BLOG : Hutan Pinus Songgon

Hutan Pinus Songgon, berbagai cara dilakukan kabupaten Banyuwangi untuk menggaet wisatawan yang ingin berlibur ke Kabupaten ini. Salah satunya ialah destinasi wisata baru Banyuwangi ialah Hutan Pinus Songgon yang berada di Desa Sumber Bulu.

Deretan pohon pinus yang ditanam rapi lengkap dengan suara aliran air dari Sungai Bandeng yang merupakan aliran dari lereng Gunung Raung, membuat objek wisata ini menjadi destinasi favori oleh para wisatawan yang datang.

Keindahan alam dan hawa sejuknya merupakan nilai plus yang akan menyambut anda saat datang ke hutan ini. Bahkan berbagai spot foto pun langsung bisa anda dapatkan saat pertama kali memasuki kawasan hutan wisata pinus songgon ini ( WPS ).

Hutan Pinus Songgon
Hutan Pinus Songgon

Daya Tarik Hutan Pinus Songgon

Daya tarik utama kawasan wisata ini ialah hutan pinus yang tersusun rapi dari timur ke barat, terdapat juga aliran sungai yang menjadi lokasi aktivitas arung jeram yang bisa memacu adrenaline anda saat berlibur di Banyuwangi.

Berbagai fasilitas pun mulai dilengkapi pihak pengelola hutan, baik dari toilet, tempat makan hingga fasilitas seperti camping ground dan penginapan juga di sediakan demi memanjakan para wisatawan yang datang untuk berlibur.

Hutan Pinus Songgon
img by seviayunia

Sejarah Hutan Pinus

Jauh sebelum menjadi daya tarik objek wisata, dahulunya hutan ini hanya berupa hutan pinus biasa dan seringkali dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk diambil getahnya. Namun pihak pemerintah Banyuwangi lalu memanfaatkan area hutan tersebut untuk dijadikan daya tarik wisata. Disekitar kawasan ini juga terdapat sungai Badeng yang merupakan lokasi kegiatan arung jeram. Terdapat juga sebuah aktivitas Flying Fox untuk menguji keberanian anda.

Lokasi Hutan Pinus Songgon

AlamatSumberagung, Sumberbulu, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68463
Mapshttps://goo.gl/maps/F7WtUMWkPuUxVT1V7
Telpon

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus

Untuk bisa masuk ke Hutan Pinus Songgon, terdapat tiket masuk per-orang, namun belum termasuk wahana permainan yang akan anda pergunakan. Berikut daftar harganya, dan sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.

TIKETHARGA
Lokal Dewasa5.000
Paintball100.000
Flying fox15.000
Safari kuda20.000
Safari jeep150.000
Rafting135.000

Aktivitas di Pinus Songgon

Beragam aktivitas seru di Wisata Pinus Songgon (WPS) begitulah banyak, baik itu untuk outbound, berkemah, foto-foto hinga aktivitas yang memacu adrenaline seperti rafting, safari jeep dll juga tersedia disini.

Adapun beberapa keseruan aktivitas yang tersedia di Pinus Songgon ialah ?

Berkemah

Tersedia camping ground untuk berkemah, merasakan nikmatnya bermalam di hutan dengan tenda yang telah di sediakan. Ada tenda dome, pleteon, alas tidur dan keperluan lainnya.

Gathering/ Outbound

Family Gathering, Outbound yang biasa di lakukan oleh perusahaan, komunitas, keluarga atau perkumpulan bisa di lakukan di Desa Wisata PInus Songgon.

Bermalam di Cottage Omah Semut

Terdapat cottage/ hotel untuk bermalam di Hutan Pinus Songgon dengan kesejukan hutan. Terdapat kamar tidur yang bersih nyaman dan toilet yang bersih.

Prewedding

Anda bisa foto prewedding atau melangsungkan pesta pernikahan di tempat ini. Terdapat sarana dan prasarana yang memadai untuk menggelar acara anda.

Foto Selfie

Terdapat spot untuk foto selfi dengan latar belakang yang indah, unik yang bisa menjadi foto kenang-kenangan anda.

Rafting

Terdapat sebuah aliran sungai dari lereng Gunung Raung yang memiliki jeram dengan air yang jernih membuat aktivitas Rafting atau Arum Jeram semakin menyenangkan.

Paint Ball

Salah satu permainan yang menyenangkan ialah bermain Paint Ball, untuk meningkatkan solidaritas antar rekan dalam mengatur strategi. Dengan medan tempur yang luas di antara pepohonan pinus, menambah keseruan bermain paint ball.

Flying Fox

Merupakan wahana yang memacu adrenaline anda untuk terbang meluncur di ketinggian 30 meter menyebrangi sungai bisa menjadi pengalaman jelajah alam yang menyenangkan.

Berkuda

Anda juga bisa berkeliling menaiki kuda sembari menikmati sejuknya hutan pinus dan mengunjungi spot-spot yang ada di Wisata Pinus Songgon.

Safari Jeep

Terdapat juga kendaraan mobil Jeep, untuk menikmati sensasi berkeliling menggunakan kendaraan adventure.

Motor Trail

Selain itu juga terdapat persewaan motor trail untuk anda yang ingin menjelajah berpetualang menikmati indahnya alam pegunungan dan hutan pinus.

Edukasi Proses Getah Pinus

Getah pinus banyak digunakan sebagai bahan baku batik, lilin, kemenyan, minyak esensial dan lain-lain. Disini anda akan diajarkan untuk proses edukasi.

Edukasi Pengolahan Sayuran

Terdapat juga sarana edukasi pertanian budidaya sayur slada air yang menjadi andalan untuk petani di pinggiran hutan pinus. Disini anda juga melakukan pemetikan sayur langsung dari lahan hingga mengemas untuk di jual.

Treking

Terdapat juga track untuk tracking menyusuri hutan dengan panduan dari guide Wisata Pinus Songgon.

Bersepeda

Dinginnya udara di songgon serta kontur alam pegunungan yang naik turun juga bisa di nikmati sambil berolah raga bersepeda.

Live Musik

Diwaktu-waktu tertentu Wisata Pinus Songgon juga mengadakan sarana live musik yang bisa di nikmati oleh para wisatawan yang datang.

Objek Pariwisata Sekitar Hutan Pinus Songgon

  • De Jawatan Benculuk, sebuah hutan puhon trembesi dengan ukuran besar dan membuat seperti berada di hutan film lord of the ring yang merupakan tempat foto kekinian terbaik di Banyuwangi.
  • Pantai Blimbing Sari, ialah pantai di sebelah timur Kabupaten Banyuwangi yang memiliki sederet cafe-cafe yang menawarkan sajian seafood bakar yang nikmat.
  • Pantai Boom, berada di kota Banyuwangi. Ini adalah tempat seru untuk masyarakat dan wisatawan setempat untuk nongkrong bersama rekan atau sekedar bersantai-santai.

Transportasi menuju Songgon

Berkendara menuju Hutan Pinus Songgon menggunakan kendaraan bermotor seperti sepeda motor bersama pasangan tentu saja sangat menyenangkan, karena disepanjang perjalanan anda bisa melihat persawahan yang indah, sungai, serta perkebunan durian yang ada di pinggiran jalan saat anda melintas.

Anda bisa mendapatkan jasa sewa sepeda motor di banyuwangi, tepatnya di kota atau di hotel tempat anda menginap.

Namun pilihan terbaik untuk menuju hutan pinus songgon ialah menggunakan kendaraan roda empat. Tentunya dengan supir yang berpengalaman dibidang pariwisata jasa transportasi. Untuk itu jasa sewa mobil Banyuwangi dengan supir adalah hal yang terbaik. Karena anda bisa liburan dengan tenang tanpa harus memikirkan akses jalan menuju daerah objek wisata di Banyuwangi.

Selain itu anda juga bisa sewa kendaraan mewah seperti Hi-Ace, Alphard atau Bus Pariwisata untuk menunjang perjalanan liburan anda di Banyuwangi.

Pertanyaan Lainnya

Apakah bisa membuat camp tenda di Pinus Songgon ?

Tentu saja bisa. Anda bisa membawa peralatan berkemah anda atau menyewa di operator yang tersedia disana.

Apakah bus besar bisa masuk ke area ini ?

Medannya lumayan sulit, terdapat beberapa jalan dengan tikungan patah dan akses jalan yang kecil. Namun bis bear bisa masuk kedalam.

Apakah ada transport umum untuk ke lokasi Pinus Songgon ?

Saat ini belum tersedia, namun kedepannya akan ada angkutan umum menuju objek wisata ini.

Hutan Pinus Songgon
Hutan Pinus Songgon

img src : afrwahyuda, gustiputraan, maryana-sunshine, fu_fuadym, refin_bstnl, seviayunia_, bjjaluyuwana


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Parahita TourParahita TourIDRMo-SuCash500062 (361) 488-208Jl. Gunung Bromo XI No 23 Denpasar Bali
5 out of 5 stars -1 votes
Loading...
Tags: Banyuwangi, Hutan Pinus, Jeep, Paint Ball, Rafting Di Banyuwangi, Songgon, Wisata Banyuwangi
Last Modified on Feb 5, 2021

Testimonial


Artlita Purwani
Surabaya

Tempatnya sangat indah, banyak spot selfie yang bisa kami datangi.