Pantai Boom Marina Banyuwangi

Pantai Boom Marina Banyuwangi – Semenjak tahun 1925, kawasan ini merupakan pelabuhan yang sangat penting di kawasan Pulau Jawa bagian timur tepatnya di daerah Banyuwangi. Disana banyak sekali kapal-kapal yang mengangkut hasil alam seperti kopra serta banyak nelayan yang mencari ikan di selat Bali dimana ikan didaerah ini sangat melimpah keberadaanya.

Terlihat hingga saat ini masih banyak gudang-gudang serta tempat pelelangan ikan yang masih berada di kawasan Pantai Boom ini. Bahkan konon dahulu kawasan ini merupakan pelabuhan internasional karena banyaknya kapal-kapal yang memiliki bendera asing berlabuh di kawasan bongkar muat pelabuhan ini. Bahkan pada pelabuhan ini juga terdapat rel kereta api untuk mempercepat aktivitas bongkar muat dari kapal menuju moda transportasi lainnya.

Saat ini aktivitas pelabuhan ini sudah tidak begitu padat seperti jaman dahulu, yang melayani berbagai kebutuhan seperti ekspor pisang ke negara Australia, embarkasi pemberangkatan jemaah haji ke tanah suci, gunang penyimpanan kopra dan aktivitas nelayan penangkap ikan.

Pantai Boom Marina Banyuwangi
@adiozil5

Namun kini, pelabuhan yang berada di kawasan timur Pulau Jawa ini lebih sering di pergunakan sebagai destinasi wisata terbaru di Banyuwangi yang banyak diminati oleh para wisatawan lokal setempat dan juga para wisatawan dari luar daerah yang datang ke Banyuwangi untuk menikmati indahnya alam daerah ini.

Pantai Boom Marina Banyuwangi

Sejarah Pantai Boom Marina Banyuwangi

Asal muasal sejarah dari kawasan Pantai Boom Banyuwangi ialah berasal dari bahasa Belanda yang artinya Pohon, dimana dalam konstruksi pada umumnya bermakna balok. Dimana balok ini merupakan sebuah struktur rangka alat berat yang sering ada di pelabuhan dan di kapal yang saat ini di kenal dengan istilah crane yang sering di pakai di perahu pada jaman dahulu kala.

Pelabuhan ini pun dibagi menjadi dua buah kawasan yaitu Boom Meneng dan Boom Ombak, dimana Boom Meneng ini merupakan kawasan pelabuhan yang airnya tidak memiliki ombak, sedangkan Boom Ombak merupakan kawasan pelabuhan yang airnya memiliki berombak atau begelombang.

@odeodi ( Boom Meneng )

Pada kisaran tahun 1950, kejayaan dari Pelabuhan ini pun mulai meredeup, dimana pada jaman tersebut kawasan pantai ini mulai mengalami pendangkalan karena adanya aluran lumpur dari sungai, sehingga kapal-kapal besar mulai kesulitan merapat ke daerah dermaga. Sehingga fungsi pelabuhan akhirnya mulai bergeser ke kawasan Pelabuhan Ketapang yang sekaligus melayani penyebrangan menuju Pulau Bali dan juga Pelabuhan Tanjung Wangi yang melayani aktivitas expor dan impor dimana pelabuhan ini berada di sebelah utara dari Pelabuhan Ketapang.

>>> Baca juga : Paket tour ke Banyuwangi.

Setelah pergeseran ini, akhirnya pelabuhan Pantai Boom hanya melayani nelayan yang menggunakan perahu lokal setempat, dikarenakan aktivitas pelabuhan dengan kapal modern yang lebih besar berpindah menuju pelabuhan lainnya yang berada di sebelah utaranya.

Sehingga pada tahun 1980-an, pemerintah merubah kawasan ini dari pelabuhan expor impor menjadi kawasan Taman Hiburan Rakyat yang memiliki berbagai aneka hibudan dan permainan yang tersedia di dalamnya. Namun, sayangnya setelah itu kawasan ini malah jadi kurang terawat dan vakum begitu panjang.

Hingga pada suawatu waktu, tahun 2012, pemerintah setempat mulai melirik kembali kawasan ini dan mulai mengadakan perbaikan serta di adakannya Banyuwangi Festival di kawasan ini antara lain Festival Gandrung Sewu dan juga Jazz Pantai yang rutin selallu di agendakan setiap tahunnya, sehingga kawasan ini mulai di perhatikan oleh para wisatawan dan masyarakat setempat.

@ekosumartopo

Daya Tarik Pantai Boom Marina Banyuwangi

Karena sudah mulai diliriknya wisata di Banyuwangi, pemerintah bersama PT. Pelindo III bekerja sama untuk membuat pembagunan kawasan Marina atau dermaga kapal pesiar yang berada di kawasan ini. Dengan tujuan memberikan fasilitas untuk bersandarnya kapal-kapal besar untuk ukuran Kapal Pesiar yang membawa wisatawan yang ingin berlibur di kawasan Banyuwangi ini.

@ntlia56_

Selain itu kawasan ini juga mulai di tata kembali dengan membangun beberapa tempat yang iconic banget seperti jembatan yang memiliki latar belakang besi-besi yang di hias indah, adanya wahana permainan serta kawasan pantai yang mulai ditata agar lebih menarik untuk para wisatawan, jadi sekarang banyak orang-orang ber swa foto untuk foto kekinian akun sosial media mereka.

@umi_brh

>>> Baca juga : Pantai Pulau Merah yang menawan.

Pantai Boom sendiri memiliki pasir yang berwarna hitam berkilau, dan dari kawasan ini kita bisa melihat indahnya Pulau Bali dari kejauhan, bahkan jika cuaca sedang jernih, kita bisa melihat tingginya kawasan pegunungan dari Pulau Bali yang terlihat jelas.

Pantai Boom Marina Banyuwangi
@rikyphotoexplorerid

Selain itu pantai yang memiliki luas 44,2 hektar ini adalah tempat melihat matahari terbit / sunrise yang keren. Sehingga Banyuwangi juga di juluki sebagai The Sunrise of Java dengan pemandangan latar belakang Pulau Bali yang indah.

Harga Tiket Masuk Pantai Boom Banyuwangi

Untuk bisa masuk ke kawasan ini kita hanya membayar retribusi tiket masuk yang cukup murah saja. Selain itu jam buka Pantai Boom mulai jam 05:00 hingga jam 21:00 WIB pada periode hari kerja dan 04:30 hingga 23:00 untuk periode akhir pekan.

KATEGORIHARGA
Dewasa10.000
Anak5.000
Parkir Motor2.000
Parkir Mobil5.000

Alamat dan Lokasi Pantai Boom

Untuk menuju kawasan pantai Boom anda bisa berkendara dari arah pelabuhan ketapang menuju kota Banyuwangi, setelah anda mendapatkan perempatan di alun-alun Banyuwangi, anda berbelok ke kiri lalu ikutin jalan tersebut lurus ke arah timur maka anda akan menemukan pantai ini.

AlamatDesa, Kampungmandar, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68419
Mapshttps://goo.gl/maps/KE6E3aPytCPtbSea9
Telpon
Pantai Boom Marina Banyuwangi
@massrohiel

Transportasi menuju Pantai Boom

Sayangnya untuk menuju kawasan ini belum tersedia angkutan transportasi umum yang melayani perjalanan dari hotel/ bandara menuju pantai ini. Anda tetap disarankan untuk menggunakan jasa transportasi jenis pribadi yang banyak tersedia atau mudahnya anda menggunakan jasa sewa mobil di Banyuwangi dengan supir.

Dimana anda akan di ajak menuju pantai ini langsung di jemput dari hotel, bandara maupaun stasiun kereta api yang terdapat di Banyuwangi.

Pantai Boom Marina Banyuwangi
@iam_lidiaahd

Objek wisata disekitar Pantai Boom

  • Bangsring underwater, ialah tempat wisata yang berbasis konservasi terumbu karang. Disini anda bisa melakukan aktivitas snorkeling untuk melihat pemandangan alam bawah laut yang menakjubkan.
  • Kawah Ijen, merupakan wisata andalan Banyuwangi, dimana anda bisa melihat kawah dengan belerang yang masih aktip. Terdapat fenomena alam yang bernama Blue Fire yang hanya ada dua tempat di dunia, salah satunya berada di kawah ijen ini.
  • De Jawatan Benculuk, sebuah hutan dengan luar 5 hektar yang ditumbuhu pohon Trembesi yang sudah berumur puluhan tahun membuat daerah ini menjadi sangat indah dan keren untuk foto-foto insta kekinian saat ini.
  • Akbar Zoo Banyuwangi, Akbar Zoo Banyuwangi merupakan wahana edukasi untuk anak dan keluarga. Lokasinya di tempat yang sejuk serta mudah di akses pengunjung.
Pantai Boom Marina Banyuwangi
@anisdiahpawitri

Pertanyaan lainnya yang sering ditanyakan

Pantai Boom, buka hari apa saja ?

Pantai ini buka mulai dari hari senin hingga hari minggu dengan jam operasional Weekday : 05:00 sampai 21:00 WIB sedangkan untuk Weekend : 04:30 hingga 22:00 WIB

Berapa harga sewa skuter di Pantai Boom ?

Anda bisa menyewa scooter di pantai boom dengan harga sewa sebesar 15.000 / unit anda bisa mengendarainya kurang lebih sekitar 30 menit.

Pantai apa saja yang ada di Banyuwangi ?

Terdapat beberapa pantai yang bisa anda kunjungi selama di Banyuwangi antara lain : Pantai Pulau Merah, Pantai Grajagan, Pantai Teluk Hijau, Pantai Pancur,


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
Tags: Boom Marina Banyuwangi, Pantai Boom, Pantai Boom Banyuwangi, Pelabuhan Ketapang, Wisata Banyuwangi
Last Modified on Apr 10, 2022

Testimonial


Diana Wahyuni
Surabaya

Tidak ngebosenin datang ke Pantai ini.

Cristiana Putri
Jakarta

Keren banget pemandangan matahari terbit di kawasan ini. kalian harus coba.