Wisata Banyuwangi Terbaru

Wisata Banyuwangi Terbaru – Tidak bisa di pungkiri, daerah Banyuwangi begitu menawan dan sangat cantik. Banyak destinasi wisata favorit yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk datang ke Pulau yang berada di kawasan Pulau Jawa bagian timur ini. Dan lokasinya tentu saja sangat dekat dengan Pulau Bali, cukup menyebrang menggunakan kapal ferry kurang lebih 1 jam dari Pelabuhan Gilimanuk menuju Pelabuhan Ketapang Banyuwangi.

Karena kedekatannya dengan Bali inilah, membuat para wisatawan yang berasal dari Pulau Bali melanjutkan menyebrang dan ke arah barat untuk menikmati indanya Wisata Banyuwangi Terbaru yang mulai banyak hadir di daerah yang mendapat julukan sunrise of java ini.

Sebut saja destinasi objek wisata Pulau Merah, Djawatan Benculuk, Taman Nasional Baluran, Kawah Ijen dan masih banyak lagi destinasi wisata lainnya yang berlokasi di Banyuwangi ini, bahkan kuliner di Banyuwangi pun sangat nikmat dan lezat, hal ini membuat para wisatawan yang ingin liburan, kembali mantab memilih Paket Tour Banyuwangi sebagai provider penyelenggara perjalanan wisata ke Banyuwangi.

Seiring perkembangan jaman, penggunakan sosial media menjadi sangat penting, setiap harinya ada banyak foto, video berupa konten yang di unggah oleh wisatawan yang liburan ke Banyuwangi, ke akun sosial media masing-masing. Hal inilah yang membuat nama Banyuwangi cepat melambung tinggi karena viral nya daerah ini dan membuat banyak para wisatawan berbondon-bondong datang ke Banyuwangi.

Wisata Banyuwangi Terbaru

Wisata Banyuwangi Terbaru

Sebagai travel agen lokal Banyuwangi, kami mencoba merangkai beberapa Wisata Banyuwangi Terbaru yang bisa menjadi bahan refrensi untuk anda liburan ke Banyuwangi.

Adapun beberapa destinasi terbaru di Banyuwangi ialah :

Air Terjun Legomoro

Air Terjun Legomoro terletak di balik belantara hutan pinus di dusun Sumbermulyo kecamatan Glenmore Banyuwangi ini berada di kawasan Perhutani KPH Banyuwangi Barat. Dimana warga sekitar menyebut daerah ini sebagai hutan pinus air terjun kembar Legomoro sebagai hutan tengkorak.

Mengapa disebut kembar ? Karena di sini terdapat dua buah aliran air terjun yang berasal dari salahs atu sumber mata air yang muncul di sekitar kaki Gunung Raung. Sedangkan nama Legomoro disematkan karena nama seorang mandor dari Perum Perhutani tersebut.

Aliran sungai tersebut selanjutnya membentuk banjuran dua mata air terjun sekitar 10 meter, dimana jatuhan air terjun ini di tampung dalam sebuah kolam buatan semi alami yang sering di pakai warga dan wisatawan untuk bermain air.

Tidak jauh dari Air Terjun Kembar Legomoro, ada sebuah air terjun tersembunyi lainnya, yang bernama Air Terjun Putri Ayu, dimana alirannya cukup jernih serta tidak terlalu tinggi.

Harga tiket masuk objek wisata Air Terjun Legomoro kurang lebih sekitar 5.000 / orang dan retribusi parkir kurang lebih 2.000 untuk kendaraan sepeda motor.

Air Terjun Lider

Air Terjun Lider terletak pada lereng pegunungan berhawa sejuk di kawasan hutan lindung dengan ketinggian air terjun sekitar 60 meter, dengan ketinggian daerah sekitar 1.300 meter di atas permukaan air laut dan berasal dari mata air pegunungan.

Nama Air Terjun Lider di berikan, karena letaknya di hutan lindung petak 74 blok lider di lereng Gunung Raung pada kawasan Resort Pemangkuan Hutan Jambewangi. Dimana untuk mencapai air terjun ini, kita harus melewati daerah yang cukup menantang yang melewati beberapa tebing curam yang menyebrangi sungai beberapa kali dan menembuh hutan lindung.

