BLOG : Pantai Nusa Dua Bali

Pantai Nusa Dua Bali merupakan salah satu pantai dengan predikat pantai pasir putih yang bersih, bebas dari sampah-sampah yang sering menghiasai pantai. Hal ini dikarenakan hotel-hotel berbintang disana dengan sigap secara periodik membersihkan pantai ini, sehingga memberikan rasa yang nyaman atas kebersihannya.

Pantai Nusa Dua yang termasuk dalam kawasan ITDC ini memiliki banyak sekali hotel-hotel berbitang dengan standart dan kualitas terbaik untuk melayani para wisatawan yang sedang liburan di Bali.

Bahkan juga terdapat atraksi Devdan Show yang bisa di nikmati oleh wisatawan, yaitu pertunjukan mengenai sejarah Indonesia dari jaman kerajaan hingga jaman modern saat ini. Terdapat juga Museum Pasifika yang menyajikan kebudayaan Asia dan Pasifik dan berbagai macam artefak budaya.

Pantai Nusa Dua Bali

Untuk tempat ibadah, anda juga bisa mendapatkan rumah ibadah yang tediri dar 5 agama seperti Islam, Katolik, Protestan, Budha, Hindu yang di bangun di kawasan Puja Mandala. Biasanya wisatawan muslim banyak mencari tau informasi mengenai lokasi masjid di bali khususnya kawasan Nusa Dua.

Daya Tarik Pantai Nusa Dua Bali

Lantaran pantainya yang bersih, air lautnya disana yang tidak bergelombang besar, serta ketenangan saat ber-istirahat membuat pantai Nusa Dua ini memiliki tempat di hati para wisatawan yang berlibur.

Selain itu pantai nusadua juga termasuk kawasan elit atau kawasan premium pariwisata di Bali. Karena disni banyaknya hotel-hotel bintang lima yang di bangun di kawasan ITDC ( Indonesia Tourism Development Corporation ).

Pantai Nusa Dua Bali

Sejarah Pantai Nusa Dua Bali

Banyak wisatawan yang mencari informasi mengenai Sejarah Pantai Nusa Dua Bali, nah jika kalian sedang mencarinya, ada baiknya menyimak ulasan berikut. Dahulu kala nama Nusa dua adalah ciptaan dari kesatria sakti yang bernama Kebo Iwa. Dimana Kebo Iwa saat itu menarik perhatian seorang raja dari keturunan Dinasi Warma Dewa yang bernama Sri Astasura Bumi Banten.

Saat itu raja meminta kepada Kebo Iwa untuk menjadi salah satu patihnya di wilayah Blahbatu dan ia juga diberikan gelar Raja Bedahulu. Akhirnya Kebo Iwa pun mau menjadi Patih kerajaan tersebut dan mengucapkan Janji setia di hadapan Raja Astasura Bumi Banten.

Saat itu Kebo Iwa juga berjanji, selama ia hidup maka Bali tidak akan bisa takluk oleh kerajaan lain yang ingin mengusainya.

Seperti yang kita ketahui salah satu kerajaan besar di Nusantara ialah Majapahit yang di pimpin Raja Tri Bhuwana Tungga Dewi dengan patihnya bernama Gajah Mada yang terkenal dengan Sumpah Palapanya. Yaitu sumpak untuk tidak menikmati kenikmatan dunia sebelum wilayah nusantara di persatukan di bawah kekuasan Majapahit.

Saat ituSri Astasura Bumi Banten dan patihnya Kebo Iwa yang sakti menolak tunduk dan patuh kepada Kerajaan Majapahit yang ingin menaklukkan kerajaan di Bali, akhirnya perang pun terjadi. Namun karena kekuatan dan strategi dari Kebo Iwa, ia bisa menahan serbuan pasukan Majapahit. Bahkan seluruh kapal perang majapahit berhasil di tenggelamkan oleh pasukannya Kebo Iwa di wilayah Selat Bali.

Akhirnya Patih Gajah Mada pun mengatur strategi ulang, ial memberikan pujian kepada Raja Sri Asrtasura Bumi Banten dan Patihnya Kebo Iwa. Saat itu Gajah Mada memerikan kesempatan kepada Patih Kebo Iwa untuk datang ke Majapahit untuk menikahi wanita pilihan Raja Majapahit yang berasal dari Lemah Tulis.

Karena mendapatkan tawaran tersebut, Patih Kebo Iwa meminta arahan petunjuk dari Raja Sri Astasura Bumi Banten. Dan saat itu sang raja pun memberikan ijin kepada sang patih.

Sebelum berangkat ke wilayah Majapahit, patih Kebo Iwa berdoa di Pura Luhur Uluwatu, dan Sang Hyang Rudra mengabulkan permintaannya dan doa dari Patih Kebo Iwa dengan memberikan dua buah batu, dengan kekuatan dan kesaktiannya Kebo Iwa ia menjadi lebih sakti lagi.

Singkat cerita, Patih Kebo Iwa membawa dua buah batu tersebut, yang satu di taruh di Desa Bedahulu dimana ia dilahirkan sementara satu lagi hendak ia bawa ke Kerajaan Majapahit. Namun dalam perjalan batu tersebut pecah menjadi dua bagian di pinggir pantai.

Pecahan tersebutlah membuat dua buah pulau kecil, yang awalnya dari batu kecil dan terus membesar sehingga menjadi pulau-pulau di sekitar nusa-dua. Hal inilah yang menyebabkan di panggil dengan nama Nusa Dua yang artinya 2 buah pulau oleh masyarakat sekitar.

Saat ini Nusadua di kelola oleh Indonesia Tourism Development Coorporation ( ITDC ) yang sebelumnya bernama Bali Tourism Development Coorporation ( BTDC ) oleh pemerintah Indonesia. Tugas dari ITDC ini adalah untuk mengembangkan kawasan Nusa Dua. Karena dahulu kala kawasan ini kurang produktip dan di kelola untuk menjadi lebih produktip agar bisa membantu masyarakat sekitar meningkatkan taraf ekonominya.

Terdapat resort, hotel, villa, tempat meeting hingga wahana permainan yang tersedia di kawasan Nusadua. Bahkan juga tersedia fasilitas lapangan Golf, pusat perbelanjaan, pusat hiburan yang ber-standart Internasional

Baca juga : “cara mendapatkan paket tour mudah ke bali“.

Harga Tiket Masuk Pantai Nusa Dua Bali

Untuk bisa menuju Pantai Nusa Dua anda bisa berkendara dari arah Pantai Kuta melalui Jalan Bypass I Gusti Ngurah Rai, atau melalui Jalan Tol Bali Mandara.

Untuk tiket masuk ke kawasan ITDC Nuda dua ini tidak dikenakan biaya masuk, hanya saja anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 / mobil

Cukup murah bukan untuk anda yang sedang berencana untuk liburan murah ke bali.

Alamat Objek Wisata Nusadua

AlamatBenoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali
Mapshttps://goo.gl/maps/8PD97WuyhUAoqqyw7
Telpon+62361-9009270

Pantai di Seputaran Pantai Nusa Dua

Kawasan nusadua ini memiliki beberapa pantai yang bisa juga di kunjungi oleh para wisatawan yang ingin menikmati pantai dengan cara-cara yang berbeda. Berikut kami rangkumkan penjelasan mengenai beberapa pantai yang ada.

1. Pantai Mengiat

Mengapa Pantai Mengiat masuk kedalam list liburan anda ? Karena pantai pasir putih halus ini merupakan salah satu pantai yang bersih di kawasan Nusa Dua. Hal ini dikarenakan banyaknya hotel-hotel di depan pantai ini yang selalu membersihkan pantai secara berkala. Selain untuk kebersihan, program bersih-bersih pantai ini dilakukan guna memberikan rasa nyaman untuk para wisatawan yang berlibur di pantai ini.

Di Pantai Mengiat, anda bisa menikmati deburan ombak kecil sembari minikmati suguhan buah kelapa muda segar sembari duduk di bawah payung besar dan kursi santai. Anda bisa menyewanya di kafe-kafe kecil tersebut dengan biaya sewa sebesar 50.000 per payung, anda sudah bisa mendapatkan dua buat kursi santai.

2. Pantai Geger

Pantai Geger adalah pantai dengan pasir putih yang membentang dari utara ke selatan. Pantai ini memiliki air yang cukup tenang, sehingga bisa di pergunakan untuk anak-anak bermain air dan mandi-mandi.

Pantai ini memiliki banyak cafe-cafe kecil untuk anda yang ingin berbelanja kebutuhan makanan dan minuman, jadi anda tidak perlu khuatir kelaparan di pantai ini.

Kenapa dinamakan Pantai Geger ? Kami sendiri juga tidak begitu paham, namun satu yang kami tau disana banyak wisatawan mancaranegara yang berjemur. Mungkin karena banyaknya bule disana membuat masyarakat memanggilnya dengan pantai geger.

Baca juga : “Paket tour Bali dengan Tiket Pesawat“.

3. Pantai Tanjung Benoa

Pantai Nusa Dua Bali

Salah satu pantai yang menyediakan beragam wahana permainan air ialah pantai Tanjung Benoa. Pantai yang berada di sebelah utara pantai Nusa Dua ini memiliki pasir putih yang bersih dengan ombak yang sangat tenang, tak heran banyak di temukan ikan-ikan hias yang menghiasi pantai tanjung benoa. Oleh sebab itu keberadaan lumba-lumba pun sesekali muncul di pantai ini.

Pantai Tanjung Benoa memiliki banyak operator permainan air seperti Banana Boat, Parasailing, Jetski, Glass Bottom Boat Pulau Penyu, Memancing dan masih banyak lainnya. Selain itu pantai yang dekat dengat pelabuhan benoa ini juga memiliki beragam hunian peninapan, baik itu bintang 2 sampai bintang 5 tersedia. Dan untuk anda yang suka dengan villa, disini juga tersedia penginapan berbasis villa private.

4. Pantai Sawangan

Pantai Nusa Dua Bali

Pantai Sawangan yang masih satu garis pantai dengan Pantai Nusa Dua ini memiliki daya tarik tersendiri. Dengan pasir putihnya yang menghiasai, pantai sawangan nusadua bali ini menyuguhkan pemandangan laut yang istimewa dan berbeda dibandingkan dengan tempat wisata Pantai Kuta ataupun Pantai Tanjung Benoa, yang sehari-harinya selalu ramai di datangi oleh pengunjung.

Sebelumnya Pantai Sawangan ini lebih di kenal dengan nama Pantai Hotel Nikko Bali, karena letaknya yang berada di depan Hotel Nikko Nusa dua. Namun para wisatawan tidak perlu khuatir, jalan menuju pantai ini sangat mudah ditemukan kok.

Oh ya disini masih banyak satwa kera yang sesekali muncul di pinggir jalan, tapi anda tidak perlu khuatir, karena kera-kera ini tidak sampai ke Pantai kok. Dan kera-kera liar ini juga tidak menggangu wisatawan yang ada, sama seperti kera di pura luhur uluwatu, tetapi tetap kita harus selalu waspada yah.

Pantai Sawangan juga sering dijadikan tempat pemotretan foto prewedding di Bali.

Pertanyaan yang sering di Ajukan tentang Nusa Dua

Apakah kami bisa booking hotel ber-bintang di kawasan Nusa Dua ?

Tentu, staf reservasi kami bisa membantu anda untuk memesankan hotel berbintang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan anda.

Apakah ada transportasi umum untuk menuju daerah Pantai Nusa Dua ?

Ada, pemerintak provinsi Bali menyiapkan armada Trans Sarbagita untuk melayani para masyarakat dan wisatawan yang ingin berlibur ke arah pantai kuta.

Selain itu terdapat beberapa objek wisata pantai yang juga sering di kunjungi para wisatawan.

  • Pantai Kuta, pusat daya tarik pariwisata Bali ada di pantai ini. Banyak hotel dan akomodasi pariwisata yang tersedia di kawasan ini, baik berupa atraksi wisata, kuliner hingga pusat oleh-oleh juga tersedia di kawasan yang hidup 24 jam ini.
  • Pantai Virgin, sebuah pantai yang masih asri, sepi dan tidak begitu banyak di kunjungi oleh para wisatawan yang berlibur. Sehingga sangat cocok untuk anda yang ingin menikmati pantai dengan ketenangan.
  • Pantai Lovina, pantai di Bali bagian utara yang menawarakan atraksi khusus yaitu menyaksikan pemandangan matahari terbit dengan kawanan ikan lumba-lumba langsung di laut lepas menggunakan kapal nelayan. Terdapat juga beberapa akomodasi penginapan untuk wisatawan yang ingin tingal beberapa hari di Lovina,
  • Pantai Sanur, pantai di kota madya Denpasar yang memiliki ketenangan untuk menginap karena jauh dari hirup pikuk kebisingan gemerlap dunia malam. Di pantai ini terdapat pelabuhan yang melayani penyebrangan menuju Pulau Nusa Penida.

Img src : thalassophile_, yorenharlie, jerryaditya01, sofyan326, laundry_1125, huixian3008, peninsula


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 5.00 out of 5)
Parahita TourParahita TourIDRMo-SuCash500062 (361) 488-208Jl. Gunung Bromo XI No 23 Denpasar Bali
5 out of 5 stars -2 votes
Loading...
Tags: BTDC, Harga Tiket Masuk Nusadua, Hotel Bintang 5 Di Nusadua, ITDC, Kebo Iwa, Lapangan Golf, Lokasi Pantai Nusadua, Maha Patih Gajah Mada, Majapahit, Meeting Room Di Nusadua, Nusadua, Pantai, Pantai Geger, Pantai Mengiat, Pantai Nusa Dua, Pantai Sawangan, Pantai Tanjung Benoa, Patih Kebo Iwa, Peninsula Island, Raja Sri Asrtasura Bumi Banten, Sejarah Nusadua
Last Modified on Feb 2, 2021