BLOG : Tempat Wisata Ubud Bali

Tempat wisata Ubud Bali apa saja sih ? mungkin itu banyaknya pertanyaan dari para wisatawan yang liburan ke Bali. Mereka banyak tidak tau tempat apa saja yang disediakan di daerah yang banyak memiliki kesenian Bali yang begitu istimewa dihati para wisatawan.

Sebagai tujuan tempat wisata di Bali, Ubud yang identik dengan seni dan budaya ini menawarkan berbagai pengalaman berwisata yang akan membuat anda semakin terkenang. Disini anda akan menemukan keindahan alam dari air terjun, persawahan, bangunan arsitektur, hutan, tempat nongkrong Instagramable di Ubud hingga penginapan yang sesuai dengan budget anda.

Berbagai seniman ternama juga banyak tinggal di daerah ubud, anda bisa menemukan seniman lukisan, pemahat patung, musik, ukir, dan seniman tari disini. Bahkan anda juga bisa khursus belajar tari bali di wilayah ubud ini.

Tempat Wisata Ubud Bali
Tempat Wisata Ubud Bali

Salah satu waktu yang tepat untuk liburan ke Ubud ialah pada musim Low-Season. Biasanya di periode tanggal 11 Januari hingga 30 Juni, selain tidak terlalu sering hujan di periode ini tidak banyak wisatawan yang datang, sehingga anda bisa menikmati Ubud lebih santai. Apalagi anda yang suka foto kekinian di ubud, pada periode Low Season di Bali ini lah anda tidak sibuk untuk mengatur waktu foto gantian dengan peserta wisata lainnya.

Lokasi Objek Wisata Ubud Bali

Untuk bisa menuju kawasan objek wisata Ubud Bali, anda bisa menggunakan kendaraan bermotor dari arah Pantai Kuta, kurang lebih perjalanan sekitar 1 jam 30 menit. Dengan mengambil rute perjalanan melewati Bypass I Gusti Ngurah Rai menuju arah Desa Tohpati, kemudian masuk ke arah Desa Belahbatuh, Desa Celuk, Desa Batuan dan masuk ke Desa Mas.

Setelah itu anda akan menemukan pertigaan jalan, jika ke kanan menuju daerah Kintamani, dan ke kiri menuju daerah Ubud. Pilih jalur ke kiri maka anda akan tiba di kawasan seni Ubud.

Daya Tarik Ubud Bali

Tempat Makan Di Kawasan Ubud

Beberapa kuliner yang wajib di kunjungi untuk anda saat di Ubud seperti Nasi Kedewatan Bu Mangku, Bebek Bengil, Mang Engking Ubud atau pun kampung cafe menjadikan bahan referensi untuk anda menikmati kuliner di ubud.

Tempat Wisata Ubud Bali

Tentunya bagi seorang muslim yang sedang liburan ke ubud akan mencari tempat untuk ber-ibadah, jangan khuatir karena di sana juga ada masjid di Ubud yang bisa di gunakan umat muslim untuk ber-ibadah. Jadi di sela-sela liburan anda tetap bisa menunaikan kewajiban.

Ubud pun memiliki sederet penginaapan yang menawarkan kepada anda hunian dengan berbagai tipe, baik itu losmen, villa, hingga hotel berbintang dengan standart internasional yang bisa memberikan pengalaman seru anda menginap.

Banyaknya hotel murah di ubud pun menjadi primadona wisatawan yang berlibur, anda tentu harus mencoba salah satu hotel ini jika ke Bali yah.

Tempat wisata ubud lainnya juga banyak yang bisa di kunjungi di kawasan ubud. Berikut kami coba merangkaikan daftar objek wisata di ubud yang bisa menjadi bahan refrensi anda liburan.

1. Monkey Forest Ubud

Ubud tidak hanya tentang bangunan sejarah dengan arsitek seninya ada juga hutan yang dihuni oleh ratusan ekor kera. Adalah Mandala Wisata Wenara Wana atau yang lebih dikenal dengan nama Monkey Forest Ubud. Walaupun di Bali ada beberapa hutan kera seperti sangeh ataupun alas kedaton, namun monkey forest ubud ini paling banyak di kunjungi oleh para wisatawan.

