Pura Goa Giri Putri Nusa Penida Wisata Religi

Berkunjung ke pulau dewata saat menikmati Liburan di Bali tidak harus berenang di pantai saja. Pasalnya Anda kini dapat melakukan perjalanan wisata religi ke pura suci yang bertebaran di pulau Bali. Satu diantaranya yaitu seperti Pura Goa Giri Putri Nusa Penida yang menawarkan daya tarik berbeda.

Bisa dibilang pura satu ini punya magnet unik tersediri, dimana lokasinya tidak berada di tanah datar. Anda bisa menemukannya di dalam sebuah goa yang benar-benar sangat tersembunyi keberadaannya. Tentu ini bisa menjadi sebuah pengalaman baru yang tidak mudah Anda lupakan saat datang kesini.

Tidak perlu merasa heran bila goa yang berada di Bali banyak menjadi tempat sembayang dan ritual keagamaan. Termasuk di Pura Goa Giri Putri Nusa Penida yang menjadi pura suci bagi masyarakat setempat.

Pura Goa Giri Putri
@reisevampir

Goa ini menjadi yang terbesar di Nusa Penida karena berada pada ketinggian 150 meter di atas permukaan laut dengan memiliki panjang sekitar 310 meter. Walau terbilang arenya dalam goa, namum Pura Goa Giri Putri sejuah ini tidak pernah sepi dengan pengunjung yang ingin Tirta Yatra.

Bukan hanya para umat yang melakukan aktifitas sembahyang di Goa Giri Putri. Namun para wisatawan yang berkunjung kesini merasa penasaran tentang ritual keagamaan yang dilakukan. Baik itu wisatawan dari mancanegara atau domestik.

Pemberian Nama Pura Goa Giri Putri

Berkaca dari sejarah nama Pura Goa Giri Putri Nusa Penida adalah berasal dari kata giri dengan arti bukit atau sebuah gunung. Sedangkan kata putri artinya wanita. Ini jika diartikan menjadi satu bukit atau gunung wanita.

Menurut ajaran agama Hindu, putri di simbolkan sebagai bagian dari kekuatan dewa. Goa ini merupakan tempat suci pemujaan Siwa berupa manifestasi dewi dengan sifatnya yang merawat, melindungi dan juga mencintai seluruh umat manusia. Tak pelak membuat nama Giri Putri disematkan pada goa ini.

Goa Giri Putri
@leticiarossa

Keistimewaan Dari Goa Giri Putri

Bukan hanya dijadikan sebagai tempat sembahyang oleh umat Hindu. Bahwa masyarakat setempat juga cukup percaya jika mata air yang mengalir dari sumber Pura Goa Giri Putri memiliki kekuatan alami untuk dapat beragam jenis penyakit.

Tak salah bila, umat Hindu banyak yang memohon di Tirta Pangelukatan dan membawa pulang air untuk pengobatan kerabat dan sanak saudara yang sedang terkena penyakit.

Lokasi suci ini sangat disakralkan oleh umat Hindu, bagi wanita yang sedang mengalami haid dilarang memasuki areal goa. Selain larangan wanita haid tidak boleh masuk. Pengunjung yang datang juga wajib memakai sarung dan selendang pada waktu memasuki goa.

Menjaga setiap ucapan maupun tingkah laku harus selalu Anda terapkan bila datang kesini. Jangan sampai, hanya karena Anda melanggar beberapa pantangan yang ada membuat liburan jadi tidak menyenangkan. Secara umum, larangan seperti ini diterapkan pada hampir semua pura di bali.

Namun yang terasa sangat istimewa saat Anda berkunjung ke Pura Goa Giri Putri Nusa Penida bisa dipandu oleh tim Parahitatour. Jadikan perjalanan liburan Anda semakin nyaman dengan mendapatkan pemandu wisata profesional.

Pintu Masuk Goa Giru Putri
@lucijaackar

Akses Menuju Lokasi Pura Goa Giri Putri Nusa Penida

Perlu Anda tahu bahwa akses menuju lokasi goa Pura Goa Giri Putri Nusa Penida tidaklah mudah untuk dilalui. Karena Anda harus melakukan pendakian 110 anak tangga untuk sampai di depan mulut goa. Jangan terlalu membayangkan bila mulut Goa Giri Putri lebar dan besar seperti pada umumnya. Anda juga bisa membaca panduan ke nusa penida sebelumnya agar persiapan lebih baik sebelum datang kemari.

Sebab akses masuk ke dalam perut goa benar-benar membutuhkan tenaga dan perjuangan ekstra. Dimana mulut goa yang Anda masuki hanya selebar 80 cm dengan medan berlekuk-lekuk dan ini siap menguras tenaga.

Itu menjadi keseruan sekaligus pengalaman mendebarkan saat memasuki Pura Goa Giri Putri Nusa Penida. Selain itu, Anda juga harus merunduk dan merangkak serta jalan jongkok sepanjang perjalanan menuju ke area tengah lokasi goa.

Setelah Anda melewati rintangan yang cukup mendebarkan tersebut, Anda baru akan menemukan ruangan luas dan juga lebar di bagian tengah goa. Sangat tak mungkin Anda sangka bila dari luar tampak sempit. Namun dalam goa cukup untuk menampung orang hingga 5000.

Tempat Ibadah
@putumiraindriani

Nikmatilah pemandangan goa stalaktit dengan stalagmit yang menghiasi ruangan goa dan sekitarnya. Ini jelas menambah kesah indah yang mana tak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Kini juga sudah terdapat penerangan lampu-lampu kecil pada beberapa bagian sudut goa.

Namun ada bagian tertentu yang masih tampak gelap karena digunakan sebagai area meditasi umat Hindu. Pada sisi penghujung goa, Anda bisa menemukan kursi-kursi panjang yang terbuat dari batu dan beberapa patung-patung dewa yang dijadikan sebagai tempat pemujaan.

Tempat inilah yang biasanya menjadi sebagai area upacara keagamaan dilakukan oleh umat Hindu. Bila Anda terus berjalan sekitar 100 meter kearah depan akan tampak pintu keluar goa yang cukup lebar. Ini menjadi pemandangan yang berbeda dan tidak seperti Anda memasuki pintu goa.

Alamat dan Lokasi

Berikut ini, alamat dan lokasi Goa Giri Putri terletak berada di kawasan:

Alamat7HRP+CC9, Suana, Nusa Penida, Klungkung Regency, Bali 80771
Mapshttps://maps.app.goo.gl/HhwDzkeP8NPBstDd9
Telpon

Tips Menuju Goa Giri

Tak semua wisatawan yang datang ke Pura Goa Giri Putri Nusa Penida dibekali kesiapan matang untuk menuju lokasi. Walau pun jarak tempuh untuk menuju lokasi hanya sekitar 20 menit bila dari arah timur menggunakan kendaraan Avanza dari Pelabuhan Sampalan Nusa Penida. Tentunya informasi seputar tips kesini sangat dibutuhkan. Berikut ini beberap tips yang bisa kami bagikan untuk Anda bila ingin datang ke Pura Goa Giri Putri.

Tampak dalam Pura Goa Giri Putri
@aisyahh_rose

Persedian Bekal Secukupnya

Bila Anda ingin pergi ke Pura Goa Giri Putri Nusa Penida, siapkan beberapa persedian bekal secukupnya. Tak perlu membawa bekal yang berlebihan karena bisa membuat Anda kesulitan saat memasuki area goa. Bakal air mineral sangat penting untuk Anda siapkan, karena medan yan dilalui pada awal masuk goa tidak mudah.

Ikuti Aturan yang di Berlakukan

Sebelum Anda menuju ke Pura Goa Giri Putri perlu juga mengetahui beberapa aturan dan larangan yang di berlakukan. Karena tempat yang Anda kunjungi merupakan area sakral atau tempat suci. Jadi harus Anda perhatikan dengan baik sebelum berkunjung kesini. Apalagi khususnya untuk wanita yang sedang mengalami haid. Pastikan Anda tidak kesini, sebab itu merupakan satu pantangan yang tak boleh dilanggar.

Jangan Buang Sampah Sembarangan

Ketika Anda membawa bekal cukup banyak saat datang ke Pura Goa Giri Putri Nusa Penida. Jangan pernah membuang sampah sembarangan. Bila tidak di temukan tempat sampah, Anda bisa membawanya dahulu. Tetap menjaga kebersihan dalam area goa atau saat menuju ke lokasi goa sangat penting bagi setiap pengunjung. Apalagi tempat yang Anda kunjungi merupakan area suci.

Itulah sedikit informasi mengenai wisata yang bisa kami bagikan untuk Anda. Bila ada info yang mungkin dirasa masih kurang, Anda bisa hubungi kami parahitatour untuk mendapatkan informasi lebih detail.

Reikha Jouliani
Reikha Jouliani
Fulltime penulis cerita indah liburan bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *