Sangeh Monkey Forest Bali

Sangeh Monkey Forest Bali – adalah sebuah judul yang akan dibahas dalam artikel ini. Sebagaimana yang telah kita ketahui, bahwa Kota Bali memiliki banyak objek wisata alam paling popular yang bisa dikunjungi oleh parawisatawan dari dalam maupun luar negeri. Salah satu tempat wisata alam di bali yang wajib dikunjungi adalah sangat monkey forest bali. Ini merupakan tempat wisata alam yang paling banyak diminati oleh parawisatawan. Sehingga tak hewan apabila tempat wisata satu ini menjadi salah satu tempat liburan keluarga yang sedang viral diperbincangkan banyak orang yang menjadi wisata wahana paling favorit.

Sangeh monkey forest merupakan salah satu tempat liburan keluarga paling menarik dan paling populer di daerah bali. Dimana, objek wisata ini terdapat sebuah habitat hewan monyet yang telah dirawat dan dijaga dengan baik. Sehingga tempat ini kini telah dijadikan sebagai wisata edukasi yang menjadi bahan rekomendasi terbaik untuk keluarga bersama anak-anak. Disamping itu, kita bisa mengajarkan pada anak arti kasih sayang pada hewan peliharaan yang perlu dirawat.

Sangeh Monkey Forest Bali
@michael_dean_morgan

Baca Juga: Bali Wake Park & Aqualand, Wisata Air Wahana Paling Popular di Kota Denpasar.

Sejarah Sangeh Monkey Forest

Asal usul mula sejarah sangeh monkey forest bali dulunya merupakan sebuah pegunungan atau hutan pala yang memiliki banyak kayu besar. Dimana, pohon ini selalu berjalan dari satu tempat ke tempat lain. Kemudian, setelah berada di daerah sangeh maka pohon tersebut berhenti dan menetap hingga sampai sekarang. Objek tempat wisata sangeh satu ini dirintis atau dikembangkan pada tahun 1969 dan juga 1971 sebagai destinasi wisata alam secara professional dan disediakan tiket masuk dengan harga sukarela. Seiring berjalannya waktu, atau tepatnya pada tahun 1996 mulai diberlakukan menyediakan harga tiket masuk yang telah ditentukan hingga sampai sekarang.

Kawasan hutan ini dijadikan sebagai tempat habitat monyet atau lebih dikenal sering disebut hutan homogen dengan memiliki luas berkisar sepuluh hektar beserta terdapat pohon pala dan juga jenis tanaman lainnya, seperti pule, amplas, cempaka kuning, buni dan sebagainya. Selain itu, ada beberapa pura yang menjadi sebuah peninggalan pada jaman dahulu yang memiliki hubungan dengan kerajaan mengwi di masa tersebut. Dimana, menurut berbagai sumber menyatakan bahwa sejarah pura bukit sari ini dibangun oleh anak angkat dari cokorda sakti blambangan yang bernama anak dari Agung Anglurah Made Karang Asem Sakti yang dijadikan sebagai tempat pertapaan.

@unpasverslautre

Daya Tarik Sangeh Monkey Forest Bali

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa semua objek wisata alam di bali memiliki daya tarik yang sangat menakjubkan. Selain wisata pantai, waterboom, edukasi, superbelanja, kuliner, curug pun mempunyai daya tarik yang akan didapatkan oleh para pengunjung. Berikut ini, daya tarik sangeh monkey forest bali yang dapat disuguhkan kepada parawisatan pada saat berkunjung, diantaranya:

Habitat Monyet

Daya tarik sangeh monkey forest bali pertama yang bisa parawisatawan temukan adalah banyak habitat monyet yang berkeliaran diarea dalam wisata tersebut. Pengunjung dapat menikmati kelucuan para monyet yang selalu berperilaku unik, sehingga membuat Anda akan terhibur.

Disamping itu, anda bisa memberi makan pada monyet bersama pemandu yang akan mengarahkan bagaimana cara ngasih makanan pada monyet tersebut. Dikarenakan kita tidak boleh memberi suatu makanan yang dapat mengganggu kesehatan monyet tersebut.

@saie_ss

Pohon Besar Berbentuk Kelamin Wanita dan Pria

Adanya pohon besar berbentuk kelamin wanita dan pria menjadi daya tarik sangeh monkey forest bali yang akan disuguhkan bagi para pengunjung ketika berada didalam area tersebut. Dimana, pohon tersebut dinamai pohon pala yang yang besar dengan memiliki bentuk batang pohon sangat unik seperti kelamin pria dan wanita.

Disamping itu, mitos atau sejarah pohon pala ini dinamakan pohon lanang wadon. Maka dari itu, tak heran apabila pohon tersebut menjadi sebuah symbol yang melambangkan wanita dan pria.

Sangeh Monkey Forest Bali
@dek_amel_37

Terdapat Dua Pura

Adapun, daya tarik sangeh monkey forest bali ketiga yaitu terdapat dua pura yang menjadi sakral bagi umat hindu, diantaranya pura bukit sari dan pura melanting yang terlihat sangat bagus dan cukup menarik. Banyaknya ratusan kera panjang yang lebih aktif perilakunya membua para pengunjung sangat terhibur dengan tingkah lakunya. Walaupun demikian, pengunjung harus tetap berhai-hati selama didalam wisata sangeh terutama jangan menggangu monyet yang sedang bermain maupun lainnya.

Selain kera, hewan lain yang berada di wisata sangeh ini terdapat pula burung hantu, burung elang, musang, terocok, sendanglawe, kucing hitang dan juga alap-alap. Menurut cerita jaman dahulu, bahwa monyet tersebut diyakini sebagai jelmaan prajurit puteri dengan memiliki bentuk koloni masing-masing dan mempunyai pemimping diberbagai tempat, mulai tengah, timur dan barat. Dimana, setiap waktu, monyet jantan selalu melakukan persaingan untuk merebutkan kekuasaan. Apabila terjadi kemenangan maka monyet tersebut akan berdiam diwilayah banjar bagian tengah dengan memiliki banyak makanan.

Sangeh Monkey Forest Bali
@kajgrant

Baca Juga: Tiket Masuk Toya Devasya Hot Spring Kintamani Bali.

Fasilitas Sangeh Monkey Forest Bali

Setiap objek wisata alam memang selalu dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Pasalnya, fasilitas itu sangat penting untuk kebutuhan para wisatawan yang akan berkunjung. Berikut ini, fasilitas sangeh monkey forest bali, diantaranya:

  • Tempat Parkir Kendaraan
  • Toilet
  • Pusat Layanan Informasi
  • Pos Penjaga
  • Pemandu wisata
  • Warung makanan dan minuman
  • Outlet jualan souvenir
  • Jasa Foto
  • Dll

Dengan ketersediakan fasilitas yang telah disediakan, tentu membuat para pengunjung akan semakin aman dan nyaman, serta tidak membosankan.

Harga Tiket Masuk Sangeh Monkey Forest Bali

Tiket masuk menuju objek wisata alam atau edukasi yang ada di Bali ini memang sanga terjangkau dan tidak membuat saku kalian kosong. Sehingga kalian bisa berkunjung tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Sebagai berikut, harga tiket masuk sangeh monkey forest bali, yaitu:

Tiket MasukHarga
Kendaaran Roda DuaRp. 2.000,00
Kendaraan Roda EmpatRp. 5.000,00
Anak-anakRp. 15.000,00
DewasaRp. 25.000,00

Harga tiket masuk tersebut terbilang murah. Nah, dengan begitu kalian bisa mencoba merasakan suasana alam di wisata sangeh monkey forest bersama keluarga atau teman-teman.

Jam Buka Sangeh Monkey Forest Bali

Adapun jam operasional wisata sangeh monkey forest memang hampir sama dengan tempat wisata lainnya, yaitu jam buka sangeh monkey forest bali:

Buka Setiap Hari, Pukul: 07.30 – 18.00 WITA

Untuk merasakan suasana udara alam yang sangat sejuk, sebaiknya kalian datang dipagi hari, supaya kalian tidak akan ketinggalan dengan suasana alam dipagi harinya.

Sangeh Monkey Forest Bali
@ronie_al_fatih

Alamat, Lokasi Sangeh Monkey Forest Bali

AlamatJl. Brahmana, Sangeh, Kec. Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali 80353
Mapshttps://goo.gl/maps/aMNghwfYkDR3hWjY8
Telpon

Rute Menuju Sangeh

Sedangkan rute menuju pura segara danu dari bandar udara I Gusti Ngurah Rai, yaitu:

Rute Menuju Sangeh Monkey Forest

Sedangkan, rute menuju sangat monkey forest ubub bali dari Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, silahkan kalian lihat peta dibawah ini.

Jadi, itulah pembahasan sangeh monkey forest bali: daya tarik, harga tiket masuk terbaru 2022 yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Baca Selanjutnya: Museum Blanco Renaissance, Wisata Seni Budaya Bali Paling Popular.

Pertanyaan yang sering Diajukan?

Dimanakah Alamat Wisata Sangeh Monkey Forest?

Wisata sangeh monkey forest berada di Jl. Brahmana, Sangeh, Kec. Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali

Berapat Tiket Masuk Wisata Sangeh Monkey Forest?

Tiket masuk wisata sangeh monkey untuk anak-anak berkisar Rp. 5.000,00

Adakah transportasi yang bisa mengantarkan ke wisata sangeh?

Tentu saja ada, jika Anda mau merencanakan liburan ke wisata di bali terutama ke wisata sangeh sedang membutuhkan transportasi, silahkan hubungi nomor dibawah ini


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
Tags: Alamat Dan Rute Menuju Sangeh Monkey Forest Ubud Bali, Daya Tarik Sangeh Monkey Forest Ubud Bali, Fasilitas Sangeh Monkey Forest Ubud Bali, Jam Buka Sangeh Monkey Forest Ubud Bali, Kera, Monkey Forest, Sangeh, Sangeh Monkey Forest Ubud Bali, Sejarah Sangeh Monkey Forest Ubud Bali, Tiket Masuk Sangeh Monkey Forest Ubud Bali, Wisata, Wisata Di Bali
Last Modified on Dec 12, 2022

Testimonial


Widya Purnama
Jakarta

Teringat dulu waktu jaman SMA bersama rekan sekolah, dharma wisata ke sini.

Erika
Jakarta

Tempatnya sejuk banget.