Rumah Pohon Nusa Penida

Keindahan Bali memang sudah dikenal hingga ke penjuru dunia, termasuk di Nusa Penida. Daerah yang dikenal akan pantainya ini pun memiliki satu spot menarik anti mainstream bernama Rumah Pohon batu Molenteng Atuh. Seperti namanya, spot instagramable ini ternyata punya banyak daya tarik yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja.

Bagaimana tidak, anda bisa melakukan aksi swa foto kekinian dengan latar belakang pemandangan pantai diamond yang sangat iconic banget dimana terdapat sebuah pulau batu kapur yang berbentuk seperti permata di tengah laut.

Apalagi saat anda melakukan foto selfie tersebut saat matahari terbit dan berdiri di atas tangga yang mengarah menuju rumah di atas pohon tersebut, akan menjadi koleksi foto pribadi anda yang sangat instagramable banget. Anda pun bisa menikmati indahnya pemandangan di Rumah Pohon Nusa Penida dengan menggunakan paket tour nusa penida trip timur.

Rumah Pohon Nusa Penida
@samuel_elfondato

Rumah Pohon Nusa Penida

Sejarah Lokasi

Meski tak ditemukan informasi akan sejarah lokasi wisata ini, namun bisa dikatakan bahwa tebing batu Molenteng Atuh memang sudah menjadi tujuan liburan sejak lama. Umumnya wisatawan berkunjung demi menikmati keindahan pemandangan Pantai Atuh, yang tertutupi tebing tinggi. Karena itulah, lokasi tinggi Molenteng jadi pilihan utama untuk bersua.

Daya Tarik Yang Ditawarkan

Keunikan Tempat Untuk Berteduh

Mungkin karena lokasi yang begitu ramai, akhirnya warga dan pihak pengelola mulai membangun rumah di atas pohon dan tebing. Lokasi yang unik dan tinggi itu pun menuai banyak daya tarik serta pujian. Setidaknya saat ini telah tersedia tiga bangunan rumah yang memiliki estetika unik, termasuk bahan bangunan, dimensi, dan lokasinya.

Bayangkan saja, setiap rumahnya terbuat dengan desain sederhana menggunakan bahan kayu dan bambu. Sedangkan bagian atap Rumah Pohon terbuat dari jerami. Rumah tersebut pun dibangun di atas pohon yang telah dipangkas, sehingga menyerupai rumah panggung. Menariknya, hunian unik itu pun hanya memiliki dimensi sebesar 4×4 m.

Untuk generasi yang serba modern, kehadiran rumah di atas pohon ini menjadi daya tarik dan hal unik tersendiri. Belum lagi dengan kesan down to earth yang membuat pengunjung merasa menyatu dengan alam. Keunikan lokasi, bangunan, dan rumah itu sendiri sering menjadi tujuan utama bagi para penggemar fotografi.

Rumah Pohon Nusa Penida
@eghyx__

Sensasi seru Tinggal Di Ketinggian 50 Meter

Selain untuk berfoto dan mencari keindahan, ternyata rumah mungil di atas ketinggian ini pun bisa disewa untuk bermalam. Tentunya pengunjung harus rela tinggal di ruang sempit. Meski demikian, tinggal di atas ketinggian 50 meter bisa menjadi nilai menarik tersendiri. Terutama untuk Anda yang ingin terjaga di tengah malam atau bangun di depan matahari cantik di ufuk timur.

Keindahan Alam Dari Puncak Pohon

Rumah pohon yang dihubungkan dengan tangga kayu dan fasilitas serba minimalis ini pun berhasil menyorot keindahan alam Nusa Penida. Mulai dari keindahan tebing batu yang menyeruak, hijaunya karpet alam penuh dengan pohon, hingga birunya pantai Atuh yang tenang. Tampilan eksotis tersebut akan tampak lebih jelas dari salah satu rumah tujuan.

Salah satu dari tiga rumah yang dibangun di atas tebing ini adalah lokasi paling favorit bagi pengunjung. Tempatnya tepat berada di atas pohon di kaki tebing. Meski sederhana, tapi rumah yang satu ini menghadap langsung ke arah pantai Atuh. Sehingga tampilan pemandangannya tak terhalang oleh apapun.

>>> Baca juga : Panduan menuju Nusa Penida.

Tampilan Cantik Pantai Atuh

Berbicara soal pemandangan, Pantai Atuh di nusa Penida dikenal akan lokasi cantiknya yang dikelilingi tebing batu tinggi. Kolaborasi warna hijau kebiruan, tebing hitam putih menjulang, dan kehijauan pun tampak lebih indah saat disaksikan dari lokasinya. Belum lagi dengan udara yang sejuk nan asri, tak heran jika lokasi rumah pohon ini begitu diminati.

Alamat Dan Rute Untuk Menuju Lokasi

Lokasi tebing Batu yang satu ini berada di desa Tanglad tepatnya di wilayah Banjir, Pelilit Nusa penida. Cukup jauh dari pusat pulau bali, namun hal tersebut pula yang menjamin keindahan area. Untuk mencapai lokasi ini, rute terbaiknya adalah dari pusat Nusa Penida. Yang mana diperkirakan akan memakan waktu sekitar 38 menit saja.

Rute ini bisa Anda tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik itu roda dua atau empat. Anda dapat memulai perjalanan dari Jalan Puncak Mundi. Silahkan ambil arah selatan untuk menuju Jl. Raya Salang. Nantinya Anda perlu menuju ke Jl. Batu Kandik Tanglad. Setelahnya, ikuti petunjuk arah atau warga sekitar untuk mencapai lokasi. Atau untuk mudahnya anda bisa mengikuti program paket tour nusa penida yang bisa anda dapatkan dengan harga bersahabat.

Rumah Pohon Nusa Penida
@jeiny_lowing

Alamat

Alamat6JC8+HPW, Pejukutan, Nusa Penida, Klungkung Regency, Bali 80771
Mapshttps://goo.gl/maps/JRyZZTig1Aw9yqVq7
Telpon082140078097

Tips dan Biaya Saat Berkunjung Ke Lokasi

Pada dasarnya, lokasi rumah ini tidak menarik biaya tinggi. Anda dapat berkunjung dan membayar biaya parkir sekitar 5 ribu rupiah. Untuk berfoto ria, Anda pun hanya perlu membayar sekitar 10 ribu saja. Tapi untuk menginap, Anda harus membayar sekitar 300-500 ribu rupiah tergantung pada waktu dan permintaan.

Untuk mencapai rumah pohon, disarankan untuk bersiap diri dengan matang. Terutama untuk kondisi fisik. Pasalnya, Anda harus melalui jalan berliku selama 15 menit untuk mencapai lokasi rumah. Jalur setapaknya pun cukup berbahaya dan perlu ketelitian. Selalu perhatikan keselamatan, kondisi lingkungan, dan cuaca sebelum Anda berkunjung.

Meski memang tak ada sejarah pasti akan pembangunan rumah di atas pohon dan tebing, namun lokasi ini telah menarik perhatian banyak wisatawan. Keunikan bangunan rumah, keindahan alam, hingga kesan menantang pun menjadi nilai plus sendiri. Meski seru, perhatikan dan tetap perhatikan keselamatan saat berkunjung ke lokasi tebing tersebut.

@tia_leticiatan

Tiket Masuk Rumah Pohon

Untuk bisa menikmati rumah pohon di kawasan Pulau Nusa Penida Bali, anda bisa merogoh kocek kurang lebih sekitar 10.000 per-orang, cukup murah bukan. Selain itu juga tersedia penginakan dengan biaya kurang lebih sekitar 300.000 per malam.

Objek wisata di sekitar Rumah Pohon Nusa Penida

Adapun beberapa objek wisata di sekitar Rumah Pohon Nusa Penida juga juga banyak di cari oleh para wisatawan yang berlibur ke Nusa Penida ialah :

  • Atuh Beach, adalah sebuah pantai yang berada di sisi sebelah utara dari Pantai Diamond Nusa Penida. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri yang dijamin membuat anda betah menikmati keindahan pantai ini.
  • Diamond Beach, merupakan sebuah destinasi wisata yang berada di kawasan Nusa Penida yang memiliki pemandangan indah sebuah pulau dengan bukit kapur yang berbentuk permata atau diamind yang menjulang tinggi dengan air laut disekitarnya..
  • Bukit Teletubbies, merupakan bukit-bukit yang ada di kawasan Nusa Penida yang menyerupai dengan perbukitan dalam serial anak-anak Teletubbies.

Pertanyaan lain mengenai Rumah Pohon Nusa Penida

Apakah ada penginapan di sekitar Rumah Pohon ?

Untuk penginapan di sekitar Rumah Pohon terdapat beberapa hotel dan glamping yang tersedia.

Apakah Rumah Pohon bisa untuk anak-anak dan orang tua ?

Akses menuju tempat rumah pohon untuk sedikit agak menguras tenaga dan butuh extra hati-hati. untuk anak-anak dan orang tua bisa mengunjungi tempat ini. Namun tetap dalam pengawasan orang dewasa.

Apakah terdapat rumah makan di seputaran Rumah Pohon Nusa Penida ?

Tentu. Anda bisa menemukan beberapa rumah makan/ restaurant di sekitar Rumah Pohon.


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
Tags: Nusa Penida, Rumah Pohon, Rumah Pohon Molenteng, Rumah Pohon Penida, Wisata Nusa Penida
Last Modified on Sep 10, 2022

Testimonial


Esa Fitriani
Jakarta

Kalau sesini sepagi mungkin ya, pemandangannya begitu indah.

Agus Arrasyd
Semarang

Walaupun jauh, tapi semuanya terbayarkan disana. Pokoknya gak ngecewain.

Putra Imam
Jakarta

Keren banget pemandangan di Rumah Pohon Nusa Penida ini.