Bagaimana tidak, didalam hutan kera ini terdapat pura dengan mata air suci yang sering di kunjungi oleh para masyarakat Hindu yang ingin ber-ibadah. Selain itu lokasinya yang berada di pusat Ubud membuat banyak wisatawan yang datang ke Ubud juga datang ke objek wisata kera ini.

2. Rafting Sungai Ayung Ubud

Memacu adrenaline saat liburan terkadang menjadi pilihan tersendiri bagi para wisatawan yang liburan. Salah satunya ialah bermain wahana air rafting di Sungai Ayung. Satu, aliran air yang sejuk dan deras. Dua, memiliki jeram dengan grade level 2. Tiga, pemandangan disekitar yang indah. Membuat rafting di ubud merupakan salah satu pilihan anda untuk mengisi waktu liburan.

3. Pura Taman Saraswati Ubud

Pura Taman Saraswati merupakan pura yang di bangun untuk memuja Dewi Ilmu Pengetahuan yaitu Dewi Saraswati. Uniknya Pura Taman Saraswati di Ubud ini adanya sebuah kolam tratai yang melingkari di antara kolam tersebut. Sehingga membuat objek wisata ini terkesan lebih menarik.

Pura ini juga memiliki panggung untuk mementaskan Tari Kecak pada sore hari, membuat tempat ini lebih berkesan apalagi adanya ornamen-ornamen khas Bali yang megah menyertai.

Tempat ini menjadi buruan para wisatawan karena kolamnya di penuhi oleh bunga teratai yang mengelilingi pura.

4. Museum Arma Ubud

Museum Arma Ubud atau yang dikenal sebelumnya Museum Seni Agung Rai ini di bangun di lokasi ubud dengan kontur naik turun, sehingga suasana nya menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang mengunjungi museum ini. Di sini anda bisa menemukan koleksi seni lukis dan juga bisa menikmati beragam spot foto yang sangat instagramable untuk anda.

Selain itu di Arma Ubud Museum, anda juga bisa belajar cara membuat lukisan di telur. Melukis di telus memperlukan keahlian khusus, jadi disini anda akan di ajarkan cara untuk menggambarnya. Selain itu juga ada kelas untuk dasar-dasar pembuatan perhiasan seni perak.

5. Museum Neka Ubud

Museum Neka Ubud memiliki arsitektur khas Bali yang di Bangun pada periode 1982 yang berasal dari nama guru seni bernama Suteja Neka. Bangunan museum Neka Ubud ini sangat terawat dan teroganisir dalam menampilkan karya seni, sehingga pengunjung dengam mudah untuk mengerti dan menikmati seni lukis.

Lebihd dari 300 karya seni lukisan dari seniman mancanegara terdapat di museum ini. Jadi anda bisa menikmati karya seni ini lebih dari 1 jam.

Jam operasional Museum Neka dari senin sampai sabtu jam 9:00 pagi hingga jam 17:00 sore dan biaya tiket masuknya sebesar 75.000

6. Museum Puri Lukisan Ubud

Museum Puri Lukisan Ubud ialah museum seni lukis yang ada di daerah Ubud yang tujuannya menampung banyak kreativitas para seniman-seniman di Bali menjadi sebuah daya tarik bagi para wisatawan. Disini terdapat banyak karya seni seniman lokal yang disimpan sebagai koleksi agar bisa menjadi wawasan bagi generasi mendatang.

Tokoh yang menjadi pendiri museum ini ialah Raja Ubud yang bernama Tjokorda Gde Agung Sukowati yang sangat konsen dengan ada dan budaya seni ini.

7. Museum Blanco Ubud

Rasanya wisata ke Ubud akan tidak sempurna jika kita tidak berkunjung ke Museum Blanco. Seorang seniman yang termasyur ini mampu membawa nama Ubud jauh lebih di kenal oleh khalayak luas negeri. Bagaimana tidak, pelukis yang bernama Antonio Blanco ini memiliki darah keturunan dari Spanyol dan Amerika Serikat ini menuangkan karya seninya melalui lukisan istrinya.

Adalah Ni Ronji, wanita asli Bali yang dinikahi Antonio Blanco yang selalu menjadi inspirasinya untuk berkarya. Tak heran kita akan menemukan lukisan-lukisan dari wajah Ni Ronji disana.

Museum ini berada di areal perbukitan Sungai Campuhan Ubud dan setiap harinya ada ratusan wisatawan yang datang ke tempat ini.

8. Desa Putulu

Salah satu hal unik di Ubud ialah adanya Desa yang di huni oleh ratusan bahkan ribuan burung bangau atau nama balinya burung kokokan yang hidup di Desa Petulu Ubud.

Disini burung dan warga hidup berdampingan sehingga bisa di jadikan tempat wisata di karenakan masyarakat sekitar tetap melestarikan keberadaan habitat kawanan bangau ini.

Desa Petulu berlokasi kurang lebih sekitar 10 menit dari Pusat Ubud, jadi tidak begitu jauh yah untuk anda yang mau meng-explore lebih Ubud.

9. Pura Tirta Empul Tampak Siring

Tampak Siring ialah sebuah kecamatan di kabupaten Gianyar Bali, disini terdapat sebuah istana kepresidenan yang dinamanya Istana Tampak Siring. Terdapat pula sebuah pura suci umat hindu yang bernama Pura Tirta Empul dengan mata air sucinya.

Pura Tirta Empul ini sendiri pun dipergunakan oleh masyarakat Hindu untuk beribadah dan mengambil air sucinya. Disana terdapat pancuran air yang biasa di gunakan masyarakat untuk melukat, atau berbesih diri dari hal-hal negatip.

10. Candi Tebing Gunung Kawi

Pura Gunung Kawi merupakan suaty cagar budaya dengan beberapa peninggalan purbakalanya yaitu berupa Candi yang tersusu dari bebatuan yang di pahat.

Di Objek wisata ini, terdapat banyak nilai-nilai sejarah yang dapat bisa kita dapati.

Candi Gunung Kawi ini terletak dekat sungai Pakerisan, DUsun Paneka desa Tampaksiring Gianyar Bali. Atau kurang lebih sekitar 30 menit dari Pusat Ubud.

Disini terdapat anak tangga kurang lebih sekitar 300 anak tangga dengan suasana asri atas rimbunnya pepohonan yang berada di sekitar.

11. Air Terjun Tegenungan Kemenuh

Ingin menikmati alam ubud lainnya ? Datanglah ke air terjun Tegenungan ini. Lokasinya berada di Desa Kemenuh Kecamatan Sukowati. Air Terjun ini di kenal sebagai air terjun kemenuh, yaitu mengambil nama dari nama desa tersebut.

Air Terjun ini tidak terlalu jauh dari Kota Denpasar dan keberadaan air terjun ini juga mudah di akses dari parkiran. Tidak seperti objek wisata air terjun lainnya yang mungkin agak sulit meng-aksesnya.

Sebenarnya air terjun ini bernama Srongsongan, tetapi ada yang menyebutnya air terjun Tegenungan Kemenuh dan ada juga Air terjun Blangsinga. Lalu kenapa bisa banyak begini namanya ?

Berikut ulasan mengenai Air Terjun Srongsongan ini.

12. Puri Ubud

Puri Ubud atau nama aslinya Puri Saren Agung Ubud, yang merupakan sebuah istana sebagai pusat pemerintahan kerajaan yang berkuasa pada masanya. Melalui kerajaan inilah perkembangan pariwisata di Ubud di mulai, tepatnya di jaman kerajaan kolonian Belanda.

Wisata di Puri Ubud ini merupakan salah satu tujuan wisata yang selalu di buru oleh pada wisatawan. Setiap harinya ribuan pengunjung datang ke objek wisata ini.

Bangunan puri ini memiliki nilai historis untuk masyarakat sekitar, mulai dari jaman Bali Kuno hingga jaman sekarang. Oleh sebab itu keluarga kerajaan masih mempertahankan bentuk aslinya sebagaimana istana kerajaan yang megah di masanya.

13. Pasar Seni Ubud

Mau buat foto yang ikonik, bisa juga lho mampir ke Pasar Seni Ubud. Tak heran banyak pada influencer selebgram yang membuat content disini. Lokasi pasar seni ubud berdekatan dengan Puri Ubud, cukup jalan kaki saja.

Berbagai hal unik bisa kalian temukan di pasar ini. Dari mug, tas, baju, kain, camilan hingga lukisan pun tersedia disini.

Oh iyah film eat-pray-love juga mengambil latar belakang di Pasar Seni ini lho.

14. Bukit Campuhan

Mau buat foto prewedding yang keren di Bali ? Kalian harus coba yang namanya Bukit Campuhan Ubud. Bagaimana tidak, bukit yang memiliki jalan setapak kurang lebih 2 kilometer ini memiliki rerumputan yang banyak di sepanjang jalan setapaknya.

Warga sekitar ubud juga menjadikan tempat ini untuk olahraga joging. Dan waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini ialah sebelum matahari terbit atau pada sore hari.

15. Goa Gajah

Pura Goa Gajah merupakan salah satu dari pura tua yang ada di Pulau Bali. Terlebih lagi pura ini memiliki nilai sejarah yang tinggi di Bali, terlihat dari desain pura ini.

Pura Gajah yang unik ini pun mendapatkan predikat situs warisan dunia yang harus di lindungi oleh UNESCO. Karena desin uniknya inilah membuat pura Goa Gajah Bali pun menjadi destinasi yang berhasil menarik banyaknya para wisatawan yang ingin berlibur ke Bali.

Pura Goa Gajah ini juga merupakan lokasi umat Hindu dan Budha Bali pada masa pemerintahan Dinasi Warma Dewa pada rentang abad 10 hingga abada 11 masehi.

Baca juga : “Sejarah Pura Goa Gajah“.

  • Alamat, Jalan Raya Goa Gajah No.99 Kemenuh Sukawati, Pejeng Kawan, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali 80582
  • Peta lokasi : https://g.page/goa-gajah?share
  • Tiket masuk : 30.000 / Orang

16. Taro Elephant Safari Park

Taro Elephant Safari Park Ubud ialah sebuah tempat wisata petualangan. Disini anda bisa menikmati aktivitas berpetualang di pedesaan dengan mengendarai Gajah. Tentunya ini akan memberikan pengalaman seru saat anda wisata keluarga di bali.

Masona Elephant Safari Park ini berlokasi di Tari Village Tegalalang Ubud Bali. Perjalanan kurang lebih sekitar 30 menit dari Pusat Ubud. Dengan lupas area sekitar 3,5 hektar dan menerapkan standart keselematan internasional.

  • Alamat, Jalan Elephant Safari Park Banjar Desa Taro Tegallalang, Taro, Kec. Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali 80561
  • Peta lokasi : https://goo.gl/maps/BwLv1x4awPSn4W5D8
  • Tiket masuk : 575.000 Dewasa & 390.000 Anak

17. Air Terjun Kanto Lampo

Salah satu objek wisata air terjun di Bali yang sedang naik daun ialah air terjun Kanto Lampo yang berada di kabupaten Gianyar Bali, tidak jauh dari pusat Ubud. Air Terjun ini menjadi ikonik instagramable banget karena air terjunnya yang indah dan kita bisa berdiri di atas bebatuan besar di bawahnya.

Air Terjun Kanto Lampo pun memiliki udara yang sejuk karena banyaknya pepohonan di sekitarnya. Air terjun ini pun di sucikan oleh masyarakat sekitar karena digunakan untuk upacara Dewa Yadnya atau Potra Yadnya.

18. Tegalalang Rice Field

Mungkin pemantang sawah di daerah anda cukup banyak, namun apakah yang memiliki pemandangan indah pematang sawang dengan sistem terasiring dan terdapat beberapa pura di sekitar sawah, pohon kelapa dan aliran air sungai yang menjadi pemandangan tersendiri membuat objek wisata Tegalalang di Desa Ceking ini menjadi lebih indah.

Disepanjang jalan menuju Tegalalang banyak terdapat toko-toko cinderamata yang menjual beragam karya seni masyarakat Desa Ubud.

19. Bali Pulina Agro Tourism

Ingin menikmati sensasi menikmati secangkir kopi dengan cara yang berbeda ? Anda harus coba datang ke Bali Pulina Agro Tourism. Anda bisa menikmati sajian minum kopi dengan pemandangan yang indah atas hutan hujan tropis dan lembah di depan anda. Selain itu anda juga bisa melihat proses pembuatan dan sangrai biji kopi luwak sehingga bisa di nikmati oleh pencinta kopi.

Tak hanya itu anda yang datang kesini juga akan mendapatkan beberapa gelas tester minuman khas dari Bali Pulina seperti ginger tea, lemon tea, chocolate coffee, vanilla coffee, pure cocoa, ginger coffeedan pure Bali coffee. Its Free…..

  • Alamat, Jl. Raya Pujung Kaja, Sebatu, Kec. Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali 80561
  • Peta lokasi : https://g.page/balipulina?share
  • Tiket masuk : 100.000 / Orang

20. Alas Harum

Alas Harum ialah salah satu dari beberapa agrowisata di bali yang memiliki pemandangan yang sangat menawan. Disini anda bisa menikmati agrowisata kopi luwak di bali yang banyak di buru oleh para wisatawan yang sedang liburan.

Keunggulan dari Alas Harum ialah ia menyediakan berbagai hal menarik untuk para wisatawan, antara lain wahana ayunan atau bali swing, tempat selfie, wahana flying fox dengan panjang 300 meter dan hal menarik lainnya.

Lokasinya yang berada di Desa Ceking, yang searah ke objek wisata Kintamani, membuat Alas Harum banyak disinggahi oleh para wisatawan.

Transportasi ke Desa Budaya Ubud

Untuk menuju Desa Ubud, ada beberapa transportasi yang bisa di pergunakan oleh masyarakat atau pun wisatawan yang sedang liburan ke Bali. Namun kembali lagi ke selera masing-masing nyamannya bagaimana.

1. Sewa Mobil di Bali

Sebagai perusahaan di bidang transportasi, kami memiliki jasa sewa mobil plus supir murah di Bali dengan harga yang bersaing namun fasilitas tetap terjaga dengan baik. Terlebih lagi di kawasan ubud jalannya lumayan banyak dan sempit-sempit tak heran sangat sulit menemukan tempat parkir yang nyaman untuk kendaraannya. Oleh sebab itu menggunakan jasa supir di bali sangat rekomended untuk anda.

2. Sewa Motor di Bali

Anda juga bisa menikmati indahnya alam ubud dengan berpetualan menggunakan kendaraan sepeda motor. Tentunya disini anda membutuhkan bantuan dari aplikasi GPS seperti Google Maps untuk menuntun anda ke daerah Ubud.

Dimana bisa sewa motor di Bali ?

Banyak tempat penyewaan sepeda motor yang tersebar di kawasan Kuta, Legian, Sanur. Biasanya di hotel-hotel tempat anda menginap juga menyediakan fasilitas layanan sewa motor di Bali.

3. Trans Metro Dewata

Fasilitas terbaru dari pemprov Bali ialah kendaraan umum Bus Trans Metro Dewata Bali. Atau yang di kenal masyarakat Bali dengan nama Teman Bus.

Bus dengan koridor nomor 4 ini melayani rute dari Terminal Ubung menuju kawasan Ubud di daerah Monkey Forest, saat ini tidak ada biaya menggunakan layanan bus ini. Namun kedepannya akan ada biaya yang di tentukan.

Pertanyaan lain tentang Ubud

Apakah menginap di Ubud sangat rekomended ?

Jika anda menginginkan ketenganan dan alam sekitar yang asri maka ubud sangat cocok untuk anda.

Bagaimana dengan protokol kesehatan liburan di Ubud saat ini ?

Pengelola tempat wisata setempat memiliki aturan dalam pelaksanaan protokol kesehatan di era pandemi covid-19 ini. Dengan memberikan batasan pengunjung dan jam ber-operasi pun ditentukan. Sarana protokol kesehatan lainnya juga disiapkan seperti tempat cuci tangan dan hand sanitizer juga tersedia di berbagai titik.


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Parahita TourParahita TourIDRMo-SuCash500062 (361) 488-208Jl. Gunung Bromo XI No 23 Denpasar Bali
5 out of 5 stars -1 votes
Loading...
Tags: Air Terjun Kanto Lampo, Air Terjun Tegenungan Kemenuh, Alas Harum, Bali Pulina Agro Tourism, Bebek Bengil, Bebek Tepi Sawah, Bukit Campuhan, Candi Tebing Gunung Kawi, Goa Gajah, Istana Kerajaan Ubud, Monkey Forest Ubud, Museum Arma Ubud, Museum Blanco Ubud, Museum Neka Ubud, Museum Puri Lukisan Ubud, Pasar Seni Ubud, Pura Taman Saraswati Ubud, Pura Tirta Empul Tampak Siring, Rafting Sungai Ayung Ubud, Tegalalang Rice Field
Last Modified on Jan 27, 2021