Kerta Gosa Klungkung – Sejarah, Harga Tiket Masuk 2023

Kerta Gosa – Mau liburan ke bali di akhir tahun dan tahun baru 2024? Seperti yang telah ketahui bahwa sebentar lagi akan ada tanggal libur panjang menjelang akhir tahun 2023 menuju persiapan tahun baru 2024. Waktu tersebut biasanya masyarakat Indonesia sering menyempatkan untuk liburan keberbagai tempat, baik wisata alam pantai, waterboom, kebun binatang, curup, water canon dan sebagainya. nah, bagi Anda yang memiliki rencana untuk liburan ke pulau dewata, jangan lupa menyempatkan kunjungi wisata kertagosa klungkung. Penasaran? Yuk, simak pembahasan kertagosa klungkung – sejarah, harga tiket masuk 2023 paling menarik.

Kerta Gosa

@lollofedi

Kali ini kami akan memberikan sedikit ulasan perihal wisata kertagosa klungkung yang merupakan sebuah tempat objek wisata alam yang berada di kawasan Klungkung, Bali. Dimana, wisata alam bali ini sedang dibicarakan oleh banyak orang dikarenakan keindahan alam yang sangat menarik. Maka tak heran jika wisata alam bali ini kini telah menjadi salah satu tempat rekreasi yang paling utama. Dimana, banyak sekali parawisatawan lokal maupun mancanegara yang telah mengunjungi wisata kerta klungkung sebagai destinasi liburan keluarga paling mengasyikan dan menikmati panorama alam yang lebih indah.

Bagaimana tidak, untuk mengunjungi wisata kertagosa klungkung sendiri kini sangat mudah kita jumpai. Pasalnya, akses jalam menuju wisata bali tersebu telah berjalan dengan baik. Sehingga pengunjung dapat menikmati perjalan tersebut dengan pemandangan yang indah. Walupun, lokasinya bukan berada di perkotaan melainkan suatu tempat yang jauh dari keramaian. Dengan begitu, membuat liburan anda bersama keluarga akan lebih menyenangkan dan penuh irama.

Baca Juga: Pura Goa Lawah: Sejarah, Daya Tarik dan Harga Tiket Masuk 2023

Sejarah Kerta Gosa

Asal usul mula sejarah kerta gosa yang kini menjadi sebuah tempat objek wisata alam bali dulunya yaitu sebuah komplek bangunan kerajaan klungkung yang dibangun pada tahun 1686 yang dikuasai oleh Ida I Dewa Agung Jambe. Akan tetapi, pada tahun 1908, sebagian pembangunan komplek kerajaan tersebut menjadi hancur akibat penjajahan Benda. Saat ini, masih ada 3 bangunan komplek kerajaan yang masih tersisa, seperti bangunan model agung yang merupakan pintugerbang utama, bale kembang sebuah bangunan yang dikelilingi oleh kolam dan juga bala kertagosa.

Waktu pembuatan bangunan kerajaan klungkung dan bale kerta ini dibuat pada tahun 1686 atau pada abad ke 18 yang terletak di kawasan bali timur. Dimana, fungsi bale kertagosa sendiri digunakan sebagai tempat rapat untuk membahas keadilan, keamanan, kemakmuran dan keadilan di wilayah dari kerjaan bali.

Daya Tarik Kerta Gosa

Berikut ini, daya tarik kerta gosa klungkung yang akan disuguhkan bagi parawisatawan ketika akan mengunjunginya, yaitu:

Keindahan Bangunan

Daya tarik kerta gosa klungkung pertama yang bisa parawisatawan temukan adalah dapat melihat suatu keindahan bangunan yang begitu elegan dan sangat menarik diarea tersebut. Pengunjung tentunya dapat menikmati panorama alam yang yang begitu sejuk dan indah, sehingga membuat liburan Anda lebih menyenangkan. Dimana, bangunan kertha gosa ini merupakan sebuah seni lukisan yang menjadi ciri arsitek khas bali pada abad ke 17. Keunikan pada bangunan tersebut terdapat sebuah kolam yang mengelilingi dengan melewati jembatan yang terbuat dari bebatuan yang disebut taman gili.

Selain itu, terdapat pula lukisan pewayangan di bagian lelangitan atap bangunan yang menggambarkan sebuah sidang hukuman pada jaman dahulu ketika ada seseorang yang berbuat salah. Disamping itu, pengunjung akan melihat sebuah lukisan wayang cerita hkum karma pahala. Kemudian, tentunya anda juga akan melihat lukisan wayang lainnya, seperti menggambarkan penjelmaan manusia kembali kedunia untuk menebus dosa yang diperbuatnya.

@macasoul

Panorama Alam

Kesegaran suasana area sekitar dan panoramaalam menjadikan sebuah daya tarik kerta gosa klungkung yang disuguhkan bagi para pengunjung ketika berada didalam area tersebut. Dimana, adanya sebuah kolam yang merupakan sebagai tempat pengampungan air yang sangat dalam dan terlihat lebih jernih serta berwarna kebiruan. Namun, ketika musim hujan, warna air akan terlihat lebih kecoklatan.

