BLOG : Pura Uluwatu Bali

Pura Uluwatu Bali atau Pura Luhur Uluwatu merupakan destinasi wisata yang sudah terkenal baik di kalangan turis domestik maupun turis mancanegara, tak heran ribuan orang bisa datang ke objek wisata ini dalam setiap harinya. Selain itu Pura sad khayangan ini begitu berarti oleh masyarakat Hindu dalam melakukan upacara persembahyangan.

Lokasi pura Uluwatu terletak di atas sebuah bukit karang dengan ketinggian kurang lebih sekitar 100 meter di atas permukaan laut pantai selatan. Dikarena lokasi pura yang berada di atas tebing batu karang inilah, maka pura ini di beri nama Uluwatu, yang dalam bahasa sanskerta berarti puncak batu karang.

Karena posisi pura ini berada di atas karang besar yang mengadap ke Samudera Hindia, maka wisatawan bisa menyaksikan matahari terbenam dengan sangat indah. Terlebih lagi jika anda sambil menyaksikan pertunjukan tari kecak.

Pura Uluwatu Bali

Sejarah Pura Uluwatu Bali

Sebagai pura yang didirakan dengan konsep Sad Winayaka, Pura Luhur Uluwatu merupakan salah satu dari Pura Sad Khayangan untuk melastikan Sad Kerthis. Sedangkan sebagai pura yang didirikan berdasarkan Konsep Padma Bhuwana, Pura Luhur Uluwatu didirikan sebagai aspek Tuhan yang mengusai arah barat daya.

Pura Luhur Uluwatu dibangun oleh seorang pendeta yang berasal dari daerah Jawa TImur yang datang ke Bali pada tahun 1546 M, yaitu pada masa pemerintahan Dalem Waturenggong. Ia bernama Dang Hyang Nirarta. Sang Pendada kemudian mendirikan pura Uluwatu di Bukit Pecatu ini setelah melakukan begitu banyak perjalanan spiritual berkeliling Pulau Bali. dan disinilah ia melakukan ‘moksa’ menuju swargaloka.

Peta lokasi

Pura Luhur Uluwatu berada di kawasan bukit pecatu, yang berada di Bali bagian selatan. Anda bisa berkendara menuju daerah ini kurang kebih sekitar 45 menit dari Pantai kuta.

Namun jika anda ingin lebih mudah dan santai menuju objek wisata ini, anda bisa menggunakan jasa sewa mobil di bali dengan supir. Anda akan lebih nyaman tiba di lokai ini karena tidak perlu memikirkan jalan atau pun kemacetan yang sering timbul di daerah-daerah menuju pura sad kayangan ini.

Alamat Objek Wisata Uluwatu Bali

AlamatPecatu, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali
Mapshttps://goo.gl/maps/HGxHCEXT8CoAiDAaA
Telpon

Di seputar Uluwatu, anda bisa menemukan banyaknya villa-villa private dengan kolam renang bisa dijarikan refrensi anda untuk menginap. Terlebih lagi anda pasangan muda yang sedang menikmati masa bulan madu dengan kolam renang pribadi di Bali.

Waspada kera di Uluwatu

Bagi kalian wisatawan yang datang ke Uluwatu, kalian tetap harus waspada terhadap kawasan satwa kera yang selalu datang secara mendadak. Ada baiknya untuk menyimpan topi, kacamata atau tas yang bisa dengan mudah di ambil oleh kawanan kera ini.

Namun jangan khuatir, jika barang anda di ambil oleh kera ini, anda bisa meminta bantuan pawang kera untuk mengambilkan kembali barang anda. Tetapi anda tetap harus jaga-jaga yah, supaya barang bawaan anda tidak di ambil kawanan monyet ini.

Selain di uluwatu, anda juga bisa mengunjungi objek wisata monkey forest di ubud saat anda jalan-jalan kesana.

Harga Tiket Masuk Pura Uluwatu Bali

Mulai tahun 2021 ini, pengelola daya tarik wisata Pura Uluwatu Bali mematok tarif masuk sebesar 30.000 untuk dewasa dan 20.000 untuk anak-anak. Dimana jam berkunjung ke objek wisata ini mulai jam 07:00 hingga jam 19:00 atau setelah pertunjukan Tari Kecak selesai.

Namun pura ini tetap di buka selama 24 jam untuk masyarakat Bali yang ingin melaksanakan persembahyangan. Biasanya jika sedang ada upacara besar, Pura Uluwatu akan sangat ramai di kunjungi masyarakat Hindu Bali untuk ber-ibadah dan itu dari Pagi hingga malam. Ini juga waktu yang pas untuk wisatawan datang ke sini, karena beberapa yang sedang ibadah juga mau di ajak ber swafoto dengan wisatawan. Terlebih lagi mereka menggunakan pakaian adat khas Bali dengan membawa banten upacara.

Kebanyakan para wisatawan datang ke Uluwatu kisaran jam 16:30 sore hari, mereka akan berburu tiket masuk tari kecak disini.

Tari Kecak di Pura Uluwatu Bali

Selain daya tarik wisata Pura, di Uluwatu juga terkenal dengan pertunjukan seni tradisional Bali yaitu tari kecak. Dimana tari ini dipertunjukan kurang lebih lebih jam 18:00 hingga jam 19:00, saat yang pas untuk melihat pemandangan matahari terbenam yang spektakuler. Karena bersamaan dengan pertunjukan tari kecak api dan latar belakang pura uluwatu dengan samudera hindia yang terbang luas semata memandang.

Pertunjukan ini digawangi oleh 50 orang penari pria dengan mengambil cerita dari epos ramayana, mengisahkan cerita tentang Rama dan Sinta, dibalut dengan tingkah jenaka hanoman yang membuat pengunjung tertawa karena tingkah lucunya.

Lokasi pertunjukan kecak ini berada di sebelah Pura Uluwatu, jadi anda tidak perlu khuatir berjalan kaki jauh menuju lokasi pertunjukan. Dan tenang saja, ada ribuan kursi di siapkan untuk anda. Namun pada era pandemi ini pembatasan atas physical distancing tetap dilaksanakan untuk menjaga protokol kesehatan yah.

Baca juga : “Paket Tour 1 Hari Uluwatu“.

Harga tiket pertunjukan Kecak Uluwatu

Untuk bisa menonton pertunjukan kecak uluwatu, maka tiap orang dikenakan biaya kurang lebih sebesar 150.000 / orang. Biasanya saat loket tiket dibuka, sudah ada ratusan-ribuan orang yang mengantri untuk bisa mendapatkan tiket pertunjukan yang kini di jual terbatas.

Untuk itu bagi para customer Parahita Tour jangan khuatir, anda tetap bisa menikmati arsitektur dan keindahan alam di Uluwatu tanpa perlu risau tidak kebagian tiket menonton. Karena sembari anda menikmati Uluwatu, team kami bisa meng-antrikan untuk anda.

Dan setelah mendapatkan tiket, anda bisa langsung menuju lokasi pertunjukan dan memilih tempat duduk sesuai kenyamanan anda.

Pertanyaan tentang objek wisata Uluwatu

Apakah jika sedang berhalangan datang bulan bisa ke Uluwatu ?

Anda tetap bisa mengunjungi objek wisata ini, namun sangat dilarang masuk ke kawasan Pura. Anda tetap bisa menikmati keindahan Uluwatu dari sisi bawah dan dari sisi tempat pertunjukan Tari Kecak Api.

Bagaimana jika kami tidak mendapatkan pertunjukan Kecak ?

Jika pengunjung membludak, biasanya pengelola membuat dua sesi pertunjukan Kecak, anda tetap bisa ikut di pertunjukan sesi kedua.

Selain itu terdapat beberapa objek wisata yang berlokasi berdekatan dengan objek uluwatu ini.

  • Pantai Pandawa, merupakan sebuah pantai di kawasan bukit pecatu uluwatu yang dahulunya ialah pantai dari petani rumput laut. Kini pantai tersebut di sulap menjadi daya tarik wisata yang lengkap dengan sarana dan fasilitas wisata.
  • Pantai Melasti, brand new pariwisata pantai di Bali, disini anda bisa menikmati indahnya pantai yang memiliki air dengan tenang sembari selfi-selfi di tebing indah yang di belah untuk akses jalan.
  • Garuda Wisnu Kencana, ialah patung raksasa dari Dewa Wisnu dan Burung Garuda, yang merupakan bangunan tertinggi di Bali.
  • Pantai Padang-Padang, sebuah pantai yang dipakai oleh film julia robert dengan judul eat pray love. Pantai ini juga cocok untuk anda yang suka aktivitas olahraga surfing.

img src : tiriri75


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Parahita TourParahita TourIDRMo-SuCash500062 (361) 488-208Jl. Gunung Bromo XI No 23 Denpasar Bali
5 out of 5 stars -1 votes
Loading...
Tags: Bukit Pecatu, Kecak, Pura Luhur Uluwatu, Sunset, Tiket Masuk Tari Kecak, Tiket Masuk Uluwatu, Uluwatu
Last Modified on Feb 6, 2021

Testimonial


Maulida Utami
Jakarta

Keren banget pemandangan sunset di sini, apalagi ada tarian kecak yang mempesona.