Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali Penuh Eksotis

Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali – Siapa sih yang tidak tahu air terjun, semua orang pasti tahu nama tersebut. Apalagi setiap daerah tentu terdapat sebuah air terjun dengan memiliki ciri khas tersediri, seperti air terjun tegunungan yang berada di kawasan bali. Panorama alam yang begitu indah membuat air terjun ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan dari dalam negeri maupun mancanegera. Maka tak heran jika wisata bali ini setiap harinya selalu didatangi oleh para pengunjung untuk menikmati suasana alam yang sangat asri. Penasaaran dengan destinasi wisata satu ini? Yuk, simak pembahasan pesona alam air terjun tegunungan Gianyar Bali penuh eksotis dan membuat liburan keluarga lebih menyenangkan.

Pulau bali memiliki banyak pegunungan terlihat sangat indah dan lebih menakjubkan. Salah satu lokasi terdapat sebuah pengunungan sangat eksotis yaitu berada di kawasan Gianyar. Selain kebudayaan yang masih dirawat, dijaga dengan baik, Kabupaten Gianyar juga memiliki banyak tempat rekreasi wisata alam yang masih tetap hits sampai sekarang, yakni air terjun tegunugan. Ini adalah salah satu wisata alam di Bali dengan menawarkan keindahan alam yang sangat menakjubkan dan kondisinya masih terawat dengan baik. Disamping itu, curug tegunungan satu ini juga sangat dekat dengan kota Denpasar yang bisa diakses dengan mudah. Sehingga para parawisatawan yang tinggal diluar bali akan lebih mudah menemukan wisata air terjun tersebut.

Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali
@shereddy

Baca Juga: Museum Blanco Renaissance Ubud, Wisata Seni Budaya Bali Paling Popular

Air Terjun Tegunungan

Air terjun tegunungan adalah sebuah tempat objek wisata alam yang paling hits dan terkenal di kawasan Bali. Dimana, objek wisata bali mempunyai keindahan alam lebih memukau dan sangat sejuk. Sehingga para pengunjung yang hadir ke tempat ini akan semakin betah rasa tidak mau pulang. Belum lagi kondisi air yang begitu jernih, bersih dan segar, itu yang menjadi pengunjung sangat menyukai dengan wisata air terjun tersebut.

Disamping itu, terdapat pula beragam kelengkapan fasilitas yang telah disediakan, pepohonan yang sangat rindang dan disekeliling bebatuan banyak tumbuh-tumbuhan yang merambat, membuat wisata air terjun bisa dijadikan sebagai background paling bagus dan menarik. Oleh karena itu, setiap hari libur weekend maupun libur panjang, wisata air terjun tegunungan tidak pernah sepi dari pengunjung yang datang dari setiap daerah,baik lokal maupun asing.

@i77ataiman

Pesona Alam Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali

Jika Anda saat ini memiliki rencana liburan akhir tahun ke pulai bali dan masih bingung wisata apa saja yang dituju, maka Anda bisa mencoba datang mengunjungi wisata curup tegunungan. Pesona alam air terjun tegunungan yang tidak ada bandingnya membuat pengunjung akan terpesona dengan suasana alam didalam wisata air terjun tersebut. Namun, sebelum berangkat liburan tentu kalian harus tahu dulu tentang curug tegunungan yang lebih mendalam supaya lebih mudah melakukan akvitias selama berada di wisata curug tegunungan.

Air terjun tegunungan merupakan sebuah curug yang berada di kawasan Desa. Kemenuh yang diapit oleh dua buah bukit dengan penuh tumbuhan merambat. Kondisi seperti ini tentu akan memikat mata pengunjung yang dapat menciptakan daya tarik sebagai tempat wisata wajib dikunjungi. Pasalnya, curug tegunungan ini menjadi satu-satunya air terjun berada didaratan rendah tepatnya di pulau seribu dewa. Untuk masalah keindangan alamnya sudah tidak diragukan lagi dikarenakan wisata curug tegunungan memiliki ketinggian berkisar 15 meter yang dikelilingi oleh tumbuhan rambat pada bukit lebih elok.

Perjalanan menuju wisata air terjun tegunungan, Anda akan dimanjakan oleh pepohonan yang hijau dan beberapa anak tangga untuk dilalui. Walaupun sangat melelahkan, namun semua itu akan terbayarkan oleh keindahan alam didalam curug tersebut. Oleh karena itu, mulai dari sekarang Anda siapkan waktu perencaan untuk liburan akhir tahun ke pulau dewata untuk mengunjungi wisata air terjun tegunungan bersama keluarga maupun teman kantor untuk melepaskan penat kerja sehari-hari.

Air Terjun Tegenungan
@shreyaverma2797

Daya Tarik Air Terjun Tegenungan

Pesona alam air terjun tegunungan termasuk bagian daya tarik bagi para pengunjung. Dimana, curug tegunungan memiliki background tersendiri yang tidak bisa didapatkan oleh wisata air terjun lainnya. Berikut ini, daya tarik air terjun tegunungan yang akan disuguhkan bagi parawisatawan ketika akan mengunjunginya, yaitu:

Keindahan dan Kesejukan Alam

Daya tarik air terjun tegunungan pertama yang bisa parawisatawan temukan adalah melihat suatu keindahan dan kesejukan alam yang sangat asri disekitar area tempat wisata tersebut. Pengunjung dapat menikmati panorama alam yang begitu sejuk dan indah, sehingga membuat liburan Anda lebih menyenangkan. Disamping itu, tentunya anda akan melewati jalur pedesaan sebelum menuju air terjun yang selalu ditemani dengan kesegaran udara, rimbunan pepohonan seakan-akan meneduhkan agar tidak terasa panas, dan terdengar suara burung maupun serangga yang berkicau hingga menjadi riang.

Selain itu, terdapat pula sebuah pancuran air yang bisa dimanfaatkan bagi pengunjung ketika telah sampai di lokasi untuk menyegarkan tubuh setelah melakukan perjalanan yang sangat melelahkan. Anda akan merasakan kesegaran air dari pancuran tersebut yang penuh banyak lumut hijau menempel pada setiap bebatuan. Lalu, deburan air terjun yang berjatuhan membuat suasana di sekitar lokasi Air Terjun Tegenungan menjadi terasa sangat segar. Sehingga, Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas seperti bermain air dibawah gerojogan.

Air Terjun Tegenungan
@anassmouddane

Berenang

Kesegaran suasana alam dan berenang di air kolam menjadikan sebuah daya tarik air terjun tegunungan tibumana yang akan disuguhkan bagi para pengunjung ketika berada didalam area tersebut. Dimana, adanya sebuah kolam yang merupakan sebagai tempat pengampungan air terjun yang sangat rendah dan terlihat lebih jernih serta berwarna kebiruan. Namun, ketika musim hujan, warna air akan terlihat lebih kecoklatan. Maka dari itu, sebelum berangkat liburan, alangkah baiknya kalian harus menyiapkan peralatan maupun perlengkapan seperti membawa pakaian ganti disaat habis berenang, badan tidak merasa kedinginan.

Gunakan pakaian yang lebih nyaman agar tidak menimbulkan lecet pada kulit dikarenakan harus melewati anak tangga dan susah kering. Selain itu, berenang di kolam yang sudah disediakan jangan sampai melewati batas agar tidak menimbulkan suatu hal yang tidak diinginkan.

Air Terjun Tegenungan
@dianaliyi

Berfoto

Adapun, daya tarik air terjun tegunungan ketiga yaitu bisa berfoto di kawasan air terjun bersama keluarga maupun teman yang dapat diabadikan menjadi sebuah kenangan yang indah dan juga tidak bisa terlupakan sepanjang hidup. Para pengunjung bisa melakukan foto di berbagai tempat mulai dari dalam maupun luar area air terjun. Selain itu, Anda juga bida duduk di bebatuan yang sangat besar atau batu alam lainnya sambil berfose dan juga menikmati suasana didalam air terjun yang sedang berenang maupun bermain air.

Wisata air terjun tegunungan memang bisa dikatakan sangat unik dikarenakan terdapat sebuah tanah lembut didaratan seperti yang ada dipantai yang mengarah pada kolam renang yang begitu luas. Maka tak heran jika banyak sekali parawisatawan yang hadir selalu membawa peralatan tersebut untuk tambahan jepretan foto yang akan dilakukannya. Begitupun dengan selfi foto diarea jembatan kayu dengan suatu background jurugan air terjun dengan air mengalir. Tentu membuat hasil jepretannya sangat bagus dan lebih menarik.

Mandi di Pancuran

Selain berenang tepat dibawah curug, pengunjung bisa melakukan aktivitas lainnya, seperti berendam atau mandi di pancuran yang merupakan daya tarik air terjun tegunungan satu ini. Kejernihan dan juga kesegaran air serta tempat pancuran sangat luas membuat hati terasa lebih nyaman dan lega. Namun, untuk anda yang tidak berenang sebaiknya tidak boleh berenang ke bagian tengah kolam dikarenakan sangat dalam.

Jadi, sebaiknya berengan ditepi tempat pancuran saja demi keselamatan anda selama berada di dalam tegunungan waterfall. Selain itu, mencegah terjadinya kram berlebihan pada saat sedang melakukan renang di kolam tersebut.

Baca Juga: Sangeh Monkey Forest Ubud Bali: Daya Tarik, Harga Tiket Masuk Terbaru 2022

Fasilitas Air Terjun Tegenungan

Setiap objek wisata alam memang selalu dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Pasalnya, fasilitas itu sangat penting untuk kebutuhan para wisatawan yang akan berkunjung. Berikut ini, fasilitas air terjun tegunungan, diantaranya:

  • Area Parkir
  • Toilet
  • Tempat Makan
  • Pancuran
  •  Penginapan
  • Penjaga Loket
  • Dll
@gintarijaa

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tegunungan

Bagi Anda yang mau merencanakan liburan ke tegunungan waterfall, kalian harus mempersiapkan uangnya dari sekarang. Petugas pengelola wisata ini masih asli dari warga setempat yang selalu melayani wisatawan dengan ramah. Berikut ini, harga tiket masuk air terjun tegunungan, yaitu:

Tiket Masuk Rp. 20.000,00/orang

Jam Buka Air Terjun Tegunungan

Adapun jam operasional wisata tegunungan waterfall memang hampir sama dengan tempat wisata lainnya, yaitu jam buka air terjun tegunungan:

Buka setiap hari, pukul : 08.00 – 19.00 WITA

Untuk merasakan suasana udara alam yang sangat sejuk, sebaiknya kalian datang dipagi hari, supaya kalian tidak akan ketinggalan dengan suasana alam dipagi harinya.

Alamat, Lokasi Air Terjun Tegunungan

AlamatIr. Sutami Desa. Kemenuh Kecamatan. Sukawati Kabupaten. Gianyar, Bali.
Mapshttps://goo.gl/maps/2tppKQ8Eq2kkGQ676
Telpon

Rute Menuju Pura Segara Danu Batur

Sedangkan rute menuju pura segara danu dari bandar udara I Gusti Ngurah Rai, yaitu:

Rute Menuju Wisata Air Terjun Tegunungan

Sedangkan, rute menuju air terjun tegunungan Gianyar, dari Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, silahkan kalian lihat peta dibawah ini.

Jadi, itulah pembahasan pesona alam air terjun tegunungan Gianyar Bali penuh dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Baca Selanjutnya: Daya Tarik Wisata Air Terjun Tibumana Bangli Tak Terlupakan

Pertanyaan yang sering Diajukan?

Objek wisata apa saja yang ada di dekat Air Terjun Tegenungan?

Objek wisata di dekat Air Terjun Tegenungan diantaranya: Kebune Bali Agrotourism, Air Terjun Blangsinga, Dtukad River Club, Dll.

Hotel apa saja yang ada di dekat Air Terjun Tegenungan?

Hotel di dekat Air Terjun Tegenungan yaitu Waterfall Guest House, Kartika Dahayu Villa, Villa Pondok Manik Ayu dan Villa Nian


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
Tags: Air Terjun Bali, Air Terjun Tegunungan, Alamat, Curug Tegunungan, Daya Tarik Air Terjun Tegunungan, Fasilitas Air Terjun Tegunungan, Harga Tiket Masuk Air Terjun Tegunungan, Jam Buka Air Terjun Tegunungan, Lokasi Air Terjun Tegunungan, Rute Menuju Wisata Air Terjun Tegunungan, Sejarah Air Terjun Tegunungan, Tegunungan, Tegunungan Waterfall, Waterfall, Wisata Bali
Last Modified on Dec 12, 2022

Testimonial


Febi Dwika
Jakarta

Pernah ke tempat ini, begitu seru bermain di air terjun.

Susanto Zaini
Jakarta

Tempatnya keren buat healing.