Pura Taman Saraswati

Sebentar lagi mau libur panjang akhir tahun dan tahun baru 2024 nih. Kira-kira mau libuan kemana ya? Nah, bagi Anda yang saat ini sedang memikirkan rencana untuk liburan ke bali akhir tahun bersama keluarga, kalian bisa kunjungi beberapa destinasi wisata Bali. Disana banyak sekali tempat objek wisata alam paling menarik yang bisa membuat liburan anda lebih menyenangkan. Tapi, jangan lupa setelah berada di bali, anda harus mampir ke pura taman saraswati ya. Emang ada apa? Penasaran? Yuk, simak pembahasan wisata pura taman saraswati opening hours paling menyenangkan.

Pura Taman Saraswati
@yoho_journeys

Pura Taman Saraswati

Siapa sih yang tidak kenal dengan namanya pura taman saraswati? Ini adalah sebuah tempat objek wisata alam yang berada di kawasan Ubud, Bali. Wisata bali satu ini telah sedang lagi trends dan hits di tahun 2024 dikarenakan keindahan alam yang begitu menarik. Maka tak heran jika pura taman ini telah menjadi salah satu tempat rekreasi paling utama. Dimana, banyak sekali para wisatawan dari dalam maupun luar negeri telah mengunjungi pura ubud bali sebagai destinasi liburan keluarga akhir tahun dan tahun baru 2024 untuk menikmati panorama alam yang indah dan lebih menyenangkan.

Baca Juga: Alas Harum Ubud Bali, Objek Wisata Alam Paling Hits 2022

Untuk mengunjungi wisata pura ubud sendiri kita sangat mudai dilalui. Pasalnya, akses jalam menuju wisata alam bali tersebut sudah berjalan dengan mulus. Sehingga pengunjung akan lebih aman dan nyaman selama perjalam menuju pura taman saraswati. Walaupun, lokasinya, agak lumayan jauh dari pusat perkotaan Denpasar, bali yang penuh dengan keramaian. Namun, dibalik itu semua anda dapat menikmati keadaan perjalanan tersebut.

Pura Taman Kemuda Saraswati
@noviapermata26

Sejarah Pura Taman Saraswati

Asal usul mula sejarah pura taman saraswati ubud adalah satu bangunan pura yang dibuat oleh seorang arsitek yang bernama I Gusti Nyman Lempad dimulai pada tahun 1951 hingga selesai sampai 1952. Pada saat itu, seorang pangeran Ubud yang bernama Cokorda Gede Agung Sukawati ini memerintahkan I Gusti Nyoman Lempad yang merupakan seorang arsitek atau seniman patuh untuk membuat pura taman tersebut. Bentuk lukisan yang diukir terlihat begitu menakjubkan yang tidak bisa dikalahkan oleh para seniman lainnya yang berada di pulau dewata.

Sehingga, pura taman satu ini telah selesai dibuat dengan menghasilkan design yang sangat menarik. Tujuan pembangunan pura tersebut dijadikan sebagai tempat pemujuaan bagi umat hindu kepada Dewi Saraswati. Oleh karena itu, tempat pura saraswati ubud ini sampai sekarang masih dipergunakan oleh masyarakat setempat.

Saraswati Temple Ubud
@luluhusnaa

Daya Tarik Pura Taman Saraswati

Berikut ini, daya tarik pura taman saraswati ubud yang akan disuguhkan bagi parawisatawan ketika akan mengunjunginya, yaitu:

Keindahan Bangunan Pura

Daya tarik pura taman saraswati yang pertama bisa pariwisata temukan adalah melihat suatu keindahan bangunan pura yang sangat elegan dan lebih menakjubkan di seluruh area. Sehingga para pengunjung dapat menikmati panorama alam yang begitu sejuk dan indah, membuat liburan lebih menyenangkan. Disamping itu, tentunya anda akan melewati perjalanan pedesaan sebelum menuju wisata pura yang selalu ditemani dengan kesegaran udara, rimbunan pepohonan yang selalu meneduhkan anda dari sinar matahari dan terdengar pula suara alam seperti burung yang berkicau hingga menjadi riang.

Selain itu, terdapat pula warung makanan dan minuman disepanjang jalan menuju tempat wisata ubud satu ini dengan menu makanan ciri khas pulau dewata yang begitu enak. Kemudian, pengunjung akan melewati jalur perkotaan maupun pedesaan dengan kondisi jalan yang begitu mulus. Hal ini, membuat mata anda akan memandang keindahan alam setiap perjalanan yang masih asri dan tidak terlalu banyak asap kendaraan sebagai mata yang ada di kota.

Lotus Pond Saraswati Ubud
@world_by_andrea

Kolam Bunga Teratai

Kesegaran suasana alam dan kolam bunga teratai menjadikan sebuah daya tarik pura taman saraswati yang akan disuguhkan bagi semua para pengunjung ketika berada di area wisata tersebut. Dimana, dengan adanya sebuah kolam yang merupakan sebagai tempat untuk menghiasi halaman yang sangat indah dan cantik, sehingga pengunjung akan tertarik dengan bunga teratai yang ada di area tempat kolam tersebut.

