BLOG : Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi, mulai banyak dibahas oleh berbagai wisatawan baik itu domestik indonesia maupun wisatawan mancanegara yang datang ke daerah Kabupaten Banyuwangi. Rata-rata mereka datang karena ingin melihat indahnya pantai yang katanya masih perawan di Banyuwangi ini.

Walaupun akses menuju pantai ini cukup terjal yang bisa memacu adrenaline, tetapi wisatawan tetap ingin menuju pantai ini. Karena semua itu akan terbayar lunas saat anda sampai di pantai ini. Beberapa opsi untuk menuju pantai ini juga tersedia, baik melalui jalur darat hingga jalur laut pun tersedia. namun semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Selain itu, di pantai ini anda juga bisa melihat pemandangan air terjun yang memiliki ketinggian 8 meter dan juga sering dijadikan tempat untuk melepas relaks saat ke Pantai Teluk Hijau Banyuwangi.

Pantai Teluk Hijau

Daya Tarik Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi juga dikenal dengan nama Green Bay Banyuwangi atau ada juga yang menamakan Teluk Ijo. Pantai ini masih indah, asri dan alami. Panta ini memiliki pasir putih yang bersih. Tak heran sering di juluki sebagai pantai perawan Banyuwangi, karena letaknya di Taman Nasional Meru Betiri dan masih jarang orang yang datang kesini.

Sesuai dengan namanya, teluk ini juga memiliki warna laut yang kehijauan jika di lihat dari jauh. Berbeda dengan kawasan di pantai Plengkung yang airnya sudah kelihatan biru saat di lihat oleh mata yang memandang. Hijaunya pantai ini dikarenakan adanya alga air dangkal yang memantulkan warna hijau di permukaan air.

Sebagai destinasi wisata, pantai ini mulai dikenal oleh para wisatawan mulai dari awal tahun 2015, sehingga banyak wisatawan domestik yang mulai mendatangi objek wisata ini. Tak heran wisatawan internasional juga mulai berdatangan ke Pantai ini. Walaupun akses jalan menuju daerah ini belum memadai namun tidak menyurutkan niat wisatawan untuk datang.

Harga tiket masuk

DeskripsiHarga
Weekday5.000
Weekend7.500

Jam buka objek wisata

Untuk jam buka pantai Teluk Hijau Banyuwangi mengikuti jam buka Taman Nasional Meru Betiri. Objek wisata di buka pukul 07.00 pagi hari hingga 16.30 sore hari.

Baca juga : “Paket Tour Banyuwangi dengan Pesawat“.

Lokasi Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau terletak di Taman Nasional Meru Betiri, Sarongan, Pesanggran, Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini berjarak sekitar 90 km dari kota Banyuwangi. Untuk bisa ke pantai ini anda bisa melalui jalur darat.

Opsi lain juga tersedia, yaitu menggunakan opsi jalur laut menggunakan perahu nelayan yang berangkat dari Pantai Rajegwesi, namun jika kondisi air laut sedang besar, anda tidak bisa menggunakan opsi ini.

AlamatDusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68488
Mapshttps://g.page/telukhijau?share
Telpon

Fasilitas di Pantai Teluk Hijau

Tidak terlalu banyak fasilitas yang bisa didapatkan di area Pantai Teluk Hijau ini. Disana hanya tersedia toilet, musholah dan ruang sekertariat saja.

Aktivitas yang bisa dilakukan

Beragam aktivitas bisa anda lakukan saat anda dan rekan berada di kawasan Pantai Teluk Hijau, antara lain :

Berenang

Anda bisa melakukan aktivitas bermain air/ berenang di sekitaran bibir pantai, karena ombaknya terkadang cukup besar dan tidak adanya penjaga pantai, mungkin anda harus extra hati-hati dalam bermain air disini.

Mandi di Air Terjun Teluk Hijau

Sebuah air terjun dengan ketinggian 8 meter yang jaraknya kurang lebih 200 meter dari bibir pantai, sering banget dijadikan tempat mandi-mandi atau sekalian berbilas setelah berenang. Konon katanya air terjun ini dinamakan Air Terjun Bidadari dikarenakan pada waktu-waktu tertentu bidadari sering datang kesini untuk mandi.

Bahkan jika ada wisatawan yang memiliki kemampuan mata batin, ia akan dengan mudah menemukan wanita cantik yang sedan mandi di air terjun tersebut saat ada pelangi muncul.

Baca juga : “Paket Tirta Yatra ke Blambangan Banyuwangi“.

Mengunjungi Pantai Batu

Tepat di sebelah Pantai Teluk Hijau, juga terdapat sebuah pantai yang tak kalah keren, namanya ialah Pantai Batu. Pantai ini berselimuti batu-batu yang tertata rapi secara alami. Pantai ini jaraknya tidak begitu jauh dari Pantai Teluk Hijau, kurang lebih 5-10 menit berjalan kaki dari Pantai Teluk Hijau.

Namun perlu di ingat, saat anda datang ke Pantai Teluk Hijau dan berjalan disekitar, pengunjung diharapkan untuk tetap berhati-hati, karena kawanan monyet hutan juga masih ada di sekitar. Anda diharapkan untuk tidak memberikan makanan kepada hewan-hewan luar ini.

Berfoto

Tentunya dokumentasi berupa foto atau video di era milenial saat ini begitu dibutuhkan, tak heran banyak wisatawan yang hunting foto di pantai teluk hijau ini. Karena anda dengan mudah akan mendapatkan berbagai spot foto dengan latar belakang pemandangan yang mempesona dan aestetik banget. Anda bisa berfoto dengan latar belakang pantai, hutan yang hijau, maupun bebatuan karang yang ada di pantai.

Transportasi Menuju Pantai Teluk Ijo Banyuwangi

Untuk bisa menuju pantai teluk ijo di Taman Nasional Meru Betiri, saat ini anda hanya bisa menggunakan transportasi jasa sewa mobil di Banyuwangi. Anda akan di antar oleh supir yang profesional untuk menuju ke indahnya pantai yang berada menghadap ke samudera hindia ini.

Sebenarnya jika anda menggunakan kendaraan umum seperti bus lalu di sambung dengan angkot, anda bisa saja sampai ke pintu masuk Taman Nasional Meru Betiri. Namun untuk menlanjutkan ke pantai teluk ijo anda tidak ada opsi lain selain menggunakan sewa kendaraan.

Atau jika anda yang memiliki jiwa petualang, anda bisa sewa motor di banyuwangi, kemudian berjalan-jalan ke daerah Teluk Ijo di Banywangi selatan.

Objek wisata di sekitar Pantai Teluk Ijo Banyuwangi

  • Pantai Pulau Merah, atau Pulo Merah adalah sebuah pantai dan objek wisata di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini dikenal karena sebuah bukit hijau kecil dengan tanah berwarna merah yang terletak di dekat bibir pantai
  • Pantai Mustika, hamparan pasir pantai yang bersih kawasan sekitar yang cukup rindang oleh ratusan pohon kelapa seakan bisa dijadikan atap alami untuk para pengunjung yang berteduh.
  • Pantai Rajegwesi, sebuah pantai yang terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai Rajegwesi terletak dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Disini anda bisa melihat panorama pantai yang begitu indah.

Pertanyaan seputar Pantai Teluk Hijau

Apakah di Teluk hijau bisa mendirikan tenda untuk camping ?

Saat ini tidak di ijinkan mendirikan tenda/ camp untuk menginap disana. Anda bisa menggunakan hotel di sekitar teluk hijau yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Saya menggunakan kereta api menuju Teluk Ijo, dimana harus turun ?

Anda bisa turun di Stasiun Kalibaru, kemudian menggunakan transport menuju terminal Jajag, lalu menggunakan angkot menuju Rajegwesi, yaitu pintu masuk Taman Nasional Meru Betiri, tempat pantai teluk ijo.

Jam berapa pantai teluk hijau di buka untuk umum ?

Normalnya pantai teluk hijau di buka jam 7 pagi dan di tutup untuk umum jam 4:30 sore.

img src : gensavana, vitriemaulani, cleopatour, goldnesia, nguuurrr, fridaulisr_


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Parahita TourParahita TourIDRMo-SuCash500062 (361) 488-208Jl. Gunung Bromo XI No 23 Denpasar Bali
5 out of 5 stars -1 votes
Loading...
Tags: Banyuwangi, Pantai Teluk Hijau, Pantai Teluk Ijo, Taman Nasional Meru Betiri, Teluk Hijau, Teluk Ijo, Wisata Banyuwangi
Last Modified on Feb 4, 2021

Testimonial


Kenzo Aprilio
Denpasar

Walaupun medan menuju tempat ini begitu jauh tetapi pemandangan laut hijaunya begitu mempesona.

Jerry Reynaldo
Semarang

Memang benar-benar membutuhkan perjuangan untuk bisa ke Pantai ini.