Perjalanan dengan medan tempuh sedikit menantang ini akan terbayar saat anda tiba di lokasi air terjun. Dimana kemegahan tebing tinggi dengan air terjun disini sangatlah indah dan anda akan puas menikmati flora fauna yang masih asri disana.

Jawatan Benculuk

Djawatan Benculuk Banyuwangi

De Djawatan Banyuwangi ialah salah satu dari objek wisata yang ada di kawasan Banyuwangi yang keberadaannya tidak disengaja namun kini serius di kelola oleh pemerintah daerah setempat. Untuk itu berikut ulasan mengenai De Djawatan, sebagai bahan referensi untuk anda dalam memilih paket tour ke banyuwangi.

Hutan De Jawatan dahulu kala di bangun pada masa zaman penjajahan Belanda ke Indonesia. Saat itu hutan ini di fungsikan sebagai daerah resapan air dan tempat menimbun Kayu Jati dengan kualitas nomor satu tentunya.

Tapi sayang, sekitar tahun 70’an, daerah ini menjadi tempat penjarahan kayu jati secara masif dan besar-besaran. Oleh sebab itu banyak masyarakat takut ke daerah ini. Bahkan hanya untuk melintas saja masyarakat juga takut. #serem #broo.

>>> Baca selengkapnya tentang Jawatan Benculuk.

Kampung Warna Warni Kalilo

Kampung Warna-warni Kalilo berada di pusat kota Banyuwangi di dekat Masjid Agung Baiturrahman di Keluarahan Singonegaran Kecamatan Banyuwangi. Kampung ini dahulu kala merupakan pemukiman kurang terawat, namun kini sudah bagus di perbaiki dan di beri cat warna warni sehingga membuat nyaman untuk mata yang memandang.

Penamaan Kalilo berasal dari kata Sungai yang dalam bahasa jawa berarti Kali, dan Elo adalah pohon elo yang dulunya banyak di tepian sungai Bengawan Solo. Dimana pohon ini di percaya memiliki nilai mistis dan juga pohon ini dipercaya bisa berkhasiat untuk pengobatan diare dengan meracik daun serta buahnya.

Baca juga : Jadwal pesawat Bandara Banyuwangi.

Desa Wisata Osing Kemiren

Desa Adat Kemiren adalah Salah satu daerah di Indonesia yang masih mempertahankan tradisi kebudayaan di tengah perkembangan zaman saat ini. Dimana karena masih mempertahankan kebudayaannya inilah membuat Desa Adat ini menjadi daya tarik tersendiri di Banyuwangi. Dan karena itu, pemerintah Kabupaten Banyuwangi pun menetapkan Desa Osing ini sebagai cagar budaya.

Desa Osing Kemiren ini masih di huni oleh suku osing yang merupakan keturunan kerajaan Hindu Blambangan. Dimana bahasa yang digunakan pun berbeda dengan warga jawa lainnya dan tradisi serta bahasa mereka masih di jaga serta diturun menurunkan hingga saat ini. Sebut saja tradisi Gedhongan, Atraksi Barong Osing, Tari Gandrung dan masih banyak lagi yang bisa ditemui di wilayah ini.

Hal unik lainnya di wisata Osing Kemiren ini ialah, acara syukuran mulai dari menanam pagi, hingga proses panen. Dimana pada saat panen, para petani akan memainkan semacam alat musik yang diiringi oleh angklung serta tabuhan gendang, dan para wanita akan memainkan alunan musik menggunakan lesung serta alu yang di pukul secara bergantian mengikuti irama.

Kawah Ijen

Kawah Ijen Banyuwangi yang termasuk dalam cagar alam Gunung Ijen ini memiliki daya pesona luar biasa untuk para wisatawan yang datang ke Kabupaten Banyuwangi. Pariwisata di kawasan ini mulai dilirik oleh para wisatawan yang haus akan destinasi wisata yang ada di Indonesia. Tak heran pemerintah setempat memiliki tagline untuk pariwisatanya ialah Majestic Banyuwangi, dimana terdapat gunung ijen pada logo tersebut.

Kawah Ijen sebagai ikon pariwisata Banyuwangi selalu membuat para wisatawan menjadi selalu ingin kembali ke tempat ini. Bagaimana tidak, walaupun lelah mendaki namun semua terbayar lunas ketika anda mencapai puncak ijen. Hamparan pemandangan pegunungan yang indah dengan kawah yang membiru membuat mata ini selalu nyaman untuk memandang alam ini.

>>> Baca selengkapnya tentang Kawah Ijen.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran ialah satu dari beberapa taman nasional yang berada di kawasan Pulau Jawa yang ada di propinsi Jawa Timur. Kawasan ini dahulu kala ialah lokasi berburu dengan kondisi alam yang sangat istimewa baik untuk keanekaragaman flora dan faunanya.

Kawasan wisata ini dibangun kisaran tahun 1980 dan mendapat julukan Africa van Java. Hal itu didapatkan karena memang keindahan alam taman nasional ini mirip sekali dengan kondisi alam di Afrika.

>>> Baca selengkapnya tentang Taman Nasional Baluran.

Taman Blambangan

Tak hanya pantai dan pegunungan, Banyuwangi juga memiliki sebuah spot untuk nongkrong, yaitu kawasan Taman Blambangan. Dimana tempat ini menyediakan beberapa sarana dan prasarana baik kaula muda mudi kota Banyuwangi maupun para wisatawan yang datang ke Banyuwangi. Dimana disini disedikan Playground, panjat dinding, lapangan basket serta skateboard untuk anda yang ingin ber-olahraga.

Uniknya lagi, pada malam hari para wisatawan bisa datang ke kawasan ini untuk mencicipi kudapan kuliner yang disediakan oleh pada PKL disana. Ada aneka makanan yang disajikan, anda bisa memilihnya sesuai dengan selera anda. Sarana seperti lahan parkir dan juga toilet juga tersedia dengan baik disana.

Oleh sebab itu pilihan untuk menikmati suasana malam Banyuwangi bisa anda nikmati di sini pada malam hari dengan duduk-duduk santai di bangku yang disediakan sepanjang trotoar, mengelilingi lapangan besar atau yang sering di sebut sebagai alun-alun.

Dikawasan ini banyak dibangun beberapa hotel-hotel, oleh sebab itu jika anda yang ingin mencari penginapan di Banyuwangi, anda bisa mencarinya di sekitar Taman Blambangan Banyuwangi ini.

Pantai Boom

Pantai Boom secara administrasi masuk dalam kawasan Kelurahan Kampung Mandar, Banyuwangi. Dimana dahulu kala Pantai Boom merupakan kawasan pelabuhan yang kerap diramaikan oleh para pedagang dan nelayan yang mencari nafkah di Pantai ini. Hingga saat ini pun aktivitas tersebut masihada dan dijadikan lahan pemandangan untuk hal pariwisata.

Pantai Boom kini dikenal sebagai salah satu ikon pariwisata di Banyuwangi, dimana banyak pengjung yang datang kesini. Apalagi Pantai Boom memiliki garis pantai yang panjang dengan air lautnya yang jernih. Selain itu di Pantai Boom anda juga bisa melihat Pulau Bali dari kejauahan serta kapal ferry yang melayani penyebrangan Ketapang Gilimanuk.

Fasilitas pantai pun mulai banyak yang diperbaiki, bahkan kini sudah terdapat banyak kedai-kedai yang tersedia dengan menu masakan yang beranika ragam. Terdapat juga menu seafood khas daerah pesisi yang bisa anda nikmati sambil memandai pantai ini.

>>> Map menuju Pantai Boom.

Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng berlokasi di Dusun Pancer, Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi, dimana lokasi pantai ini cukup tersembunyi menjadikan pantai ini belum banyak dijamah oleh para wisatawan. Dimana lokasi pantai ini terletak di antara Pantai Pulau merah dan juga Pantai Teluk Hijau, kurang lebih jaraknya 5 Kilometer berkendara dari Pantai Pulau Merah.

Pantai ini cukup unik, biasanya daerah Pantai Selatan memiliki ombak yang cukup tinggi, namun di Pantai Wedi Ireng ini pantainya cukup landai dan ombaknya jauh sangat tenang, dengan pasir putih yang diapit oleh bukit-bukit hijau yang memanjakan mata anda.

Pantai Wedi Ireng ini terdiri dari dua bagian, sisi barat dan sisi timur, dimana biasanya para pengunjung biasanya suka berlama-lama menikmati pantai ini di bagian barat karena ombaknya lebih tenang.

Nama Wedi Ireng ini berasal karena warna pasir pantainya yang berwarna putih kecoklatan yang merupakan merefleksikan salah satu keunikan elemen yang terdapat pada pantai ini. Dimana jika anda mengeruk pasir pantainya, maka pada bagian bawah anda akan melihat pasir pantai degan warna lebih hitam.

Selain bermain di pantai, para pengunjung juga bisa melakukan aktivitas snorkeling, dimana anda bisa menjelajahi alam bawah laut dengan terumbu karang dan kehadiran ikan-ikan hias yang begitu indah di pandang.

Pantai Rajegwesi

Pantai Rajegwesi termasuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri, dimana panorama alam di pantai ini sangatlah indah karena memiliki pantai berwarna pasir coklat akhibat endapan lumpur yang dibawa sungai yang bermuara di pantai ini saat banjir. Pantai Rajegwesi pun memiliki ombak pantai yang lebih kalem dibandingan pantai lainnya yang berada di kawasan laut selatan pada umumnya. Oleh sebab itu para nelayan disana bisa melaut dengan lebih tenang untuk mencari ikan di lautan ini.

Pantai Rajegwesi ditemukan pada masa kekuasaan Jepang, dimana mereka membangun bunker pengintai di balik bukit capil yang berada di bagians ebelah barat Pantai ini. Dan nama Rajegwesi sendiri berasal dari kekuatan pertahanan laut tentara Jepang pada kala itu. Kata Rajeg bermakna sebagai tiang pancang, sementara wesi adalah besi. Yang jika disatukan nama ini bernama tiang pancang dari besi.

Hal inilah yang menyulitkan untuk kapal-kapal musuh yang akan mengintai, karena disana banyak tertanam tiang pancang sehingga membuat kapal-kapal tersebut sulit untuk mendekati bibir pantai.

Saat ini objek wisata Pantai Rajegwesi sering dijadikan tempat untuk hunting fotography bagi para pencinta foto dengan berbagai latar belakang seperti aktivitas nelayan, pantai pasir coklat yang indah ataupun pepohonan yang terdapat disekitarnya.

Baca juga : Sewa mobil di Banyuwangi.

Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi, mulai banyak dibahas oleh berbagai wisatawan baik itu domestik indonesia maupun wisatawan mancanegara yang datang ke daerah Kabupaten Banyuwangi. Rata-rata mereka datang karena ingin melihat indahnya pantai yang katanya masih perawan di Banyuwangi ini.

Walaupun akses menuju pantai ini cukup terjal yang bisa memacu adrenaline, tetapi wisatawan tetap ingin menuju pantai ini. Karena semua itu akan terbayar lunas saat anda sampai di pantai ini. Beberapa opsi untuk menuju pantai ini juga tersedia, baik melalui jalur darat hingga jalur laut pun tersedia. namun semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dan pantai ini merupakan destinasi favorit Wisata Banyuwangi Terbaru yang sering kunjungi wisatawan.

>>> Baca selengkapnya tentang Pantai Teluk Hijau.

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah Wisata Banyuwangi Terbaru

Pantai Pulau Merah Banyuwangi merupakan magnet baru pariwisata daerah Banyuwangi bagian selatan. Bagaimana tidak, pantai yang menawarkan keindahan alam pantai dengan balutan pasir putih dan pepohonan hijau yang tumbuh di sepanjang pantai ini begitu mempesona.

Memang benar, daerah Banyuwangi memiliki puluhan pantai yang mengelilingi kabupaten ini, namun salah satu pantai yang juga membuat nama Banyuwangi naik ialah Pantai Pulau Merah. Pantai yang kini menjadi primadona wisata di Kota Banyuwangi.

Pantai ini uga menghadap langsung ke Samudera Hindia arah selatan. Terkadang pantai ini berwana putih terkadang juga berwarna merah-kemerahan atau pink, mungkin ini juga yaa penyebab dinamakan Pantai Pulo Merah.

Dan pantai ini termasuk dalam daftar Wisata Banyuwangi Terbaru yang harus di kunjungi.

>>> Baca selengkapnya tentang Pantai Pulau Merah.

Pantai Plengkung

Pantai Plengkung Banyuwangi, Sebagian besar masyarakat wisatawan domestik belum begitu mengenal nama Pantai Plengkung ini, namun jika di kalangan para peselancar baik domestik maupun mancanegara, pasti sudah sangat mengenal pantai yang berlokasi di Taman Nasional Alas Purwo ini.

Bagaimana tidak, pantai yang ada di dalam kawasan Taman Nasional yang konon sedikit angker ini memiliki daya tarik yang sangat luar biasa di mata para peselancar/ surfing. Bahkan pada tahun 2021, pantai ini di pilih kembali sebagai lokasi Liga Selancar Dunia 2021.

Pantai G Land ini selalu menjadi rujukan para wisawatan lokal dan internasional yang menyukai aktivitas surfing. Jadi buat kalian yang belum pernah mengetahui pantai ini, ada baiknya menyimak informasi mengenai Pantai Plengkung Banyuwangi.

>>> Baca selengkapnya tentang Pantai Plengkung.

Bangsring Underwater

Bangsring Underwater Wisata Banyuwangi Terbaru

Sebagai tempat konservasi terumbu karang, Bangsring Underwater memiliki pemandangan alam bawah laut yang sangat indah. Tak heran banyak kawanan spesies ikan hias laut yang hinggap di terumbu karang ini.

Tak banyak yang mengetahui, perjuangan nelayan Desa Bangsring kecamatan WOngsorejo ini dalam membangun objek wisata konservasi alam bawah laut ini. Mulai dari tindakan yang kurang enak maupun lisan dari sesama nelayan pun kerap diterima. Namun hal itu terus di perjuangkan hingga pada akhirnya perlahan nelayan disana mulai sadar untuk menyelamatkan laut dari kepunahan.

Awalnya masyarakat nelayan disana menangkap ikan pinggiran laut menggunakan bom ikan dan potasium, praktis itu merusak terumbu karang dan membuat terumbu karang rusak. Atas dasar hal inilah membuat kelompok nelayan disana terus berusaha merubah prilaku nelayan lainnya untuk memperbaiki dan merawat terumbu karang sebagai tempat ikan.

>>> Baca selengkapnya tentang Bangsring Underwater.

Nah itulah daftar Wisata Terbaru Banyuwangi yang bisa menjadi refrensi anda untuk memutuskan destinasi mana saja yang akan anda kunjungi untuk Liburan di Banyuwangi yang telah anda idamkan. Jangan lupa untuk melihat kalendar nasional guna menentukan kapan waktu terbaik untuk menuju Kabupaten Banyuwangi.

Selain itu perlengkapan-perlengkapan yang harus di bawa saat liburan juga harus anda siapkan jauh-jauh hari. Baik itu reservasi hotel di banyuwangi, membeli tiket pesawat atau kereta api, tas atau ransel, hingga peralatan dokumentasi yang wajib anda bawa guna mengabadikan momen keseruan anda liburan di Banyuwangi.

Link terkait Wisata Banyuwangi Terbaru

  • Hotel murah di Banyuwangi.
  • Jadwal Kereta Api Banyuwangi.
  • Tempat nongkrong di Banyuwangi.

Kuliner Wisata Banyuwangi Terbaru

  • Nasi Tempong
  • Ayam Pedas
  • Olehsari dan Sego Cawuk
  • Pecel Rawon
  • Rujak Soto
  • Pecel Pitik
  • Sop Kesrut

Pertanyaan tentang Wisata Banyuwangi Terbaru

Kapan periode terbaik untuk wisata di Banyuwangi ?

Kurang lebih murah Febuari – Mei.

Berapa budget liburan ke Banyuwangi ?

Semuanya tergantung paket tour apa yang anda ambil serta fasilitas apa saja yang anda inginkan.


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
Tags: Hotel Di Banyuwangi, Kereta Api, Tempat Hits Banyuwangi, Tiket Pesawat Ke Banyuwangi, Wisata Terbaru Banyuwangi
Last Modified on Feb 24, 2022