Para pengunjung dapat menikmati tanaman bunga teratai tersebut, tetapiu tidak boleh diambil secara sembarangan dikarenakan itu menjadikan sebuah keunikan tersendiri. Begitupun dengan buang sampah harus disimpan pada tempatnya jangan dibuang sembarangan, sebab pura taman ini digunakan untuk sembahyang bagi umat hindu. Jadi, para pengunjung harus menghormati tempat tersebut agar tetap bersih, sehat dan segar. Oleh karena itu, pengunjung cukup hanya melihat tamanan teratai yang tumbuh diatas air dengan beragam warna yang sangat menarik dan lebih menakjubkan.

Berfoto Di Kawasan Pura Ubud

Adapun, daya tarik pura taman saraswati ketiga yaitu Anda bisa berfioto di kawasan air terjun bersama keluarga maupun sahabat yang dapat diabadikan menjadi sebuah kenangan yang indah dan juga tidak bisa terlupakan sepanjang hidup. Para pengunjung bisa melakukan foto di berbagai tempat mulai dari dalam maupun luar area pura ubud. Selain itu, Anda juga bisa duduk di gazebo yang telah disediakan untuk bersantai sambil berfose dan juga menikmati suasana didalam air terjun yang sedang berenang maupun bermain air.

Wisata Pura Taman Kemuda Saraswati memang bisa diketahi terlihat sangat unik. Pasalnya, ada sebuah patung raksasa yang memiliki mencapai 3 meter, 3 pintu gerbang utama terlihat ornament emas yang begitu indah, terdapat berbagai macam tamanan seperti bunga teratai, kamboja dan sebagainya. maka tak heran jika banyak sekali parawisatawan yang hadir selalu menyempatkan waktu untuk melakukan foto bersama baik dengan keluarga maupun sahabat. Tentunya hasil jepretan foto tersebut akan terlihat lebih bagus dan menarik.

Baca Juga: Pura Goa Lawah: Sejarah, Daya Tarik dan Harga Tiket Masuk 2024

Fasilitas Pura Taman Saraswati

Setiap objek wisata alam memang selalu dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Pasalnya, fasilitas itu sangat penting untuk kebutuhan para wisatawan yang akan berkunjung. Berikut ini, fasilitas pura taman saraswati ubud, diantaranya:

  • Tempat Parkir
  • Toilet
  • Penjaga Loket
  • Panggung erbuka
  • Restaurant
  • Kesenian
  • Dll

Harga Tiket Masuk Pura Taman Saraswati

Bagi Anda yang mau merencanakan liburan ke pulau dewata, kalian harus mempersiapkan uangnya dari sekarang. Petugas pengelola wisata ini masih asli dari warga setempat yang selalu melayani wisatawan dengan ramah. Berikut ini, harga tiket masuk pura saraswati ubud, yaitu:

Tiket Masuk: Gratis

Nonton Tarian Bali : Rp. 100.000,00

Pura Taman Saraswati
@meghanagaonkar

Jam Buka Pura Taman Saraswati

Adapun jam operasional wisata alam di bali memang hampir sama dengan tempat wisata lainnya, yaitu jam buka pura taman saraswati ubud:

Buka setiap hari, pukul : 07.00 – 17.00 WITA

Untuk merasakan suasana udara alam yang sangat sejuk, sebaiknya kalian datang disore hari, supaya kalian tidak akan ketinggalan dengan suasana alam disore harinya.

Alamat, Lokasi Pura Taman Saraswati

Alamat, lokasi pura taman saraswati ubud berada di kawasan jalan Kajeng, Desa. Ubud Kecamatan. Ubud Kabupaten. Gianyar, Bali.

AlamatF7V6+PJ4, Jl. Kajeng, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Mapshttps://maps.app.goo.gl/QiCEhxpRMXzJMWHX8
Telpon

Rute Menuju Pura Taman Saraswati

Sedangkan, rute menuju pura taman saraswati ubud, bali dari Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, silahkan kalian lihat peta dibawah ini.

Jadi, itulah pembahasan pembahasan wisata pura taman saraswati opening hours yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Baca Selanjutnya: Bali Safari & Marine Park – Daya Tarik dan Harga Tiket Masuk

Pertanyaan yang sering Diajukan?

Berapat tiket masuk pura taman saraswati?

Untuk biaya tiket masuk pura taman saraswati sendiri gratis alias tidak bayar.

Bagaimana sejarah pura taman saraswati?

Asal usul mula sejarah pura taman saraswati ubud berawal seorang pangeran kerjaan ubud memerintahkan kepada I Gusti Nyman Lempad seorang arsitek pada 1951 hingga selesai sampai 1952.

Reikha Jouliani
Reikha Jouliani
Fulltime penulis cerita indah liburan bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *