BLOG : Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pantai Pulau Merah Banyuwangi merupakan magnet baru pariwisata daerah Banyuwangi bagian selatan. Bagaimana tidak, pantai yang menawarkan keindahan alam pantai dengan balutan pasir putih dan pepohonan hijau yang tumbuh di sepanjang pantai ini begitu mempesona.

Memang benar, daerah Banyuwangi memiliki puluhan pantai yang mengelilingi kabupaten ini, namun salah satu pantai yang juga membuat nama Banyuwangi naik ialah Pantai Pulau Merah. Pantai yang kini menjadi primadona wisata di Kota Banyuwangi.

Pantai ini uga menghadap langsung ke Samudera Hindia arah selatan. Terkadang pantai ini berwana putih terkadang juga berwarna merah-kemerahan atau pink, mungkin ini juga yaa penyebab dinamakan Pantai Pulo Merah.

Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Daya Tarik Pantai Pulau Merah

Sebagai pantai yang tengah naik daun, Pantai Pulau Merah Banyuwangi identik dengan sebuah bukit kecil yang berada di dekat bibir pantai. Apalagi saat air pantai surut, masyarakat dan wisatawan yang datang bisa berjalan mengunjungi bukit tersebut. Namun jika saat air laut menjadi pasang, anda bisa melihat bukit ini selayanya sebuah Pulau yang terpisah dengan Pulau Jawa.

Pantai Pulau Merah memiliki garus pantai sepanjang 3 Kilometer, kalau anda berlari dari ujung hingga kembali keujung. Bisa ditempuh kurang lebih sekitar 1 jam.

Baca juga : “Paket Tour Banyuwangi Murah“.

Sejarah Pantai Pulau Merah

Sejarah pantai pulau merah yang berada di Banyuwangi ini dikarenakan terdapatnya sebuah bukit yang tingginya kurang lebih sekitar 200 meter. Dimana bukit ini tersusun atas material tanah merah. Hal inilah yang menjadi penyebab kenapa dinamakan Pantai Pulau Merah.

Sebelumnya pantai ini dinamakan Pantai Ringin Pintu, namun dirubah menjadi nama Pulau Merah seperti cerita kami sebelumnya.

Selain itu, terdapat sebuah tempat ibadah umat hindu yang bernama Pura Tawang Alun di kawasan Pantau Pulau Merah Pancer, Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi.

Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Tiket Masuk Pulau Merah

KATEGORIHARGA
Dewasa8.000
Anak5.000
Parkir Motor2.000
Parkir Mobil5.000

Lokasi Pantai Pulau Merah

Pantau Pulo Merah seperti logat orang Banyuwangi katakan, itu berada sekitar 60Km di dari Kabupaten Banyuwangi. Anda bisa mengambil arah ke kecamatan Srono lalu ke Kesilir dan masuk ke arah Pulo Merah.

Jujur, jalan menuju daerah Pulo Merah memang sedikit membingungkan, namun jika anda mengikuti petunjuk Google Maps atau bertanya langsung dengan warga sekitar, anda tetap akan menemukan jalur yang valid sampai ke lokasi.

AlamatDusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68488
Mapshttps://goo.gl/maps/ocNCsfJW1csKL8eg6
Telpon

Transportasi Menuju Pulau Merah

Menuju kawasan Banyuwangi Bagian selatan terutama kawasan pulau merah tentu saja sangatlah jauh, terlebih lagi jika anda datang dari kawasan objek wisata De Djawatan Benculuk. Perjalanan menuju daerah ini kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan. Untuk itu dibutuhkan sebuah akomodasi perjalanan yang nyaman dan tentukan aman.

Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil di banyuwangi untuk menuju kawasan pantai ini. Terdapat pilihan kendaraan seperti Avanza/ elf/ hi-ace/ bus untuk perjalanan nyaman anda.

Dengan menggunakan transportasi yang disewa, tentu saja anda bisa mengatur kendaraan anda secara leluasa. Contohnya setelah atau sebelum ke pantai, anda bisa mampir dahulu ke objek wisata lainnya yang searah dengan tujuan akhir anda.

