BLOG : Jatiluwih Bali

Jatiluwih Bali ialah sebuah kawasan terasering atau persawahan berundak-undak yang berada di Kecamatan Penebel Kabupaten Tabanan Bali. Jatiluwih berada di daerah dataran tinggi yang termasuk di bali bagian barat. Yang memang menadi tujuan wisatawan bagi para wisatawan.

Daerah ini menjadi pilihan lain wisatawan yang ke Bali karena memiliki pemandangan yang indah. Walaupun Bali juga memiliki kawasan persawahan berundak lainnya seperti sawah terasering Tegalalang Ubud atau kawasan sawah terasering Bukit Jambul. Namun di daerah ini menjadi pilihan yang terbaik, karena memiliki background pemandangan yang indah.

Pesona alam indah inilah yang menyebabkan kenyaman tersendiri, sehingga membuat wisatawan pun betah untuk berlama-lama menikmati alamnya yang menawan.

Terdapat banyak akomodasi pariwisata yang menunjang anda saat liburan di sini. Jadi tidak perlu khuatir untuk menikmati Jatiluwih.

Jatiluwih Bali

Tempat Wisata Jatiluwih Bali

Objek wisata Jatiluwih berada dikawasan Kecamatan Penebel Kabupaten Tabanan Bali. Objek wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara dari daerah Eropa. Bagaimana tidak, alamnya yang indah dan sejuknya udara menjadikan wisatawan-wisatawan ini menyukai alam nya yang begitu menawan.

Jatiluwih merupakan lumbung padinya pulau Bali. kebanyakan beras yang ber-edar di Bali berasal dari beras yang di hasilkan dari kawasan ini. Terutama produk beras merah yang merupakan andalan warganya untuk dipasarkan ke kawasan Bali.

Jatiluwih Bali

Objek Wisata Pemandangan Sawah Terasering Di Bali

Secara geografi, Jatiluwih memiliki luas sekitar 32,22km2. Dengan ketinggian sebesar 1.059 meter atau 2,474 kaki di atas permukaan air laut. Dimana Desa Jatiluwih Tabanan Bali ini memiliki iklim tropis. Sehingga hampir sepanjang waktu sering mendapati curah hujan yang tinggi. Dengan suru rata-rata di kisaran angka 18 drajat, m….. sejuk banget nih.

Mayoritas penduduk di kawasan ini bekerja sebagai petani. Komoditi utamanya adalah penghasil Beras. Oleh sebab itu kawasan ini disebut sebagai lumbung padinya bali. Karena sepanjang mata memandang, hamparan persawahan menjadi satu-satunya pemandangan indah, tentunya dengan background pegunungan yang menawan di sisi sebelah utaranya.

Jatiluwih Bali

Di sekitar jatiluwih pun terdapat perkebunan lain seperti sayuran, kelapa, kopi dan buah-buahan lainnya yang sering dijual di pasar.

Hamparan sawah berundak-undak inilah yang dinamakan terasering. Hal ini yang menyebabkan kawasan ini banyak di kunjungi oleh wisatawan. Bagaimana tidak kontur alam nya yang didominasi daerah bukit pegunungan, membuat sistem penanaman sawah disini menjadi sistem ber undak-undak.

Dan karena keunikannya inilah UNESCO memberikan predikat Warisan Budaya Dunia pada tanggal 29 Juni 2012. Karena memiliki konsep filosofi Tri Hita Karana. Apa itu Tri Hita Karana, yaitu konsep Manusia dengan Manusia, Manusia dengan Alam, Manusia dengan Tuhan.

Sejarah Nama Desa Jatiluwih Tabanan

Menurut informasi yang kami terima, nama jatiluwih ini memili beberapa sejarah antara lain

Jatiluwih sendiri berasal dari dua buah kata Jaton dan Luwih. Dimana memiliki arti Jaton adalah Jimat, sedangkan Luwih memiliki arti bagus. Maka jika di simpulkan kedua kata tersebut memiliki arti Jimat yang benar-benar bagus.

Sumber kedua juga mengatakan bahwa konon di tengah desa tersebut ada binatak purba yaitu seekor burung Jatayu. Dimana kata Jatayu ini lama-kelamaan mengalami perubahan bunyi pemangilan oleh warga setempat menjadi kata Jaton Ayu, yang berarti Luwih atau Bagus. Jadilah kata Jaton Ayu dengan nama Jatiluwih.

Karena perubahan nama itulah hingga saat ini warga menamai desa tersebut dengan nama Jatiluwih. Dan sampai saat ini tidak pernah ada perubahan lagi.

Harga Tiket Masuk Jatiluwih Bali

DeskripsiHarga
Domestik Dewasa20.000
Foreign Adult40.000

Lokasi Sawah Berundak Jatiluwih Bali

Kawasan desa Jatiluwih berada di Kecamatan Penebel Kabupaten Tabanan Bali. Jarak tempuh dari Pantai Kuta ke Jatiluwih kurang lebih sekitar 50 kilometer. Dimana objek wisata ini berada di utara kota Tabanan sekitar 28 kilometer. Lumayan jauh, tetapi kita bisa sambil mengunjungi objek wisata lainnya yang ada di sekitarannya.

Adapun rute untuk menuju kawasan ini ialah, anda mengambil jalan arah dari Kota Denpasar menuju arah Kota Tabanan. Sesampainya di perempatan patung Bung Karno, berbelok ke arah kanan. Anda ikuti terus jalannya sampai ketemu pusat kota Tabanan. Kemudian berbelok ke kanan menuju arah desa Penebel. Dari sana anda akan mengikuti jalan yang dominan lurus dengan pemandangan alam seperti persawahan di kanan kiri.

Terdapat banyak rumah-rumah besar dengan tembok bambu, itu adalah peternak telur ayam Panebel. Dari sinilah telur-telur ini mensuplai kebutuhan telur pulau Bali dan beberapa daerah di jawa.

Setelah anda masuk ke pintu masuk Desa Jatiluwih anda akan bertemu pos loket tiket dekat sungai yang airnya jernih.

Alamat Objek Wisata Jatiluwih Penebel

AlamatPenebel Kabupaten Tabanan Bali
Mapshttps://goo.gl/maps/aeCWE4P9623CsBAB7
Telpon

Transportasi Terbaik Menuju Jatiluwih Bali

Saat ini pilihan transportasi untuk bisa ke kawasan desa wisata Jatiluwih Tabanan ialah menggunakan kendaraan bermotor. Seperti sepeda motor atau mobil. Ya hal ini karena lokasinya menuju kawasan Jatiluwih lumayan agak jauh ke kawasan Penebel Tabanan, oleh sebab itu anda di sarankan untuk menggunakan kendaraan bermotor.

Jika anda ingin sewa sepeda motor di bali, anda bisa mendapatkan di kawasan-kawasan pariwisata seperti Sanur, Kuta, Legian, Seminyak. Terdapat operator-operator penyewa sepeda motor disana. Atau jika anda sudah memilih penginapan di daerah tersebut, anda bisa sewa motor di hotel tempat anda menginap. Biasanya staf front office sudah memiliki daftar sepeda motor di lobbynya. Atau jika tidak ada, anda bisa bertanya kepada pihak security.

Untuk kendaraan mobil, anda bisa menggunakan jasa sewa mobil plus driver di bali. Anda bisa memilih berbagai jenis kendaraan yang tersedia sesuai dengan kapasitas ataupun model yang anda senangi. Biasanya kalau untuk ukuran keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan anak-anak keseringan menggunakan kendaraan seperti Toyota Avanza.

Namun, jika anda termasuk traveller yang tidak ingin di pusingkan dengan urusan jadwal tour atau bahasa kerennya itinerary. Anda bisa menggunakan jasa Paket Bali Tour Murah dan memilih rute wisata ke sawah terasering Jatiluwih Bali.

Aktivitas di Jatiluwih Bali

Bagi anda yang datang ke kawasan persawahan terasering Desa Jatiluwih, anda akan di suguhkan pemandangan indah persawahan yang begitu indah menawan. Tak heran pemangku desa pariwisata kawasan ini pun membuat beberapa aktivitas yang mungkin bisa jadi bahan refrensi untuk mengisi keseruan di Jatiluwih, Antara lain :

Kuliner
Sebagai daerah yang terkenal dengan lumbung padinya, di jatiluwih anda bisa berburu kuliner khas Desa Jatiluwih yaitu nasi beras merah. Terdapat banyak olahan yang bisa anda jumpai seperti nasi beras merah bakar, nasi goreng beras merah dan lain-lain.

Bersepeda
Menikmati alamnya, anda juga bisa berkeliling menggunakan sepeda. Selain kontur jalannya yang naik turun, udara segar juga menambah nikmatnya berkeliling naik sepeda.

Naik Kuda
Aktivitas naik kuda juga bisa anda nikmati disana bagi yang tidak ingin cape jika harus gowes. Anda akan di ajak berkeliling Desa menggunakan tenaga kuda dan akan di temanni oleh instruktur jadi tetap aman yah gais.

Menginap
Di daerah Jatiluwih juga terdapat beberapa hotel dan Villa yang bisa menjadi refrensi anda untuk memilih menginap. Tentunya ini akan menambah kesan romantis saat anda dan pasangan yang bulan madu di bali memilih akomodasi menginap di jatiluwih.

Objek wisata di sekitar

Di sekitar objek wisata Jatiluwih terdapat beberapa tujuan tempat wisata yang biasa di kunjungi oleh para wisatan yang liburan ke Bali. Adapun beberapa tempat wisata di sekitar Jatiluwih Tabanan ialah :

  • The Sila’s Agrotourism, wahana permainan keluarga di Bali. tempat ini cocok juga untuk aktivitas outbound untuk wisatawan.
  • The Blooms Garden, objek wisata baru di Bedugul yang menampilkan bunga-bunga indah yang di tata rapi di areal seluas 25 hektar. Terdapat villa dan fasilitas pendukung lainnya.
  • Danau Beratan, atau yang lebih terkenal dengan nama Bedugul seperti di gambar pecahan uang lima puluh ribu rupiah. Terdapat Pura Ulundanu yang berada di Danau.
  • Secret Garden, salah satu tempat asik menikmati alam daerah Luwus dengan pemandangan persahawan, sungai. Juga terdapat restaurant dengan pemandangan dan arsitektur bagus serta tempat pembuatan sabun kecantikan.
  • Air Panas Angseri, Objek wisata pemadian air panas alami yang berlokasi dekat dengan Jatiluwih. Terdapat pemandian umum dan pemandian private disini.

Pertanyaan yang sering di Ajukan

Rumah makan apa saja yang berada di Jatiluwih ?

Terdapat beberapa rumah makan yang berada di kawasan Jatiluwih antara lain :
– Warung Krisna D’ Uma Jatiluwih
– Warung Made’s Munduk
– Warung Heaven
– Gong Jatiluwih
– Terrasse du Lac Tamblingan Sari
– Padi Bali
– Warung Dhea Jatiluwih

Sebaiknya jam berapa berangkat ke Jatiluwih ?

Jika anda menginkan melihat pemandangan indah saat di pagi hari, saran kami anda berangkat pukul 5 pagi.

Berapa derajat suhu udara di Jatiluwih ?

Biasanya suhu disini kisaran 18 derajat, cukup sejuk untuk tipikal masyarakat Indonesia.

Apakah ada Masjid di Jatiluwih

Tentu, terdapat sebuah masjid bernama Masjid Al Hamzah yang berlokasi di Br. Soka Kanginan, Senganan, Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali 82191.

img src : gusmank, indahkalalo, oneworldjustgo, audisilvestra, _graceinbali, vacation_bombshells, stuck_in_asia


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Parahita TourParahita TourIDRMo-SuCash500062 (361) 488-208Jl. Gunung Bromo XI No 23 Denpasar Bali
5 out of 5 stars -1 votes
Loading...
Tags: Cafe Jatiluwih Bali, Desa Jatiluwih, Fasilitas Di Jatiluwih, Jatiluwih, Jatiluwih Race Terraces, Penebel, Sejarah Jatiluwih, Tempat Makan Di Jatiluwih, Terasering, Tiket Masuk Jatiluwih
Last Modified on Jan 29, 2021

Testimonial


Nazran Hafiz
Balikpapan

Sejauh mata memandang, persawahan ini memang indah-indah.