Para pengunjung bisa memandang area kolam tersebut yang penuh dengan kesegeran udara sangat sejuk dan masih asri. Selama berada di dekat kolam tersebut, pengunjung tidak boleh buang sampah sembarangan dikarenakan harus dilestarikan agar kebersihannya tetap terjaga dengan baik. Selain itu, terdapat pula banyak pepohonan yang rimbun disekitar area wisata alam bali satu ini. Sehingga Anda ataupun para pengunjung lainnya tidak terlalu kepanasan dari sinar matahari. Anda juga bisa bersantai diberbagai tempat yang telah disediakan untuk menikmati suasana alam sekitar.

Kertagosa Klungkung
@calogerolopiccolo

Selfi Foto Diberbagai Tempat

Adapun, daya tarik kerta gosa klungkung selanjutnya yaitu bisa selfi foto diberbagai tempat yang ada di kawasan area taman mauppun lainnya yang dapat diabadikan menjadi sebuah kenangan yang indah dan juga tidak bisa terlupakan sepanjang hidup. Para pengunjung bisa melakukan foto di berbagai tempat mulai dari dalam maupun luar area kertha goga. Selain itu, Anda juga bisa duduk di gazebo yang sangat telah disediakan sambil berfose dan juga menikmati keindahan alam bangunan kerta yang sangat lebih bersejarah dan memiliki cerita tersendiri.

Wisata kerta gosa klungkung terdapat bangunan museum tepatnya berada sebelah barat yang sering dikunjungi oleh parawisatawan. Yang mana, tempat museum tersebut digunakan untuk penyimpanan peninggalan bendar bersejarah dari kerajaan klungkung itu sendiri. Maka tak heran jika banyak sekali parawisatawan yang hadir selalu membawa peralatan tersebut untuk tambahan jepretan foto yang akan dilakukannya. Begitupun dengan selfi foto diarea bangunan bersejarah dengan suatu background pemandanhan alam kolam dengan air yang tenang. Tentu membuat hasil jepretannya sangat bagus dan lebih menarik.

Baca Juga: Bali Safari & Marine Park – Daya Tarik dan Harga Tiket Masuk Akhir Tahun 2023

Harga Tiket Masuk Kerta Gosa

Bagi Anda yang mau merencanakan liburan ke pulau dewata, kalian harus mempersiapkan uangnya dari sekarang. Petugas pengelola wisata ini masih asli dari warga setempat yang selalu melayani wisatawan dengan ramah. Berikut ini, harga tiket masuk kertagosa klungkung, yaitu:

Domestik Anak: Rp. 15.000,00/orang

Domestik Dewasa: Rp. 25.000,00/orang

Asing Anak : Rp. 25.000,00/orang

Asing Dewasa: Rp. 50.000,00/orang

Fasilitas Kerta Gosa

Setiap objek wisata alam memang selalu dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Pasalnya, fasilitas itu sangat penting untuk kebutuhan para wisatawan yang akan berkunjung. Berikut ini, fasilitas kerta gosa klungkung, diantaranya:

  • Area Parkir
  • Penjaga Tiket
  • Toilet
  • Gazebo
  • Dll
Kerta Gosa
@slhoka31

Jam Buka Kerta Gosa

Adapun jam operasional wisata alam bali memang hampir sama dengan tempat wisata lainnya, yaitu jam buka kertagosa klungkung:

Buka setiap hari, pukul : 08.00 – 18.00 WITA

Untuk merasakan suasana udara alam yang sangat sejuk, sebaiknya kalian datang dipagi hari, supaya kalian tidak akan ketinggalan dengan suasana alam dipagi harinya.

Kerta Gosa
@1romanu

Alamat, Lokasi Kerta Gosa

Alamat, lokasi kerta gosa klungkung berada di kawasan jalan Kenanga No.11 Desa. Semarapura Kelod Kecamatan. Klungkung Kabupaten. Klungkung, Bali.

AlamatJl. Kenanga No.11, Semarapura Kelod, Kec. Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali 80761
Mapshttps://goo.gl/maps/hhvRTWRyEjQDUUth7
Telpon

Rute Menuju Kerta Gosa

Sedangkan, rute menuju kertagosa klungkung, bali dari Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, silahkan kalian lihat peta dibawah ini.

Jadi, itulah pembahasan kertagosa klungkung – sejarah, harga tiket masuk 2023 yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Baca Selanjutnya: Wisata Pura Taman Saraswati Opening Hours

Pertanyaan yang sering Diajukan?

Apa arti dari Kerta Gosa?

Kerta gosa adalah salah satu objek tempat wisata yang termasuk dari kerajaan semapura.

Siapa yang membangun Kerta Gosa?

Kerta gosa dibangun oleh Dewa Agung Gusti Sideman pada abad ke 18.

Apa saja yang ada di museum Kerta Gosa?

Banyak sekali benda-benda peninggalan bersejarah yang tersimpan di museum kerta gosa.


Tags: Alamat Kerta Gosa, Daya Tarik Kerta Gosa, Fasilitas Kerta Gosa, Jam Buka Kerta Gosa, Kerajaan, Kerta Gosa, Kertagosa, Klungkung, Rute Menuju Kerta Gosa, Sejarah Kerta Gosa, Wisata Alam Bali, Wisata Bali
Last Modified on Oct 16, 2023