Kuliner Halal Bali, Kamu Harus Coba!

Kuliner Halal Bali – Di Bali, Anda bisa makan makanan halal tanpa harus bingung memilih menu, apa saja rekomendasi kuliner halal Bali? Beragam pilihan tempat makan tersedia, mulai dari warung nasi murah hingga restoran dan kafe trendi.

Kumpulan tempat makan yang tersebar di beberapa tempat wisata di Bali ini tidak hanya halal tapi sangat enak dan menggugah selera.

Kuliner Halal Bali
@nenny_makmun

Rekomendasi Kuliner Halal Bali Yang Wajib Kamu Coba

Berikut adalah rekomendasi kuliner halal Bali, bagi Anda yang mencari makanan halal yang enak di Bali!

Warung Nasi Bali Made Weti

Men Weti Sanur Kuliner Halal Bali

Salah satu tempat sarapan wajib di Sanur adalah Warung Nasi Bali Made Weti yang terletak di dekat Pantai Segara Ayu. Warung makan yang buka pukul 07.30 pagi ini terkenal dengan sajian nasi campur khas Bali yang terjangkau, halal, dan mengenyangkan.

Keistimewaan masakan ini yakni nasi yang terbuat dari telur rebus, ayam betutu, dan minyak Bali. Kelapa parut bakar, emping, kuah kuning, sate lilit, dan kulit ayam adalah beberapa lauknya.

Sejak tahun 1970-an, Warung Nasi Bali Made Weti telah menjadi tujuan populer untuk makan murah di Sanur. Meskipun buka jam 7:30, Anda harus tiba sekitar 30 menit sebelumnya karena antriannya panjang. Kuliner halal Bali ini wajib kalian coba ketika berlibur ke Bali.

Baca juga :

Paket tour ke Bali

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

@makanterusss

Jangan lewatkan Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku jika Anda pecinta ayam dan sedang mencari makanan halal di Bali. Ibu Mangku yang mulai berjualan nasi ayam pada tahun 1963 di kota Dewatan Ubud mengkonsep restoran bertingkat ini.

Ibu Mangku akhirnya membuka restoran pertamanya di Dewatan setelah 18 tahun. Untuk melayani tamu muslim yang khawatir mengkonsumsi nasi campur di Bali, telah dipilih olahan nasi ayam halal.

Nasi putih, ayam betutu, telur rebus, sate lilit, urap, kacang tanah, dan sambal betutu sudah termasuk dalam sajian nasi ayam utuh restoran ini.

Saking populernya, kini lokasinya ada di Seminyak dan Renon, Denpasar. Konsep restoran tradisional tentu membuat sauna menikmati hidangan lebih menyenangkan dan berbeda.

Halal Ubud Burger

Ubud Burger Halal adalah Burger Restaurant terletak di Jalan Raya Ubud. Tempat ini tidak menyediakan alkohol selain menjual burger dan makanan halal lainnya. Burger Ubud Halal adalah lokasi yang tepat untuk makan dan bersantai, karena suasana santai di gedung dua lantai yang semi outdoor.

Menu burger di Halal Ubud menawarkan berbagai pilihan, antara lain burger daging sapi tradisional, burger bawang, burger keju, burger ikan, burger ayam, bahkan burger vegetarian.

Anda dapat memesan sandwich, sup, kentang goreng, salad, dan minuman kopi, teh, jus, dan milkshake yang berbeda jika lebih suka menu baru. Manfaat lain bagi wisatawan Muslim? Ruang yang ramah untuk sholat disiapkan oleh Halal Ubud Burger. Kuliner halal Bali ini harus Anda coba.

Bale Udang Mang Engking

Baleudang Kuliner Halal Bali
@debiarf

Salah satu tempat makan paling terkenal di Sunset Drive Kuta dan Ubud adalah Bale Udang Mang Engking, tidak perlu diragukan lagi Halalnya. Restoran ini memungkinkan pelanggan untuk menikmati santapan di area bambu yang didirikan di atas kolam ikan dan dikelilingi oleh taman yang indah.

Seperti namanya, segala jenis udang, mulai dari udang bakar hingga udang goreng merupakan spesialisasi restoran ini. Apakah Anda ingin mencoba beberapa hidangan udang dalam sekali makan?

Coba pesan menu spesial ” hurang ageung”, yang terdiri dari tiga jenis udang dan sayuran dalam sekali makan. Hidangan lobster besar cukup untuk empat orang, jadi pastikan Anda tidak memakannya sendiri!

Jangan lupa untuk mengakhiri makan malam Anda dengan hidangan dessert sederhana namun lezat, seperti pisang goreng keju dan es krim goreng. Kuliner halal Bali ini kami rekomendasikan.

Sup Ikan Warung Mak Beng

Makbeng Sanur
@neddieats

Di Jalan Hang Tuah Di Sanur, ada warung makan terkenal bernama Warung Mak Beng yang terkenal dengan sup ikannya yang pedas. Ruangan resto ini sangat sederhana, namun khas menampilkan pagar batu Bali dan patung-patung yang kontras dengan struktur kayu seluruhnya.

Karena sudah ada sejak tahun 1941, warung ini terkenal di kalangan penduduk lokal maupun turis. Menu warung ini tidak biasa karena hanya terdiri dari sop kepala ikan, ikan goreng, dan nasi putih.

Sup ini terkenal dengan bumbu khas Bali yang beraroma, menyegarkan dan sedikit pedas. Ikan yang digunakan seperti ikan cakalang, tenggiri dan kakap yang ditangkap langsung oleh nelayan setempat.

Raja’s Balinese Restaurant

Coba Restoran Raja’s Bali di Nusa Dua jika Anda memiliki budget lebih besar dan mencari makanan halal di Bali. Meski terbilang mewah, atmosfer dan penyajian kulinernya memiliki pengaruh Bali yang kuat.

Makanan halal ditawarkan di restoran termasuk bebek betutu dan sate lilit. Makanan penutup dari Raja’s Balinese Restaurant ini menyediakan ketan dengan puding kacang hijau, santan, pisang goreng, dan panekuk pandan dengan nangka dan gula merah, adalah beberapa pilihan yang lebih istimewa. Kuliner halal Bali ini harus Anda coba bersama keluarga.

Queen’s Tandoor

Salah satu restoran India yang populer di Bali adalah Queen’s Tandoor. Tempat makan di Seminyak ini otentik dan memenuhi standar halal. Anda dapat mencoba makanan dari seluruh India, seperti makanan penutup gulab jamun, pani puri, ayam mentega, dan nasi biryani.

Nasi Tekor

Nasi Tekor
@inyoman_wartana

Nasi uduk, salah satu masakan khas Bali, relatif dikenal oleh sebagian besar wisatawan meskipun sangat khas. Ini adalah nasi yang disajikan dalam pincuk, tekor tradisional yang terbuat dari daun pisang yang sudah ada sejak awal manusia.

Anda akan menikmati suasana seperti bersantap di sebuah rumah kuno yang dilengkapi dengan pernak-pernik dekoratif yang akan membuat Anda bernostalgia dengan masa kecil Anda di restoran yang terletak di Desa Budaya Kertalangu, Denpasar Timur Ini.

Makanan yang ditawarkan dari Nasi Tekor ini sebenarnya cukup sederhana, mulai dari nasi campur khas Bali dengan lauk biu batu, ayam bakar, sambal Bali, kacang goreng, ayam bakar, dan sambal ares.

Nasi Pecel Bu Tinuk

Pecal Bu Tinuk Kuta
@juvianky

Anda sedang berada di Kuta dan mencari makanan yang terjangkau dan halal? Kunjungi Nasi Pecel Bu Tinuk. Nasi Pecel Bu Tinuk terkenal di kalangan traveler sebagai tempat makan yang murah dan enak dan terletak di Jalan Raya Tuban.

Warung pecel ini terletak di bangunan dua lantai semi outdoor dengan tata letak buffet. Cocok untuk nongkrong sambil makan bersama keluarga atau teman. Hidangan pecel jawa ditampilkan dalam menu Resto Pecel Bu Tinuk.

Ada berbagai jenis lauk pauk yang tersedia, seperti tempe bacem, ayam goreng, tahu santan, empal goreng dan telur. Selain itu, ada lauk pauk yang mengenyangkan seperti sop ayam dan sop buntut.

Menu biasa untuk sarapan, makan siang, dan makan malam adalah nasi pecel bu tinuk. Untuk menghindari antrian, datanglah lebih awal karena cenderung cukup ramai saat jam makan siang. Kuliner halal Bali ini wajib masuk daftar list kuliner di Bali.

Bho Bho Thai

Masakan Thailand adalah inspirasi selanjutnya untuk masakan halal Bali. Di Legian, terdapat restoran Thailand bernama Bho Bho Thai yang menganut filosofi halal. Interior ruangan yang sederhana dan kisaran harga menu dari restoran ini relatif mudah diakses oleh pengunjung lokal.

Makanan keluarga dapat dinikmati dalam suasana ini. Salad mangga muda pedas dan segar, sup tom yam pedas, dan kari hijau adalah beberapa masakan Thailand terkenal yang disajikan di Bho Bho Thai.

Apakah Anda ingin mengakhiri makan malam dengan sesuatu yang manis? Pesan sticky rice yakni beras ketan yang dipadukan dengan mangga manis dan santan.

Sekian informasi yang kami rekomendasikan mengenai kuliner halal Bali, Anda harus coba ya kalau berlibur ke Bali, semoga bermanfaat.

Update
Apr 4, 2024
Reikha Jouliani
Reikha Jouliani
Fulltime penulis cerita indah liburan bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *