Gili Trawangan Lombok, Liburan Seru

Karena keindahan alam yang dimiliki, Lombok belakangan menjadi destinasi utama bagi beberapa wisatawan domestik maupun mancanegara. Apabila anda memiliki agenda liburan ke Lombok, maka Gili Trawangan adalah tempat wisata yang wajib dituju. Sebab pulau kecil yang terletak di sebelah barat laut Lombok ini menawarkan pesona yang tiada duanya.

Sekilas Tentang Pulau Gili Trawangan Lombok

Trawangan merupakan nama pulau kecil yang ada di sebelah barat laut Lombok, dan termasuk menjadi bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini termasuk yang terbesar di antara tiga gili atau pulau kecil lainnya di daerah tersebut, yaitu Gili Meno dan Gili Air, dengan panjang 3 kilometer dan lebar 2 kilometer.

Gili Trawangan Lombok
@id_fahri

Selain itu, Trawangan juga merupakan satu satunya gili di sini yang mempunyai ketinggian cukup signifikan di atas permukaan laut. Kesan yang ditawarkan pada pulau tersebut cenderung lebih meriah daripada Gili Meno dan Gili Air. Itu karena ada banyak kegiatan menarik yang ditawarkan di pulau ini, membuatnya mampu menciptakan nuansa ‘pesta’ setiap saat.

Nama Gili Trawangan sendiri diperoleh dari kata ‘Gili’ yang dalam bahasa sasak berarti pulau kecil, dan Trawangan yang berasal dari kata ‘Terangang’ dengan artian bertelurnya penyu. Dinamakan begitu karena di gili ini memang dulunya menyimpan banyak penyu. Meski begitu, belum ada penelitian yang membuktikan mengenal asal usul nama tersebut.

Daya Tarik Gili Trawangan Lombok

Daya tarik Trawangan adalah eksotisme alam laut dan budayanya yang luar biasa. Pulau kecil ini mempunyai keindahan pantai yang pesonanya tidak kalah cantik dari Bali. Ada juga berbagai macam biota laut yang masih alami bisa ditemukan dengan mudah di sini. Selain itu, panorama sunset dan juga sunrise yang ada di sini tergolong lebih unggul bila dibandingkan pantai lainnya.

Itu karena pantai yang ada di Pulau Gili Trawangan tersebut langsung menghadap ke arah barat dan menghadap ke timur, membuat pemandangan sunset maupun sunrise bisa dilihat lebih jelas. Apalagi jaraknya tidak terlalu jauh, sehingga para wisatawan tidak perlu repot menempuh perjalanan jauh untuk menikmatinya.

Gili Trawangan Lombok
@windu_hd

Selain keindahan alam, pulau ini juga memiliki budaya khas yang menarik untuk disaksikan. Dimana biasanya akan ada pertunjukan kesenian bela diri tradisional bernama presean atau stick fighting yang akan digelar di sekitar pasar seni. Sehingga anda tidak boleh ketinggalan untuk menyaksikannya.

Aktivitas Favorit yang Dilakukan Wisatawan saat di Gili Trawangan Lombok

Snorkeling dan Diving Menyaksikan Biota Laut

Banyak wisatawan mancanegara yang jauh jauh datang ke Gili Trawangan hanya untuk melakukan snorkeling dan diving. Bahkan aktivitas ini juga banyak diminati oleh para wisatawan domestik. Itu karena daerah ini mempunyai keindahan terumbu karang biru atau blue coral yang terkenal sangat langka.

Perlu diketahui bahwa jenis blue coral yang ada di sana memang hanya terdapat di dua tempat di dunia. Tidak heran apabila banyak wisatawan yang tidak mau ketinggalan untuk menyaksikan bagaimana pesona bawah laut yang dihiasi oleh blue coral tersebut. Apalagi di sini sudah tersedia jasa diving resmi yang menawarkan penyewaan alat, kursus, sampai trip diving.

Gili Trawangan Lombok
@vanessabroad

Tour Glass Bottom Boat di Gili Trawangan Lombok

Ingin menikmati keindahan alam bawah laut di Trawangan, namun tidak bisa snorkeling atau diving ? Jangan khawatir, karena di sini anda bisa melakukan tour glass bottom boat. Paket Tour Lombok ini akan mengajak wisatawan untuk menuju spot spot cantik di tengah laut dengan menggunakan perahu.

Karena bagian bawah perahu dibuat transparan atau dari kaca, maka anda pun bisa melihat ikan warna warni yang berenang di bawah laut dengan jelas. Tentu adanya layanan tour tersebut membuat siapapun bisa menikmati keindahan alam bawah laut tanpa dituntut harus bisa berenang. Adapun biaya tour glass bottom boat umumnya dipatok sekitar Rp. 850.000 dengan kapasitas yang cukup banyak.

PROMO !

Paket tour 3 Hari 2 Malam ke Lombok.

Water Sport Lainnya

Selain snorkeling, diving, dan tour glass bottom boat, masih ada banyak water sport lainnya yang bisa anda coba di Gili Trawangan. Di sepanjang jalan gili, counter counter penyedia jasa water sport bisa anda temukan dengan mudah. Mulai dari surfing, water ski, banana boat, kayaking, sampai memancing. Jadi silahkan memilih sesuka hati sesuai minat dan selera saat berada di sana.

Naik Boat Party

Punya kapasitas yang lebih besar dari glass bottom boat, ada juga boat party yang sangat digemari oleh wisatawan luar negeri. Dengan menggunakan perahu yang cukup besar, wisatawan akan diajak keliling pulau. Dan selama perjalanan tersebut anda akan disuguhkan pesta dengan live musik dan bar untuk semua jenis minuman. Biasanya jadwal operasional boat party ini yaitu setiap Rabu, Kamis, dan Minggu.

Berkunjung ke Tempat Penetasan Penyu

Seperti yang telah disebutkan, nama Trawangan disematkan pada pulau ini karena dulu ditemukan banyak penyu yang menetasnya di sana. Sampai sekarang ternyata ada spot khusus yang digunakan sebagai tempat penetasan penyu di Trawangan. Lokasinya berada di arah utara dari night market. Anda bisa melihat bagaimana telur penyu dikumpulkan dari pantai pada malam hari dan bagaimana merawatnya.

Bean Bag di Trawangan
@lombok_boi

Wisata Kuliner

Jika anda datang ke night market di Gili Trawangan, pastikan untuk mencicipi kuliner yang dijajakan di sana. Karena bisa dibilang bahwa night market ini merupakan surga bagi para pecinta seafood. Dimana anda bisa menemukan banyak seafood dijual dalam bentuk tusukan sate. Biasanya satu tusuk berisikan empat potong daging seafood dengan harga sekitar Rp. 20.000.

Menikmati Suasana Open Air Movie yang Syahdu

Se-olah tidak berhenti menawarkan kegiatan yang seru dan mengasyikkan, Trawangan menghadirkan layanan open air movie dengan suasana yang amat syahdu. Anda akan diajak menonton film di udara terbuka dengan pemandangan di sekitar yang mampu membangun kesan romantis. Untuk menikmati aktivitas tersebut, maka anda perlu merogoh kantong kurang lebih Rp. 100.000.

Naik Cidomo Berkeliling Pulau

Yang unik di Trawangan adalah tidak ada kendaraan bermotor berlalu lalang. Anda hanya bisa menemukan tiga macam kendaraan di sini, yaitu delman atau disebut dengan nama cidomo, sepeda, dan motor listrik. Sehingga naik cidomo berkeliling pulau selalu menjadi kegiatan seru yang tidak pernah ditinggalkan oleh wisatawan.

Pulau Gili Trawangan
@leeteng_1211

Lokasi dan Rute Menuju Trawangan

Gili Trawangan berada di barat laut Pulau Lombok, lokasinya sangat strategis dan mudah dikunjungi. Dari Lombok, anda bisa menuju ke Pelabuhan Bangsal atau Teluk Nare lalu melanjutkan menuju kawasan Pantai Senggigi. Di sana anda bisa naik perahu untuk menyeberang ke gili. Waktu perjalanan yang dibutuhkan mencapai Trawangan adalah sekitar 20 menit saja.

Selain dari Pulau Lombok, gili tersebut juga sangat mudah dikunjungi dari arah Bali. Anda bisa menyeberang dari Pelabuhan Padang Bai menggunakan fast boat dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam. Besar biaya naik fast boat ke Trawangan yaitu sekitar Rp. 350.000 per orang (one way).

Pulau Trawangan adalah destinasi yang tepat untuk menikmati waktu liburan anda. Karena ada banyak sekali kegiatan seru dan menyenangkan yang bisa dilakukan di lokasi. Apalagi keindahan alam yang ditawarkan benar benar mempesona dan sangat luar biasa. Dijamin liburan anda akan semakin berkesan. Sudah ada rencana berkunjung kemari ?

Sunset di Trawangan
@am_travelgram
Reikha Jouliani
Reikha Jouliani
Fulltime penulis cerita indah liburan bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *