BLOG : Desa Pinggan Kintamani

Desa Pinggan Kintamani kini menjadi primadona tersendiri bagi para wisatawan bali tour murah yang banyak datang. Terutama untuk anda yang suka dengan suasana matahari terbit, maka Desa Pinggan merupakan tempat yang pas untuk anda.

Pengalaman ke Desa Pinggan akan membuat anda merasakan keseruan yang sangat menyenangkan, disini anda bisa melihat sunrise bali dengan latar belakang Gunung Batur di Kintamani dan matahari yang naik dari ufuk timur Pulau Bali.

Desa Pinggan Kintamani

Objek Wisata Alam Pegunungan di Bali

Desa Pinggan Kintamani juga merupakan termasuk objek wisata pegunungan yang ada di Pulau Bali. Dimana daerah ini masih termasuk di daerah dataran tinggi kawasan kabupaten Bangli yang terkenal dengan alamnya yang sejuk.

Sebut saja Desa Penglipuran, Tukad Cepung, Anjungan Tukad Melangit, Trunyan, Kintamani merupakan daerah-daerah dengan suhu udara yang sangat sejuk, tak heran banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke Bali menyempatkan diri untuk melihat dan menikmati pemandangan alam yang sangat luar biasa ini.

Kintamani

Kintamani sebagai salah satu tujuan wisatawan ke Bali memiliki sebuah spot terbaik untuk melihat keindahan pulau Bali pada pagi hari yaitu Desa Pingan. Sebuah desa kecil di sebelah barat Gunung Batur yang masih aktip hingga saat ini.

Desa Pinggan Negri di Atas Awan Bali

Bagaimana tidak, saat anda datang ke Desa Pinggan pada pagi hari, anda akan serasa berada pada negri di atas awan. Kabut-kabut tipis menyelimuti hamparan pasir muntahan letusan Gunung Batur dan Desa-Desa yang berada di bawah kaki gulu serta germerlap lampu yang menghiasai akan menambah suasana takjum pada foto-foto insta kekinian anda. Dan untuk anda yang selebgram, sangat cocok untuk mengabadikan karya photography yang menarik di sini.

Negeri di Atas Awan

Waktu Terbaik ke Desa Pinggan

Waktu yang terbaik untuk anda datang kelokasi ini ialah sekitar jam 5:30 wita pagi. Sebelum matahari terbit lah, jadi bisa mendapatkan moment keindahan alam yang sangat spektakuler ini. Tapi tenang untuk anda yang muslim, anda masih bisa untuk sholat subuh di Masjid Besar Al-Muhajirin Kintmani.

Keindahan alam saat matahari terbit di Desa Pinggan akan semakin mempesona dikala mendapati kabut yang menghiasai desa-desa di bawah Desa Pinggan ini.

Pinggan Kintamani

Jalan Menuju Desa Pinggan Kintamani

Untuk menuju Desa Pinggan, anda bisa sewa mobil di Bali atau kendaraan sepeda motor jika ingin menikmati Bali berdua dengan pasangan anda saat bulan madu di Bali sambil datang ke daerah ini, pasti akan lebih romantis suasana liburan anda.

Anda bisa mengambil jalan dari Pantai Kuta menuju arah daerah Batu Bulan lalu menuju kawasan heritage Ubud dan naik melalui Desa Tegalalang terus ke arah utara hingga ketemu Kintamani. Kemudian berbelok ke kiri dan mengikuti jalan raya utama hingga menemukan pertigaan denga pura besar dan mengambil arah lurus tidak berbelok. Kurang lebih dari pertigaan tersebut 6-8 kilometer anda akan menemukan spot-spot keren untuk foto di Desa Pinggan ini.

Desa Pinggan Bali

Alamat Objek Wisata Desa Pinggan

AlamatJl. Sukawana Kec. Kintamani
Mapsmaps.google.com/desa+pinggan+bangli
Telpon0821-400-78097

Suhu Udara

Suhu udara di Desa Pinggan berkisaran 15 hingga 18 drajat celcius yang berarti itu sangatlah dingin untuk para wisatawan domestik Indonesia. Anda di sarankan untuk membawa pakaian hangat agar tidak kedinginan saat berada disana. Namun tenang, anda juga bisa menemukan beberapa penjual minuman hangat seperti teg ataupun kopi bali yang merupakan minuman khas dari daerah Kintamani dan Tampaksiring ini.

Sejarah Desa Pinggan

Tidak banyak informasi yang tersedia mengenai sejarah Desa Pinggan, namun salah satu literasi yang tersedia ialah, dahulu kala salah satu Patih yang menentang pernikahan Raja dengan Putri Kang Cing Wie mengundurkan diri dari susunan kerajaan dan ia pun memohon kepada para dewa untuk menghukum raja tersebut. Dan pada saat itu terjadi sebuah letusan Gunung Batur dan hujan badai pun turun selama tujuh hari berturut-turut, yang menyebabkan banyak terjadi penyakit dan membuat sengsara para rakyatnya.

Lantaran pernikahan dan bencara alam itu, banyak para penasehat kerajaan yang mengatakan ini adalah angkara murka pada Dewa kepada raja tersebut yang telah menikahi putri saudagar kaya dari negri china yang beragama Budha ini. Dan pada saat rapat antara raja dan penasehat, datanglah Putri Kang Cing Wie ini dan berbisih ke telinga raja untuk memindahkan rakyatnya yang tinggal di sekitar Gunung Batur untuk pergi ke daerah desa Ping An, yang dalam bahasa tionghoa berarti “selamat”. Lalu rakyat pun pindah ke desa Ping An ini dan semuanya selamat.

Atas keputusan dari Raja tersebut membuat rakyat di sekitar Gunung Batur semakin mencintai Ratu atau Permaisaurinya tersebut. Maka untuk mewujudkan cintanya pada Puteri Kang Cing Wie tersebut, sang raja mendirikan sebuah Pura yang diberi nama Pura Dalem Balingkang di desa Pinggan dengan ornamen warna Merah dan Kuning yang dominan seperti warna Kelenteng atau Wihara dari China.

Pura Dalem Balingkang

Tiket Masuk Desa Pinggan Kintamani

Sampai saat blog ini ( januari 2021 ) dibuat, untuk bisa masuk ke Desa Pinggan anda tidak di pungut biaya retribusi. Namun beberapa spot foto yang tersedia disana sudah mulai mengenakan biaya tempat foto-foto. Kurang lebih kisaran 10.000 – 15.000 per-orang tergantung pengelola tempat foto instagramble ini. Makin bagus spot fotonya, makin mahal tiket masuknya. Tapi itu sebanding kok dengan apa yang kalian peroleh.

Desa Pinggan Bangli Bali

Selain itu terdapat beberapa objek wisata disekitar yang bisa menjadi bahan refrensi liburan anda.

  • Tegalalang, sebuah kawasan di Desa Ceking yange mawarakan pemandangan persawahan terasiring yang indah di Bali.
  • Trunyan, daerah desa Bali Aga dengan tradisi mayat yang diletakan di bawah pohon taru menyan.
  • Pemandian Air Panas Toya Bungkah, spot relaksasi air panas di kawasan kaki Gunung Batur dengan udara sejuk.
  • Kintamani, sebuah daerah dingin dengan pemandangan indah Gunung dan Danau Batur.

Credit : sigit_sugiyono, mingagustini, kemu_mai, sassychris1, yogiartha, sucisulastrii, saltinourhair, chandrasentosa1


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Parahita TourParahita TourIDRMo-SuCash500062 (361) 488-208Jl. Gunung Bromo XI No 23 Denpasar Bali
5 out of 5 stars -1 votes
Loading...
Tags: Desa Pinggan Camping, Desa Pinggan Kintamani Bangli Maps, Desa Pinggan Kintamani Camping, Desa Pinggan Sunrise, Jalan Ke Desa Pinggan Kintamani, Penginapan Di Desa Pinggan, Pura Dalem Balingkang, Sejarah Desa Pinggan, Tiket Masuk Desa Pinggan
Last Modified on Feb 6, 2021

Testimonial


Krisna Aprilianto
Jakarta

Tidak percuma berangkat saat masih gelap. Ternyata pemandangannya begitu indah disini.