BLOG : Pantai Plengkung Banyuwangi

Pantai Plengkung Banyuwangi, Sebagian besar masyarakat wisatawan domestik belum begitu mengenal nama Pantai Plengkung ini, namun jika di kalangan para peselancar baik domestik maupun mancanegara, pasti sudah sangat mengenal pantai yang berlokasi di Taman Nasional Alas Purwo ini.

Bagaimana tidak, pantai yang ada di dalam kawasan Taman Nasional yang konon sedikit angker ini memiliki daya tarik yang sangat luar biasa di mata para peselancar/ surfing. Bahkan pada tahun 2021, pantai ini di pilih kembali sebagai lokasi Liga Selancar Dunia 2021.

Pantai G Land ini selalu menjadi rujukan para wisawatan lokal dan internasional yang menyukai aktivitas surfing. Jadi buat kalian yang belum pernah mengetahui pantai ini, ada baiknya menyimak informasi mengenai Pantai Plengkung Banyuwangi.

Daya Tarik Pantai Plengkung Banyuwangi

Sebagai pantai yang memiliki daya tarik ombak yang besar, membuat para peselancar baik itu kalangan domestik maupun internasional menyukai pantai yang memiliki ombak besar kisaran 1 kilometer dari bibir pantai ini. Pantai Plengkung Banyuwangi termasuk dalam 3 besar pantai yang memiliki ombak besar, dan hinga saat ini sudah 4 kali dijadikan tempat acara tingkat internasional.

Baca juga : “Paket Tour Banyuwangi Plus Pesawat Terbang“.

Keindahan alam di sekitar pantai Plengkung ini, seperti didinding karang yang berjarak kurang lebih 600 meter dari garis pantai mengelilingi bagian selatan Taman Nasional Alas Purwo. Hutan yang indah dengan pepohonannya yang rindang. Serta palung laut yang cukup dalam sehingga membuat arus bawah laut dan mengakhibatkan gelombang air laut dengan ketinggian 6 hingga 7 feet dengan panjang gelombang bisa sampai 1 kilometer membuat banyak para peselancar menyukai tempat ini.

Lokasi Pantai Plengkung Banyuwangi

Pantai Plengkung terletak di Banyuwangi Selatan yang berlokasi di timur teluk Grajagan tepatnya di Taman Nasional Alas Purwo. Posisinya menghadap langsung ke Samudera Hindia membuat pantai ini memiliki ombak yang terbilang lumayan besar di bagian tengahnya. Sehingga membuat pantai ini begitu digemari oleh para surfer.

AlamatPurworejo, Kalipait, Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Mapshttps://goo.gl/maps/TGUcNMsRF5NZ4osZ9
Telpon

Harga Tiket Masuk Pantai Plengkung Banyuwangi

Tiket masuk untuk menuju pantai plengkung ialah 15.000 untuk wisatawan domestik Indonesia, serta 150.000 untuk wisatawan mancanegara yang datang ke Pantai ini.

Selain itu, anda juga menywa sepeda dengan harga 20.000 per sepeda, buat kalian yang tidak bermain selancar air, karena kalian bisa gowes di sekitar Taman Nasional ini. Apalagi makin sore, suasananya semakin romantis saat bertemu senja.

Jam Buka Pantai Plengkung Banyuwangi

Untuk Pantai Plengkung, pihak pengelola memiliki aturan waktu jam oprasional yaitu pukul 07:30 hingga 16:00 WIB

Fasilitas Objek Wisata

Pada tahun 1990, Pantai Plengkung di kelola oleh sebuah peruahaan yang bernama PT. Plengkung Indah Wisata, yang telah melengkapi beberbagai fasilitas yang cukup lengkap. Terdapat Bar, Restaurant, Hotel dan fasilitas lainnya seperti toilet umum, penyewaan papan selancar dll.

Terdapat tiga buah camp penginapan yang sering dipakai oleh wisatawan yang menginap di tempat ini yaitu : G-Land Surf & Resort, Joyo’s Surf Camp, Bobby’s Surf Camp. Dan untuk reservasi anda bisa melakukannya melalui sistem reservasi Online.

Pantai Plengkung Banyuwangi

Transportasi menuju Pantai G Land

Satu satunya cara untuk bisa mencapai Pantai Plengkung dengan jalur darat ialah menggunakan kendaraan jasa sewa mobil di Banyuwangi. Jarak tempuhnya lumayan jauh sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Banyuwangi.

Selain itu, medan untuk mencapai pantai ini juga lumayan berat dan perlu usaha extra keras. Bagaimana tidak, untuk bisa ke pantai ini jalanan belum di aspal. Terlebih lagi Pantai Plengkung yang termasuk di dalam Taman Nasional Alas Purwo ini tidak diizinkan untuk mengubah kontur alamnya, sehingga jalanan menuju daerah ini masih agar berat.

Namun, masih terdapat alas transportasi lainnya yaitu menggunakan kendaraan speedboat atau perahu nelayan. Jarak tempuh ke Pantai Plengkung kurang lebih sekitar 1 jam menggunakan speedboat dan perahu nelayan kurang lebih 2 jam untuk sampai di Pantai G-Land ini.

Oh iyah, dari Bali juga ada speed boat dengan rute Bali – G Land.

Pantai Plengkung Banyuwangi

Objek wisata di sekitar Pantai Grajagan Banyuwangi

  • Padang Savana Sadengan, sebuah savana yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo dengan beragam hewan alam bebas.
  • Pura Luhur Giri Salaka, pura umat hindu yang sangat disucikan, sering dijadikan tempat untuk tirta yatra ke Banyuwangi.
  • Pantai Pancur, sebuah pantai di kawasan Taman Nasional Alas Purwo yang memiliki keindahan alam hutan dan pasir pantai putih.
  • Pantai Pulau Merah, pantai yang ikonik banget pariwisata di Banyuwangi. Anda bisa menikmati sunset dan pasir putih yang indah disini.
Pantai Plengkung Banyuwangi

Pertanyaan yang sering ajukan Pantai Plengkung Banyuwangi

Apakah kita bisa bermalam di Pantai Plengkung ?

Tentu saja bisa, terdapat beberapa akomodasi penginapan di Pantai Ini.

Apakah ada signal ponsel disini ?

Saat ini belum tersedia, namun kedepannya akan disediakan oleh provider.

Apakah ada penjual/ warung di Pantai Pelngkung ?

Kami lebih menyarankan anda membawa bekal logistik saat di Pantai Ini, terlebih lagi jika anda akan bermalam di Pantai selatan Pulau Jawa ini.

img src : ravanarei, mmdovalo, jatimtrip, tunicolopez, fitaviguria, iwanperdana_24


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Parahita TourParahita TourIDRMo-SuCash500062 (361) 488-208Jl. Gunung Bromo XI No 23 Denpasar Bali
5 out of 5 stars -1 votes
Loading...
Tags: Banyuwangi, G Land Banyuwangi, Grajagan, Grajagan Banyuwangi, Pantai Grajagan, Pantai Pelengkung, Surfing, Wisata Banyuwangi
Last Modified on Feb 3, 2021

Testimonial


Hakam Pasha
Banyuwangi

Sudah sering ke Pantai ini. dan selalu membuat rindu.

Petrus Siahaan
Medan

Pantai ini memang luas biasa. Ombaknya besar, pemandangan alamnya bagus. Semoga infrastruktur terus di kembangkan ketempat ini.