnya.

Kawasan Bukit Banah ini juga cocok untuk anda yang ingin menikmati pemandangan matahari terbenam yang menawan.

Air Terjun Peguyangan

Air Terjun Peguyangan merupakan air terjun yang airnya langsung menuju laut lepas dengan pemandangan yang indah. Disini juga terdapat kolam alami untuk anda berenang dengan air yang sejuk. Untuk sampai ke tepian pantai Air Terjun Peguyangan, anda akan melewati kurang lebih 870 anak tangga di bawah karang besar. Tetapi disinilah lah tempat yang sering dijadikan spot instagramable banget.

Air terjun ini merupakan air suci milik penduduk setempat, terdapat pura juga disana. Sehingga anda yang sedang berhalangan bulanan disarankan untuk tidak kesana.

Manta Point

Panduan Nusa Penida juga memberikan informasi kepada para penyelam untuk ke Spot Mantan Point ini merupakan spot yang disukai oleh para wisatawan yang mau Snorkeling atau Diving ke bawah laut. Di spot menyelam ini anda akan menemukan kawanan Manta yang berkumpul. Daerah Manta Bay menjadi tempat mereka makan dan Manta Point adalah tempat mereka lebih banyak menghabiskan waktu bersama. Jadi sini adalah tempat yang pas untuk anda menyelam bersama kawanan Manta.

Ikan pari manta seperti halnya juga hewan lainnya hewan laut lainnya yang hidup di alam bebas, pada saat-saat tertentu anda hanya bisa menyaksikan beberapa Manta saja, namun terkadang di waktu tertentu anda bisa menemukan banyak sekali kawanan Pari Manta yang berenang di sekitar anda.

Nusa Penida Barat

Spot Nusa Penida barat merupan spot yang paling rame di kunjungi para wisatawan, tak heran banyak sekali foto-foto yang bertebaran di Internet mengenai objek wisata West Penida ini. Adapun beberapa objek wisatanya ialah :

Pantai Crystal Bay

Panduan Nusa Penida

Kebanyakan para wisatawan yang datang ke Nusa Penida pasti akan ke Crystal Bay. Kenapa, karena disini anda bisa melihat indahnya alam bawah laut Nusa Penida yang menawan dan cocok banget menjadi spot terakhir saat anda mengunjungi paket tour west nusa penida ini.

Buat yang suka snorkeling, disini tempat anda menikmati surga bawah lautnya.

Kelingking Beach

Panduan Nusa Penida

Kelingking Beach merupan spot yang kekinian banget untuk memenuhi konten instagram kalian, hampir seluruh selebgram yang datang ke Nusa Penida pasti memiliki foto di spot dari bagian atas.

Anda juga bisa melakukan explorasi ke pantai yang ada di bagian bagawahnya, namun perlu di ketahui medannya yang terjal bisa jadi pertimbangan anda untuk mencoba turun ke bawah atau tidak.

Pasih Uwug (Broken Beach)

Panduan Nusa Penida

Pasih Uwug atau Broken Beach adalah spot yang banyak di kunjungi oleh para wisatawan yang liburan ke nusa penida, disini anda akan di suguhkan pemandangan tebing karang yang ambrug ke bawah membentuk lubang raksasa di tengahnya.

Pasih Uwug berasal dari kata Pasih yang berarti pasir, dan Uwug yang berarti rusak.

Angel’s Billabong

Panduan Nusa Penida

Masih di satuh kawasan dengan Pasih Uwug, disebelahnya terdapat sebuah spot yang tak kalah bagusnya. Ialah Angel’s Billabong, sebuah kolam alami yang terbentuk akhibat hantaman ombak besar dari ribuan tahun sebelumnya.

Sebenarnya disini bisa saja untuk berenang, namun ombak disini sering banget datang tiba-tiba dengan besar dan bisa langung menghantam dan menyeret anda. Jadi hati-hati ya kalau mau mencoba berenang disini yah.

Panduan Cara Ke Nusa Penida Dari Bali

Bali memiliki beberapa pelabuhan yang bisa anda pergunakan untuk menuju Pulau Nusa Penida antara lain :

  • Pelabuhan Sanur, pelabuhan ini berada di kawasan Pantai Sanur Bali. Dimana pantai ini memiliki pelabuhan yang melayani penyebrangan dari Sanur ke Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Dan di pelabuhan ini terdapat paling banyak opetator yang menuju Nusa Penida. Lihat : Google Maps.
  • Pelabuhan Serangan, di pelabuhan serangan juga terdapat dermaga menuju Nusa Penida serta speed boat menuju Gili Trawangan dan Pantai Senggigi. Lihat : Google Maps.
  • Pelabuhan Tribuana Pantai Kusamba Klungkung, untuk wisatawan yang berada di kawasan Ubud, gianyar dan sekitarnya. Pelabuhan kusamba sangat cocok untuk anda yang lebih dekat. Lihat : Google Maps.
  • Pelabuhan Padang Bai Karangasem, pelabuhan ini memiliki dermaga khusus untuk kapal ferry menuju Nusa Penida, disini harganya cukup murah untuk menyebrang ke Nusa Penida. Lihat : Google Maps.

Fast Boat Pantai Sanur

Jadwal Fast Boat

Dari beberapa pelabuhan yang menawarkan tujuan ke Nusa Penida, saat ini kami hanya menamplkan jadwal kapal cepat dari Pelabuhan Pantai Sanur ke Nusa Penida. Hal ini dikarenakan pelabuhan inilah yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan yang akan ke Nusa Penida.

Namun kedepanya kami akan update untuk pelabuhan-pelabuhan lainnya, guna melengkapi informasi Panduan Nusa Penida.

OperatorPelabuhan Nusa P.Dari SanurDari Nusa P.Harga Domestik
Caspla
MarutiToya Pakeh07:30, 15:0007:00, 16:30Rp 80.000
Idola Express
El Rey Jr
Semabu Hills
The Tanis
Dwi Manungal
Mola-Mola Fast Boat

Transportasi di Nusa Penida

Jika anda wisatawan yang datang ke Pulau Nusa Penida secara mandiri, maka ada beberapa pilihan transportasi yang bisa anda sewa di pulau ini tentunya dengan biaya yang hemat dan tidak menguras kantong anda.

Sewa Motor di Nusa Penida

Untuk menyewa motor di Nusa Penida itu sangat gampang banget, dimana banyak sekali penyewa-penyewa kendaraan roda dua ini hampir di setiap pelabuhan-pelabuhan tempat kalian mendarat. Biasanya untuk sewa motor ini harganya kurang lebih sekitar 65.000 per motor. Sudah termasuk helm dan jas hujan.

Oh iyah jika kalian sewa motor di Nusa Penida, langsung di-isi full teng yah tangki bahan bakar kalian, karena terkadang jarak penjual BBM ini jauh-jauh. Yaaa walau ada beberapa pom bensin resmi dari pertamina, namun ketersediaanya tidak merata di seluruh tempat, jadi beli di eceran pinggir jalan bisa jadi opsi tersendiri untuk Panduan Nusa Penida.

Sewa Mobil dan Supir di Nusa Penida

Namun jika kalian trip berbanyak, saran dari kami lebih baik sewa mobil dan supir di Nusa Penida saja, hal ini bisa membantu kalian untuk mengunjungi objek wisata di Nusa Penida tanpa harus ribet tersesat karena salahnya membaca aplikasi GPS yang tersedia, apalagi beberapa titik jalan masih kategori kurang baik dan masih ada area yang blank dari signal internet, jadi jangan sampai hal ini merusak momen liburan di nusa penida.

Lalu bagaimana sewa mobil di nusa penida ? kami bisa membantu anda untuk sewa mobil dan supir di nusa penida, cukup hubungi staf reservasi parahitatour di WA kami 0821-400-780-97 team kami akan membantu anda untuk proses pemesanan ini.

Penginapan di Nusa Penida

Nusa Penida memiliki berbagai akomodasi penginapan yang bisa anda pergunakan, baik itu tipe losmen, hotel maupun berupa villa. Namun property-property yang ada pada daerah nusa penida ini tidak begitu banyak, dan jumlah unitnya dalam satu property tidak banyak juga.

Berikut kami informasikan beberapa penginakan di Nusa Penida yang mungkin bisa menjadi refrensi anda memilih tempat menginap di Nusa Penida.

Sentulan Garden

Mahaloka Valley

Kampuak Cottages

Bamboo Bungalows

Tempat Makan di Nusa Penida

Pertanyaan yang sering diajukan

Apa saja yang harus di bawa ke Nusa Penida ?

Lantaran Nusa Penida cenderung panas, maka anda disarankan membawa topi, kacamata, tabir surya serta uang pecahan kecil, karena disana akan sulit menemukan ATM.

Apakah harus menginap di Nusa Penida ?

Saran kami, jika anda ingin explore semua bagian maka anda bisa menginap di hotel/ villa dia Nusa Penida, namun jika tidak explore semua bagian anda bisa langsung kembali ke Pulau Bali menggunakan speed boat sore hari.

Bagaimana protokol kesehatan di Nusa Penida ?

Di era pandemi ini, protokol kesehatan tetap berlaku dimanapun termasuk di Nusa Penida. Jaga jarak, masker dll harus tetap di pergunakan untuk hal ini.


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Parahita TourParahita TourIDRMo-SuCash500062 (361) 488-208Jl. Gunung Bromo XI No 23 Denpasar Bali
5 out of 5 stars -1 votes
Loading...
Tags: Air Terjun Peguyangan, Angels Billabong Nusa Penida, Broken Beach Penida, Bukit Banah, Bukit Tanglad, Diamond Beach, Harga Speed Boat Ke Nusa Penida, Hotel Di Nusa Penida, Keliking Beach, Kolam Tembeling, Manta Point, Nusa, Nusa Penida, Nusped, Pantai Atuh, Pantai Crystal Bay, Pantai Suwehan, Pasih Uwug, Penida, Pura Goa Giri Putri, Raja Lima, Speed Boat Nusa Penida, Teletubbies Hill Nusa Penida
Last Modified on Feb 2, 2021