Namun jika menggunakan angkutan umum seperti bus dan angkot yang bersifat estafet, tentunya anda tidak bisa secara leluasa untuk mampir-mampir. Terlebih lagi dikawasans selatan ini banyak perkebunan buah naga yang indah-indah dan sayang untuk dilewati.

Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Aktivitas dan Fasilitas di Pulau Merah

Untuk anda yang datang kesini, anda bisa menikmati beberapa aktivitas seperti :

Snorkeling, yaaa walaupun tidak sebagus alam bawah laut Bangsring Underwater atau Pulau Tabuhan, tetapi disini juga oke buat snorkeling.
Menikmati pantai, anda bisa menyewa kursi panjang dan payung besar sembari menikmati kelapa muda yang segar.
Berselancar, disini juga ada spot untuk surfing. Anda bisa sewa papan selancar di warga sekitar yang menyewakan papan surfing.
Tirta Yatra, banyaknya warga hindu di lokasi ini terbukti dengan adanya sebuah Pura yang sudah ada dari tahun 1980-an.
Kuliner, kalau malam hari disini lumayan seru karena ada tempat nongkrong-nongkrong seperti cafe, sembari menikmati kuliner juga menjadi opsi untuk anda.

Untuk fasilitas, disini juga terdapat

Musholah, Parkir yang luas, Rumah Makan, Tempat penyewaan papan surfing dll.

Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Lokasi Wisata Sekitar Pantai Pulau Merah

  • Pantai Grajagan, Berjarak sekitar 50 km dari pusat Kota Banyuwangi, Pantai Grajagan kerap menjadi destinasi wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Disini merupakan tempat terbaik Banyuwangi untuk bermain selancar air. Tak heran banyak event bersekala intenasional yang digelar disini.
  • Pantai Teluk Hijau, Pantai teluk hijau atau Green Bay terletak di dalam area Taman nasional Meru Betiri, Sarongan-Pesanggrahan. juga akrab di sebut Green Bay merupakan teluk tersembunyi yang berada di ujung Banyuwangi.
  • Pura Luhur Giri Salaka, merupakan salah satu destinasi bernuansa religi di Banyuwangi untuk umat Hindu. Pura ini berlokasi di Hutan Taman Nasional Alas Purwo. Biasanya Pura ini dipergunakan masyarakat hindu untuk beribadah dan juga tirtayatra dari Bali.

Pertanyaan Yang Sering di Ajukan

Apakah terdapat hotel untuk menginap di daerah Pantai Pulau Merah Banyuwangi ?

Tentu saja tersedia beberapa hotel-hotel kelas losmen/ melati di kawasan Pantai Pulau Merah. Anda bisa menemukannya di pintu masuk pantai ini.

Apakah ada penyewaan perahu di Pulau Merah ?

Anda bisa menyewa perahu milik warga sekitar yang berprofesi sebagai nelayan untuk mengelilingi seputaran Pantai ini.

Apakah ada kendaraan umum untuk menuju Pantai Pulau Merah ?

Kami lebih menyarankan anda untuk menggunakan jasa sewa mobil di Banyuwangi dengan supir jika hendak ke kawasan ini. Karena tidak tersedianya angkutan berjadwal menuju pantai yang berada di Banyuwangi bagian selatan ini.


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Parahita TourParahita TourIDRMo-SuCash500062 (361) 488-208Jl. Gunung Bromo XI No 23 Denpasar Bali
5 out of 5 stars -1 votes
Loading...
Tags: Banyuwangi, Pantai, Pulau Merah, Sejarah Pulau Merah Banyuwangi, Tiket Masuk Pulau Merah, Wisata Banyuwangi
Last Modified on Feb 3, 2021

Testimonial


Adam Dhiaurrahman
Semarang

Kami sekeluarga datang ke Pulau Merah, memang indah tempat ini. Santai bersama si-kecil di pinggir pantai pun aman.