Pura Tirta Empul Tampaksiring dengan Sejarahnya

Pura Tirta Empul Tampaksiring – Bali memiliki banyak tempat objek wisata alam paling menarik dan sangat menakjubkan. Selain tempat wisata pantai dan danau terdapat pula bangunan pura peninggalan jaman dahulu yang kini dijadikan sebagai destinasi wisata, seperti pura tirta empul tampak siring. Mau tahu cerita asal usul bagunan pura tersebut? Yuk, simak pembahasan sejarah pura tirta empul tampak siring yang sangat melegenda.

Pura tirta empul tampak siring merupakan salah satu tempat rekreasi destinasi objek wisata alam di Bali yang paling popular. Alamat, lokasi wisata pura tirta empul tampak siring berada di kawasan Desa. Manukaya, Kec. Tampaksiring, Kab. Gianyar. Bali. Daerah ini tidak jauh dari beberapa tempat wisata yang ada di Bali lainnya. Sehingga membuat pengunjung bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata di Bali dengan waktu singkat.

Objek wisata pura tirta empul tampak siring kini sering banyak dikunjungi oleh parawsiatan dari mancanegara maupun lokal. Banyak sekali keunikan dan keunggulan tentang pura tirta empul satu ini yang dapat disuguhkan bagi pengunjung dalam setiap harinya, seperti keindahan pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

Pura Tirta Empul Tampaksiring
@margheactress

Maka dari itu, pura tirta empul tampak siring tentu bisa dijadikan sebagai lokasi tempat liburan hari weekend maupun libur panjang. Kalian pastinya dapat merasakan suasana keindahan pemandangan bangunan pura bersejarah tersebut. Disamping itu, kalian akan mengetahui model desain bangunan pura yang masih kokoh.

Baca Juga: Danau Tamblingan : Sejarah, Daya Tarik, Fasilitas, Jam Buka, Harga Tiket Masuk, Lokasi, Rute

Sejarah Pura Tirta Empul Tampak Siring

Adapun asal usul mula sejarah pura tirta empul tampak siring yang paling melegenda dan kini lokasi bangunannya masih ada. Dimana, pura tirta ini dibangun pada jaman dahulu wilayah kerajaan Raja Maya Denawa yang merupakan seorang raja paling sakti dan memiliki keilmuan yang bisa merubah berbagai macam wujud.

Pada saat itu, Raja Maya Denawa ini sangat egois, sombong dan tidak memperhatikan rakyatnya melainkan sering melakukan perintah yang tidak senonoh. Sehingga membuat dewa khayangan merasa iba dengan kelakukan raja maya tersebut. Disamping itu, dewa khayangan sangat sayang terhadap dan prihatin atas perbuatan yang dilakukan oleh Raja Maja Denawa.

Seiring berjalannya waktu, dewa khayangan akhirnya memerintahkan dewa indra dan pasukannya untuk menghancurkan raja maya denawa tersebut. Setelah dewa indra turun kebumi dan melakukan peperarangan dengan raja maya. Akhirnya, raja maya kalah dan berlari menuju pengunungan dengan meninggalkan jejak telapak kakinya.

Selama dalam peperangan, terdapat pura tirta empul yang dimanfaatkan oleh raja maya denawa untuk menghancurkan pasukan dewa indra dengan cara mengeluarkan mata air yang beracun. Sehingga pasukan dari dewa indra yang sedang merasa haus minum air tersebut dan gagal dalam peperangan pada saat itu.

Setelah mengetahui bahwa mata air itu beracun, dewa indra kemudian mengeluarkan ilmunya dengan mengubah mata air beracun menjadi tawar. Sehingga, sampaikan mata air yang ada di pura tirta empul tampak siring tetap tawar sampai sekarang.

@baeloveagnxs_

Raja maya denawa kalah dari peperangan dan meninggalkan jejak berlari menuju pegunungan yang sangat rindang. Disitu, kemudan terlihat jejak telapak kaki raja maya denawa yang mengarah atas hutan. Dan akhirnya dewa indra berhasil memusnahkan raja maya denawa. Hingga terjadi peringatan kemenangan pada hari raya galungan.

Maka dari itu, asal kata dari pura tirta empul tampak siring yaitu, pura sebuah bangunan air mancur, dan tampak siring berasal dari jejak telapak kaki yang miring. Hingga akhirnya, pura tirta umpul tampak siring kini dijadikan sebagai tempat wisata alam di Bali. Dan wisata pura tirta empul juga sudah telah dikelola dengan baik, sehingga membuat pengunjung akan merasakan sensasi dan betah.

Baca Juga: Pura Segara Ulun Danu Batur : Sejarah, Daya Tarik, Fasilitas, Jam Buka, Harga Tiket Masuk, Lokasi, Rute

Daya Tarik Pura Tirta Empul Tampaksiring

Bangunan sejarah yang begitu banyak kenangan membuat pengunjung dapat merasakan air mancur dari pura tirta. Selain itu, tataan pengelolaan yang sangat rapih dan bersih, akhirnya mampu bisa menciptakan daya Tarik yang begitu indah. Berikut ini, daya tarik pura tirta empul tampak siring yang dapat disuguhkan bagi pengunjung, yaitu:

Mata Air yang Jernih

Adanya mata air yang jernih di pura tirta menjadi salah satu daya tarik pura tirta empul tampak siring yang paling unik. Dimana, setiap mata air yang mancur ke kolam memiliki sensasi sangat luar biasa. Sehingga membuat pengunjung sangat asyik melihat dan bermain air mancur tersebut.

Disamping itu, mata air yang keluar dari pura tirta ini terlihat sangat bersih dan jernih. Selain itu, terdapat kolam yang dapat menampung air dari setiap pancuran yang keluar. Sehingga membuat masyarakat setempat, mata air ini dijadikan sebagai pemandian untuk membersihkan diri dan memohon pada tirta suci.

@micarlas

Keindahan Pesona Alam

Adapun daya tarik pura tirta empul tampak siring yang bisa disuguhkan bagi parawisatawan yang berkunjung adalah dengan keindahan pesona alam yang sangat menakjubkan. Dimana, pengunjung bisa menikmati suasana udara dan bangunan pura tirta yang melegenda terlihat sangat unik dan menarik.

Apalagi, setiap lokasi terdapat beberapa tanaman bunga yang bagus, banyaknya air pancuran dan kesejukan udaranya masih asri. Bahkan presiden pertama Ir. Soekarno pernah mengunjungi tempat wisata pura tirta empul tampak siring untuk beristirahat hingga membuat sebuah istana kecil yang dijadikan sebagai kolaborasi dengan pura itu sendiri.

Pura Tirta Empul Tampaksiring
@bonchiwathan

Berfoto

Daya tarik pura tirta empul tampak siring yang selanjutnya yaitu kalian bisa melakukan beragam aktivitas saat berkunjung, seperti berfoto. Kalian bisa memfoto lokasi mata air mancur pura tirta dan juga bangunan lainnya. Sehingga tampak bangunan tersebut tentu bisa dijadikan sebagai background paling untuk dan sangat menarik.

Baca Juga: Wisata Danau Buyan Camping Paling Romantis di Bali

Fasilitas Pura Tirta Empul Tampaksiring

Pada saat kalian berkunjung ke tempat wisata alam di Bali ini, tentu kalian bisa mendapat atau juga melihat ketersediaan fasilitas yang sangat lengkap. Sehingga kalian akan terasa nyaman dan aman selama liburan ditempat wisata tersebut. Berikut ini, fasilitas pura tirta empul tampak siring yang telah disediakan, diantaranya:

  • Tempat Parkir
  • WC Umum
  • Tempat istirahat
  • Tempat ibadah umat hindu
  • Warung makanan cemilan dan minumanan

Masih banyak lagi segala fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola wisata pura tirta empu tampak siring yang bisa dimanfaatkan oleh parawisatawan pada sangat berkunjung.

Alamat, Lokasi Pura Tirta Empul Tampaksiring

Mencari tempat wisata pura tira empul tampak siring Gianya, Bali tentu sangat mudah ditemukan. Kalian bisa cek alamat, lokasi pura tirta empul tampak siring yang berada di kawasan Desa. Manukaya Kec. Tampaksiring, Kab. Gianyar, Bali. Akan tetapi, apabila kalian masih bingung dengan lokasi tersebut, kalian bisa menghungi nomor whatsapp jasa sewa mobil untuk memudahkan mengantar kalian ke tempat wisata pura tirta ini.

AlamatJl. Tirta, Manukaya, Kec. Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali 80552
Mapshttps://goo.gl/maps/YVJLaswUrYK42PTG8
Telpon

Rute Menuju Pura Tirta Empul Tampaksiring

Apabila kalian memiliki rencana liburan bersama keluarga maupun teman ke Bali dan ingin berkunjung ke tempat wisata alam pura tirta ini, kalian bisa mengikuti rute menuju pura tirta empul tampak siring dari Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Bali melalui peta dibawah ini.

Nah, itulah pembahasan sejarah pura tirta empul tampak siring yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Pura Tirta Empul Tampaksiring
@cquiroga21

Pertanyaan yang sering Diajukan?

Berapa tiket masuk ke pura tirta empul tampak siring?

Apabila kalian mau mendapat tiket murah ke wisata pura tirta empul tampak siring, kalian bisa menghubungi nomor whatsapp disini.

Kapan Jam Buka wisata pura tirta empul tampak siring?

Waktu operasional jam buka wisata pura tirta empul tampak siring dibawa setiap hari. Kalian bisa berkungjung di waktu pagi,siang dan sore hari

Adakah transportasi yang bisa mengantar saya ke wisata pura tirta empul?

Tentu saya ada. Jika kalian mau rencana berkunjung ke tempat wisata pura tirta empul, kalian bisa langsung hubungi nomor telepon, nanti kami akan menjemput dan mengantar ke tempat tujuan


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
Tags: Daya Tarik Pura Tirta Empul Tampak Siring, Pura Tirta Empul Tampak Siring, Sejarah Pura Tirta Empul Tampak Siring, Sejarah Tampaksiring, Tampaksiring, Tirta Empul, Wisata Di Bali
Last Modified on Oct 24, 2022

Testimonial


Wawan Lastara
Jakarta

Airnya begitu sejuk.