Monumen Bajra Sandhi

Monumen Bajra Sandhi – Setiap provinsi tentu memiliki sebuah tempat monumen sejarah yang telah dijadikan sebagai objek wisata edukasi. Salah satu contoh monumen yang ada di bali paling hits dan terkenal adalah monumen bajra sandi. Bagi masyarakat bali tentu sudah tahu wisata monumen tersebut. Akan tetapi, bagi orang luar bali mungkin belum tahu wisata ini. Nah, jika Anda berencana mau liburan akhir tahun ke bali maka tak lupa kunjungi wisata monumen bajra ini. Yuk, simak ulasan monumen bajra sandhi – daya tarik dan tiket masuk akhir tahun 2022.

Baca Juga : Daya Tarik Wisata Air Terjun Tibumana Bangli Tak Terlupakan.

Monumen Bajra Sandhi

Monument bajra sandhi merupakan sebuah tempat objek wisata edukasi yang berada di kawasan Denpasar, Bali. Wisata bali ini kini telah ramai dibicarakan banyak orang karena keindahan salah satu struktur bangungan yang sangat legend. Dimana, bangunan monumen adalah sejarah dijaman salah satu perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia dari penjajahan Belanda dan Jepang selama berada di kawasan Bali. Namun, kini monumen bajra telah diberubah menjadi destinasi liburan keluarga bersama anak-anak untuk mengenang penjajahan jaman dahulu ketika Jepang maupun Belanda menyerang.

Monumen Bajra Sandhi
@sucipta_a

Bentuk bangunan monumen ini dilengkapi dengan ukiran bebatuan yang sangat unik dan indah dan terdapat sebuah museum didalamnya. Selain itu, terdapat pula sebuah diorama yang menjadi icon perjuangan masyarakat Bali dalam melawan penjajahan dengan jumah 33 diorama. Tentunya ini akan menjadi saksi bahwa Belanda pernah melakukan penjajahan ke Indonesia yang ada di Bali. Maka dari itu, tak heran jika monumen bajra adalah saksinya.

Keberadaan monumen ini tentu tidak lepas dari sejarah yang sangat melekat di masyarakat provinsi Bali. Belum sampai disitu, bagian area luar monumen bajra memiliki lahan yang sangat luas dan di kelilingi hamparan rumput dan juga tanaman-tanaman bunga yang indah. Sehingga pengunjung yang datang ke tempat ini dapat kenikmati keindahan alam sambai santai di halaman monumen. Dan yang paling menariknya adalah setiap hari minggu jalan ditutup untuk kendaraan roda dua.

Adapun, keindahan yang dapat bisa dilihat lebih menarik lagi dari pada monumen ini yaitu keunikan arsitektur yang sangat luar biasa tidak kalah bagusnya dengan ukuran bebatuan yang berada di daerah lain. Hal ini yang menimbulkan ketertarikan bagi semua para pengunjung yang datang secara langsung ke tempat wisata tersebut.

Daya Tarik Monumen Bajra Sandhi

Berikut ini, daya tarik monumen bajra sandhi yang akan disuguhkan bagi parawisatawan ketika akan mengunjunginya, yaitu:

Keunikan Arsitek Bangunan

Daya tarik monumen bajra sandhi pertama yang bisa parawisatawan temukan adalah melihat suatu keunikan arsitek bangunan yang sangat bagus disekitar area tempat wisata tersebut. Pengunjung dapat menikmati ukiran bebatuan yang begitu menakjubkan dan unik, sehingga membuat liburan Anda lebih menyenangkan. Siamping itu, tentunya anda akan melewati halaman yang luas sebelum memasuki pintu monumen bajra yang selalu di hiasi tanaman-tanaman bunga yang harum, rerumputan hijau seakan-akan dapat menyegarkan mata agar tetap sehat dan membuat semangat aktivitas kerja tetap berjalan baik.

@elvira_flx

Selain itu, bentuk bangunan monumen bajra seperti mencerminkan alat sembahyang bagi aga hindu di bali yang bisa mengeluarkan suara dentingan. Dimana, bangunan monumen tersebut dibuat pada tahun 1987 dan telah dibuka atau diresmikan pada tahun 2003. Disamping itu, pengunjung bisa berjalan-jalan keberbagai penjuru sambil melihat denah bangunan bersejarah yang tidak bisa dapatkan di daerah lain walaupun bahan yang digunakan hampir sama.

Terdapat 33 Diorama

Didalam lantai dua, terdapat 33 diorama yang menjadi salah satu daya tarik monumen ini yang akan disuguhkan bagi para pengjung ketika berada didalam area tersebut. Dimana, adanya sebuah diorama yang merupakan sebagai kenangan atau saksi masyarakat Bali telah memperjuangkan wilayah dari penjajangan Belanda maupun jepang. Sehingga, diorama ini bisa dikatakan bentuk tanda kenangan yang paling melegend.

Para pengunjung bisa melihat suasana dan juga bentuk diorama tersebut sambil merasakan bagaimana perjuangan masyarakat bali pada saat itu atas melawan penjajahan. Dengan adanya seperti ini tentu menjadi sebuah edukasi atau pembelajaran bagi pelajar maupun Mahasiswa untuk mengenal lebih jauh tentang perjuangan kemerdekaan republik Indonesia. Atau bahkan jika Anda berkunjung ke tempat wisata monumen bersama keluarga kecil maka Anda bisa menceritakan kepada anak-anak tentang sejarah perjuangan masyarakat Bali yang bisa diperlihatkan dengan diorama tersebut.

Di Dalam lantai dua, Anda bisa melihat dan  mengenang kembali bagaimana perjuangan masyarakat Bali dari masa ke masa mulai dari masa pra sejarah, perkembangan peradabannya, perkembangan berbagai kerajaan di Bali hingga perjuangan dalam merebut kemerdekaan yang dilakukan masyarakat Bali.

Candi Bajra Sandhi
@sampinggenic

Prewedding

Adapun, daya tarik monumen bajra sandhi ketiga yaitu bisa digunakan untuk Pre wedding yang paling bagus dan menarik serta menjadi sebuah kenagan sepanjang hidup. Jadi, bagi Anda yang memiliki suatu renana untuk jenjang pernikahan, maka tak salahnya wisata monumen bajra sandhi ini bisa dijadikan sebagai tempat Pre wedding.

Baca Juga: Pesona Alam Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali Penuh Eksotis.

Harga Tiket Masuk Monumen Bajra Sandhi

Bagi Anda yang mau merencanakan liburan ke kota Denpasar, kalian harus mempersiapkan uangnya dari sekarang. Petugas pengelola wisata ini masih asli dari warga setempat yang selalu melayani wisatawan dengan ramah. Berikut ini, harga tiket masuk monumen bajra sandhi, yaitu:

Anak-anak : Rp. 10.000,00/orang

Dewasa : Rp. 25.000,00/orang

Pelajar: Rp. 2,000,00/orang

Mahasiswa: Rp 5.000,00/orang

Sedangkan bagi Anda yang merupakan wisatawan lokal dan ingin foto Pre Wedding di monumen bajra tersebut maka biayanya Rp. 500.000,00. Harga tiket masuk maupun foto Pre wedding dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Bajra Sandhi Renon
@pnjhh_

Fasilitas Monumen Bajra Sandhi

Setiap objek wisata alam memang selalu dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Pasalnya, fasilitas itu sangat penting untuk kebutuhan para wisatawan yang akan berkunjung. Berikut ini, fasilitas monumen bajra sandhi, diantaranya:

  • Area Parkir
  • Toilet
  • Penjaga
  • Museum
  • Tempat Administrasi
  • Perpustakaan
  • Kerajinan Tangan
  • Terdapat 33 Diorama
  • Restaurant
  • Warung makanan
  • Dll

Jam Buka Monumen Bajra Sandhi

Adapun jam operasional wisata monumen sejarah memang hampir sama dengan tempat wisata lainnya, yaitu jam buka monument bajra sandhi:

Senin – Jumat, pukul: 08.00 – 18.00 WITA

Sabtu & Minggu, pukul: 08.00 – 18.30 WITA

Hari Raya Besar Hindu: Tutup

Untuk merasakan suasana udara alam yang sangat sejuk, sebaiknya kalian datang dipagi hari, supaya kalian tidak akan ketinggalan dengan suasana alam dipagi harinya.

Monumen Bajra Sandhi
@drg_nancyaryasubawa

Alamat, Lokasi Monumen Bajra Sandhi

Alamat, lokasi monumen bajra sandhi berada di kawasan Jalan Raya Puputan No.142, Kelurahan. Panjer Kecamatan. Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

AlamatJl. Raya Puputan No.142, Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80234
Mapshttps://goo.gl/maps/VN3fuGZ4VhuWyVyw8
Telpon

Rute Menuju Monumen Bajra Sandhi

Sedangkan, rute menuju monumen bajra sandhi, bali dari Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, silahkan kalian lihat peta dibawah ini.

Jadi, itulah pembahasan monumen bajra sandhi – daya tarik dan tiket masuk akhir tahun 2022 yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Baca Selanjutnya: Air Terjun Tukad Cepung Waterfall – Daya Tarik dan Harga Tiket Masuk Terbaru 2022.

Lapangan Renon
@gung_braam

Pertanyaan yang serind Diajukan?

Apakah ada rumah makan di seputaran Bajera Sandi Renon ?

Tentu, ada banyak rumah makan yang nikmat di seputaran tempat wisata ini.

Jam berapa waktu terbaik mengunjungi objek wisata ini ?

Normalnya banyak wisatawan yang datang di jam sekitar 9 pagi.

Apakah ada parkiran jika kami membawa mobil atau Bus ?

Tentu, di sebelah timur terdapat parkiran yang cukup luas.


Tags: Alamat, Bajera Sandhi, Daya Tarik Monumen Bajra Sandhi, Fasilitas Monumen Bajra Sandhi, Harga Tiket Masuk Monumen Bajra Sandhi, Jam Buka Monumen Bajra Sandhi, Lokasi Monumen Bajra Sandhi, Monumen Bajra Sandhi, Rute Menuju Monumen Bajra Sandhi, Sejarah Monumen Bajra Sandhi, Wisata Bali
Last Modified on Sep 20, 2023

Testimonial


Firdaus
Semarang

Salah satu destinasi tempat studi banding kantor kami.

Tyas Purnama
Jakarta

Pernah sekali ke monumen ini, tempatnya asik juga di dalamnya.